Dari sekian banyak tempat wisata, tempat wisata di Wonogiri memang sangat recommended untuk dikunjungi. Karena, selain menyuguhkan berbagai tempat kuliner yang lezat, kota ini juga menyimpan keindahan alam yang sangat mempesona. Wonogiri merupakan kota yang terletak di wilayah Karesidenan Surakarta, tepatnya di bagian tenggara Jawa Tengah.

Di sana terdapat banyak destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga. Diantaranya puncak bukit, air terjun, museum, hingga pantai yang begitu indah. Jadi tak heran jika banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara berkunjung ke kota ini.

Nah, bagi Anda yang sedang berencana berlibur ke Kota Wonogiri, segera siapkan diri anda untuk sensasi liburan menyenangkan. Berikut daftar rekomendasi tempat wisata di Wonogiri terbaik yang harus masuk wishlist untuk dikunjungi ketika liburan tiba:

1. Telaga Claket Wonogiri

wisata wonogiri terbaru
Foto : https://www.instagram.com/agus_risna/

Telaga Claket Wonogiri merupakan salah satu objek wisata di Wonogiri yang memiliki keunikan tersendiri. Berupa bentuknya yang mirip Ranu Kumbolo di Gunung Semeru.

Untuk sampai di Telaga yang terletak di kaki Bukit Widodaren ini. Anda hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit saja dari Kota Wonogiri.

Tempat ini semakin indah dengan adanya tanaman bunga-bunga matahari dan celosia yang berwarna-warni ditanam di kanan kiri jalan menuju telaga. Pengunjung bisa berswafoto di antara jalan yang penuh dengan bunga-bunga tersebut.

Di telaga ini juga terdapat beberapa gubuk yang menyediakan makanan, jadi Anda tak perlu khawatir kelaparan. Khusus di Bulan Ramadhan, tempat ini sangat pas untuk ngabuburit sambil menikmati suasana alamnya.

Selain itu, terdapat pula spot foto seperti jembatan di atas telaga dan beberapa gazebo untuk berteduh dan bersantai. Kerennya lagi, di sana terdapat dek yang dihiasi dengan ornamen bambu seperti saung dan gethek. Menjadikannya sangat instagramable bagi wisatawan yang suka berswafoto.

Berada di bawah sebuah kaki perbukitan, di telaga ini Anda juga bisa menyaksikan area peternakan kambing. Dan juga kolam yang digunakan untuk budidaya ikan lele.

Memang benar-benar paket komplet berlibur ke sini bersama keluarga. Dengan tarif masuk sekitar Rp5.000 per orang, dijamin Anda tak akan kecewa dengan keindahan alamnya.

2. Bukit Cumbri

tempat wisata di wonogiri terbaru
Foto : https://www.instagram.com/ariyulianto7/

Mencari tempat mendaki di perbukitan mungkin memang mudah ditemukan di mana saja, salah satunya yaitu di Bukit Cumbri Wonogiri. Bukit Cumbri merupakan tempat wisata di Wonogiri terbaru, kepopulerannya semakin dikenal luas sejak tersebar di sosial media.

Bukit yang hanya memiliki ketinggian 638 mdpl ini sangat cocok Anda gunakan untuk melakukan pendakian atau sekadar belajar mendaki. Udaranya yang segar dan jalanannya yang cukup bagus membuat bukit ini wajib Anda kunjungi terutama bagi pecinta alam.

Perjalanan menuju bukit ini bisa Anda tempuh menggunakan kendaraan bermotor atau mobil. Dengan waktu tempuh hanya sekitar 45 menit dari Alun-Alun Ponorogo.

Di Bukit Cumbri terdapat dua puncak bukit yang saling berhadapan. Yaitu yang menghadap ke timur memiliki ketinggian yang lebih tinggi daripada yang menghadap arah barat.

Bukit ini selalu ramai pengunjung karena menawarkan keindahan alam yang begitu menakjubkan. Di bukit ini, Anda akan merasakan serunya menikmati medan pendakian yang cukup menanjak.

