Tempat Wisata di Malang selalu dikunjungi hampir setiap momen. Nama kawasan ini tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan Nusantara saja, Mancanegara juga menyukainya. Selain Bali, Kota Apel ini menjadi alternatif kunjungan menghabiskan waktu panjang selama libur akhir pekan hingga akhir semester pendidikan.

Destinasi yang dipersembahkan oleh Kota Apel ini sangat beragam mulai dari pantai, gunung, air terjun, bukit, desa wisata, resto unik hingga museum. Semuanya indah, bagus, dan membuat liburan Anda sangat menyenangkan serta sulit dilupakan.

Berikut ini rekomendasi daftar destinasi wisata malang yang bisa dikunjungi bersama keluarga.

1. Pulau Sempu

wisata Malang
Foto : https://www.instagram.com/aprilkinsky/

Wisata di Malang pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Pulau Sempu. Sebutan lain untuk kawasan ini adalah Pulau Phi Phi Indonesia. Masuk dalam kawasan cagar alam membuat, tidak banyak wisatawan diperbolehkan masuk. Menuju ke Lokasi sangat mudah, tujuan pertama adalah Pantai Sendang Biru.

Kemudian, naik perahu menuju ke titik lokasi. Tarifnya dikenakan Rp20 ribu rupiah untuk masuk Pulau Sempu. Sementara, sewa kapal kurang lebih Rp100 ribu. Keindahan utama dari kawasan ini adalah letak danau yang berada di tengah Pulau. Jadi, Anda harus berjalan terlebih dulu Di tempat ini, bisa juga mendirikan tenda.

Untuk harganya Rp20 ribu per orang. Blue lagoon yang terdapat di Pulau Sempu berasal dari ombak laut selatan yang sangat ganas. Perlahan masuk dan akhirnya membentuk seperti sekarang ini. Hampir setiap sudutnya mempunyai keindahan luar biasa. Jadi, bawalah kamera agar bisa mengabadikan setiap momennya.

2. Jatim Park

wisata di Malang
Foto : https://www.instagram.com/citramudji/

Salah satu wahana terbaik di Indonesia ada di kawasan jatim Park. Tidak hanya dari segi edukasi saja, kebudayaan Indonesia sampai luar negeri, berbagai macam ilmu pengetahuan hingga masa pra sejarah dan dinosaurus bisa Anda temukan disini. Di bagi menjadi tiga bagian yaitu 1, 2, dan 3. Mempunyai konsep yang berbeda-beda.

Harga tiket yang ditawarkan mulai dari Rp50 ribu. Anda bisa menikmati berbagai macam wahanan seru dan menarik. Dari segi fasilitas, kawasan ini memang sangat komplit karena tersedia penginapan. Lokasinya tidak jauh dari kawasan wisata, jadi tidak butuh waktu lama untuk mengunjunginya.

Baik Jatim Park 1,2 dan 3 hampir semuanya mempunyai keistimewaan sendiri-sendiri. Anda harus coba datang satu per satu. Rasakan bagaimana tempat ini memberikan ilmu pengetahuan seluas-luasnya bagi seluruh wisatawan dengan konsep berbeda. Dijamin seru dan membuat liburan Anda menyenangkan.

3. Pantai Ngliyep

objek wisata di Malang
Foto : https://www.instagram.com/pantaingliyepmalang/

Wisata malang selanjutnya adalah Pantai Ngliyep. Terletak di Kecamatan Donomulyo. Menjadi favorit kunjungan wisatawan sejak tahun 1980. Luas kawasannya kurang lebih 10 hektar. Untuk masuk kedalam, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp15 ribu saja. Salah satu spot terbaik disini adalah melihat pesona senja, berbeda dan benar-benar mengagumkan.

Tidak heran bila banyak wisatawan datang ke tempat ini pada pukul 4 sore. Duduk santai di atas pantai pasir putih yang halus dan lembut. Tidak hanya pantai saja, Anda bisa mengunjungi Teluk Putri serta Gunung Kombang. Di mana di atas puncak terdapat petilasan Nyi Roro Kidul. Ratu Pantai Selatan itu, pernah menampakkan diri di tempat itu.

Masyarakat sekitar masih menjalankan tradisi yang sudah dilakukan sejak turun temurun. Salah satunya adalah gelaran upacara Labuhan. Berupa selamatan dengan menyembelih kambing atau sapi. Kemudian, disedekahkan dengan melarungkannya ke laut. Fasilitas lainnya adalah hadirnya camping area untuk mendirikan tenda.

