Anda tinggal di daerah Klaten dan sekitarnya? Pastikan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Klaten terbaru dan lagi hits di bawah ini. Seperti yang diketahui, Klaten merupakan salah satu daerah yang terkenal akan daya tariknya yang berlimpah.

Bahkan daya tarik Kota Klaten sendiri bagi wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri sudah tidak perlu diragukan lagi. Klaten memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik terutama wisata sejarah yang mengandung edukasi.

Tidak heran jika, banyak wisatawan yang menghabiskan watu liburannya dengan berkunjung ke beberapa wisata Klaten hits berikut ini. Apa saja objek wisata di Klaten yang recommended untuk dikunjungi bersama keluarga maupun kerabat? Berikut ulasan lengkapnya.

Berikut ini terdapat beberapa pilihan destinasi wisata hits di daerah Klaten yang sayang untuk dilewatkan, diantaranya yaitu:

Daftar Isi

1. Taman Lampion Klaten

tempat wisata di klaten
Foto : https://www.instagram.com/inkayuana/

Wisata Klaten yang lagi hits pertama yang wajib untuk Anda kunjungi karena cukup populer adalah Taman Lampion Klaten. Seperti yang diketahui, Taman Lampion Klaten sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan banyak sekali spot foto.

Bagi Anda yang hobi fotografi maka wajib untuk mengunjungi tempat wisata ini karena dijamin hasil fotonya kekinian dan instagramable. Sesuai dengan namanya, daya tarik utama yang ditawarkan oleh tempat wisata di Klaten ini yaitu lampionnya.

Menariknya, untuk masuk ke lokasi Taman Lampion Klaten ini para pengunjung tidak ditarik biaya tiket masuk alias gratis. Bagi yang belum tahu dimana lokasinya, taman ini berada di Bareng Lor Kecamatan Klaten Utara Klaten Jawa Tengah.

2. Waterboom Cokro Tulung

wisata klaten
Foto : https://www.visitklaten.com/

Wisata di Klaten selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah Waterboom Cokro Tulung atau lebih dikenal dengan nama Umbul Cokro Tulung. Dari banyaknya objek wisata yang ada di daerah Klaten, waterboom ini memang terbilang cukup populer di telinga masyarakat sekitar.

Water boom yang berlokasi di Desa Cokro Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten ini memiliki banyak sekali keistimewaan. Salah satu kelebihan dari tempat rekreasi ini yaitu kejernihan dan kesegaran air ditambah dengan suasana alamnya yang hijau dan menenangkan.

Bagi para wisatawan yang ingin bermain di water boom tidak perlu khawatir mahal karena harga tiketnya masih terbilang murah. Setiap pengunjung yang ingin masuk ke wisata water boom ini wajib membayar tiket masuk Rp 15 ribuan saja.

3. Umbul Ponggok

wisata di klaten
Foto : https://www.instagram.com/aryawiznu/

Umbul Ponggok menjadi salah satu wisata Klaten terbaru yang sekarang ini masih sangat hits dikalangan masyarakat Klaten. Tempat wisata ini terbilang cukup berbeda jika dibandingkan dengan kolam renang pada umumnya yang ada di daerah Klaten.

Dasar air dari Umbul Ponggok ini memiliki pasir, karang, dan berbagai jenis ikan serta airnya berasal langsung dari mata air. Uniknya, meski dipenuhi berbagai jenis ikan air yang ada di umbul ponggok ini tidak amis karena airnya yang terus mengalir.

Dengan beragam spot menarik yang wisata ini miliki akan membuat sensasi liburan anda menjadi semakin menyenangkan dan tak terlupakan.

Salah satu aktivitas yang bisa Anda dapatkan di tempat wisata ini yaitu menyelam bersama ikan yang pastinya seru dan menyenangkan. Bagi yang penasaran dengan lokasinya, objek wisata di Klaten beralamat di Jl Delanggu Polanharjo Kabupaten Klaten Jawa Tengah.

4. Deles Indah

objek wisata di klaten
Foto : https://www.instagram.com/sulistyapra_/

Deles Klaten merupakan wisata alam di Klaten yang sering dijadikan sebagai rujukan bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam. Bukan rahasia umum lagi jika Deles Indah terkenal dengan pemandangan alam pegunungannya yang bagus dan menakjubkan.