Agar bisa melihat keindahan sunrise dari atas bukit, sebaiknya mulailah pendakian sebelum matahari terbit. Pastikan juga untuk selalu membawa air minum karena mendaki bisa dikatakan cukup menguras tenaga.

Hembusan anginnya yang sejuk dan keindahan sekitarnya yang tiada tara membuat rasa lelah Anda selama pendakian seakan sirna. Sambil menikmati pemandangannya, Anda juga bisa mengabadikan momen spesial di sini yang tentunya memiliki nilai unik tersendiri.

3. Puncak Secokro

tempat wisata di wonogiri jateng
Foto : https://www.instagram.com/lintang.aliyan_jumantara/

Tempat wisata berikutnya yang bisa Anda kunjungi yaitu Puncak Secokro yang berlokasi di Desa Bakalan, Kecamatan Purwantoro, Wonogiri. Bukit yang menawarkan keindahan luar biasa ini dikelilingi oleh pepohonan yang hijau dan dan pemandangan yang khas dari puncak ketinggian.

Wisata Puncak Secokro ini tergolong tempat wisata alam di Wonogiri terbaru yang memiliki ketinggian hingga 693 mdpl. Bila datang di waktu pagi, Anda akan disajikan pemandangan alam berupa pegunungan yang diselimuti kabut tipis sangat memanjakan mata.

Di bukit ini terdapat pula sebuah gardu pandang yang berada di tepi jurang. Sangat memicu adrenalin karena gardunya akan bergoyang-goyang ketika terkena hembusan angin. Dari jembatan ini pula Anda akan melihat view yang sangat indah dan lebih seru bila Anda datang ke sini ramai-ramai.

Lokasinya dekat dengan tempat parkir dan jalanan menuju puncak yang tidak terlalu terjal menjadi salah satu nilai tambah kawasan ini. Selama perjalanan menuju Gapura Puncak Secokro, Anda akan melewati rungkut ilalang dan rerimbunan bambu yang terus-menerus mengeluarkan bunyi kicauan burung.

Untuk menuju Puncak Secokro ada 2 jalur yang bisa Anda lewati, yaitu melalui daerah Bakalan Purwantoro atau dari arah Bulukerto. Nah, sedangkan untuk tiket masuknya gratis tanpa dipungut biaya, namun sebaiknya Anda memasukkan uang seikhlasnya di kotak uang yang tersedia.

4. Waduk Gajah Mungkur

wisata wonogiri
Foto : https://www.instagram.com/bw.id88/

Waduk Gajah Mungkur adalah salah satu ikon Kabupaten Wonogiri yang tak pernah sepi pengunjung. Destinasi yang berlokasi di Desa Sendang Wonogiri ini sangat cocok Anda kunjungi bersama keluarga atau sahabat untuk menikmati akhir pekan.

Di wisata ini di bangun sebuah waduk yang membendung aliran air dari Sungai Bengawan Solo. Yang kemudian dimanfaatkan untuk menyediakan air irigasi bagi lahan pertanian. Penduduk setempat yang sangat ramah tentu akan menambah kenyamanan bagi para wisatawan yang datang.

Wisata yang memiliki pesona keindahan yang tiada duanya ini merupakan tempat wisata keluarga di Wonogiri. Fasilitas yang tersedia di wisata eksotis ini sudah tergolong lengkap dan memadai. Seperti terdapat area parkir kendaraan, mushola, penginapan, dan lain-lain.

Di sini Anda dapat menyewa kapal boat untuk mengelilingi perairan atau sekedar menikmati aktivitas memancing. Selain itu bila Anda ingin menikmati keindahan waduk dari atas ketinggian, terdapat pula olahraga layang gantung atau gantole.

Destinasi mempesona ini memang merupakan tempat rekreasi yang sangat indah dan sarana transportasi menuju tempat ini pun sangat mudah. Anda bisa memakai mobil atau motor pribadi. Wisata di Wonogiri ini beroperasi pukul 08.00-16.00 WIB dan cukup membayar biaya masuk sekitar Rp. 10.000 per orang.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Boyolali menyuguhan destinasi menarik dengan destinasi alam indah, asri dan mempesona.

