Tempat wisata di Probolinggo adalah destinasi yang paling banyak dicari siapapun yang sedang mencari tempat tamasya terbaik. Bagi Anda yang memang sedang mencari sebuah destinasi terbaik untuk mengeksplor Probolinggo. Mungkin beberapa daftar nama di bawah ini bisa menjadi alternatifnya.

Probolinggo memang menjadi sebuah destinasi di Jawa Timur yang disukai oleh masyarakat karena memang menawarkan banyak tempat yang indah. Kalau Anda sedang mencari sebuah destinasi wisata di Probolinggo dengan pemandangan alam indah dan tempatnya asyik. Yuk coba cari jawabannya di sini.

Berikut daftar tempat wisata di Probolinggo yang menakjubkan dan sangat menarik untuk dikunjungi saat sedang liburan :

1. Gili Ketapang

Wisata Probolinggo pantai
Foto : https://www.instagram.com/theblessedbona/

Wisata Probolinggo yang pertama untuk bisa Anda jelajahi adalah Gili Ketapang. Destinasi satu ini berlokasi di sebuah kecamatan bernama Sumberasih. Jarak antara pusat kota Purbalingga dengan Gili Ketapang sendiri lumayan jauh, yakni 32,7 km.

Walau lokasinya jauh, namun Gili Ketapang adalah tempat paling tepat untuk berwisata bahari. Di sini, Anda bisa menyaksikan indahnya pemandangan yang ada di dalam laut. Anda bisa melakukan snorkeling dan menikmati bagaimana indahnya karang maupun ikan-ikan kecil yang hadir di dalam laut.

Kalau Anda tidak snorkeling, menikmati keindahan pulau juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan, kok! Anda bisa mencoba mendirikan sebuah tenda camping dan merasakan suasana menenangkan saat malam hari di pulau Gili Ketapang.

Ajak teman-teman camping dan nikmati sunset indah di wisata alam Probolinggo ini. Anda juga bisa kok menyewa sebuah perahu yang sengaja disediakan di Gili Ketapang. Cobalah untuk menjelajahi setiap sudut keindahan kawasan wisata ini.

2. Mahoni Grand Park

wisata probolinggo jawa timur
Foto : https://www.instagram.com/arrohmanhidayat/

Apakah Anda sedang mencari sebuah destinasi wisata yang bagus untuk spot foto yang estetik? Mungkin Anda perlu mengunjungi wisata bernama Mahoni Grand Park, sebuah kawasan yang dijamin akan memuaskan Anda yang hobi dengan fotografi.

Anda bisa mengabadikan berbagai macam momen terindah dan termanis Anda di Mahoni Grand Park. Karena ada banyak sekali hutan hijau yang terbentang di kawasan ini.

Selain menyaksikan pemandangannya yang indah, Anda juga bisa kok melakukan beberapa aktivitas wisata lainnya. Seperti memancing, berenang, atau bisa juga berkemah.

Kalau Anda memiliki anak, ajak saja mereka untuk bermain di beberapa wahana permainan yang ada di Mahoni Grand Park.

Dengan hanya membayar Rp 10.000 saja, Anda sudah bisa melepas rasa suntuk dan penat Anda. Oh ya, untuk bisa sampai ke Mahoni Grand Park, Anda perlu pergi ke arah Lumajang atau bisa Jember.

Setelah itu Anda bisa turun ke daerah Sumber. Baru setelah itu Anda perlu menempuh jarak kurang lebih 12 km untuk bisa sampai ke lokasi wisata. Adapun untuk jam buka Mahoni Grand Park sendiri adalah mulai 7 pagi sampai 5 sore.

3. Museum Probolinggo

tempat wisata anak di probolinggo
Foto : https://www.instagram.com/maulanie_ahmad/

Probolinggo juga memiliki sebuah museum yang berlokasi di Jalan Suroyo nomor 7. Museum menjadi sebuah tempat wisata anak di Probolinggo yang memberikan wawasan mengenai sejarah dan juga budaya.

Di museum ini ada beberapa koleksi benda yang bagus sekali untuk dicermati. Beberapa benda tersebut disusun menjadi beberapa kategori seperti :

Ethnographika, koleksi tentang benda yang dijadikan alat untuk mencari mata pencaharian seperti baju, pusakan dan alat kesenian.

Arkeologi, beberapa benda pra sejarah dan sejarah
Historika benda peninggalan budaya yang bukan dari hasil penggalian namun tetap mempunyai nilai sejarah yang tinggi.