4. Taman Trunojoyo

obyek wisata di Malang
Foto : https://www.instagram.com/lostinmalang_id/

Taman Trunojoyo menjadi salah satu wisata di malang yang menarik untuk dikunjungi. Letaknya berada di Stasiun Kota Baru Malang.

Di kawasan ini Anda bisa melihat banyak food court. Menjajakan kuliner dan jajanan khas kota Malang. Anda bisa memanfaatkannya sembari menunggu kereta Anda datang.

5. Flora Wisata San Terra

tempat wisata di Malang terbaru
Foto : https://www.instagram.com/prasetyo.m.w/

Salah satu tempat wisata di Malang yang baru hits dan sering dikunjungi oleh semua wisatawan Adalah Flora Wisata san Terra.

Anda bisa menyaksikan kurang lebih 700 lebih jenis bunga. Banyak warna bisa dilihat dan dijadikan sebagai salah satu sudut foto instagramable. Banyak bangunan khas bergaya Eropa bisa anda temukan disini.

Tersedia berbagai macam fasilitas lain seperti pendopo yang ditempatkan di tengah area taman. Ada juga Kampung Korea, serta Jepang dengan hiasan bunga sakura.

Tampak menarik karena, rasanya seperti jalan-jalan ke negeri matahari terbit. Jarak dari Kota Malang kurang lebih 25 Kilometer. Membutuhkan waktu sekitar 55 menit. Harga tiket masuk berkeliling ke seluruh lokasi Rp20 ribu untuk anak-anak, dan Rp25 untuk dewasa.

6. Boonpring Anderman

tempat wisata keluarga di Malang
Foto : https://www.instagram.com/dewialma/

Luas kawasan Boon pring Anderman ini kurang lebih 36,8 hektar. Di mana kawasan mayoritasnya adalah pohon bambu. Untuk harga tiket masuknya mulai dari Rp10 ribu. Tempat ini mempunyai kurang lebih terdapat 100 jenis tanaman bambu. Di sini pula terdapat kurang lebih enam mata air.

Di sini Anda bisa menikmati berbagai macam permainan air. Seperti, perahu kayuh, gethek atau perahu yang terbuat dari bambu berbentuk persegi panjang. Dayungnya menggunakan kayu panjang. Flying fox menjadi wahana lain yang bisa Anda nikmati, serta kolam renang dengan kondisi air sangat jernih.

Bahkan, sudah disediakan pula ban dan pelampung. Jangan lupa saat berada di lokasi ini membawa kamera. Karena, banyak spot-spot instagramable seperti, jembatan bambu, patung hewan,caping raksasa. Serta banyak warung dan saung yang menutupi atap terbuat dari jerami.

7. Museum Kesehatan Jiwa

tempat wisata anak di Malang
Foto : https://www.instagram.com/aj_arsk/

Wisata ini sengaja di bangun sebagai salah satu pembelajaran bagi wisatawan semua. Bila kesehatan jiwa memang bagian paling penting.

Di sini tersedia kurang lebih 700 koleksi benda bersejarah. Di sini, Anda bisa melihat bagaimana cara penyembuhannya. Mulai dari awal hingga akhir.

8. Wisata Desa Pujon Kidul

tempat wisata di Malang jawa timur
Foto : https://www.instagram.com/zaneth.gunawan/

Wisata di Malang selanjutnya adalah Wisaya Desa Pujon Kidul. Dari pusat kota menuju ke titik lokasi membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam.

Di sini, Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam wahana permainan seperti, pinball, ATV. Bahkan anda bisa melihat dan belajar tentang pertanian, perkebunan, serta peternakan.

Soal penginapan tidak diragukan lagi memang. Karena, sudah banyak homestay hingga hotel tersedia tidak jauh dari titik lokasi.

Salah satu spot terbaik untuk menikmati desa wisata ini adalah cafe sawah. Banyak spot selfie sudah disediakan khusus untuk Anda dengan pemandangan Gunung Semeru.

Beberapa wisatawan biasa menggunakanya sebagai salah satu lokasi pre-wedding terbaik. Anda juga bisa menikmati bagaimana rasanya berkuda. Melihat berbagai pemandangan alam yang sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata.