Dari Deles Indah para wisatawan bisa melihat secara langsung megah dan indahnya Gunung Merapi dari kejauhan. Selain itu, udara yang masih sejuk dan asri juga menjadi kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh objek wisata ini.

Namun tahukah Anda ternyata potensi wisata Deles Indah ini tidak hanya berasal dari keindahan alamnya saja. Di sana Anda juga menjumpai peninggalan sejarah dan tempat-tempat rekreasi lainnya yang dijamin keren.

Untuk bisa masuk ke lokasi wisata, para pengunjung wajib membayar tiket masuk seharga Rp 5 ribuan saja. Lokasi dari Deres Indah sendiri terbilang cukup strategis yaitu berada di Balerante Kemalang Kabupaten Klaten Jawa Tengah.

5. Candi Sojiwan

obyek wisata di klaten
Foto : https://www.instagram.com/berandajogja/

Candi Sojiwan merupakan salah satu wisata sejarah di daerah Klaten yang lumayan terkenal. Bagi para orang tua yang suka mendongengkan buah hatinya, objek wisata wajib untuk dimasukkan ke dalam list kunjungan.

Anda bisa menceritakan bagaimana sejarah atau asal usul Candi Sojiwan tersebut sambil mengelilingi bangunan candinya. Candi ini sering dijadikan sebagai tempat wisata keluarga di Klaten karena banyak tersedia tempat untuk bersantai.

Menghabiskan sore atau saat akhir pekan menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk keluarga. Untuk bisa masuk ke Candi Sojiwan yang berlokasi di Kecamatan Prambanan Klaten ini, para pengunjung wajib membayar Rp 25.000 per-orang.

6. Umbul Manten

tempat wisata di klaten terbaru
Foto : https://www.instagram.com/guntur_firm/

Selain Umbul Ponggok, destinasi wisata alam lainnya yang juga di lirik oleh wisatawan di Klaten yaitu Umbul Manten. Bahkan saking populernya tempat wisata alam di Klaten ini banyak dikunjungi oleh wisatawan di setiap harinya.

Berenang hingga menyelam akan menjadi aktivitas wisata yang sangat menarik dan bisa anda lakukan disini. Jika tidak ingin basah basahan anda juga bisa hanya sekedar duduk bersantai menikmati keindahan alam.

Untuk Anda yang belum tahu dimana lokasinya, Umbul Manten terletak di Jalan Janti Boto Wunut Tulung Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Bagi para pengunjung yang masuk ke lokasi wisata Umbul Manten wajib membayar tiket masuk seharga Rp 6.000 saja per orang.

Di sini Anda dan keluarga bisa menghabiskan waktu banyak untuk mengisi kegiatan liburan yang lebih seru dan menyenangkan. Jika Anda kesulitan untuk menemukan lokasinya bisa menggunakan aplikasi Google Maps yang ada di smartphone kesayangan Anda.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Wonosobo yang kaya akan destinasi alam dengan panorama menakjubkan.

7. Candi Prambanan

wisata klaten yang lagi hits
Foto : https://www.instagram.com/keziajennifer_/

Siapa sih yang tidak kenal dengan Candi Prambanan yang terkenal megah dan cantik di Klaten ini. Bagi sebagian besar dari Anda tentu sudah tidak asing dengan candi yang terkenal dengan cerita sejarahnya ini, bukan?

Candi Prambanan sendiri yang berlokasi di wilayah kecamatan Prambanan, Sleman dan Kecamatan Prambanan Klaten. Jika dari Yogyakarta, Candi Prambanan hanya berjarak sekitar 17 km saja.

Keindahan yang ditawarkan oleh destinasi wisata sejarah ini tidak hanya menarik perhatian wisatawan lokal saja tetapi juga wisatawan asing. Di sana Anda bisa belajar tentang sejarah Candi Prambanan, menyaksikan Sendratari Ramayana dan juga berbelanja oleh-oleh khas Jogja.

Untuk bisa masuk ke area Candi Prambanan para pengunjung biasanya dikenakan tiket masuk seharga Rp 50.000 per orang. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara yang ingin berkunjung ke sana wajib membayar tiket masuk seharga Rp 300 ribuan per orang.