5. Gua Maria Wonogiri

wisata alam wonogiri
Foto : https://www.instagram.com/yn.wulansari/

Gua Maria Wonogiri merupakan salah satu objek wisata religius yang berada di Desa Giriwoyo. Tepatnya terletak di antara jalur Giriwoyo dan Pracimantoro. Nah bila masih bingung Anda juga bisa memanfaatkan panduan google maps untuk tiba di lokasi ini.

Tempat wisata ini sangat menarik Anda kunjungi karena selain melihat keindahan alamnya, Anda juga bisa berdoa di tempat ini. Jika menelusuri jalan setapak di sisi kanan gua, Anda akan menemukan tepat berdoa berupa Salib Millenium dan Patung Pieta.

Pohon-pohon yang rindang di sekitar gua, serta lereng perbukitan yang dibiarkan menghijau akan menambah suasana damai disini. Gua Maria Ratu Kenyo ini sebenarnya sudah diperbaiki beberapa kali sehingga bangunannya merupakan perpaduan nuansa alam dan modern.

Berdasarkan sejarah, wisata Wonogiri ini dulunya merupakan kompleks yang sempit dan tidak terlalu bagus. Namun sejak tahun 1980, gua ini mulai dibangun oleh masyarakat setempat dan dihiasi aneka tanaman bunga sehingga nampak indah.

Letaknya yang strategis dan lokasinya yang mudah dijangkau menggunakan transportasi umum membuat Gua Maria ini patut Anda pertimbangkan untuk dikunjungi.

Akan tetapi lebih nyaman lagi bila Anda menggunakan kendaraan pribadi. Karena bila menggunakan angkutan umum Anda juga harus menyewa ojek untuk sampai di tempat tujuan.

6. Pantai Nampu

wisata di wonogiri
Foto : https://www.instagram.com/andykurniawan95/

Selanjutnya beralih ke wisata pantai yang berada di Wonogiri yaitu Pantai Nampu. Mungkin sebagian orang belum mengetahui tempat wisata di Wonogiri terbaru ini, namun keindahannya tak kalah populer dengan Pantai Klayar Pacitan.

Memiliki garis pantai cukup panjang dan dikelilingi oleh perbukitan kapur yang menjadi ciri khas pantai di laut selatan Jawa. Pasir putihnya yang bersih dan lembut, serta air lautnya yang sangat jernih tentu akan menambah kecantikan pantai ini.

Namun tidak disarankan untuk berenang di pantai karena ombaknya yang cukup besar dan banyak bebatuan karang yang tajam. Agar lebih aman, Anda bisa bermain air di pinggir pantai atau bermain pasir.

Di sekitar Pantai Nampu memang belum tersedia tempat penginapan. Namun sebagai gantinya Anda bisa melakukan camping sambil melihat keindahan sunrise atau sunset. Akan tetapi karena belum ada penyewaan alat camping, maka Anda harus membawa sendiri peralatannya.

Jika Anda menuju ke arah barat, Anda akan menemukan sebuah gardu pandang di sisi jalan yang sangat keren untuk berswafoto. Nah, setelah puas berkeliling Anda bisa beristirahat di bangku-bangku taman yang ada di pinggir pantai sambil menikmati bekal makanan.

Menariknya di Pantai Nampu ini Anda bisa menikmati keindahan 3 pantai sekaligus yang dipisahkan oleh bukit karst. Akses jalan menuju lokasi ini tergolong mudah dan Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang.

7. Bukit Jonambang

tempat wisata di wonogiri
Foto : https://www.instagram.com/pokdarwis_jonambang_asri/

Wisata perbukitan lainnya di Wonogiri yang bisa dikunjungi yaitu Bukit Jonambang. Bukit ini merupakan salah satu destinasi wisata wonogiri terbaru yang terletak di Desa Watuagung, tepatnya di sebelah barat Gunung Payung.

Tempat ini sangat cocok digunakan untuk menikmati waktu bersantai dengan suasana alamnya yang sejuk dan anginnya yang sepoi-sepoi. Di sana Anda bisa melihat pesona Waduk Gajah Mungkur. Dan bila beruntung cuacanya cerah Anda juga bisa melihat puncak Gunung Lawu.