Datang juga ke –> 25 Tempat Wisata di Lumajang Terbaru

9. Pantai Tiga Warna

wisata pantai di Malang
Foto : https://www.instagram.com/pantaitigawarna/

Pantai di Malang memang tidak kalah dengan kawasan lainnya. Keindahannya tampak mengunjungi Pantai Tiga Warna.

Anda bisa melihat keindahan dunia bawah lautnya dengan snorkeling. Biaya sewa peralatannya hanya Rp25 ribu saja. Seperti namanya, dalam kedalam air, Anda bisa melihat 3 warna yang berbeda.

Spot selanjutnya, Anda bisa menikmati tempat ini dengan berkemah, untuk menyewa tenda dan lahan akan dikenakan biaya mulai dari Rp50 ribu saja. Menuju ke tempat ini akan dikenakan kuota. Bila sudah terpenuhi, maka Anda harus menunggu terlebih dulu. Bahkan, saat masuk ke dalam semua barang bawaan Anda akan dicatat.

Saat pulang, Anda semuanya akan diperiksa kembali. Bila terbukti ada sampah, maka akan dikenakan denda. Dalam satu hari, hanya dibatasi 100 orang saja. Jadi, usahakan untuk booking terlebih dulu. Hal ini dilakukan agar kawasan konservasinya selalu terjaga dengan baik.

10. Museum Angkut

tempat wisata terbaru di Malang
Foto : https://www.instagram.com/febri_ekana/

Biasanya museum tampak membosankan tetapi, tidak untuk kawasan ini. Wisata yang menghadirkan berbagai macam alat transportasi dari berbagai negara ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Anda bisa melihat koleksi kereta kuda kerajaan, sepedha onthel, pesawat terbang, hingga mobil dari masa ke masa.

Banyak spot instagramable yang bisa Anda kunjungi. Luasnya mencapai 3,8 hektar dibagi menjadi beberapa zona.

Tersedia fasilitas lengkap disini, mulai dari tempat ibadah, ATM, food court, toilet, loker hingga sarana lift. Untuk harga tiket masuknya mulai dari Rp80 ribu ditambah harga per kamera bila membawa sebesar Rp50 ribu.

11. Pantai Gatra

wisata alam malang
Foto : https://www.instagram.com/pantaigatra/

Wisata Malang memang eksoktis dengan pesona pantainya. Jernih, bersih dengan perpaduan karang dan warna air laut biru adalah daya tarik utama. Walaupun, tergolong tersembunyi, kawasan ini terbebas dari sampah sedikit pun.

Hal ini terjadi karena, sejak di pos sudah ditetap aturan ketat soal sampah. Bahkan, sebelum masuk sudah tersedia daftar bawaan pengunjung.

Petugas akan mencatat secara detail. Menjelaskan peraturan dan membayar harga tiket masuk sebesar Rp6 ribu bagi yang ingin masuk wilayah konservasi mangrove.

Bagi yang ingin bersantai di pantai saja, tidak akan dikenakan biaya sedikit pun. Keindahan kawasan ini terlihat jelas saat Anda mengunjunginya sore hari, melihat indahnya sunset.

12. Kampung Jodipan

wisata hits di malang
Foto : https://www.instagram.com/rehuellahangela/

Letaknya tidak jauh dari Stasiun Malang Kota Baru. Daya tarik utamanya adalah keindahan seluruh rumah yang sudah dihias dengan berbagai macam warna. Menghasilkan berbagai sudut instagramable yang bisa dipamerkan ke berbagai media sosial. Sebelum menjadi kampung terkenal seperti ini, dulu tempat ini sangat kumuh dan kotor.

Kemudian, di renovasi dengan penambahan berbagai macam ornamen seperti lorong topeng, payung,, jembatan dan masih banyak lagi.

Salah satu keunggulan dari kawasan ini adalah hadirnya jembatan kaca pertama di Indonesia. Siapa saja boleh melintas hanya saja dibatasi 50 orang saja. Atau maksimal 250 kg, sudah tersedia fasilitas lengkap seperti toilet, rumah ibadah, hingga area parkir yang luas.

13. Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru Malang
Foto : https://www.instagram.com/Fajarhw/

Objek wisata di Malang selanjutnya adalah Pantai Sendang Biru. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di kawasan ini.