8. Umbul Sigedang

wisata klaten terbaru
Foto : https://www.instagram.com/agus_riyadiii/

Selain Umbul Maten dan Umbul Ponggol, di Klaten ternyata masih ada wisatawan pemandian yang tidak kalah bagus dan terkenal. Wisata pemandian atau umbul yang dimaksud adalah Umbul Sigedang yang berlokasi Desa Ponggok Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten.

Untuk bisa merasakan ke seruan bermain air di Umbul Sigedang, tiap pengunjung wajib mengeluarkan biasa sebesar Rp 6.000 per orang. Dengan tarif yang tergolong murah tersebut para pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas di sana.

Aktivitas yang dimaksud seperti menyelam, berendam, bermain air, dan masih banyak lagi. Jam operasional dari destinasi wisata di Klaten ini yaitu mulai dari jam 7 pagi sampai dengan jam 5 sore.

9. Waterpark Galuh Tirtonirmolo Prambanan

wisata di klaten utara
Foto : https://www.instagram.com/irfanputrachikal/

Waterpark Galuh Tirtonirmolo Prambanan merupakan destinasi wisata yang masih satu bagian dari hotel Galuh Tirtonirmolo. Hotel ini sendiri merupakan salah satu hotel terpopuler di Klaten yang lokasinya berada diantara Candi Prambanan dan Candi Plaosan.

Bagi Anda yang sedang liburan ke Candu Ratu Boko pastikan untuk berkunjung ke waterpark ini karena lokasinya tidak begitu jauh. Di sana Anda akan menjumpai aneka permainan dan kolam renang dengan beragam pilihan dan ukuran.

Untuk bisa masuk ke sana para pengunjung membayar tiket masuk terlebih dahulu sebesar Rp 15 ribuan saja. Tempat wisata anak di Klaten ini selalu ramai dikunjungi apalagi saat akhir pekan atau saat musim liburan tiba.

10. Makam Sunan Pandanaran

wisata di klaten jateng
Foto : https://www.instagram.com/wisatajateng/

Makam Sunan Pandanaran merupakan destinasi wisata religi yang cukup populer dikalangan masyarakat terutama bagi para peziarah. Seperti yang diketahui, Sunan Pandanaran merupakan salah satu wali yang menyebarkan agama Islam di daerah Tembayat saat zaman Kerajaan Demak.

Bagi Anda yang ingin berziarah ke sana, lokasi dari Makam Sunan Pandanaran ini berada di Desa Paseban Kecamatan Bayat Klaten. Untuk menuju ke sana rute yang digunakan terbilang cukup mudah dilalui.

Namun jika Anda kesulitan untuk menemukan lokasinya bisa menggunakan aplikasi Google Maps. Kemudian ketikkan nama ‘Makam Sunan Pandanaran’ di kolom pencarian maka nanti Anda akan mendapatkan rutenya.

11. Candi Plaosan

tempat wisata di klaten
Foto : https://www.instagram.com/mumtazmahfud/

Selanjutnya destinasi wisata di Klaten yang wajib dikunjungi adalah Candi Plaosan yang mana merupakan candi Budha yang cukup terkenal. Objek wisata ini di buka mulai dari pagi hingga sore hari sehingga Anda dijamin puas saat menghabiskan waktu di sana.

Selain menjadi tempat favorit untuk liburan bersama keluarga, di Candi juga menyediakan banyak spot foto yang dijamin keren. Tentu saja sangat cocok untuk Anda yang ingin berlibur sambil menambah koleksi foto yang ada di feed Instagram.

Alamat dari Candi Plaosan sendiri yaitu berada di Jalan Candi Plaosan Bugisan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Untuk bisa menikmati pemandangan yang ditawarkan oleh candi ini, para pengunjung wajib membayar tiket masuk sebesar Rp 3.ribuan saja.

12. Jolotundo Klaten

tempat wisata di klaten selatan
Foto : https://www.instagram.com/yattibundaallam/

Pemandian Jolotundo di Klaten atau banyak yang mengenalnya dengan nama Umbul Jolotundo ini terletak di Desa Jambeyan Kecamatan Karanganom Klaten. Jika dari pusat kabupaten Klaten lokasi dari Umbul Jolotundo ini hanya berjarak sekitar 8 kilomoter.