Numismatika beberapa mata uang yang dijadikan sebagai alat tukar untuk pembayaran
Filolika beberapa naskah yang masih sangat kuno dengan beberapa aksara dan juga bahasa yang bersifat tradisional.

Keramologika, beberapa benda yang terbuat dari tanah liat, batu dan lain sebagainya.
Teknologika, beberapa peralatan yang digunakan untuk menunjang kehidupan manusia, entah itu sifatnya tradisional atau modern).

4. BJBR

wisata pantai probolinggo
Foto : https://www.instagram.com/beejaybakauresort/

Tempat wisata di Probolinggo terbaru yang jangan sampai terlewatkan adalah Beejay Bakau Resort (BJBR). Tempat wisata ini berlokasi di utaranya Alun-Alun Probolinggo.

BJBR sendiri merupakan sebuah hutan bakau dengan panorama yang begitu cantik dan udaranya juga segar. Anda dan keluarga pasti akan sangat betah jika berada di BJBR.

Tidak hanya bagus untuk dijadikan tempat wisata, BJBR juga cocok sekali dijadikan lokasi berfoto. Jadi, tepat di tengah-tengah hutan mangrove, ada sebuah jembatan bagus.

Ada juga spot unik dengan tulisan BJBR yang sangat besar dan full colour. Ada gembok cinta, bola dunia, patung kuda hingga replika kapal pinisi.

Tidak ketinggalan pula, ada sebuah lanskap alami dari pantai dan pegunungan. Yang nampak sangat sempurna dan indah untuk dijadikan bidikan kamera.

Dengan menggunakan transportasi umum maupun pribadi, BJBR bisa dijangkau dengan mudah. Hanya sekitar 7 km saja dari Alun-Alun Kulonprogo menit saja. BJBR sendiri selalu buka setiap harinya mulai 08.00-22.00 WIB.

Harga tiket BJBR sendiri adalah Rp15.000 saat weekdays sementara kalau weekend, tarifnya adalah Rp. 30.000.

5. TNBTS

tempat wisata di probolinggo terbaru
Foto : https://www.instagram.com/andhiekrainlis/

Siapa sih yang tidak mengenal Taman Nasional Bromo, Tengger dan Semeru atau sering disingkat TNBTS ini? Kawasan wisata yang berada di kabupaten Probolinggo ini selalu ramai setiap harinya.

Akan selalu ada banyak pengunjung yang datang untuk melakukan pendakian di kawasan wisata ini. Kalau Anda memang hobi mendaki dan suka dengan pemandangan alam yang menakjubkan, TNBTS adalah tempat yang tepat.

Dengan tiket masuk sebesar Rp 30.000 saja, maka Anda sudah bisa mendapatkan pengalaman berwisata yang menakjubkan.

6. Wisata Pantai Bentar

tempat wisata pantai di probolinggo
Foto : https://www.instagram.com/dina.hanny/

Tempat wisata di Probolinggo, Jawa Timur yang jangan sampai terlewatkan kalau sudah berada di kota ini adalah Pantai Bentar. Destinasi yang indah ini berlokasi di Curahsawo, kecamatan Gending.

Tempat wisata Pantai Bentar benar-benar bisa membuat pengalaman liburan Anda menjadi sangat berkesan. Kapan lagi Anda bisa menyaksikan indahnya pantai dengan pemandangan cantik dan ditemani hembusan angin yang sepoi-sepoi.

Bagi Anda yang menyukai fotografi, ada beberapa spot foto di Pantai Bentar yang unik untuk dibidik. Ya, ada sebuah dermaga dengan jembatan kayu indah hampir menjorok ke dasar laut.

Panjang jembatan ini mencapai 50 meter dan menjadi sebuah spot wisata yang menarik untuk dibidik menjadi gambar. Bahkan di tempat wisata keluarga di Probolinggo ini, Anda juga bisa lho menyaksikan hiu tutul.

Ya, ikan unik ini ternyata hasil migrasi dari Laut Australia, memang hewan ini sering melakukan migrasi ketika bulan Januari-Maret. Selain itu, ada juga beberapa wahana air yang bagus dan seru sekali untuk Anda coba.

Nah, tempat wisata pantai di Probolinggo ini buka setiap hari dan untuk biaya masuknya hanya membayar Rp 4.000 saja. Akses untuk menuju kawasan Pantai Bentar juga terbilang mudah.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Pamekasan terbaru yang selalu ramai di padati oleh wisatawan.