Anda sudah disuguhkan dengan pesona perahu nelayan, bisa dijadikan sebagai salah satu objek foto hingga dimanfaatkan untuk berkeliling ke seluruh area. Anda bisa memilih apakah perahu tradisional dengan mendayung atau motor.

Bagi Anda yang gemar menyantap berbagai macam ikan laut, di sini sudah tersedia tempat pelelangan ikan. Seluruh hasil tangkapan nelayan akan dijual disini. Jangan khawatir, seluruh ikan di sini sangat segar dan berkualitas tinggi. Mulai dari cumi-cumi, udang, lobster hingga kakap. Selain membeli, Anda juga bisa diminta untuk masak langsung.

Jadi, tidak perlu dibawa pulang tetapi, langung disantap. Biasanya banyak warung makan menyediakan fasilitas tersebut. Jangan lupa membawa oleh-oleh dengan membeli berbagai macam souvenir serta pernak-pernik menarik.

Harganya mulai dari Rp5 ribu saja. Tidak jauh dari kawasan ini juga sudah tersedia area penginapan.

14. Museum Brawijaya

tempat wisata baru di malang
Foto : https://www.instagram.com/museumbrawijaya/

Museum Brawijaya terletak di Jalan Ijen No.25 A. Dibangun pada tahun 1962, setelah mendapatkan dukungan dari pemerintah Malang. Akhirnya disediakan lahan seluas 10.500 meter persegi, kemudian pada tahun 1967 mulai di bangun kembali. Wisata di Malang ini mempunyai berbagai macam koleksi menarik seperti tank buatan Jepang.

Merupakan hasil rampasan dari arek-arek Surabaya saat melawan sekutu dalam pertempuran 10 November 1945. Kemudian, meriam merupakan hasil rampasan dari Belanda.

Selanjutnya, ada tank Amfibi AM pernah digunakan sebagai Belanda untuk menjajah Malang. Anda juga bisa melihat patung jenderal Sudiman berdiri kokoh dan jadi tempat selfie semua orang.

15. Air Terjun Sumber Pitu

Air Terjun Sumber Pitu Malang
Foto : https://www.instagram.com/totosantoso59/

Air Terjun Sumber Pitu menjadi wisata di Malang yang harus Anda kunjungi selanjutnya, Terletak di Desa Pujon Kidul. Pada pos 1 digunakan untuk registrasi. Anda wajib membayar uang sebesar Rp10 ribu. Di pos ini pula sudah disediakan sarana untuk camping ground dan berbagai macam warung makan dengan berbagai menu pilihan.

Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan perjalanan pilih menggunakan kendaraan pribadi, dengan ojek membayar Rp30 ribu atau berjalan kaki. Total waktu tempuhnya mencapai 30 menit. Dari pos 2 ke kawasan masih harus jalan lagi sekitar 1 jam. Dari sini, Anda harus berjalan kaki.

Keindahan alam memukau dengan tebing tujuh titik bisa Anda nikmati di depan mata. Aliran airnya memang tidak terlalu deras. Tetapi, saat turun dari atas tampak sekali pesonanya liukan air terjunnya. Disarankan saat datang ke tempat ini pagi hari sekitar pukul 9 pagi. Atau datang saja agak malam kemudian menginap di camping area. Paginya datang ke lokasi air terjun.

16. Sentra Kerajinan Keramik Dinoyo

Sentra Kerajinan Keramik Dinoyo Malang
Foto : https://www.instagram.com/nurulahdasulaiman/

Kampung wisata Dinoyo pada awalnya adalah sentra gerabah. Pada tahun 1957 diresmikan sebuah pabrik oleh Wakil Presiden RI pertama, Moh. Hatta. Tiba-tiba, industri ini tutup dengan sendirinya.

Dengan keterampilan dan pengalamannya, mereka pun mulai membuka industri rumahan. Hingga saat ini tempat ini tidak pernah sepi mendapatkan permintaan dari berbagai daerah.

Kunjungi juga –> 14 Tempat Wisata di Trenggalek Terbaru

17. Masjid Tiban Malang

Masjid Tiban Malang
Foto : https://www.instagram.com/adi_mrizal/

Masjid Tiban Malang menjadi salah satu wisata religi terbaik di Jawa Timur. Menurut cerita atau mitos, bangunan ini dibangun ileh jin dalam satu malam.

Tetapi, kabar tersebut hanya mitos semata tetapi, kenyataannya dibangun oleh para santri. Menariknya tempat ini adalah hadirnya berbagai ornamen dari beberapa negara.

