Candi Sukuh merupakan sebuah situs budaya yang ada di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah dengan menyimpan banyak keunikan. Kompleks Candi Hindu ini diperkirakan dibangun pada abad ke 15 saat masa akhir Kerajaan Majapahit masa pemerintahan Ratu Suhita.

Tidak seperti candi-candi di Jawa Tengah lainnya, bentuk bangunan dari Candi Sukuh Karanganyar sangatlah berbeda dari biasanya. Struktur bangunan Candi Sukuh Tawangmangu ini terlihat seperti bentuk-bentuk piramida yang ada di Mesir.

Selain itu bentuk wisata Candi Sukuh pun juga cenderung mirip dengan peninggalan budaya Inca di Peru dan Maya di Meksiko. Dengan banyak-banyak hal-hal menarik di dalamnya membuat tempat wisata di Karanganyar satu ini tak boleh anda lewatkan.

Harga Tiket Masuk Candi Sukuh

harga tiket masuk Candi Sukuh
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115379104830168819121

Sejarah Candi Sukuh dapat anda telusuri ragam cerita unik di dalamnya dengan eksplorasi wisata Karanganyar satu ini saat akhir pekan. Gambar Candi Sukuh bisa dilihat dan diamati dengan baik dalam ulasan yang sedang anda simak kali ini.

Mitos Candi Sukuh yang terus berkembang membuat situs budaya Karanganyar satu ini selalu diminati oleh banyak wisatawan. Selain karena bentuk bangunan candinya berbeda, Relief Candi Sukuh pun terbilang tidak lazim karena bentuknya yang kontroversial.

Relief Candi Sukuh terkesan erotis, karena menggambarkan alat-alat kelamin manusia secara eksplisit pada beberapa figurnya. Entah bagaimana cerita dahulunya sehingga relief-relief di Candi Sukuh berbentuk demikian.

Namun yang pasti tidak semua Relief Candi Sukuh memiliki bentuk seperti itu. Ada juga bentuk relief yang memilki bentuk seperti pada umumnya dengan sejarah menarik didalamnya.

Tak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk bisa jalan-jalan dan explore Candi Sukuh di Karanganyar Jawa Tengah. Harga tiket masuk Candi Sukuh hanya sebesar Rp10.000 saja per orangnya, murah sekali bukan?

Adapun untuk jam operasional wisata Candi Sukuh yang perlu anda ketahui terlebih dahulu. Candi Sukuh beroperasi pada pukul 07.00 – 15.00 WIB dari hari senin sampai minggu.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat candi sukuh
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110160872049639602502

Lokasi Candi Sukuh berada di lereng barat Gunung Lawu dengan ketinggian areanya mencapai 1.186 meter diatas permukaan laut. Kawasan wisata Candi Sukuh dipenuhi oleh banyak pepohonan hijau yang membuat nuansa disini teduh dan juga sejuk.

Alamat Candi Sukuh terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Jarak dari Alun-Alun Karanganyar kurang lebih sejauh 23 km dengan membutuhkan waktu tempuh perjalanan 38 menit.

Sedangkan jika dari Kecamatan Tawangmangu jaraknya hanya sekitar 11 km dengan waktu tempuh berkendara 25 menit. Akses jalan menuju letak wisata di Karanganyar satu ini sudah sangat baik dan mudah dilalui oleh ragam jenis kendaraan.

Sehingga anda tak perlu khawatir akan menemui kesulitan selama dalam perjalanan menuju Candi Sukuh. Namun jika anda ingin laju kendaraan saat berencana datang ke Candi Sukuh lebih mudah, gunakan saja maps dibawah ini.

Datang juga ke –> Candi Cetho

Fasilitas

fasilitas candi sukuh
Foto : https://www.instagram.com/sunu.widyatmoko/

Telah di dukung dengan sarana prasarana yang memadai sebagai penunjang kegiatan serta aktivitas wisatawan selama liburan dan rekreasi disini. Dan berikut fasilitas Candi Sukuh di Karanganyar yang diantaranya adalah :

  • Tempat parkir kendaraan luas
  • Tourism Information Center
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Warung wisata
  • Gazebo / tempat duduk
  • Penginapan disekitar lokasi
  • Kios souvenir
  • Spot foto menarik

Mengisi waktu senggang dengan jalan-jalan berkeliling area candi sembari melihat lihat ragam keunikan yang ada memang patut dicoba. Menyaksikan dengan seksama aneka relief dengan bentuk anti mainstreamnya yang menyimpan banyak sejarah masa lalu didalamnya.

Nikmati berbagai keseruan yang Candi Sukuh tawarkan agar momen anda kali ini semakin berkesan dan tak akan terlupakan. Dapatkan liburan impian yang berkualitas dengan mengunjungi situs budaya Candi Sukuh bareng keluarga dan orang-orang tercinta.

Kunjungi juga –> Bukit Sekipan

Spot Terbaik di Candi Sukuh

spot terbaik di candi sukuh
Foto : https://www.instagram.com/wijaya_suci/

Berkunjung ke Candi Sukuh tentu wajib rasanya untuk mengabadikan momennya ke dalam foto-foto yang menarik. Berwisata anda kali ini akan terasa kurang lengkap jika anda tidak merangkumnya melalui kegiatan fotografi.

Tempat wisata Karanganyar satu ini siap memanjakan anda yang gemar berpose di depan kamera. Dengan menjadikan spot terbaik di Candi Sukuh sebagai latar belakangnya.

Bentuk candi yang sekilas menyerupai piramida di Mesir menjadi salah satu spot favorit wisatawan untuk berswafoto ria. Atau memanfaatkan relief-relief yang ada sebagai background saat selfie, foto bersama hingga merakam video-video pendek selama rekreasi.

Hasilkan foto instagenic saat berada di Candi Sukuh pada bangunannya yang memiliki bentuk anti mainstream. Maka dari itu anda jangan sampai kelewatan membawa kamera atau smartphone kesayang sebagai alat untuk mengabadikan momen.

Review sebelumnya –> Candi Sukuh

Tips Berkunjung

tips berkunjung candi sukuh
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100564808429619443172

Berikut ini beberapa tips berkunjung ke Candi Sukuh sebagai tambahan referensi anda sebelum berwisata bahagia saat hari libur telah tiba.

  • Musim panas dengan cuaca yang cerah mendukung adalah waktu terbaik berkunjung ke Candi Sukuh.
  • Sebaiknya datanglah pada saat pagi atau sore hari untuk suasana yang lebih teduh dan tidak terlalu terik.
  • Gunakan jasa pemandu yang tersedia agar kunjungan anda ke Candi Sukuh lebih bermakna dan berkualitas
  • Bersama-sama menjaga kebersihan area wisata dengan selalu membuang sampah sesuai pada tempat yang disediakan.
  • Patuh dan taati semua peraturan yang sudah menjadi ketetapan untuk para pengunjung indahkan.

Demikian tadi informasi seputar wisata budaya Karanganyar yakni Candi Sukuh dengan sejuta suguhan menariknya. Bentuk bangunan unik, cerita dan mitos yang perlu anda kulik agar kesan rekreasi kali ini lebih estetik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × five =