Perlu rekomendasi tempat wisata dengan akses lokasi yang mudah untuk liburan bersama keluarga di Jawa Tengah? Berikut adalah beragam pilihan daftar tempat wisata di Sukoharjo dengan sejuta pesona panorama alam yang menakjubkan. Bicara soal wisata di Sukoharjo mungkin masih belum begitu dikenal luas sebagai tujuan liburan.

Namun siapa yang menduga kalau salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini menyimpan objek wisata tersembunyi yang wajib Anda kunjungi. Tidak hanya wisata alam saja, ada juga destinasi wisata terbaru lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Lantas, apa saja rekomendasi tempat yang wajib untuk dikunjungi?

Berikut daftar tempat wisata di Sukoharjo yang tidak kalah bagus dan keren dari kota-kota besar lainnya :

1. Royal Water Adventure

Tempat Wisata di Sukoharjo
Foto : https://www.instagram.com/widyastutikristiana/b

Tempat wisata keluarga di Sukoharjo ini wajib Anda kunjungi, terutama penggemar wisata air khususnya wisata kolam renang. Keunikan dari wisata ini memiliki gedung berlantai empat dan wahana, seperti kolam arus, playground, water slider, dll.

Wahana kolam anak dilengkapi dengan berbagai ornamen dan permainan yang menarik perhatian anak-anak ketika masuk ke dalam areanya. Mulai dari jembatan yang dirancang mirip sebuah kapal bajak laut, pancuran air berbentuk kuda laut dan lantai kolam yang berwarna-warni.

Sementara buat pengunjung dewasa yang harus dicoba adalah kolam semi Olympic dengan rentang kedalaman dari 0,75 meter hingga 1,5 meter. Kemudian kolam arus buatan dengan kekuatan arus airnya akan membawa berkeliling sepanjang kolam.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan di sini bersama keluarga, teman serta sahabat, dijamin tidak akan merasa bosan. Mengusung konsep ceria berwarna warni dan beragam pilihan wahana seru untuk mengisi area seluas hampir 1 hektare.

2. Curug Krajan

wisata sukoharjo
Foto : https://www.instagram.com/sastro_pujo/

Objek wisata di Sukoharjo juga menyimpan keindahan air terjun atau orang Jawa menyembutnya ‘curug’. Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu dengan suasana gemericik air maka Curug Krajan pilihan yang tepat.

Pesona wisata alam ini berpusat pada dua air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar tiga meter dan terbagi dalam tiga tingkatan. Setiap air terjun akan mengalir mengikuti bibir tebing dari arah barat ke timur, dan inilah pemandangan yang akan anda saksikan.

Lokasi wisata Curug Krajan berada tidak jauh dari pemukiman warga dan memakan waktu sekitar 30 menit dari kota Sukoharjo. Untuk mendapatkan spot foto terbaik disarankan naik ke tingkatan curug paling atas. dengan naik tangga yang tersedia atau memanjat bebatuan.

3. Transformers Park

wisata di sukoharjo
Foto : https://www.instagram.com/hyoubie/

Rekomendasi tempat wisata di Sukoharjo terbaru dan dijamin memberikan pengalaman berburu spot foto yang anti-mainstream, yaitu Transformers Park. Daya tarik objek wisata ini tertuju pada deretan dumptruk tua yang terbengkalai, yang kemudian menjadi spot foto unik.

Sebagian besar bangkai mobil tersebut memiliki warna kuning layaknya karakter robot mobil dalam film Transformer. Nah, misalkan Anda ingin mendapatkan hasil foto terbaik, disarankan datang ke lokasi saat langit cerah.

Hal tersebut akan membuat warna kontras untuk latar belakang foto instagramable. Sedikit informasi, deretan bangkai mobil atau truck tersebut sebagai saksi bisu pengembangan infrastruktur di sungai Bengawan Solo.

Lokasi Transformer Park berada di belakang Balai Besar Sungai Bengawan Solo, kurang lebih 20 menit dari pusat kota. Jika tidak tahu lokasinya bisa menggunakan aplikasi Google Maps ya!

4. Dam Colo

Objek Wisata di Sukoharjo
Foto : https://www.instagram.com/doni.purnomo14/

Wisata terbaru di Sukoharjo dan banyak dipilih wisatawan lokal hingga luar kota karena termasuk spot foto instagramable yakni Dam Colo. Banyak pesepeda mengambil rute gowes khusus di sekitar wilayah waduk Gajah Mungkur, sehingga bisa melewati area Dam Colo.

