Candi Cetho termasuk dalam salah satu tujuan wisata favorit bagi para pengunjung ketika singgah di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Selain untuk berwisata, kompleks Candi Cetho Karanganyar juga berfungsi sebagai tempat pemujaan oleh peziarah yang beragama Hindu.

Tak ketinggalan candi ini juga dikunjungi oleh kalangan penganut kepercayaan asli Jawa / Kejawen sebagai tempat pertapaan. Sejarah Candi Cetho, yang diduga kuat dibangun pada abad ke 15 Masehi saat masa-masa akhir era Kerajaan Majapahit.

Sebelum anda explore ragam keunikan Candi Cetho, ada baiknya untuk menyimak terlebih dahulu ulasan menarik dari wisata Karanganyar satu ini. Larangan di Candi Cetho, Mitos Candi Cetho, Gambar Candi Cetho dapat anda temukan dalam tulisan berikut ini.

Harga Tiket Masuk Candi Cetho

harga tiket masuk candi cetho
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116199143923556294060

Gambar Candi Cetho yang biasa anda lihat di dunia maya kini wajib untuk disaksikan secara nyata dengan mengunjungi destinasnya. Menelusuri ragam mitos Candi Cetho yang terus berkembang dan menjadi salah satu daya tarik wisata di Karanganyar ini.

Adapun beberapa larangan di Candi Cetho yang mesti anda ketahui terlebih dahulu sebelum berkunjung untuk berwisata kesini. Seperti halnya dilarang untuk merusak/mengambil apapun yang ada di Candi, mengotori lingkungan, dan tidak menjaga etika serta sopan santun.

Tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk bisa liburan dan rekreasi di Candi Cetho yang menakjubkan ini. Tarif masuk yang dipatok sangatlah bersahabat dan pastinya ramah dikantong.

Harga tiket masuk Candi Cetho di Karanganyar sejauh ini hanya Rp10.000 saja untuk per orangnya, sangat murah bukan? Dengan biaya tiket masuk yang telah anda bayarkan ini maka para pengunjung dapat eksplorasi, bersantai dan berfoto ria sampai puas.

Candi yang bercorak agama Hindu ini dapat anda kunjungi sesuai dengan jam operasional wisata yang berlaku. Wisata Candi Cetho buka setiap hari dari senin sampai dengan minggu dengan jam operasional sebagai berikut :

  • 08.00 – 16.30 WIB -> Senin, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu
  • Buka 24 jam -> Selasa dan Jum’at

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat candi cetho
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115341103817387698356

Letak Candi Cetho berdiri pada ketinggian 1496 meter diatas permukaan laut, lokasinya berada di lereng Gunung Lawu. Sehingga saat berada di Candi Cetho ini, para pengunjung akan disuguhkan dengan banyaknya pemandangan alam cantik, indah nan menawan.

Ditambah dengan udara sekitar yang sangat sejuk, akan memberikan kenyamanan lebih kepada para wisatawan yang tengah berkunjung. Catat alamat Candi Cetho, RT.01/RW.03, Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.

Berjarak sekitar 29 km dari Alun-Alun Karanganyar dan harus menempuh perjalanan selama 51 menit berkendara. Akses jalur menuju Candi Cetho sudah sangat baik dan didukung dengan plang petunjuk yang terpasang di beberapa sudut jalan.

Maka dari itu anda tak perlu khawatir akan mengalami kesulitan dijalan saat ingin menghabiskan waktu libur ke Candi Cetho. Namun jika anda mengalami kesulitan karena mungkin baru pertama kali akan berkunjung, agar sebaiknya menggunakan maps dibawah ini.

Dengan petunjuk akurat akan memudahkan perjalanan wisata anda ke Candi Cetho yang eksotis.

Fasilitas

fasilitas candi cetho
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114558735961139221259

Telah di dukung dengan sarana prasana yang memadai sebagai penunjang kegiatan dan aktivitas semua pengunjung. Dan berikut fasilitas Candi Cetho yang dapat anda temukan antara lain :

  • Tempat parkir kendaraan
  • Pusat infromasi wisata
  • Pemandu wisata profesional
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Jalur pendakian Lawu
  • Warung wisata
  • Rumah makan
  • Kios souvenir dan oleh-oleh
  • Gazebo / saung
  • Spot foto menarik

Nikmati beragam suguhan yang wisata Candi Cetho Karanganyar tawarkan agar momen anda kali ini semakin berkesan dan tak akan terlupakan.

Kunjungi juga –> Candi Kethek

Spot Terbaik di Candi Cetho

spot terbaik di candi cetho
Foto : https://www.instagram.com/andhikabayu/

Tempat wisata Karanganyar satu ini menyimpan segudang daya tarik yang pastinya unik. Seperti wisata serupa kebanyakan, Candi Cetho juga memiliki Relief yang didalamnya menyimpan cerita cerita masa lalu untuk anda ketahui.

Relief Candi Cetho memiliki bentuk dan gaya seni masa klasik muda (Jawa Timur). Ciri tersebut terlihat dari penggambaran tokoh yang tidak proporsional pada reliefnya.

Berbeda dengan relief pada candi-candi dari masa Jawa Tengah pada era 8 sampai 11 Masehi. Yang dimana Relief pada masa Jawa Timur ini terlihat lebih 2 dimensi, mirip dengan karakter-karakter wayang.

Sejak di renovasi, kompleks Candi Cetho terdiri atas sembilan tingkatan berundak dengan dua pasang arca penjaga di teras pertama. Biasanya di arca penjaga inilah banyak pengunjung yang berfoto-foto ria disini.

Hasilkan foto instagenic pada spot terbaik di Candi Cetho yang memikat. Dengan menjadikan bangunan candi sebagai latar belakang foto anda agar semakin mempesona hasil jepretannya.

Review sebelumnya –> Taman Pancasila Karanganyar

Tips Berkunjung

tips berkunjung candi cetho
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102832165111276874803

Berikut ini tips berkunjung ke Candi Cetho di Karanganyar Jawa Tengah sebagai tambahan referensi anda sebelum liburan dan rekreasi.

  • Hari yang cerah dengan cuaca mendukung merupakan waktu terbaik berwisata.
  • Datanglah ke Candi pada saat pagi atau sore hari untuk suasana yang lebih teduh.
  • Apabila anda datang saat siang hari, sebaiknya sedia penutup kepala seperti topi, payung dan lainnya.
  • Ikut serta menjaga kebersihan lingkungan area wisata agar selalu rapi dan indah.
  • Selalu jaga tutur kata dan tingkah laku di manapun anda berada.
  • Dilarang melakukan tindakan yang berbahaya dan bisa merugikan banyak pihak.
  • Patuhi semua aturan dan ketentuan yang berlaku untuk para pengunjung.

Jadi itulah tadi informasi seputar Candi Cetho dalam sebuah ulasan yang sangat singkat dan sudah anda simak. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda yang telah membacanya, sekian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × one =