Pantai Penunggul adalah tujuan destinasi wisata bahari hits yang ada di Kota Pasuruan dengan segudang daya tarik di dalamnya. Wisata Pantai Pasuruan satu ini menawarkan sejumlah pemandangan eksotis yang dapat anda nikmati secara lebih dekat.

Satu hal yang paling ikonik dari Pantai Penunggul Pasuruan ini adanya sebuah Hutan Mangrove dengan luas sekitar 144 hektare. Tanaman bakau dengan jumlah banyak ini menjadi panorama tersendiri yang membuat Pantai Penunggul Jawa Timur terlihat anti mainstream.

Saat anda berada di Pasuruan, maka wisata Pantai Penunggul tak boleh dilewatkan sebagai tujuan berwisata selanjutnya. Explore semua tempat wisata di Pasuruan dan harga tiket masuknya bersama dengan teman, keluarga hingga orang tercinta.

Harga Tiket Masuk Pantai Penunggul

harga tiket masuk Pantai Penunggul
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111849502260292591895

Ada banyak sekali destinasi wisata menarik di Pasuruan yang selalu menjadi tujuan berlibur oleh banyak orang. Dan Pantai Penunggul adalah salah satunya, yang kerap dijadikan lokasi mengisi waktu senggang pada saat hari libur tiba.

Hampir semua tempat wisata Pasuruan mematok biaya tiket masuk yang pastinya ramah dikantong. Tak terkecuali dengan wisata yang tengah kita bahas kali ini, yaitu Pantai Penunggul Pasuruan dengan sejumlah keindahannnya.

Harga tiket masuk Pantai Penunggul sejauh ini hanya sekitar Rp10.000 per orangnya, cukup ekonomis bukan? Mengingat banyak hal memikat yang bakal didapat, dengan biaya tersebut tentu saja dianggap begitu murah meriah.

Disamping itu selain tiket masuk, setiap pengunjung juga perlu untuk membayar retribusi parkir kendaraan. Tapi tak perlu khawatir, momen berwisata ke Pantai Penunggul tidak akan membuat anda musti merogoh kocek terlalu dalam.

Anda bisa kapan saja singgah ke pantai cantik ini, sebab hingga sekarang belum ada jam operasional wisata yang pasti. Akan tetapi, waktu terbaik explore Pantai Pasuruan satu ini adalah ketika pagi atau sore hari, guna melihat sunrise beserta sunset.

Rute Lokasi & Alamat

rute lokasi dan alamat pantai penunggul
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101056637878677531659

Lokasi Pantai Penunggul berada di area yang tidak terlalu strategis namun mudah untuk digapai dari berbagai arah. Alamat Pantai Penunggul terletak di Desa Penunggul, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.

Keberadaan pantai ini jika dari Alun-Alun Kota Pasuruan maka jaraknya kurang lebih sejauh 24,7 km. Dengan harus menempuh perjalanan darat selama 37 menit, kira-kira waktu yang dibutuhkan.

Akses jalan menuju sini sudah terbilang layak dan mampu dilintasi oleh banyak kendaraan yang digunakan wisatawan. Baik itu kendaraan roda seperti motor hingga mobil akan mudah melalui jalan tersebut.

Sebelum datang kesini, pastikan kendaraan yang akan digunakan untuk berlibur ke Penunggul sedang dalam kondisi baik. Sebab liburan berlangsung dengan lancar dan berjalan sesuai harapan, merupakan impian semua orang ketika jalan-jalan.

Apabila anda masih bingung dengan jalurnya, atau karena sama sekali belum pernah datang ke Penuggul, jangan ragu. Anda bisa menggunakan petunjuk akurat melalui google maps dibawah ini guna memudahkan perjalanan anda ke Pantai Penunggul Pasuruan.

Datang juga ke –> Candi Jawi berbalut sejarah dan kisah masa lalu.

Fasilitas

fasilitas pantai penunggul
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101056637878677531659

Termasuk pantai hits di Pasuruan yang kerap dipadati oleh banyak pelancong dari berbagai daerah. Wisata Pantai Penunggul juga telah dilengkapi oleh beragam sarana prasarana pendukung.

Berikut fasilitas Pantai Penunggul di Pasuruan Jawa Timur yang meliputi :

  • Area parkir kendaraan
  • Kamar mandi / mck
  • Fasilitas air bersih
  • Gazebo
  • Mushola
  • Wisata mangrove
  • Warung wisata
  • Dan lain-lain

Nikmati serunya menghabiskan waktu liibur di akhir pekan dengan explore indahnya Pantai Penunggul yang istimewa. Dengan jalan-jalan, menyusuri setiap sudut, bermain pasir dan air lautnya juga tentunya.

Ombak di Pantai Penuggul relatif tidak besar, sehingga cukup aman untuk wisatawan yang ingin bermain air. Namun tetap untuk selalu berhati-hati selama bermain di tepian pantai dengan waspada terhadap sekitar.

Kunjungi juga –> Putuk Truno air terjun mengagumkan yang istimewa,

Spot Terbaik di Pantai Penunggul

spot terbaik di pantai penunggul
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117220407998304546360

Disini anda bakal menemukan berbagai macam spot-spot ciamik yang dapat dimanfaatkan sebagai latar belakang berswafoto. Panorama alam indah tersaji melimpah di wisata Pasuruan satu ini.

Salah satunya adalah landscape hutan mangrove yang membuat destinasi ini ikonik. Di dalam hutan mangrove Pantai Penunggul Pasuruan setidaknya terdapat 4 tipe tanaman bakau.

Ke empat jenis tersebut antara lain adalah Rhyzapora Mucronata, Alasina Marina, Rhyzapora Apiculata, dan juga Abisina Alba. Hamparan luas tanaman bakau di hutan mangrove yang asri ini bisa menjadi latar belakang untuk swafoto.

Setelah puas berfoto di hutan mangrove, jangan lupa juga untuk mengabadikan momen pada luasnya pantai yang mempesona. Hasilkan gambar instagenic pada spot terbaik di Pantai Penunggul yang menyuguhkan aneka panorama alam menakjubkan.

Review sebelumnya –> Danau Ranu Grati yang eksotis dan juga memikat.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pantai penunggul
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101056637878677531659
  • Anda wajib datang kesini pada saat hari cerah dengan cuaca yang mendukung untuk berkegiatan di alam bebas.
  • Apabila awan dirasa mendung, atau bahkan sedang turun hujan, maka tunda dulu niat berlibur anda ke Pantai Penunggul.
  • Perkirakan waktu kunjungan anda dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan view mengagumkan yang memanjakan mata.
  • Jika ingin melihat indahnya matahari, maka datanglah lebih pagi ke Pantai Penunggul.
  • Begitupun kalau ingin menyaksikan sunset, tentu usahakan datang ketika sore menuju malam hari.
  • Selalu buang sampah pada tempatnya dalam rangka ikut menjaga kebersihan area wisata Pantai Penuggul.

Itulah tadi Pantai Penuggul di Pasuruan Jawa Timur dengan sejumlah panorama alam menawan yang luar biasa. Telah anda simak ulasan singkat mengenai wisata Pasuruan populer yakni Pantai Penunggul yang cocok untuk anda merileksasikan diri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven + thirteen =