Candi Pawon menyimpan sejuta daya tarik akan sebuah bangunan peninggalan masa lampau yang dapat anda telusuri lebih dalam. Sejarah Candi Pawon / asal-usulnya sampai saat ini belum di ketahui secara pasti, sebab sudah tidak ditemukan lagi arca.

Sehingga hal tersebut menyulitkan untuk prosesi identifikasi yang lebih jauh dan mendalam seputar sejarah Candi Pawon Magelang. Wisata Candi Pawon bercorak Budhha, sama seperti wisata serupa yang ada di Magelang ini yakni Borobudur dan Mendut.

Letak ketiganya pun berdekatan dan bisa dibilang berada dalam satu garis, kuat dugaan bahwa ketiga Candi Budhha ini memiliki keterikatan. Candi di Magelang satu ini bisa menjadi alternatif anda dalam mencari destinasi wisata yang anti mainstream untuk di explore.

Harga Tiket Masuk Candi Pawon

harga tiket masuk Candi Pawon
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111830343586651913626

Nama pawon sendiri bila di tafsirkan dalam bahasa Jawa maka artinya adalah abu. Dan konon Candi Magelang satu ini merupakan tempat penyimpanan abu jenazah Raja Indra dari Dinasti Syailendra.

Maka dari itu Candi Budhaa Magelang ini diberi nama Pawon sesuai dengan filosofi yang dipercaya oleh para ahli. Gambar Candi Pawon yang mungkin biasa anda saksikan di internet, kini wajib tuk disaksikan dengan lebih dekat.

Mengunjungi Candi Pawon sebagai tujuan liburan tentu akan menambah sensasi yang berbeda dari biasanya. Tak perlu khawatir soal berapa banyak biaya yang dibutuhkan, karena wisata Candi Pawon sangatlah ramah di kantong wisatawan.

Harga tiket masuk Candi Pawon cukup terjangkau untuk berbagai kalangan pengunjung, baik lokal maupun mancanegara.

  • Tiket masuk wisatawan dalam negeri -> Rp10.000
  • Tiket masuk wisatawan mancanegara -> Rp20.000

Tarif biaya masuk Candi Pawon bisa saja mengalami perubahan sewaktu-waktu, mengikuti aturan dan ketentuan dari pengelola setempat. Tak ada salahnya untuk update informasi seputar Candi Pawon pada laman resminya sebelum datang keisni.

Anda bisa berlibur dan eksplorasi Candi Pawon sesuai dengan jam operasional wisata yang berlaku. Candi Pawon beroperasi setiap hari dari senin hingga minggu pada pukul 09.00 – 17.30 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat candi pawon
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114079098296267636874

Seperti telah di singgung sebelumnya bahwa lokasi Candi Pawon sangat dekat dengan Borobudur dan Candi Mendut. Letak Candi Pawon bila dari Borobudur maka ke arah timur, sedangkan ke arah barat jika dari Candi Mendut.

Karena posisi ketiga Candi Magelang hits ini berdekatan, memungkinkan wisatawan untuk mengunjungi tiga wisata tersebut dengan mudah. Mengunjungi sebuah destinasi wisata berbasis budaya dijamin akan menambah wawasan sekaligus pengetahuan anda.

Alamat Candi Pawon berada di Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Jarak dari alun-alun Magelang ke Candi Pawon di perkirakan mencapai 15 km dengen menempuh lama perjalanan 25 menit.

Akses jalan sudah beraspal baik, cukup lebar dan yang jelas akan memudahkan siapapun yang sedang melintas untuk berwisata kesini. Apabila anda bingung dengan jalur mana yang harus di lalui, gunakan saja maps berikut dibawah ini untuk memudahkan laju perjalanan.

Datang juga ke –> Punthuk Setumbu

Fasilitas

fasilitas candi pawon
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117328120128428852039

Termasuk dalam wisata di Magelang yang cukup populer dan selalu ramai wisatawan saat hari libur dan akhir pekan. Candi Pawon telah di lengkapi dengan sarana prasarana memadai sebagai penunjang kegiatan pengunjung disini.

Fasilitas Candi Pawon antara lain adalah :

  • Tempat parkir kendaraan
  • Pemandu wisata profesional
  • Kamar mandi & toilet
  • Penginapan
  • Fasilitas air bersih
  • Naik delman
  • Kios aneka souvenir
  • Cafe & resto
  • Keliling naik VW
  • Spot foto

Berkeliling dengan menaiki delman sepertinya menarik untuk anda coba keseruannya. Tak ketinggalan mobil VW terbuka bisa anda sewa untuk jalan-jalan mengitari desa Borobudur yang asri dan sejuk.

Selain itu aneka kerajinan tangan buatan penududuk setempat bisa anda jadikan cenderamata sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Kunjungi juga –> Air Terjun Kedung Kayang

Spot Terbaik di Candi Pawon

spot terbaik di candi pawon
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100441352428238455379

Menikmati banyak aktivitas menarik yang wisata Candi Pawon tawarkan untuk sensasi liburan bersama keluarga lebih berkesan. Liburan impian yang anda idam-idamkan sepertinya mampu ter realisasikan di Candi Pawon.

Hal-hal menyenangkan yang anda dapatkan disini wajib untuk di rangkum ke dalam sebuah hasil fotografi yang menarik. Ada banyak sekali sudut unik di Candi Pawon yang bisa anda jadikan sebagai latar belakangnya.

Relief-relief yang terdapat di dinding candi memiliki pahatan yang sangatlah berkarakter dan menimbulkan kesan mistis dan eksotis. Dan itu bisa menjadi salah satu spot terbaik di Candi Pawon sebagai background saat berpose depan kamera.

Abadikan momen sebanyak-banyaknya melalui selfie dan foto bersama pada saat kegiatan rekreasi seru di Candi Pawon agar semakin tak terlupakan. Sebelum berwisata jangan lupa sedia smartphone ataupun kamera ya untuk menjadi bekal sebelum upload ke sosial media.

Review sebelumnya –> Candi Mendut

Tips Berkunjung

tips berkunjung candi pawon
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100294406371592300701

Berikut tips berkunjung ke Candi Pawon di Magelang Jawa Tengah untuk menambah informasi anda atau sekaligus menjadikannya referensi.

  • Perkirakan dengan baik waktu kunjungan wisata anda ke candi.
  • Siapkan segala seuatunya dengan baik agar semua berlangung lancar.
  • Pastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan fit, sehat dan siap jalan-jalan.
  • Dilarang keras melakukan tindakan yang bisa merugikan berbagai pihak.
  • Buang sampah pada tempatnya sebagai bentuk ikut menjaga kelangsungan balai konservasi di Borobudur ini.

Agar berlibur di Candi Pawon lebih maksimal dengan bisa explore semua keseruan yang ada, sebaiknya datang pada saat weekday saja. Kelebihannya adalah, selain tidak perlu berdesakan anda pun bisa bermain dan jalan-jalan dengan lebih leluasa, sekian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 − two =