Berlibur menjadi momen paling dinantikan setelah sekian lama bergelut dengan rutinitas atau pekerjaan yang melelahkan. Tempat rekomendasi terbaik salah satunya jatuh kepada tempat wisata di Karanganyar yang menyuguhkan beraneka jenis destinasi menarik serta penuh keseruan.

Karanganyar adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah yang mempunyai wilayah masih asri sehingga terdapat beragam pilihan objek wisata. Pengunjung bisa mengunjungi bermacam-macam destinasi mulai dari wisata alam dan pemandangan.

Bagi Anda yang berencana liburan ke Karanganyar, ada baiknya Anda mengetahui beberapa rekomendasi wisata yang ada di sana. Tujuannya agar Anda memiliki gambaran akan pergi berlibur ke mana. Berikut daftar tempat wisata di Karanganyar yang terbaru dan juga kekinian :

1. Candi Cetho

wisata karanganyar terbaru
Foto : https://www.instagram.com/candicetho_/

Pilihan destinasi yang pertama adalah Candi Cetho yang terletak di Desa Gumeng, Dusun Cetho. Keindahan wisata alam yang satu ini menyimpan daya tarik berupa lokasi dengan adanya sebelas teras. Yang di mana keseluruhannya berada di atas tanah berundak.

Candi yang telah ada sejak zaman dahulu tersebut menyuguhkan latar pemandangan asri yang menyejukkan mata dan hati. Dengan lokasi berketinggian sekitar 1.496 mdpl menjadikan suasana terasa sangat sejuk sehingga pengunjung biasanya menggunakan pakaian tebal.

Suasana sejuk semakin indah berpadu dengan pemandangan alam sekitar berwarna hijau berupa hutan lebat yang masih asli. Tempat wisata Candi Cetho sudah dikelola secara baik.

Sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan dengan berfoto, berjalan-jalan di area, hingga sekadar menikmati panorama.

2. Astana Giribangun

wisata karanganyar solo
Foto : https://www.instagram.com/herysswandy/

Pada tempat wisata di Karanganyar Surakarta berikutnya adalah bertemakan sejarah religi. Astana Giribangun merupakan sebuah kompleks pemakaman milik Presiden ke-2 RI yaitu Soeharto. Yang mana berisikan makam beliau serta keluarganya, seperti Ibu Tien Soeharto.

Meskipun merupakan tempat pemakaman keluarga, Astana Giribangun dibuka untuk umum sehingga peziarah dari berbagai daerah bisa datang. Karena jenis wisata ini berupa makam-makam, pengunjung tidak hanya melakukan ziarah saja, melainkan kegiatan lainnya.

Lokasi dari pemakaman milik keluarga Pak Soeharto ini dikelola dan diurus secara baik sehingga tempatnya bersih, aman, dan suasananya mendamaikan. Tempatnya berada di ketinggian 660 meter membuat suasana sekitar terasa sejuk lengkap dengan pemandangan asrinya.

Astana Giribangun dibangun dengan megahnya di atas bukit seluas 4.3 hektar. Di dalam kompleks pemakaman tersebut terdapat 3 cungkup, yakni Cungkup Argokembang, Cungkup Argosari, dan Cungkup Argotuwuh.

3. Grojogan Sewu

wisata karanganyar hits
Foto : https://www.instagram.com/kangmasprasetyo/

Tempat wisata alam di Karanganyar yang menawarkan pemandangan eksotis adalah Grojogan Sewu. Lokasinya berada di Gunung Lawu tepatnya Kalisoro. Di mana dari namanya bisa diartikan sebagai air terjun seribu karena begitu banyaknya aliran airnya.

Akses menuju lokasi wisata yang satu ini sangat mudah karena sudah terkelola dengan baik. Selama perjalanan, pengunjung akan dimanjakan dengan panorama alam berupa hutan dengan pohon-pohon yang lebat terasa sangat menyejukkan.

Perjalanan ke air terjun memang sudah mudah, namun sangat penuh tantangan karena harus melewati sekitar 1.200 anak tangga. Ketika sudah sampai ke lokasi, suara kucuran air dari ketinggian yang jatuh seolah langsung mengobati rasa penat.

Objek wisata alam yang satu ini selalu ramai dengan pengunjung, terlebih ketika musim liburan datang. Wisatawan dapat melakukan banyak aktivitas, mulai dari berfoto, menikmati dinginnya air di aliran sungai yang bening, dan masih banyak lagi.

4. Kebun Teh Kemuning

wisata di karanganyar tawangmangu
Foto : https://www.instagram.com/sutrisno_serizawa_7/

Rekomendasi wisata Karanganyar masih seputar tema alam selanjutnya adalah Kebun Teh Kemuning. Seperti namanya, pengunjung akan diajak bersama menikmati keindahan perkebunan teh yang sangat luas dengan kondisi alam yang sejuk udaranya.

Kebun Teh Kemuning berlokasi di Sumbersari, Kemuning yang menjadi pilihan destinasi dengan suguhan pemandangan terbaik. Perkebunan teh yang mempunyai luas berhektar-hektar tersebut berada di ketinggian 800 hingga 1.540 mdpl menjadikan suasana sangat sejuk.

Suhu di kawasan ini bisa mencapai 21.5 derajat celcius, udara dan suasana khas daerah pegunungan. Sehingga membuat Anda yang datang kesini harus menggunakan pakaian tebal jika ke sini.

Kebun teh yang luas menghampar tampak berwarna hijau sangat menyegarkan mata.

Tempat wisata di Karanganyar ini sudah dibuka sejak pukul 04.30 pagi. Dengan begitu, pengunjung bisa menikmati keindahan panorama sembari menyaksikan matahari terbit perlahan-lahan.

Selain itu, kegiatan seru lainnya bisa dilakukan seperti, naik jeep, paralayang, berswa foto, dan lainnya.

5. Air Terjun Jumog

wisata karanganyar
Foto : https://www.instagram.com/wimardy/

Air Terjun Jumog adalah wisata di Karanganyar Tawangmangu yang menyuguhkan pemandangan alam rindang karena penuh pepohonan berwarna hijau. Untuk dapat menjangkau lokasi, wisatawan harus menuruni anak tangga berjumlah 116 buah.

Wisata alam berupa air terjun ini menjadi favorit wisatawan dengan julukan Surga yang hilang. Karena sebelumnya merupakan wilayah tidak terjamah tertutup semak belukar. Hingga pada tahun 2004, ditemukan dan menjadi destinasi menarik.

Air terjun Jumog hanya mempunyai ketinggian sekitar 30 meter, namun tetap terlihat eksotis. Airnya bening dan tidak terlalu deras sehingga pengunjung bisa bermain dan berenang-renang di bawahnya/aliran sungainya karena cukup aman.

Di daerah wisata air terjun Jumog, pengelola menyediakan kursi yang terbuat dari kayu. Untuk dimanfaatkan pengunjung sebagai tempat istirahat atau duduk menikmati pemandangan.

Selain itu, juga terdapat fasilitas lainnya, seperti ayunan, jungkat-jungkit, kolam renang, bola panjat, dan lainnya.

6. Telaga Madirda

wisata di karanganyar terbaru
Foto : https://www.instagram.com/telagamadirdaofficial/

Telaga Madirda menjadi wisata di Karanganyar yang mempunyai daya tarik berupa danau dengan panorama sekitar yang indah. Berlokasi di kaki Gunung Lawu, memberikan suasana yang sejuk khas daerah pegunungan.

Telaga ini menyimpan air yang jernih berasal dari air alami Gunung Lawu yang berfungsi sebagai mata air warga sekitar. Hamparan pemandangan di belakang danau adalah gunung yang gagah serta hutan asri berwarna hijau menyegarkan.

Adanya Telaga Madrida tidak luput dari cerita mitos masyarakat setempat yang mana konon merupakan perwujudan dari pusaka, yakni Cupumanik Astagina. Kemudian, tutup dari pusaka tersebut jatuh ke tanah hingga merubahnya menjadi sebuah telaga besar nan cantik.