Akses lokasi bendungan Colo dari pusat kota berjarak sekitar 15 kilometer arah tenggara tepatnya wilayah Desa Pengkol. Ditambah lagi, tidak adanya biaya tiket masuk ke Bendungan Colo ataupun biaya parkir membuat wisata ini selalu ramai pengunjung.

Daya tarik Dam Colo terletak pada ratusan beton balok pemecah air yang tertata rapi berjarak 1 meter, dengan background perbukitan. Tidak heran pengunjung rela menuruni tebing bebatuan hanya untuk mendapatkan spot foto terbaik.

Sebelum sampai ke pintu masuk bendungan Colo, Anda bakal disuguhi pemandangan aliran air dari Waduk Gajah Mungkur Wonogiri yang luas. Oleh karenanya, disarankan datang ke wisata ini saat musim kemarau yang mana volume bendungan Colo menyusut.

5. Wisata Alam Batu Seribu

obyek wisata di sukoharjo
Foto : https://www.instagram.com/hyoubie/

Wisata alam Sukoharjo tidak akan habis untuk dijelajahi lebih lanjut, salah satunya Wisata Alam Batu Seribu. Di sini Anda tidak akan menemui kumpulan bebatuan, tetapi pepohonan jati yang tinggi menjulang dengan suasana sejuk dan rindang.

Area favorit dari Batu Seribu adalah kolam renang di tengah hutan yang bersumber langsung dari mata air. Banyak pilihan area lain untuk Anda kunjungi seperti wisata Gunung Sepikul, Sendang Kyai Truna Lele, Umbul Pacinan dll.

Kehadiran taman wisata alam ini menjadi alternatif pilihan, bahkan cocok untuk destinasi liburan bersama si kecil. Daya tarik yang dijamin membuat anak-anak betah berlama-lama adalah fasilitas playground, camping ground, dan masih banyak lagi.

Lokasi wisata Batu Seribu berada di kaki Gunung Gajah Mungkur, dan tepatnya Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Waktu tempuh untuk sampai ke lokasi sekitar 1 jam dari kota Solo bisa diakses dengan berbagai kendaraan.

6. Heritage Palace

tempat wisata di sukoharjo terbaru
Foto : https://www.instagram.com/teguhkrnwan7/

Wisata Sukaharjo hits yang menawarkan suasana kota bersejarah ala Eropa tempo dulu yaitu Heritage Palace. Siapa yang menduga jika objek wisata yang sukses menarik banyak pengunjung, dulunya merupakan area pabrik gula Colomandu peninggalan zaman Belanda.

Dari kejauhan saja Anda akan dibuat kagum dengan bangunan bernuansa romawi yang mewah dan megah. Bahkan setiap area The Heritage Palace sangat mendukung pengunjung untuk berburu foto, karena memang nuansanya seolah-olah berada di Eropa.

Wisata populer ini juga dilengkapi wahana lain yaitu Museum Transportasi yang terdapat deretan mobil bernuansa klasik yang begitu terasa. Kemudian, wahana Museum 3D yang berisikan karya seni lukisan 3D berbagai tema yang akan membuat efek foto benar-benar terkesan nyata.

Jadi jangan sampai anda melewatkan aktivitas fotografi disini, manfaatkan beragam spot menarik untuk hasil foto yang instagramable. Manfaatkan setiap sudut yang ada karena banyak spot apik untuk anda jadikan background foto.

Lokasi wisata The Heritage Palace berada di Desa Honggobayan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Jarak tempuh ke lokasi wisata ini sekitar 9 kilometer dari pusat Kota Solo, dan memakan waktu tempuh sekitar 25 menit.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Gunungkidul menyuguhkan keindahan pantai yang beragam dengan pesonanya yang indah.

7. Waduk Mulur

tempat wisata alam di sukoharjo
Foto : https://www.instagram.com/wongjatipuro/

Wisata Sukoharjo yang terkesan simple namun menawarkan keindahan pesona alam yang luar biasanya, yaitu Waduk Mulur. Di samping fungsi utamanya sebagai penampungan air, pihak pengelola juga memanfaatkan area waduk untuk budidaya ikan nila menggunakan sistem keramba.

Daya tarik wisata Waduk Mulur yang banyak diincar oleh pengunjung adalah momen sunset atau matahari terbenam yang begitu indah. Semburat warna jingga dari pantulan cahaya matahari seakan bersentuhan langsung dengan permukaan air waduk yang luas.

