Lembah Sumilir merupakan salah satu destinasi wisata alam menarik yang berada di Desa Kemuning Kabupaten Karangnyar. Desa Kemuning sendiri menjadi salah satu kawasan yang memiliki banyak sekali daya tarik wisata untuk coba anda explore.

Wisata Kemuning satu ini menyajikan tempat untuk rekreasi menyenangkan anda bersama orang-orang tercinta ketika hari libur tiba. Perbukitan hijau yang berpadu dengan banyaknya spot-spot kekinian untuk berswafoto membuatnya begitu luar biasa.

Mengisi waktu santai dengan berkunjung ke Lembah Sumilir Karanganyar dijamin akan berkesan dengan banyaknya suguhan menarik di dalamnya. Termasuk dalam daftar wisata Karangnyar populer, Lembah Semilir jangan sampai anda lewatkan sebagai tujuan bersenang-senang.

Harga Tiket Masuk Lembah Sumilir

harga tiket masuk Lembah Sumilir
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103893586978308945071

Explore Karanganyar dengan mengunjungi berbagai macam daya tarik wisatanya bisa anda lakukan sebagai alternatif saat akhir pekan. Kota dengan julukan BUMI INTANPARI (Industri, Pertanian dan Pariwisata) ini memang menyimpan banyak destinasi wisata menakjubkan tuk dikunjungi.

Salah satunya adalah Lembah Sumilir ini, sebuah perbukitan hijau yang berada di kaki Gunung Lawu begitu mempesona. Keindahan alam yang tersaji mampu membuat siapapun berdecak kagum saat berada disini.

Tempat wisata Karanganyar ini cocok untuk dijadikan lokasi melepas penat dan mencari ketenangan. Udara sejuk yang terus berhembus akan membuat para pengunjung merasa nyaman, betah dan enggan rasanya untuk pulang.

Menariknya lagi, untuk bisa rekreasi disini maka wisatawan tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga tiket masuk Lembah Semilir hanya sekitar Rp5.000 saja per orangnya, sangat terjangkau sekali bukan?

Sedangkan jam operasional wisata alam Lembah Sumilir yakni terbuka untuk umum pada pukul 07.00 – 17.00 WIB. Kami sarankan agar sebaiknya berkunjung ke wisata kemuning Karanganyar ini saat pagi atau sore hari, untuk suasana yang lebih teduh.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat lembah sumilir
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103617156853860764304

Alamat Lembah Sumilir berada di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Seperti telah disinggung sebelumnya bahwa Lembah Sumilir sendiri berada di Desa Kemuning yang terkenal dengan kebun tehnya.

Kebun teh Kemuning sendiri memang cukup populer dan selalu dipadati oleh wisatawan. Keindahan Kebun Teh Kemuning Karanganyar ini dapat anda saksikan melalui wisata Lembah Sumilir lho.

Hamparan luas kebun teh mempesona terlihat begitu nyata dari Lembah Sumilir, beserta landscape Gunung Lawu yang gagah. Letak Lembah Sumilir bisa dibilang cukup jauh dari Alun-Alun Kota Karangnyar.

Diharuskan menempuh perjalanan selama 36 menit berkendara dan jaraknya kurang lebih sejauh 22 km. Akses jalan menuju Lembah Sumilir Karanganyar sudah cukup baik, meski didominasi oleh jalur yang menanjak.

Jika anda merasa bingung saat dalam perjalanan, sebaiknya gunakan saja maps dibawah ini. Dengan peta navigasi akuratnya akan memudahkan laju kendaraan anda ketika ingin berlibur bahagia di Lembah Sumilir.

Datang juga ke –> Taman Balekambang Tawangmangu

Fasilitas

fasilitas lembah sumilir
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116502062619620910084

Telah di dukung dengan berbagai macam sarana prasarana penunjang yang bisa wisatawan manfaatkan. Berikut fasilitas Lembah Sumilir diantaranya adalah :

  • Area parkir kendaraan
  • Pusat informasi wisata
  • Kamar mandi umum
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Camping ground
  • Gazebo
  • Tenda kuliner
  • Gardu pandang
  • Wahana bermain
  • Spot foto instagramable

Ragam kegiatan dan aktivitas menarik dalam wahana bermain yang ada di Lembah Sumilir meliputi :

  • Jeep wisata Kemuning
  • Motor ATV
  • Area memanah
  • Bermain ayunan

Berkeliling Lembah Sumilir dengan menggunakan Jeep menjadi salah satu aktivitas favorit saat berkunjung kesini. Selain itu, naik motor ATV juga patut anda coba dan rasakan keseruannya.

Tak ketinggalan, bermain panahan untuk mengadu ketangkasan juga jangan sampai anda lewatkan. Lengkap dengan berbagai alat panah yang disediakan, beserta area lapang untuk bermainnya.

Kunjungi juga –> Sondokoro

Spot Terbaik di Lembah Sumilir

spot terbaik lembah sumilir
Foto : https://www.instagram.com/indirawin26/

Nikmati berbagai hal-hal menyenangkan yang Lembah Sumilir tawarkan kepada anda untuk mendapatkan momen liburan dan rekreasi anti mainstream. Dengan bersantai, jalan-jalan, melihat pemandangan, bermain wahana permainan hingga berfoto-foto ria jangan sampai anda lewatkan.

Apalagi untuk yang gemar berpose di depan kamera, Lembah Sumilir yang dipenuhi oleh spot-spot foto kekiniannya pasti akan memanjakan anda. Aneka spot foto dengan latar belakang pemandangan perbukitan hijau wajib anda coba satu persatu.

Seperti spot rumah dari jerami, yang dimana bentuknya mengerucut seperti rumah suku Indian, sangat unik deh pokoknya. Ada juga spot foto menarik lainnya yakni berupa gerbang yang dipenuhi oleh tanaman rambat.

Dan yang paling ikonik dari semua spot-spot kekinian yang ada di Lembah Semilir, adalah Rumah Hobbit. Sebuah pondok yang terbuat dari bambu dan memiliki desain unik dan mirip sekali dengan Rumah Hobbit.

Lengkap dengan rumput jepang di bagian atapnya, pada bagian depan tampak satu pintu oval dan dua jendela lingkaran. Manfatkan dengan sebaik mungkin spot terbaik di Lembah Sumilir untuk anda jadikan background saat selfie maupun foto bersama.

Review sebelumnya –> Agrowisata Amanah

Tips Berkunjung

tips berkunjung lembah sumilir
Foto : https://www.instagram.com/irakristinawati49/
  • Hari yang cerah adalah waktu terbaik berwisata ke Lembah Sumilir yang menawan.
  • Sangat tidak disarankan datang ke Semilir pada saat cuaca buruk atau turun hujan.
  • Pagi dan sore hari menjadi saat paling digemari wisatawan untuk berkunjung kesini.
  • Bersama-sama menjaga keaslian lingkungan, jangan merusak dan mengotori alam.
  • Selalu berhati – hati dan tetap utamakan keselamatan ketika tengah liburan.

Demikian tadi ulasan singkat seputar salah satu wisata Kemuning yakni Lembah Sumilir yang mengagumkan. Segera atur waktu terbaik anda untuk bisa merasakan sensasi liburan bahagia bersama orang tercinta di Lembah Semilir Karanganyar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen − 7 =