Salah satu wisata di Klaten utara ini merupakan sebuah kolam pemandian yang memiliki luas sekitar 220 meter persegi. Sedangkan untuk luas area objek wisatanya sendiri yaitu seluas 500 meter persegi.

Di sana Anda akan menjumpai 3 kolam renang yang memiliki kedalaman yang berbeda-beda sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Harga tiket masuk ke objek wisata ini yaitu Rp 5 ribuan saja per orang yang masih terbilang sangat terjangkau, bukan?

13. Alun Alun Klaten

tempat wisata alam di klaten
Foto : https://www.instagram.com/saniasani__/

Alun alun Klaten menjadi salah satu pilihan rekreasi dan pusat keramaian yang ada di Klaten. Hampir setiap hari tempat wisata ini selalu menjadi tujuan untuk melepas penat sejenak tidak pagi, siang maupun malam.

Wisata di Klaten yang gratis ini selalu ramai dikunjungi oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Layaknya alun-alun di kota lainnya, di Alun alun Klaten ini ada banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan selain bersantai.

Anda bisa berfoto di tempat wisata ini karena banyak sekali spot foto yang disediakan. Selain untuk berwisata, Alun alun di Klaten ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk olahraga yang seru dan menyenangkan.

Sama halnya dengan daerah lainnya, lokasi Alun alun Klaten ini terbilang sangat strategis karena berada di pusat kota. Untuk memudahkan Anda menemukan lokasinya sebaiknya gunakan aplikasi Google Maps karena sudah tertandai.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Magelang memiliki panorama alam asri dan udara sejuk khas pegunungan.

14. Rowo Jombor

wisata di klaten yang gratis
Foto : https://www.instagram.com/sumunara_nara/

Selalin terkenal dengan potensi wisata sejarahnya, ternyata di Klaten juga memiliki beragam wisata alam yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu tempat wisata di Klaten selatan yang bisa Anda kunjungi saat liburan akhir pekan adalah rowo jombor.

Rowo Jombor sendiri merupakan sebuah waduk yang menyediakan beragam aktivitas liburan dijamin seru dan menyenangkan. Salah satu aktivitas liburan yang bisa Anda lakukan di sana yaitu mendaki bukit Rowo Jombor yang sangat terkenal.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati kuliner khas di Warung Apung Rowo Jombor, memancing dan juga menikmati panorama sekitar. Untuk masuk ke sana, para pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5 ribuan saja per orang.

15. Gondang Winangoen

wisata terbaru di klaten
Foto : https://www.instagram.com/wedangan_de_meyer/

Perjalanan menjelajah kota Klaten selanjutnya bisa Anda lakukan dengan mengunjungi Pabrik Gula Gondang Winangoen. Perlu diketahui, pabrik gula tersebut merupakan salah satu pabrik paling tua di Indonesia yang dibangun sejak zaman penjajahan.

Pabrik Gula Gondang Winagoen ini bisa dikatakan sebagai sebuah museum yang menyuguhkan peralatan-peralatan yang digunakan zaman dulu. Selain menambah wawasan di museumnya, Anda juga bisa bermain di beberapa wahana yang disediakan oleh pengelola.

Lokasinya, pabrik gula terkenal di Klaten ini terletak di Karang Asem, Jombroan Kecamatan Klaten Tengah Jawa Tengah. Destinasi wisata ini terbilang murah meriah karena harga tiket masuk yang dibebankan hanya sekitar Rp 5 ribuan.

16. Candi Bubrah

tempat wisata keluarga di klaten
Foto : https://www.instagram.com/oska_valeva/

Wisata di Klaten Jateng selanjutnya yang wajib untuk Anda kunjungi saat akhir pekan atau musim liburan adalah Candi Bubrah. Bagi Anda yang tinggal di daerah Klaten tentu sudah tidak asing lagi dengan destinasi wisata sejarah yang satu ini.

Dinamakan candi Bubrah karena memang candi ini bentuknya hancur berantakan atau tidak beraturan. Lokasi dari candi ini sendiri terbilang lumayan jauh dari Candi Prambanan yang sudah sangat terkenal.