Selain itu, spot menarik dari Waduk Mulur adalah area pemancingan incaran para penggemar joran dan pancing. Setiap hari Minggu tiba, banyak pemacing menenggelamkan separuh tubuhnya di pinggiran waduk untuk mencari titik menangkap ikan predator jenis toman.

8. Pandawa Water World

wisata terbaru di sukoharjo
Foto : https://www.instagram.com/richardsamuel888/

Tempat wisata anak di Sukoharjo terbesar yang diperuntukkan khusus pengunjung penggemar wisata wahana air yaitu Pandawa Water World. Sama dengan namanya, objek wisata ini menawarkan beragam keseruan wahana air yang dipadukan bersama konsep pewayangan yaitu “Pandawa”.

Wisata air seluas 5 hektare ini terbagi dalam 34 ragam wahana yang bertemakan dunia wayang dan fasilitas pendukung lainnya. Spot favorit pengunjung di antaranya, kolam renang, water slide, sight tower, bima slide, gatotkaca bungy tower, raft slide dll.

Datang kesini bersama keluarga ataupun orang tersayang akan membuat sensasi liburan anda menjadi semakin istimewa. Karena banyak aktivitas wisata menarik yang bisa anda lakukan untuk menghabiskan waktu disini.

Sebagai destinasi wisata ramah anak, Pandawa Water World dilengkapi wahana bermain khusus anak-anak yang diawasi oleh penjaga profesional. Anda tidak perlu khawatir saat lapar melanda, karena fasilitas foodcourt menyediakan beraneka macam kuliner yang bisa Anda pilih.

9. Kolam Renang Kora Kora

tempat wisata kelaurga di sukoharjo
Foto : https://www.instagram.com/rajendra.widiyanto/

Pilihan destinasi yang ramai pengunjung setiap harinya yaitu kolam renang Kora Kora yang merupakan pilihan terbaik quality time bersama keluarga. Apalagi kedalaman kolam renang bervariasi sehingga cukup aman untuk anak-anak dengan tetap didampingi orang tua.

Keseluruhan area wisata ini terdapat 4 kolam renang, water slide setinggi 3 meter dan dilengkapi wahana permainan air modern lainnya. Soal kebersihan, pihak pengelola mengganti air kolam renang setiap hari.

Sehingga kualitas air tetap jernih dan bersih, meski wisata satu ini berlokasikan di tengah pemukiman warga. Akses menuju lokasi wisata kolam renang kora-kora cukup dekat dari pusat kota Solo ke arah utara.

Bermain iar tentu menjadi menu wajib saat datang kesini, berenang hingga menyelam akan menjadi aktivitas yang menarik. Datang bersama keluarga maupun orang tercinta akan membuat liburan anda menjadi semakin istimewa.

Tepatnya di Desa Purbayan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lokasi wisata ini berada di area perumahan Griya Tiara Ardi Purbayan Sukoharjo.

10. Taman Sriwedari

tempat wisata anak di sukoharjo
Foto : https://www.instagram.com/vespa_java/

Bagi yang suka sejarah, tempat wisata di Sukoharjo Jawa Tengah yang wajib dikunjungi adalah Taman Sriwedari yang dikelola oleh pemerintah. Pembangunan taman sudah sejak tahun 1877, yang difungsikan sebagai tempat hiburan dalam tradisi Kejawen malam selikuran.

Seiring berjalannya waktu, fungsi Taman Sriwedari dialih fungsikan menjadi wisata taman kota dengan suasana rindang di tengah cuaca panas perkotaan. Apalagi dalam kompleks taman juga dibangun area wisata lain yang tidak kalah menarik.

Pertama, Museum Radya Pustaka yang dibangun di bagian timur kompleks taman dengan arsitektur mengikuti gaya Belanda. Kedua, Stadion Sriwedari sekarang ini secara resmi digunakan sebagai area berlatih dan pertandingan internal oleh klub sepakbola Persis Solo.

11. Telaga Claket

tempat wisata di sukoharjo
Foto : https://www.instagram.com/ulaand21_/

Hampir meyerupai Gunung Semeru, wisata alam di Sukoharjo yaitu Telaga Claket memiliki panorama alam dengan julukan miniatur Ranu Kumbolo. Wisata ini berlatar belakang hamparan telaga dan kaki bukit Gunung Widodaren yang begitu asri sebagai pemandangan utamanya.

Pesona lain dari Telaga Claket adalah suasananya yang cukup tenang sehingga pantulan bayangan bukit di permukaan airnya terlihat jelas. Karena lokasi telaga menghadap barat, keindahan pantulan cahaya matahari terbit di belakang bukit memberi gradasi warna air telaga lebih hidup.

