Punthuk Mongkrong menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Magelang untuk menyaksikan banyaknya pemandangan apik dari ketinggian. Punthuk sendiri merupakan sebutan untuk bukit-bukit yang berada di sekitaran Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah.

Wisata Punthuk Mongkrong letaknya berada di puncak dengan ketinggian mencapai 625 meter diatas permukaan laut. Meski begitu, pengunjung tidak akan kesulitan untuk mencapai titik terbaik di Punthuk Mongkrong guna menikmati indahnya alam.

Di obyek wisata Magelang satu ini para wisatawan akan dimanjakan dengan suguhan panorama alami yang mampu menghipnotis banyak pasang mata. Bagi anda yang penasaran kira-kira apa saja yang bisa disaksikan dari puncak Punthuk Mongkrong Magelang, yuk simak ulasan berikut ini.

Harga Tiket Masuk Punthuk Mongkrong

harga tiket masuk Punthuk Mongkrong
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102745070474815266882

Magelang sendiri memiliki banyak sekali wisata berbasis alam yang sangat rekomended untuk anda jadikan tujuan liburan selanjutnya. Seperti halnya yang sedang kita bahas kali ini, Punthuk Mongkrong menyimpan sejuta keindahan yang tak boleh anda lewatkan.

Wisatawan yang ingin explore wisata Magelang hits ini tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, sebab tarif yang dipatok sangatlah terjangkau. Harga tiket masuk Punthuk Mongkrong sejauh ini hanya sebesar Rp10.000 saja lho per orangnya, kurang murah apalagi coba?

Dengan biaya yang ekonomis ini para pengunjung yang datang untuk rekreasi bakal di suguhi aneka pemandangan menarik dari ketinggian. Seperti landscape Gunung Merbabu, Merapi, pegunungan Menoreh, megahnya Candi Borobobudur yang berbalut dengan kabut tipis serta pepohonan hijau di sekelilignya.

Luar biasa, itu lah kira-kira tangaapan dari para wisatawan yang sudah menikmati berbagai sajian panorama dari Punthuk Mongkrong. Wisata alam Punthuk Mongkrong menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat terbit dan terbenamnya matahari yang menawan.

Untuk itu, perkirakan dengan baik waktu kunjungan wisata anda ke Punthuk Mongkrong. Selalu tersedia selama 24 jam penuh yang memungkinkan para pengunjung bisa datang kapanpun sesuai dengan keinginan.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat punthuk mongkrong
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101411654775445250026

Lokasi Punthuk Mongkrong mudah dijangkau karena letaknya yang cukup strategis dan tidak menyulitkan siapapun meski baru pertama kali akan singgah. Alamat Punthuk Mongkrong berada di Desa Giripurno, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Jarak dari alun-alun kota Magelang menuju wisata Punthuk Mongkrong kurang lebih sejauh 24 km dengan menempuh perjalanan 45 menit. Sedangkan jika dari Candi Borobudur jaraknya hanya sekitar 8 km saja lho, memungkinkan anda eksplorasi dua destinasi ini dengan mudah.

Setibanya di lokasi parkir para pengunjung harus berjalan kaki dengan sedikit mendaki untuk mencapai puncak Punthuk Mongkrong. Akses jalan yang harus di lalui pun cukup landai sehingga tidak akan memberatkan para wisatawan ketika liburan disini.

Sepanjang jalan anda seola-olah dipeluk oleh banyaknya tumbuhan dan pepohonan hijau yang membuat kawasan ini sangat asri. Udara disinipun sangatlah sejuk yang bakal bikin anda sekalian merasa tenang dan betah untuk berlama-lama rekreasi disini.

Apabila anda masih bingung dengan letak persisnya wisata Punthuk Mongkrong, tak perlu khawatir tidak akan sampai. Maps dibawah ini silahkan untuk anda gunakan guna memudahkan perjalanan berlibur bersama keluarga ke Punthuk Mongkrong.

Datang juga ke –> Candi Mendut

Fasilitas

fasilitas punthuk mongkrong
Foto : https://www.instagram.com/Hamba_allah/

Berbagai sarana pendukung telah tersedia di wisata alam Magelang satu ini sebagai penunjang kegiatan liburan yang menyenangkan. Fasilitas Punthuk Mongkrong antara lain adalah :

  • Area parkir kendaraan
  • Pusat informasi wisata
  • Jalur pejalan kaki
  • Gardu pandang
  • Warung wisata sederhana
  • Gazebo/saung untuk bersantai
  • Spot foto kekinian

Nikmati berbagai keseruan yang Punthuk Mongkrong tawarkan agar liburan kali ini lebih berkesan dan sulit terlupakan. Melihat ragam pesona alam menakjubkan bersama keluarga dan orang-orang tercinta akan menciptakan momen yang lebih bahagia.

Kunjungi juga –> Candi Pawon

Spot Terbaik di Punthuk Mongkrong

spot terbaik di punthuk mongkrong
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101411654775445250026

Melihat secara lebih dekat pemandangan menawan memang menjadi dambaan banyak orang yang sedang liburan. Kegiatan semacam ini terbukti ampuh mampu mengusir penat dan rasa lelah yang melanda.

Daya tarik wisata Punthuk Mongkrong dijamin bakal membuat anda nyaman dengan sajian keindahan yang bikin tenang. Ditambah dengan banyaknya spot-spot apik untuk anda coba berpose depan kamera dan menjadikannya latar belakang.

Salah satu spot terbaik di Punthuk Mongkrong yang menjadi andalan wisatawan yang datang kesini adalah sebuah dek bambu berbentuk V. Spot ini menjorok langsung ke arah pemandangan gunung-gunung menawan yang menjadi background utamanya.

Selain itu ada juga spot foto berbentuk persegi panjang yang seolah-olah terlihat seperti menyerupai bentuk jendela. Dengan langsung menghadap ke hamparan bukit-bukit hijau yang memanjakan mata.

Masih banyak lagi spot-spot menarik yang sangat kekinian guna mendukung aktivitas fotografi anda dalam mengabadikan momen liburan menyenangkan.

Review sebelumnya –> Air Terjun Sekar Langit

Tips Berkunjung

tips berkunjung punthuk mongkrong
Foto : https://www.instagram.com/nurrohmatassidiq/

Berikut beberapa tips berkunjung saat / akan berwisata ke Punthuk Mongkrong yang rekomended sebagai tujuan liburan penuh kesan.

  • Perkirakan dengan baik cuaca terkini sebelum datang kesini.
  • Sangat tidak disarankan berkunjung ketika musim hujan/cuaca buruk.
  • Datang lebih pagi untuk menyaksikan lebih dekat terbitnya matahari.
  • Berkunjung saat sore menjelang malam guna menikmati matahari terbenam.
  • Gunakan pakaian yang menghangatkan tubuh mengingat udara disini cukup dingin.
  • Hati-hati dan selalu utamakan keselamatan ketika jalan-jalan dan liburan agar semua berjalan sesuai harapan.

Itu tadi ulasan singkat mengenai wisata alam Magelang populer yaitu Punthuk Mongkrong dengan aneka panorama mengagumkan. Demikian informasi wisata menarik yang sudah anda simak diatas, semoga bermanfaat ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 4 =