Beberapa fasilitas yang tersedia di bukit ini antara lain tempat parkir, gazebo, menara bambu, warung-warung, dan masih banyak lagi. Waktu yang tepat untuk mengunjungi bukit ini adalah ketika sore hari sambil menikmati indahnya sunset.

Bukit ini memiliki banyak spot selfie yang instagramable. Misalnya saja dari atas puncak bukit Anda bisa berfoto dengan latar belakang sesuai selera. Terdapat pula gazebo dengan background hamparan pepohonan dan batu kras yang terletak di bawah bukit.

Tak hanya itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti bersepeda melewati track-track yang beragam. Misalnya saja, terdapat track jembatan bambu, tanjakan dan turunan, hingga area terjal yang sangat menantang.

Perjalanan menuju Bukit Jonambang cukup sulit dijangkau karena tracknya yang terjal dan disarankan untuk menggunakan kendaraan bermotor agar lebih aman. Untuk harga tiketnya sering berubah-ubah, namun tak perlu khawatir karena masih tergolong murah.

8. Pantai Banyutowo Wonogiri

objek wisata di wonogiri
Foto : https://www.instagram.com/kgpaakj/

Wisata di Wonogiri selanjutnya yaitu Pantai Banyutowo Wonogiri yang terletak di Desa Gudangharjo, Jawa Tengah. Pantai ini selalu ramai wisatawan baik di hari biasa ataupun di hari libur.

Sama seperti pantai-pantai lainnya, Pantai Banyutowo memiliki pasir yang berwarna putih dan air laut berwarna biru yang bersih. Namun, pantai ini memiliki pesona keunikan tersendiri dibandingkan pantai lainnya. Yaitu air tawarnya yang tidak terasa asin berasal dari sungai-sungai di sekitarnya.

Dilihat dari namanya pun sudah nampak “Banyutowo” yang memiliki arti “Air Tawar”. Sehingga, air laut di Pantai Banyutowo ini tidak membuat tubuh terasa lengket setelah bermain air di pantai.

Untuk tiba di pantai ini Anda membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan dari pusat Kota Wonogiri. Baik menggunakan kendaraan bermotor, mobil, atau transportasi umum.

Fasilitas yang tersedia di pantai ini juga lumayan lengkap dan sudah tersedia pula penginapan bagi Anda yang ingin bermalam.

Di Pantai Banyutowo ini terdapat banyak batu karang indah cocok dijadikan background untuk berfoto dan wajib Anda kunjungi pula. Selain akses jalannya yang mudah, Anda hanya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp5.000 per orang untuk menikmati keindahan pantai ini.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Klaten terbaru dengan destinasi yang hits dan kekinian.

9. Puncak Joglo Wonogiri

obyek wisata di wonogiri
Foto : https://www.instagram.com/apriliakusuma17/

Wonogiri memang merupakan salah satu kota yang memiliki banyak wisata alam. Nah, destinasi view point perbukitan berikutnya yang bisa Anda nikmati keindahannya adalah Puncak Joglo Wonogiri.

Puncak Joglo Wonogiri berlokasi di Desa Dudakawu, Selopukang dekat dengan Waduk Gajah Mungkur. Keindahan alam dan suasana yang disuguhkan begitu sejuk dan segar sangat mendamaikan hati. Sehingga tak heran tempat ini selalu ramai didatangi pengunjung.

Banyak sekali aktivitas seru yang bisa Anda nikmati di sini, mulai dari hunting foto, wahana paralayang, hingga menikmati indahnya senja. Di sini terdapat pula area outbond dan camping bagi Anda yang ingin mendirikan tenda di sekitar puncak.

Asal mula nama “Puncak Joglo” diambil dari bangunannya yang menyerupai Rumah Joglo bila dilihat dari kejauhan. Puncak Joglo sebenarnya merupakan sebuah landasan pacu untuk wahana paralayang. Jadi tak lengkap rasanya bila Anda kesini namun tak menikmati wahana ini.