7. Modern Waterpark Probolinggo

tempat wisata keluarga di probolinggo
Foto : https://www.instagram.com/alifa_naiylarabani280418/

Berlokasi di Gendeng Probolinggo, ada Modern Waterpark yang bisa menjadi salah satu tempat bagus untuk wisata keluarga, terutama anak-anak. Ada beberapa jenis kolam renang yang bisa menjadi tempat untuk anak bersenang-senang.

Selain kolam renang, ada juga wahana permainan yang menyerukan seperti seluncuran, dan ember jatuh. Anak-anak dijamin akan senang berwisata di sini.

Apalagi fasilitas yang disediakan oleh Modern Waterpark Probolinggo juga sangat lengkap. Ada kantin, kamar mandi hingga parkir yang luas.

8. Air Terjun Madakaripura

wisata probolinggo
Foto : https://www.instagram.com/catatanflashpacker/

Datang ke Probolinggo belum lengkap nih rasanya kalau Anda mengunjungi Air Terjun Madakaripura. Tempat wisata alam di Probolinggo ini berlokasi di sebuah desa bernama Branggah, Lumbang.

Air terjun mempunyai ketinggian fantastis, yakni mencapai 200 meter, lho! Itulah yang membuat Air Terjun Madakaripura menjadi satu-satunya wisata air terjun paling tinggi yang ada di Pulau Jawa.

Setiap air terjun yang jatuh ke bawah akan selalu menghasilkan suara yang indah dan menenangkan. Ada juga bukit-bukit berwarna hijau yang indah dan menjadi alas untuk setiap air yang saling berjatuhan.

Tempat wisata di Probolinggo ini mempunyai air yang begitu menyegarkan dan masih jernih. Belum lagi udaranya juga sejuk dan menyegarkan.

Anda bisa merasakan sejuknya udara di sekitar wisata dengan ditemani sebuah pemandangan yang memukau. Oh, ya tidak jauh dari air terjun Madakaripura, ada sebuah gua yang konon dipercaya menjadi tempat bersemedinya Patih Gajah Mada.

Selama Anda melakukan perjalanan ke air terjun Madakaripura ini, maka Anda akan mendapatkan suguhan berupa pemandangan alam yang begitu cantik.

Nah, untuk menyaksikan pemandangan memukau itu, Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 saja, lho! Adapun air terjun Madakaripura sendiri buka setiap hari mulai jam 08.00 hingga 19.00.

9. Gunung Bromo

wisata di probolinggo
Foto : https://www.instagram.com/rhino_agusta/

Berbicara mengenai objek wisata di Probolinggo memang kurang lengkap nih jika tidak pergi ke Gunung Bromo. Yang menjadi ikonnya Jawa Timur, Gunung ikonik ini memang berlokasi di 4 wilayah.

Selain berada di Probolinggo, gunung indah ini berada di Pasuruan, Malang dan juga Lumajang. Gunung yang sebenarnya masih aktif ini mempunyai ketinggian mencapai 2.392 mdpl dan memiliki sebuah lanskap pemandangan yang begitu fantastis.

Lembah yang ada di sekitar gunung Bromo begitu indah, di kawasan ini memiliki pasir yang terhampar luas mencapai 10 km. Anda dan teman-teman bisa memandangi kemegahan Gunung Bromo ini di beberapa view point yang telah disediakan pengelola.

Kalau Anda dan teman-teman mencari destinasi untuk menyaksikan sunrise, maka Gunung Bromo ini adalah spot terbaik. Nah, untuk bisa pergi ke objek wisata satu ini, Anda bisa datang kapanpun, lho!

Jadi, destinasi menarik ini buka selama 24 jam dengan banyaknya jalur yang bisa Anda pilih untuk menyusuri keindahan Bromo. Nah, untuk bisa melakukan pendakian ke Gunung Bromo, ini, Anda perlu membayar tiket masuk Rp 30.000.

Dengan tiket tersebut, maka Anda sudah bisa menjelajahi indahnya Gunung Bromo. Tiket tersebut juga sudah termasuk dengan asuransi Anda sebagai pengunjung, lho!

10. Madakaripura Forest Park

tempat wisata di probolinggo
Foto : https://www.instagram.com/mustangharimurti/

Bagi Anda yang sangat menyukai hunting foto, mungkin Anda perlu mendatangi sebuah objek wisata indah ini. Yang lokasinya tidak jauh dari Air Terjun Madakaripura, namanya Madakaripura Forest Park.

Kawasan wisata ini memiliki pemandangan berupa gunung yang hijau sehingga sangat menyegarkan untuk mata. Dengan lokasinya yang dekat dengan gunung dan masih dikelilingi oleh pepohonan indah. Maka Madakaripura Forest Park adalah lokasi yang paling tempat untuk berlibur.