Seperti Turki, India, Mesir, hingga Rusia. Dibangun pada tahun 1978 terdiri dari 10 lantai mempunyai fasilitas sangat lengkap meliputi tempat ibadah. Pondok pesantren, serta berbagai macam kios yang menjajakan berbagai menu makan hingga aneka souvenir menarik.

18. Pantai Lenggoksono

tempat wisata alam di Malang
Foto : https://www.instagram.com/lenggoksono/

Tempat wisata di Malang terbaru ini adalah Pantai Lenggoksono. Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp10 ribu rupiah. Ada banyak aktivitas bisa Anda lakukan disini seperti, Bermain selancar atau surfing. Ombak di sini memang terbukti sangat tinggi. Tidak heran bila banyak wisatawan mencoba olahraga ekstrim ini.

Bagi Anda yang tidak bisa bermain jangan takut, karena sudah ada instruktur yang siap membantu memberikan pengetahuan sampai Anda bisa. Harganya Rp150 ribu, untuk sewa papan Rp50 ribu.

Selain, surfing Anda juga bisa berkunjung ke Teluk Kletekan menggunakan kapal. Menikmati aktivitas snorkeling dengan kedalaman kurang lebih 5 meter. Harga sewa kapal Rp80 ribu untuk peralatan snorkeling Rp100 ribu.

19. Kebun Teh Wonosari

tempat wisata di Malang
Foto : https://www.instagram.com/ininadyaa__/

Kebun teh ini terletak di lereng Gunung Arjuno berada di atas ketinggian 1250 Mdpl luas lahannya mencapai 1114 meter persegi. Harga tiket masuknya Rp12 ribu. Dilengkapi dengan fasilitas kolam renang untuk menikmatinya Anda harus bayar Rp10 ribu.

Selain wahana tersebut sudah disediakan permainan lainnya seperti flying fox, kolam air hangat, berkuda, ATV, Paint ball, hingga tempat melangsungkan pernikahan.

20. Museum Malang Tempo Doloe

Museum Malang Tempo Doloe malang
Foto : https://www.instagram.com/indonesia_wonderful75/

Tempat wisata di Malang Jawa Timur ini terletak di Jl. Gajahmada No.2 Di sini Anda bisa menyaksikan periode waktu yang ditetapkan mulai dari kota ini berbentuk kerajaan hingga menjadi merdeka.

Bahkan, zaman purbakala sekitar 600 tahun yang lalu juga menjadi salah satu bagian koleksi kawasan ini.

21. Pantai Sipelot

Pantai Sipelot malang
Foto : https://www.instagram.com/denny_denco/

Salah satu keindahan dari tempat ini adalah hadirnya air terjun yang lokasinya tidak jauh dari wilayah pantai. Nama sipelot ini sendiri berasal dari bahasa Belanda artinya adalah persinggahan.

Anda bisa berkeliling ke seluruh area pantai dengan menggunakan perahu nelayan. Harga sewanya kurang lebih Rp50 ribu. Sudah banyak fasilitas tersedia di sana, Anda tidak perlu ragu untuk mengunjunginya.

22. Pantai Balekambang

pantai di Malang
Foto : https://www.instagram.com/balekambangmalang/

Pesona lain dari Kabupaten Malang adalah Pantai Balekambang. Wisata malang ini sudah terkenal sejak tahun 1985. Sampai saat ini disebut juga dengan kawasan Kutanya Malang. Menikmati semua keindahannya, Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp15 ribu saja. Ada banyak kegiatan bisa Anda nikmati disini.

Seperti, berkemah di pinggir pantai. Tetapi, Anda harus perhatikan pula ombak agar tidak terseret. Airnya sangat jernih dan bersih, ombaknya cukup tenang hingga banyak wisatawan memanfaatkannya sebagai salah satu tempat berenang terbaik.

Anda juga bisa mengunjungi sebuah pulau dengan melintas jembatan, di mana terdapat sebuah Pura. Nama pulau ini adalah Ismaya.

Masih ada dua lagi yang bisa dikunjungi yaitu Wisangganei dan Arjuno. Menemani menu makan malam Anda saat berenang, Anda bisa memanfaatkan sarana memancing. Ada banyak ikan yang pastinya bisa dimanfaatkan sebagai santapan lezat. