Museum Talaga Manggung merupakan salah satu wisata edukasi populer yang ada di Majalengka untuk anda telusuri semua cerita menariknya. Tempat ini menjadi petilasan sekaligus peninggalan kerajaan Talagamanggung di Majalengka sejak tahun 1371 – 1819 sebelum masehi.

Berdirinya museum ini juga merupakan salah satu bukti kuat sejarah kejayaan para kerajaan masa lalu di kota angin Majalengka. Dengan di dalamnya terdapat beberapa barang-barang pusaka peninggalan seperti alat perang, peralatan kesenian hingga kereta kencana.

Dan itu semua menjadi sebuah keunikan dan daya tarik tersendiri mengapa Museum Talaga Manggung Majalengka wajib untuk di telusuri.  Maka dari itu Museum Kerajaan Talaga Manggung jangan sampai anda lewatkan berbagai cerita dan kisah menariknya.

Harga Tiket Masuk

harga tiket masuk museum talaga manggung
Foto : https://www.google.com/maps/place/MUSEUM+TALAGA+MANGGUNG/

Tempat wisata di Majalengka satu ini di kelola oleh keturunan dari prabu Darma Suci II yang tergabung dalam Yayasan Talagamanggung. Dan kini peninggalan sejarah kerajan Talaga Manggung yang masih bisa di selamatkan menyisakan 11 jenis barang.

Pengunjung dapat menyaksikan dan mencari tahu kira-kira apa saja 11 jenis barang peninggalan sejarah yang tersisa dengan biaya yang terjangkau. Pengelola Museum Talaga Manggung belum menerapkan ketentuan untuk harga tiket masuk, alias gratis,

Meski begitu, telah di sediakan kotak yang bisa wisatawan isi dengan cara sukarela berapapun jumlah uangnya. Jadi ada baiknya untuk anda yang hendak berkunjung ke Museum Talaga Manggung untuk mengisi seikhlasnya demi keberlangsungan wisata budaya ini.

Bagi anda yang berkunjung bisa untuk menyiapkan infaq terbaik dan terhitung sedekah. Dengan memasukan sejumlah uang ke kotak, anda turut menjadi bagian dari kesuksesan museum Majalengka hits ini.

Jadi tunggu apalagi, anda bisa mengisi waktu luang dan hari libur tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Karena liburan tak melulu soal pantai ataupun gunung, wisata museum ini misalnya.

Jam Buka

jam buka museum talaga manggung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108486242986458308014

Anda bisa berkunjung ke wisata Museum Talaga Manggung sesuai dengan ketentuan jam operasional wisata yang berlaku. Museum Talaga Manggung tersedia untuk wisatawan pada pukul 07.00 – 18.00 WIB dan buka setiap hari dari senin hingga minggu.

Jadi anda bisa kapan saja explore Museum bersejarah satu ini guna mengisi waktu libur. Atau anda juga bisa datang kesini pada saat acara ritual ‘nyiramkeun’.

Ritual ‘nyiramkeun’ sendiri merupakan acara untuk pencucian benda-benda pusaka yang ada dan berasal dari 9 sumber mata air. Nyiramkeun dilaksanakan secara turun temurun oleh yayasan Talaga Manggung, dengan tujuan untuk melestarikan benda-benda peninggalan kerajaan.

Kegiatan yang selalu dihadiri oleh ratusan warga dari berbagai daerah tersebut biasanya dilakukan pada bulan Safar. Apabila anda ingin menyaksikan ritual tersebut bisa dengan datang ke museum ini pada bulan Safar di hari Senin.

Menurut beberapa sumber, acara ritual tersebut biasanya dilakukan pada hari senin di tanggal belasan pada bulan Safar.

Saat berkunjung sebaiknya untuk tetap menjaga etika dan tidak merusak benda apapun yang ada di lokasi wisata museum. Selalu jaga sikap dan juga perbuatan agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat museum talaga manggung
Foto : https://www.google.com/maps/place/MUSEUM+TALAGA+MANGGUNG/

Lokasi Museum Talaga Manggung cukup mudah untuk di temukan karena letaknya yang bisa di jangkau dari berbagai arah. Alamat Museum Talaga Manggung berada di Jl. Talaga Majalengka No. 1, Desa Talagawetan, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka, Kecamatan Jawa Barat.

Akses jalan sudah baik dan dapat dengan mudah di lalui oleh berbagai jenis kendaraan wisatawan. Mulai dari kendaraan pribadi hingga angkutan umum yang tersedia untuk mengantarkan anda langsung menuju lokasi.