Keindahan matahari terbenam di sini juga tidak kalah mempesona walaupun sebatas semburat warna oranye di langit dari pantulan cahaya matahari. Anda pun bisa menikmati keindahan alam ini dengan duduk bersantai di gazebo yang disediakan pihak pengelola.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Cimahi memiliki pesona alam yang memanjakan mata.

12. Taman Pakujoyo

tempat wisata di sukoharjo jawa tengah
Foto : https://www.instagram.com/muham_madsaifuddin/

Ruang terbuka hijau yang dikelola langsung oleh pemerintah kota, menjadikan Taman Pakujoyo sebagai wisata di Sukoharjo Jawa Tengah wajib dikunjungi. Meski mengusung konsep taman, objek wisata ini dilengkapi beragam wisata edukatif untuk anak-anak.

Jangan takut lelah mengelilingi area taman, karena pihak pengelola menawarkan fasilitas bus tour yang akan mengantarkan pengunjung berkeliling taman. Cukup bayar tiket bus sekitar 5 ribu rupiah, Anda sudah bisa duduk santai menikmati pemandangan asri dari pepohonan di sana.

Dari pintu masuk, anak-anak akan dimanjakan beragam wahana bermain seperti rumah balon, froggy fox, bianglala mini, permainan memancing dan lainnya. Setelah lelah bermain, deretan foodcourt siap mengisi ulang energi dengan pilihan makanan dan minuman harga terjangkau.

Akses lokasi Taman Pakujoyo terbilang strategis, hanya sekitar 500 meter dari terminal utama kabupaten Sukoharjo. Kemudian, harga tiket masuknya pun cukup ekonomis sebagai tujuan wisata keluarga pilihan di Jawa Tengah.

13. Sahasra Adhi Pura

wisata sukaharjo hits
Foto : https://www.instagram.com/bagas_sk/

Sukoharjo juga memiliki objek wisata sekaligus tempat beribadah umat Hindu, yaitu Sahasra Adhi Pura yang didominasi oleh bangunan pura. Tidak heran misalkan warga sekitar wisata pura ini menjadikannya sebagai tempat untuk meditasi.

Secara keseluruhan bangunan Sahasra Adhi Pura melambangkan pusat-pusat energi di tubuh manusia. Ketika dilihat dari atas, keseluruhan bangunan pura menggambarkan tubuh seorang dewi yang sedang berbaring telentang.

Dari pintu masuk, pengunjung akan disambut sejumlah bangunan suci, kolam air besar berbentuk octagonal, arca batu dan banyak lagi. Bahkan banyak pendapat mengatakan kalau objek wisata ini bisa mendapat pengakuan UNESCO, karena menyimpan puluhan benda purba.

14. Alun Alun Sukoharjo

tempat wisata malam di sukoharjo
Foto : https://www.kompasiana.com/

Setiap berkunjung ke suatu kota atau kabupaten terasa kurang lengkap kalau belum mengunjungi wisata alun-alun. Keberadaan Alun Alun Sukoharjo jadi alternatif wisata bagi warga lokal maupun wisatawan yang ingin bersantai di tengah keramaian kota Sukoharjo.

Selain difungsikan sebagai ruang terbuka, alun-alun sering dimanfaatkan untuk area olahraga lari, bermain sepak bola, atau sekadar berjalan-jalan santai. Selain itu, pengunjung tidak perlu khawatir saat lapar melanda, karena area sekitar alun-alun terdapat banyak warung hingga kafe kekinian.

Pemerintah setempat sering menyelenggarakan acara hiburan masyarakat yang dipusatkan di Alun-alun Sukoharjo. Mulai dari pesta kembang api pada perayaan pergantian tahun dan Car Free Day yang sudah dimulai sejak tahun 2013.

15. Puncak Laskar Pelangi

wisata alam sukoharjo
Foto : https://www.instagram.com/noer_cungkring/

Untuk momen liburan yang lebih mengesankan, Anda wajib mengunjungi tempat wisata malam di Sukoharjo yang populer yaitu Puncak Laskar Pelangi. Wisata ini selalu ramai oleh wisatawan yang hobi mendaki gunung, jalur pendakian menanjak untuk sampai ke puncaknya tidak terlalu ekstrem.