Lokasi wisata alam ini terawat dengan baik sehingga kondisi airnya jernih dan tampak berwarna hijau. Aktivitas yang bisa dilakukan antara lain piknik bersama keluarga atau sahabat, kemah, melihat sunrise dan sunset, berswafoto, dan lainnya.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Wonogiri yang wajib untuk anda explore keindahan alam dan destinasinya.

7. Bukit Sekipan

tempat wisata di karanganyar jateng
Foto : https://www.instagram.com/bukitsekipan/

Bukit Sekipan menjadi wisata alam Karanganyar yang menjadi favorit para anak muda karena mempunyai spot foto yang keren. Destinasi yang berada di kawasan perbukitan ini menyuguhkan ragam pilihan aktivitas seru untuk bisa dilakukan oleh wisatawan.

Miniatur yang menjadi ikon dunia terdapat di sini, seperti Menara Kembar Petronas Malaysia, Mumi Mesir, Kincir Angin Belanda, dan lainnya. Semuanya disuguhkan dengan bentuk mini untuk mengenal landmark dari seluruh dunia yang paling terkenal.

Di area Bukit Sekipan juga terdapat jembatan goyang yang seru untuk dinaiki. Jembatan unik yang satu ini terbuat dari material kayu atau jeriken. Ketika Anda melewatinya harus berhati-hati sebab akan bergoyang-goyang.

Ada banyak pilihan spot menarik lainnya, seperti kawasan boneka hantu, rumah adat, dan masih banyak lagi. Pengunjung juga dapat berfoto secara lebih bagus dengan datang ke Studio Foto. Di mana terdapat properti serta kostum menarik dengan tema Jepang, Korea, China, bahkan Jawa.

8. Agrowisata Amanah

tempat wisata di karanganyar surakarta
Foto : https://www.instagram.com/amienwidjojosastro/

Agrowisata Amanah sudah ada sejak tahun 2004 yang menjadi tempat wisata keluarga Karanganyar dengan suasana sejuk. Hal tersebut karena lokasinya berada di kaki Gunung Lawu yang tidak akan membuat Anda dan keluarga kepanasan.

Terdapat berbagai macam arena yang dapat pengunjung kunjungi seperti, kolam ikan, peternakan, kebun sayur, dan persawahan. Bahkan di sini juga ada wahana ketangkasan mulai dari flying fox, wall climbing, ATV, jembatan ogal-agil, dan lain sebagainya.

Dengan konsep area wisata keluarga, wisatawan tidak hanya berwisata saja tetapi juga sambil belajar tentang banyak hal secara menyenangkan. Tersedia juga fasilitas berupa penginapan yang dapat Anda gunakan lengkap dengan layanan restoran.

Dengan banyaknya wahana seru dan aktivitas yang bisa dilakukan. Tempat wisata ini menjadi lokasi study tour dari berbagai sekolah di sekitar Karanganyar hingga luar kota. Ragam aktivitasnya tidak hanya membuat senang tapi juga pandai.

9. Taman Balekambang Tawangmangu

wisata di karanganyar
Foto : https://www.instagram.com/tamanwisatabalekambang/

Taman Balekambang di Tawangmangu mempunyai konsep area wisata dengan spot foto yang beragam. Ketika memasuki destinasi wisata tersebut, wisatawan akan langsung disambut dengan patung Dinosaurus yang super besar dan tinggi.

Di dalam destinasi Taman Balekambang ini, juga terdapat landmark dari seluruh dunia yang paling populer. Pada kawasan tersebut, ada gerbang kecil yang terbuat dari kayu dengan tulisan ‘I LOVE BK’ yang mana unik dan menarik.

Untuk Anda berwisata mengajak anak-anak, maka bisa membawa mereka untuk berenang di Waterboom New Balekambang. Tersedia wahana seru dan menantang seperti kolam renang, seluncuran, dan air mancur dengan suasana sejuk.

Taman Balekambang merupakan tempat wisata anak di Karanganyar yang sangat bagus karena juga tersedia area outbound. Anda bisa mengajak si kecil bermain menaiki ATV, flying fox, high rope, shooting target, hingga wahana santai bersepeda.

10. Agrowisata Sondokoro

tempat wisata anak di karanganyar
Foto : https://www.instagram.com/karanganyarkita/

Agrowisata Sondokoro adalah tempat wisata di Karanganyar jateng yang cocok jadi lokasi berlibur bersama keluarga. Dulunya, lokasi destinasi ini merupakan sebuah pabrik gula dari masa penjajahan di mana sisa-sisanya masih dapat dilihat hingga sekarang.

Destinasi keluarga Sokondoro buka secara resmi tahun 2006 yang menawarkan konsep edukasi cara pembuatan gula. Lokasinya berada di Jalan Mangkunegara ini juga tersedia wahana permainan untuk anak-anak seperti keliling menggunakan kereta zaman kolonial Belanda.

Selain menyuguhkan konsep wisata cara pembuatan gula, Anda juga bisa menghabiskan waktu liburan di sini dengan berfoto-foto. Spot foto terbaik adalah di belakang pohon-pohon yang besar menjulang karena menunjukkan pemandangan indah serta asri.

Wisata permainan di dalam agrowisata ini juga lengkap, mulai dari flying fox, rumah pohon, jembatan gantung, mini futsal, dan lainnya. Selain itu, jika ingin bersantai datang saja ke tempat pijat aki refleksi dan terapi kaki dengan ikan.

11. Candi Sukuh

objek wisata di karanganyar
Foto : https://www.instagram.com/dewabudjana/

Objek wisata di Karanganyar berikutnya adalah Candi Sukuh yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Lokasi tepatnya berada di Dusun Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar atau di Kaki Gunung Lawu.

Wisata bertemakan sejarah ini kental dengan nuansa sakral sebab Anda masih dapat menemui sesajen di setiap sudut candi. Lokasinya yang berada di daerah pegunungan, membuat pengunjung harus datang sedikit siang karena jika pagi sering tertutupi kabut.

Pada Candi Sukuh terdapat tiga teras yang mempunyai keunikan masing-masing. Ketika akan memasuki lorong gapura, maka akan disambut dengan relief yang memiliki bentuk sedikit erotis.

Salah satu peninggalan bagi umat Hindhu tersebut menyuguhkan pemandangan alam sekitar yang asri dan sejuk sebab sering turun kabut. Nuansa dingin yang mencekam terkadang menjadikan nuansa menjadi semakin sakral sehingga harus selalu menjaga tingkah laku di sini.

12. Bukit Hope

obyek wisata di karanganyar
Foto : https://www.instagram.com/claraolgareal.mc/

Terdapat wisata Karanganyar hits yang merupakan tempat kesukaan para anak muda bernama Bukit Hope. Lokasinaya di kaki Gunung Lawu mempunyai suguhan panorama alam yang indah, eksotis, dan penuh dengan spot selfie keren.

Wisata yang sedang hits ini menjadi tempat selfie dengan bermacam-macam tema. Mulai dari gardu kupu-kupu, bintang, love, dan masih banyak lagi lainnya. Dengan paduan latar belakang pemandangan alam merupakan hal yang akan memberikan hasil lebih menawan.

Jika kondisi cerah, maka Anda bisa mengambil gambar dengan hasil bagus sehingga harus menghindari cuaca hujan. Di daerah Wonorejo tersebut juga terdapat wahana yang akan semakin melengkapi liburan Anda. Seperti, rumah pohon dari Banyu Anyep, pemandian air panas, perkemahan dan lainnya.

Tempat wisata Karanganyar terbaru ini juga cocok untuk berlibur bersama keluarga. Oleh sebab itu, untuk semakin melengkapi momen kebersamaan. Maka Anda dapat membawa berbagai keperluan mulai dari makanan, minuman, kamera atau smartphone, dan lainnya.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Sukoharjo terbaru yang menyuguhkan destinasi menarik kekinian.

13. Sapta Tirta

tempat wisata keluarga di karanganyar
Foto : https://www.instagram.com/gallery_of_idbagus/

Objek wisata di Karanganyar yang berupa sumber mata air sakral adalah Sapta Tirta Pablengan. Anda bisa menjangkau destinasi tersebut yang mana lokasinya berada sekitar 3 km dari kota Karanganyar tepatnya di Desa Pablengan, Matesih.