Dari pusat kota Majalengka menuju Museum Talaga Manggung jaraknya lumayan jauh. Jarak yang harus di tempuh mencapai 27 km dengan waktu perjaanan sekitar 54 menit berkendara.

Untuk anda yang baru pertama kali berkunjung dan kesulitan saat dalam mencari lokasi wisata ini tak perlu sungkan untuk bertanya. Penduduk sekitar sangat ramah-ramah dan anstusias kepada para pengunjung yang datang dari berbagai daerah.

Berada persis di tepi jalan, jadi anda mungkin tak akan menemui kesulitan yang berarti. Tapi kalau masih bingung, anda juga dapat menggunakan maps dibawah ini guna memudahkan perjalanan saat menuju Museum Talaga Manggung.

Datang juga ke –> Telaga Nila yang memiliki panorama alam begitu menawan.

Fasilitas

fasilitas museum talaga manggung
Foto : https://www.google.com/maps/place/MUSEUM+TALAGA+MANGGUNG/

Termasuk dalam salah satu destinasi wisata Majalengka yang selalu di padati oleh pelajar dari berbagai sekolah dan juga institusi. Di dukung dengan sarana prasarana serta fasilitas pendukung untuk menunjang berbagai kegiatan menarik di Museum Talaga.

Fasilitas wisata budaya Museum Talaga Manggung antara lain :

  • Lokasi parkir kendaraan memadai
  • Sumber informasi wisata museum
  • Kamar mandi / toilet
  • Mushola
  • Tempat duduk untuk bersantai
  • Kios sederhana penjual jajanan
  • Spot foto menarik

Liburan di Museum Talaga Manggung selain menyenangkan anda juga akan mendapat banyak wawasan dari semua sejarah yang terkandung di dalamnya.

Nikmati akhir pekan bersama sahabat terdekat untuk menelusuri berbagai cerita masa kerajaan di Museum Talaga Manggung yang menawan.

Kunjungi juga –> Taman Dinosaurus Majalengka sebagai tempat rekreasi rekomended untuk keluarga.

Spot Terbaik di Museum Talaga Manggung

spot terbaik di museum talaga manggung
Foto : https://www.google.com/maps/place/MUSEUM+TALAGA+MANGGUNG/

Daya tarik wisata museum identik dengan benda-benda kuno serta barang-barang antik yang kental akan cerita masa lampau. Di Museum Talaga Manggung sendiri dapat ditemukan peninggalan-peninggalan sejarah yang antik dan juga unik.

Seperti alat kesenian, peralatan makan dan minum tempo dulu, kereta kencana, busana kerajaan dan masih banyak lagi yang lainnya. Aneka macam benda antik ini bisa anda saksikan di tempat penyimpanan yang tertata dan tersusun sangat rapi.

Dan itu semua bisa anda manfaatkan guna menjadikannya latar belakang saat mengabadikan momen dengan berfoto ria. Barang-barang antik yang tertata rapi menjadi spot terbaik di Museum Talaga Manggung untuk bakcgroud saat berswafoto.

Sediakan kamera sebelum berkunjung kesini untuk nantinya anda gunakan memotret berbagai gambar benda dan barang antik kuno yang terdapat disini.

Review sebelumnya –> Curug Sempong dengan sejumlah pemandangan indahnya.

Tips Berkunjung

tips berkunjung museum talaga manggung
Foto : https://www.google.com/maps/place/MUSEUM+TALAGA+MANGGUNG/

Dibawah ini beberapa tips yang bisa anda simak dan sekaligus menambah informasi untuk referensi sebelum berkunjung ke Museum Talaga Manggung.

  • Perkirakan waktu kunjungan anda dengan sebaik mungkin.
  • Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat agar liburan lebih maskimal.
  • Selalu jaga tutur kata dan tingkah laku selama berada di Museum
  • Persiapkan kendaraan dengan baik supaya liburan berlangsung lancar.
  • Tidak mengambil benda atau barang apapun yang ada di dalam Museum.
  • Bersama-sama menjaga kelangsungan museum agar tetap rapi dan indah.
  • Bawalah kamera untuk anda gunakan mengambil beberapa gambar unik.
  • Dilarang keras melakukan tindakan berbahaya ataupun yang merugikan sesama.

Itulah tadi ulasan singkat tentang pesona Museum Talaga Manggung yang menyimpan banyak benda sejarah peninggalan kerajaan Talagamanggung.

Jadi tunggu apalagi, segera luangkan waktu anda sejenak untuk explore Museum Talaga Manggung Majalengka yang eksotis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 3 =