Puncak Laskar Pelangi sebenarnya merupakan puncak Gunung Gajah Mungkur dibutuhkan waktu sekitar 15 menit berjalan kaki untuk sampai puncak. Keindahan bentang alam yang dinanti setelah berada di puncak adalah momen matahari terbit maupun matahari tenggelam.

Jika cuaca cerah dan mengambil waktu pendakian menjelang petang, kemungkinan besarakan disambut keindahan suasana malam kota Surakarta dari puncak tersebut. Bahkan jika beruntung, puncak ini menjadi spot terbaik untuk menyaksikan momen milky way atau gugusan bintang di langit Sukoharjo.

16. Museum Pesanggrahan Langenharjo

wisata sukaharjo hits
Foto : https://www.sindonews.com/

Tempat wisata di Sukoharjo yang wajib Anda kunjungi karena nilai-nilai sejarahnya, dibalik fungsinya sebagai destinasi wisata yaitu Museum Pesanggrahan Langenharjo. Wisata ini merupakan situs kawasan kerajaan yang difungsikan sebagai tempat rekreasi dan peristirahatan keluarga kerajaan Keraton Surakarta.

Dari keseluruhan kompleks Pesanggrahan Langenharjo terbagi dalam beberapa area khusus. Seperti pendopo Prabasana, pendopo Pangkuran, kuncungan, ndalem ageng, ruang tamu, keputren, kesatrian dan gudang senjata.

Sekarang, kompleks tersebut difungsikan sebagai museum yang terbuka untuk masyarakat umum. Daya tarik wisata pesanggrahan ini dulunya dikenal sebagai tempat pemandian air hangat dengan kandungan belerang yang cukup tinggi.

Namun sekarang, pesanggrahan ini difungsikan sebagai museum yang masih sering dipakai untuk pertunjukan wayang, sarasehan atau juga tirakatan. Banyak cerita sejarah yang bisa anda pelajari disini untuk menambah wawasan.

17. Wisata Alam Taruwongso

wisata di sukoharjo jawa tengah
Foto : https://www.instagram.com/yuantopra/

Rekomendasi wisata Sukaharjo terbaru berikutnya adalah Wisata Alam Taruwongso yang menawarkan pesona keindahan alam perbukitan yang dikelilingi hutan konservasi. Objek wisata ini mejadi spot terbaik menikmati suasana matahari terbit atau juga matahari terbenam dari atas bukit.

Akses ke Puncak Taruwongso terbilang mudah, karena pengendara motor bisa langsung parkir di depan tangga yang jadi akses ke bukit. Sementara untuk pengemudi mobil, butuh sedikit berjalan kaki untuk menuju tangga setelah dari area parkir.

Di puncak bukit Taruwongso, pengunjung akan disambut dengan sejumlah pemandangan indah. Mulai dari hamparan persawahan yang luas yang seakan bersentuhan langsung dengan birunya langit. Jika beruntung, keberadaan gunung kembar Merapi dan Merbabu akan jelas terlihat dari puncak ini.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Klaten menyuguhkan destinasi terbaru yang hits banget.

18. Taman Balesari

tempat wisata di sukoharjo
Foto : https://maps123.net/en

Bersantai setelah mengunjungi beberapa destinasi wisata, mungkin Taman Balesari yang merupakan objek wisata di Sukoharjo Baru boleh dipilih. Di sini pengunjung bisa duduk bersantai menghabiskan waktu liburan dengan merasakan sejuknya udara dan pemandangan hijau asri pepohonan.

Awal mula pembukaan objek wisata ini adalah rencana menghidupkan kembali lahan kosong yang sudah tidak terawat. Pihak pemerintah setempat pun memutuskan menyulap lahan tersebut sebagai taman wisata yang mana tahap pembangunan masih berlanjut sampai hari ini.

Di taman ini akan dilengkapi berbagai spot menarik dan instagramable agar pengunjung bebas berfoto saat datang ke Taman Balesari. Area taman ini terbilang luas dan baru sebagian area yang selesai dibangun dan dibuka untuk wisatawan. Pas banget untuk bermain anak-anak.

Demikianlah 18 daftar tujuan wisata di Sukoharjo sebagai alternatif pilihan Anda selama berlibur di Jawa Tengah. Banyak destinasi wisata baru di sini mulai dari wisata alam hingga wahana permainan.

Ayo rencanakan liburan Anda dengan tujuan wisata wisata paling hits di Sukaharjo yang cocok untuk berburu spot foto instagramable. Soal bujet, tiket masuk sebagian besar tujuan wisata di Sukoharjo selalu ramah di kantong wisatawan.

Travel Vlog Honeymoon Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here