Sapta mempunyai arti tujuh sehingga di dalam kawasan mata air ini terdapat tujuh mata air. Luas dari kawasan tersebut adalah 1 hektare. Yang di mana jarak dari setiap mata air adalah 5 meter, paling jauhnya sekitar 13 meter.

Dengan jarak yang terbilang cukup dekat tersebut, uniknya setiap tujuh mata air mempunyai jenis serta manfaat yang berbeda-beda. Sebagai contoh air urus-urus yang bagus dalam melancarkan buang air dan air bleng untuk menyembuhkan penyakit katarak.

Di dalam kawasan tersebut juga tersedia pemandian untuk para puteri keraton atau Keputren yang merupakan peninggalan dari Mangkunegoro VI. Dengan demikian, banyak yang datang untuk melakukan ziarah ke makam raja-raja Astana Mangadek dan Girilayu.

14. Lembah Sumilir

tempat wisata di karanganyar
Foto : https://www.instagram.com/rownnee/

Pilihan objek wisata di Karanganyar berikutnya mempunyai tema alam yang asri bernama Lembah Sumilir. Wisata perbukitan tersebut berada di kaki Gunung Lawu yang mempunyai suguhan pemandangan alam sekitar yang sangat menyejukkan mata.

Lokasi Lembah Sumilir berada di Desa Kemuning dengan panorama kebun teh yang menghampar luasnya. Tempat yang sangat asri dan sejuk ini menjadi lokasi favorit untuk mengambil foto. Dari berbagai keperluan, mulai dari pre-wedding, perpisahan sekolah, dan lainnya.

Di dalam objek wisata Lembah Sumilir, terdapat sejumlah fasilitas yang dapat menjadi teman untuk menikmati keindahan, salah satunya rumah hobbit. Pengunjung dapat melihat uniknya rumah yang atapnya penuh dengan rerumputan sehingga cocok jadi tempat selfie.

Selain rumah hobbit, terdapat spot foto lainnya yang tidak kalah keren dengan latar pemandangan bukit hijau menghampar. Untuk aktivitas serunya jangan lupa kunjungi sejumlah wahana seperti ATV, camp ground, kolam renang, outbound, dan lainnya.

15. Waduk Lalung

wisata alam karanganyar
Foto : https://www.instagram.com/abaheyahya/

Pada pilihan tempat wisata di Karanganyar Jawa Tengah terdapat Waduk Laung yang terkenal dari luasnya yang besar. Fungi utama dari Waduk ini pada masa lalu dibangun di masa Kolonial Belanda. Yang mana sumber airnya itu berasal dari Sungai Jetis.

Lokasi Waduk Laung bisa Anda tempuh dengan perjalanan melewati Jalan Raya Solo – Tawangmangu kemudian berhenti di Jalan Sukoharjo-Karanganyar. Dulunya, area waduk tersebut sangat bermanfaat untuk irigasi lahan pertanian warga sekitar.

Waduk Laung juga digunakan sebagai tempat penangkaran ikan dan pariwisata. Tempat ini akan ramai dengan pengunjung ketika waktu sore hari karena suasananya sangat sejuk. Serta menjadi momen paling indah menyaksikan sunset sambil dudu di tepian atau jogging di atas tanggul.

Waktu yang paling baik datang ke sini adalah pagi dan sore hari. Jika menjelang petang suasana terasa romantis, maka ketika pagi hari menyaksikan matahari terbit. Anda juga bisa melihat pesona Gunung Lawu yang tampak gagah dari kejauhan.

16. Candi Kethek

tempat wisata alam di karanganyar
Foto : https://www.instagram.com/maasbuud/

Candi Kethek merupakan wisata Karanganyar solo yang mana lokasinya cukup tersembunyi karena berada di pinggiran Hutan Pinus Gunung Lawu. Bentuk dari candi situs purbakala ini mirip dengan piramida berundak serta bangunannya juga menyerupai bangunan di Candi Cetho.