Untuk memasuki lokasi dari Candi Bubrah ini, para pengunjung wajib membayar tiket masuk Rp 30 ribu per orang. Alamat dari Candi Bubrah sendiri yaitu di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten.

17. Candi Lumbung

tempat wisata di klaten jawa tengah
Foto : https://www.instagram.com/mafadaharis/

Selain Candi Bubrah dan Candi Prambanan, destinasi wisata candi lainnya di Klaten yang juga wajib Anda kunjungi adalah Candi Lumbung. Seperti yang diketahui, Candi Lumbung merupakan salah satu Candi Budha yang mana masih berada di kompleks percandian Candi Prambanan.

Lokasi dari Candi Lumbung sendiri berada Desa Bugisan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Destinasi wisata Candi Lumbung ini terbilang murah karena harga tiket masuk per orangnya hanya sekitar Rp 10 ribuan saja.

Perlu diketahui, Candi Lumbung merupakan candi yang memiliki tinggi sekitar 8 meter dan masih satu kompleks dengan Candi Prambanan. Tidak kalah terkenal dengan Candi Prambanan, Wisata ini juga selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari segala penjuru.

18. Umbul Kapilaler

tempat wisata di klaten
Foto : https://www.instagram.com/umbul_sigedang_kapilaler/

Jika Anda sedang mencari destinasi wisata alam yang terkenal di Klaten, Umbul Kapiler bisa dimasukkan dalam list tujuan. Seperti yang diketahui, di Klaten saat ini banyak dijumpai wisata umbul atau pemandian karena menarik dan terjangkau di kantong.

Dari banyak destinasi wisata umbul yang andai di Klaten, Umbul Kapiler cukup terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat kolam yang dihadirkan masih sangat asri dan dikelilingi bebatuan.

Untuk masuk ke wisata terbaru di Klaten ini para pengunjung wajib membayar tiket seharga Rp 5.000. Bagi yang belum tahu dimana lokasinya, wisata Umbul Kapiler ini berada di Dukuh Umbulsari Desa Ponggok Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten.

Jika Anda bingung atau bahkan kesulitan menemukan lokasinya bisa menggunakan aplikasi Google Maps yang ada di smartphone Anda. Tempat wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai tujuan untuk Anda yang ingin liburan bersama keluarga murah meriah.

19. Candi Sewu

tempat wisata di klaten
Foto : https://www.instagram.com/analogue_perspectives/

Satu lagi destinasi wisata yang kaya akan sejarah ini sangat rekomended untuk anda kunjungi. Candi Sewu merupakan satu dari sekian banyak bangunan peninggalan sejarah kerajaan yang selalu di padati wisatawan.

Dibangun pada abad ke 8 masehi, sejatinya Candi Sewu secara usia lebih tua dibandingkan candi-candi besar yang ada. Seperti Candi Prambanan maupun Borobudur, yang menjadi candi peninggalan kerajaan budha pada masa lalu.

Kawasan Candi Sewu memiliki panjang sekitar 185 meter dan lebar 165 meter. Dan memiliki arca serta relief yang sangatlah unik dan juga ikonik, bagus untuk anda jadikan background berswafoto.

Candi yang memiliki bangunan serta panorama eksotis ini selalu ramai oleh wisatawan saat hari libur & akhir pekan. Segera atur waktu kunjungan anda kesini untuk mendapatkan sensasi wisata yang menarik.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Boyolali cocok sekali dijadikan tempat merelaksasi pikiran.

Menghabiskan waktu liburan bersama memang menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh semua orang. Dengan berlibur setidaknya bisa merilekskan pikiran sejenak dari padatnya aktivitas selama sepekan. Berkunjung bersama keluarga dan juga orang tersayang akan membuat liburan anda menjadi semakin berwarna dan istimewa.

Tidak perlu takut mengeluarkan bujet yang besar karen umumnya tempat wisata di Klaten menawarkan tarif tiket masuk yang terjangkau. Lokasinya yang strategis dan mudah dijangkau tentu akan membuat perjalanan Anda semakin menyenangkan.

Jadi, tunggu apalagi? Segera agendakan liburan bersama keluarga sekarang juga dan atur jadwalnya agar persiapannya lebih matang. Selamat berlibur dan semoga liburan Anda menyenangkan!

Travel Vlog Jeep Adventure Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here