Wisata Probolinggo Jawa Timur ini mempunyai udara yang begitu sejuk dengan pemandangan cantik, cocok sekali untuk dijadikan sebagai latar berfoto. Di Madakaripura Forest Park sendiri memiliki spot bagus untuk dijadikan sebagai tempat foto mulai dari ayunan dan anjungan matahari.

Di sini ada juga sebuah gardu pandang untuk menyaksikan pemandangan indah dari atas taman. Bagi Anda yang ingin sekali mengunjungi kawasan wisata ini, maka cobalah pergi ke pertigaan Lumbang.

Setelah itu, ambil rute untuk menuju Curug Madakaripura, 1 kilometer sebelum sampai ke air terjun. Anda bisa belok kiri dan cobalah melanjutkan perjalanan untuk bisa sampai ke lokasi.

Harga tiket ke Madakaripura Forest Park sendiri cukup murah, yakni Rp 5.000 saja. Namun, jika Anda ingin mengunjungi beberapa spot foto tertentu, maka akan ada beberapa biaya tambahan.

11. Air Terjun Umbulan

obyek wisata di probolinggo
Foto : https://www.instagram.com/probolinggo_blusukan/

Tidak berada jauh dari Madakaripura waterfall, ada wisata di Probolinggo yang tidak kalah bagusnya untuk Anda jelajahi. Yakni Air Terjun Umbulan. Wisata satu ini memiliki kecantikan yang begitu luar biasa mempesona.

Tempat wisata satu ini juga masih perawan atau belum begitu tersentuh. Bisa dibilang sih masih jarang sekali ada wisatawan yang datang untuk melihat keindahan air terjun ini. Beberapa orang mengatakan mendengarkan suara air terjun membuat mereka bahagia.

Jadi, kalau Anda ingin membuktikan bagaimana gemericik air bisa membuat Anda bahagia dan tenang. Cobalah untuk mengunjungi Air Terjun Umbulan ini. Gemericik air terjun ternyata bisa menenangkan otak.

Kalau Anda ingin pergi ke obyek wisata di Probolinggo satu ini, cobalah untuk pergi ke Pasar Sukapura. Sekitar 500 meter dari Pasar Sukapura, Anda nantinya akan menemukan kantor Telkom.

Nah, di samping kantor Telkom ini, nantinya ada jalan setapak, Anda bisa menelusurinya. Dan jalan tersebut akan membawa Anda ke lokasi air terjun. Untuk bisa sampai ke kawasan air terjun, maka persiapkan diri untuk melakukan trekking karena medannya sangat menanjak.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Pasuruan dengan ragam sajian alam asri nan indah.

12. Pantai Duta

obyek wisata di probolinggo
Foto : https://www.instagram.com/fajarhw/

Wisata Probolinggo pantai yang jangan sampai terlewatkan adalah Pantai Duta. Kawasan pantai ini berlokasi di kecamatan Paiton dan umumnya sering sekali menjadi destinasi utama masyarakat lokal Probolinggo untuk melihat sunset.

Ya, Pantai Duta memang sering dijadikan spot utama untuk menikmati matahari terbenam. Banyak fotografer yang menjadikan kawasan Pantai Duta ini untuk dijadikan spot indah menyaksikan panorama alam yang luar biasa menakjubkan.

Anda bisa mengabadikannya di sosial media seperti Instagram atau bisa juga Pinterest. Selain menyaksikan pemandangan pantainya yang indah, Anda juga bisa kok menikmati indahnya hutan bakau di sekitar pantai.

Hutan bakau yang ada di kawasan pantai Duta ini adalah program dari pemerintah. Yang bertujuan untuk memperindah kawasan pantai yang ada di Probolinggo.

13. Danau Taman Hidup

tempat wisata di probolinggo terbaru
Foto : https://www.instagram.com/fxdedi/

Danau Taman Hidup merupakan wisata terbaru di Probolinggo yang lokasinya terletak di lereng Gunung Argopuro. Wisata satu ini merupakan sebuah tempat yang sangat eksotis dilengkapi dengan pemandangan yang cantik dan natural.

Danau yang indah ini dikelilingi dengan berbagai macam perbukitan hijau yang sangat alami dan indah. Banyak sekali rerumputan di kawasan ini yang menjadikannya sangat asri.

Menurut warga sekitar, danau yang asri ini digunakan untuk mandi seorang dewi cantik bernama Dewi Rengganis. Dia sering mandi di tempat ini bersama dayang-dayangnya.