Untuk dapat menuju lokasi wisata sejarah tersebut. Maka wisatawan harus melewati akses jalan setapak yang berada di samping dari Candi Cetho. Jika sudah menemui pertigaan, maka pergilah ke arah kiri yang mana menuju Candi Kethek.

Jalan kecil yang harus dilalui tersebut berada di tepian jurang sehingga Anda harus benar-benar berhati-hati. Karena jika musim hujan bisa sangat licin. Tantangan menuju candi tersebut belum usai karena pengunjung haus menaiki bukit bernama Gumeng.

Setelah sampai di lokasi, maka Anda bisa melihat keindahan bangunan yang benar-benar unik melekat sejarah panjang di dalamnya. Karena merupakan tempat sakral, menjadikan mitos masih dipegang kuat sehingga harus selalu menaati aturan yang ada.

17. Tenggir Park

tempat wisata di karanganyar terbaru
Foto : https://www.instagram.com/fatmalatifaa_/

Tenggir Park merupakan wisata di Karanganyar terbaru yang lokasinya berada di kawasan Gunung Lawu. Tempatnya yang berada di pegunungan menghadirkan suasana asri dan sejuk serta pemandangan cocok untuk refreshing.

Terdapat pepohonan tinggi yang menambah suasana rindang di mana kebanyakan pohon berjenis pinus. Anda bisa menikmati keindahan dengan berfoto ria atau menggunakan sejumlah wahana yang tersedia seperti, sepeda gantung.

Jika Anda suka berfoto, maka datanglah ke spot Rumah Honai yang khas dari Papua. Dengan struktur bangunan yang unik dan latar pemandangan sekitar. Penuh pepohonan serta taman yang ditata sedemikian rupa akan memberikan hasil gambar menawan.

Terdapat satu lagi spot foto favorit pengunjung yaitu di sarang burung menggantung. Wisatawan bisa masuk ke dalam sarangnya dengan menaiki tangga.

Kemudian pengambil foto dari bawah bisa memotret Anda lengkap dengan adanya papan kata-kata yang bisa dijadikan properti.

18. Taman Pancasila Karanganyar

wisata terbaru di karanganyar
Foto : https://www.instagram.com/dhaniapurbasari/

Objek wisata di Karanganyar yang menjadi ikon kota ini salah satunya adalah Taman Pancasila. Tempat yang satu ini selalu ramai dengan pengunjung setiap harinya. Terlebih ketika musim liburan telah datang untuk melakukan sejumlah aktivitas bersantai.

Ketika datang ke taman ini, maka pengunjung akan disambut dengan patung garuda raksasa yang seukuran pohon besar dengan tulisan Pancasila. Jika malam hari, lampu-lampu akan dinyalakan untuk menyoroti lambang negara tersebut.

Pengunjung dapat melakukan aktivitas menyenangkan dengan suasana tempat yang bersih, nyaman, dan rindang. Taman selalu menjadi tempat yang ramah bagi anak-anak sehingga ajaklah mereka ke wahana permainan. Untuk bermain mobil-mobilan, kereta mini, trampolin, dan lainnya.

Hal yang menjadi daya tarik Taman Pancasila adalah ketika malam hari. Yang mana diadakan pasar malam yang menyuguhkan ragam kuliner lezat. Tidak hanya makanan dan minuman saja, Anda juga bisa berbelanja seperti pakaian, topi, gelang, dan lainnya.

Taman ini tidak pernah sepi pengunjung setiap saat karena biasanya ketika pagi dan sore hari ramai orang berolahraga jogging. Terlihat juga sejumlah anak-anak sedang bermain sepatu roda, skateboard, menaiki otopet keliling taman, serta bersepeda.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Klaten dengan suguhan destinasi indah, menawan dan mempesona.

Mengisi waktu libur dengan hal yang menyenangkan dan positif akan membawa kebahagiaan serta kenangan tidak terlupakan. Pilihan tempat wisata di Karanganyar tersebut bisa menjadi referensi Anda untuk liburan bersama yang tersayang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × one =