Objek wisata ini dibuka setiap hari tanpa jam tutup sehingga Anda bisa mengunjunginya kapan saja bersama orang tercinta. Akses jalannya pun sudah cukup baik dan bisa dilalui motor ataupun mobil.

Mengenai biaya masuk Anda tak perlu cemas, Puncak Joglo Wonogiri bisa di nikmati spot terbaiknya dengan biaya yang sangat murah. Harga tiket masuk destinasi wisata ini yaitu sekitar Rp5.000 per orang dan Rp2.000 untuk biaya parkir kendaraan.

10. Pantai Sembukan

tempat wisata di wonogiri terbaru
Foto : https://www.instagram.com/aldenpraptono/

Pantai Sembukan merupakan sebuah kawasan wisata terbaru di Wonogiri yang memiliki ombak besar berada di ujung kota kecil Wonogiri, Jateng. Wisata dengan karakteristik bebatuan karst ini memiliki panorama yang begitu memesona.

Tebing-tebing karangnya yang besar dan curam di sisi laut sangat instagenic dijadikan latar untuk berfoto. Bagi Anda yang hobi rock climbing, pantai ini bisa Anda pertimbangkan untuk dikunjungi.

Mungkin tempat ini kurang cocok untuk berenang karena ada banyak karang-karang kecil yang tajam di bibir pantai. Sehingga pasti kurang nyaman digunakan untuk bermain air.

Fasilitas yang tersedia di sini sudah cukup memadai, mulai kantin, gazebo, masjid, toilet, hingga sanggar ada di sini. Di pantai ini juga sering diadakan acara spiritual oleh para tokoh keraton. Karena menurut mitos Pantai Sembukan merupakan pintu masuk Nyi Roro Kidul.

Di malam satu Sura juga rutin diadakan Upacara Larung Ageng. Sebagai wujud rasa syukur para nelayan atas melimpahnya ikan yang ditangkap. Selain itu, upacara ini juga bermanfaat untuk menolak bala yang selalu dihadiri oleh masyarakat setempat dan Pemerintah Kabupaten Wonogiri.

Transportasi menuju lokasi ini juga mudah dilalui, Anda bisa memakai kendaraan roda dua maupun roda empat. Untuk tiket masuknya juga tergolong ramah di kantong, yakni cukup membayar Rp3.000 saja per orang.

11. Goa Putri Kencono

tempat wisata keluarga di wonogiri
Foto : https://www.instagram.com/dailywonogiri/

Goa Putri Kencono merupakan salah satu wisata alam Wonogiri di kawasan Gunung Sewu. Yang memiliki daya tarik tersendiri dan mitos-mitos sejarah. Letaknya di Desa Wonodadi yang tak jauh dari pusat Kota Wonogiri, hanya berjarak sekitar 45 kilometer.

Ketika Anda memasuki goa ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan berupa keindahan stalagtit dan stalagmit yang masih aktif. Bentuknya pun beragam, ada yang menyerupai gigi binatang, candi, gapura, dan sebagainya.

Karena tersusun dari batuan kapur sehingga goa ini didominasi oleh warna putih yang nampak berkilau. Goa ini memiliki panjang lorong sekitar 121 meter dengan tinggi dan lebarnya sekitar 4 meter.

Berdasarkan sejarah, goa ini pertama kali ditemukan pada tahun 1991 oleh masyarakat setempat. Menurut mitos, goa ini dulunya merupakan tempat semadi Putri Kencana Wungu sehingga dinamailah “Goa Putri Kencono”.

Di dalam goa tersebut terbagi dalam tujuh ruangan yang berbeda. Masing-masing ruangan tersebut antara lain ruang tamu, ruang kabudayaan, ruang kapustakaan, ruang jumenengan, ruang keluarga, dan ruang panyuwunan.

Untuk bisa memasuki area goa ini, Anda bisa memulainya dari ruang tamu goa. Dan pakailah pula sepatu boots, senter, serta helm untuk keselamatan. Dengan ditemani pemandu, Anda bisa menyusuri setiap ruangan di goa ini dan cukup membayar Rp5.000 untuk tiket masuknya.