Kawasan wisata ini bagus sekali untuk dijadikan sebagai tempat berkemah. Pada umumnya, banyak pendaki dari Gunung Argopuro yang melepas rasa lelahnya dengan mendirikan tenda di depan danau.

Di danau ini pula, Anda bisa menyaksikan banyak satwa liar yang sering berkeliaran. Oh ya, untuk bisa masuk ke Danau Taman Indah ini, Anda harus benar-benar waspada karena jalur pendakiannya cukup ekstrem. Persiapkan dengan baik fisik Anda agar bisa melakukan trekking dan sampai ke danau.

14. Cikasur

tempat wisata alam di probolinggo
Foto : https://www.instagram.com/suttewijaya/

Cikasur adalah sebuah destinasi wisata berupa dataran tinggi yang begitu menakjubkan. Dataran tinggi ini bisa wisatawan capai dengan menggunakan 2 jalur pendakian.

Yang pertama adalah desa Baderan kemudian turun di sebuah desa bernama Bremi. Atau bisa juga nih sebaliknya, naik melalui desa Bremi dan turunnya di desa Baderan.

Dua jalur ini bisa dipilih karena memang Dataran Tinggi Cikasur ini lokasinya ada di tengah-tengah. Anda yang ingin sekali mengunjungi puncak gunung Argopuro, pasti akan melewati Cikasur.

Nah, Cikasur sendiri merupakan sebuah wisata dengan padang rumput yang terhampar luas dan tebal. Saking tebalnya bahkan hampir menyerupai kasur.

Ketika zaman kolonial Belanda, Dataran Tinggi Cikasur ini bahkan dimanfaatkan sebagai tempat untuk beternak rusa dan mengolah dagingnya. Namun ketika Indonesia dijajah Jepang, dataran tinggi dialihfungsikan sebagai landasan untuk pesawat perintis.

15. Snorkeling Gili Ketapang

wisata terbaru di probolinggo
Foto : https://www.instagram.com/gilikatapang/

Istilah ‘snorkeling’ dalam Bahasa Inggris Inggris berasal dari kata ‘snorkel’ atau tabung pernapasan berbentuk J. Snorkeling didefinisikan sebagai berenang di bawah air, atau hanya di dekat permukaan, dengan masker snorkel full face.

Bagi Anda yang ingin sekali mencoba kegiatan snorkeling, maka Anda bisa melakukannya di Gili Ketapang. Pulau ini memiliki terumbu karang dan garis pantai.

Dengan menggunakan beberapa peralatan snorkeling, maka Anda bisa menjelajahi harta bawah laut. Seperti flora dan fauna dasar laut yang indah tanpa kesulitan bernapas. Kehidupan bawah laut di Gili Ketapang adalah dunia yang sangat indah dan bagus sekali untuk dijelajahi.

Snorkeling memungkinkan Anda untuk menyaksikan indahnya alam bawah laut. Snorkeling tidak memerlukan pelatihan yang lama selama Anda bisa berenang karena hanya mempelajari cara menangani peralatan yang rumit.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah membiasakan diri dengan air, mempelajari beberapa keterampilan dasar berenang. Dan gunakan peralatan snorkling untuk siap menjelajahu dunia bawah laut Gili Ketapang yang indah.

16. Happy Fun 3 Probolinggo

wisata alam probolinggo
Foto : https://www.instagram.com/real_kimnana/

Apakah Anda mencari tempat wisata di Probolinggo terbaru yang cocok untuk anak-anak? Happy Fun 3 bisa menjadi lokasi yang sangat tepat. Berlokasi di Tamansari, Kecamatan Dringu, waterboom satu ini selalu menjadi pilihan para keluarga yang ingin memanjakan anak-anaknya.

Ada beberapa wahana permainan air asyik yang dijelajahi oleh anak-anak seperti seluncuran terowongan dan juga 3 jalur. Kalau bosan dengan permainan air, Anda juga bisa kok mencoba wahana lain seperti flying fox, mandi bola dan kereta.

Di Happy Fun 3 juga memiliki fasilitas lengkap seperti kantin, kamar mandi, loker, mushola dan juga parkir yang luas.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Ponorogo yang asyik untuk berlibur.

Kalau Anda mencari tempat wisata di Probolinggo, mungkin 16 destinasi di atas bisa menjadi pilihannya. Jangan lupa siapkan perbekalan yang cukup ya untuk menjelajahi setiap wisata yang ada.

Travel Vlog Jeep Adventure Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here