12. Museum Karst Wonogiri

wisata terbaru di wonogiri
Foto : https://www.instagram.com/yantihartono_makeup/

Nah, destinasi wisata berikutnya yang bisa dikunjungi adalah Museum Karst Wonogiri. Yang terletak Pracimantoro, sekitar 45 kilometer dari pusat Kota Wonogiri. Museum ini mulai dibangun pada tahun 2008 dan bertujuan sebagai tempat wisata anak di Wonogiri untuk mengedukasi mengenai karst.

Di museum ini Anda bisa mengetahui foto macam-macam gua bebatuan karst sejak jaman dahulu kala di Indonesia. Bila Anda kurang puas, di museum ini juga tersedia panel-panel LED yang dilengkapi sarana audio visual. Gambar yang disajikan sangat menarik dan mudah dipahami anak-anak.

Disini Anda juga bisa melihat beragam miniatur dan replika yang diletakkan di sebuah kotak kaca sebagai sarana edukasi bagi pengunjung. Pada miniatur ini dijelaskan secara rinci mengenai pembentukan batuan kapur, serta terdapat pula replika lukisan tangan dan patung.

Selain itu, terdapat pula 7 buah gua di sekitar kawasan Museum Karst, salah satu gua yang terkenal yaitu Gua Tembus. Gua ini berada di dekat loket masuk. Jika memasuki gua ini Anda akan bisa langsung menembus sisi belakang gua yang berlubang menyerupai lorong.

Fasilitas yang disediakan museum ini sangat lengkap seolah-olah Anda akan dibawa merasakan kehidupan masa lampau. Bagi Anda yang tertarik berkunjung kesini, cukup membayar Rp4.000 per orang untuk tiket masuk.

13. Air Terjun Girimanik

tempat wisata anak di wonogiri
Foto : https://www.instagram.com/marufwafa/

Rekomendasi tempat wisata di Wonogiri terakhir yang tak kalah indahnya dengan tempat-tempat wisata di atas yaitu Air Terjun Girimanik. Air terjun yang berlokasi di Desa Girimanik ini bisa Anda datangi untuk mengisi kegiatan liburan Anda.

Di kawasan ini Anda bisa merasakan indahnya tiga buah air terjun sekaligus, yaitu Air Terjun Manikmoyo, Condromoyo, dan Tejomoyo. Air Terjun Manikmoyo memiliki                                                                                                                                      ketinggian hingga 70 meter, sedangkan Air Terjun Condromoyo dan Tejomoyo hanya memiliki ketinggian 30 meter.

Di sekitar air terjun ini juga selalu diadakan upacara Susuk Wangan setiap tahunnya. Sebagai wujud syukur atas hasil bumi yang telah diraihnya. Saat upacara ini berlangsung, pengunjung bisa melihat ratusan ayam yang dipanggang sebagai wujud persembahan kepada sang pencipta.

Selain menikmati sejuknya air terjun, Anda juga bisa menyaksikan sejumlah tanaman. Yang sengaja dibangun oleh pengelola setempat dan sangat cocok dijadikan spot foto. Di kawasan ini, bila musim durian tiba Anda juga bisa menikmati agrowisata berupa buah durian yang ditanam oleh warga setempat.

Air terjun ini udaranya sangat bersih dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Terlebih, sinar matahari yang memantul dari genangan air seolah menambah kesejukannya. Adapun harga tiket masuknya yaitu sebesar Rp5.000 per orang dan untuk biaya parkirnya sebesar Rp2.000.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Sukoharjo dengan sejuta pesona keindahan yang wajib untuk anda explore.

Itulah ke-13 tempat wisata di Wonogiri Jawa Tengah yang recommended dan menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, hingga kuliner bisa Anda nikmati di sini. Siapkan pula beberapa perlengkapan tambahan seperti kamera digital untuk mengabadikan momen indah Anda.

Jangan lupa juga untuk selalu memakai masker dan membawa perlengkapan kesehatan. Serta siapkan fisik yang prima agar liburan Anda semakin menyenangkan. Dimanapun Anda berada, pastikan stay safe and keep healthy ya. Selamat berlibur di tempat wisata di Wonogiri!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × two =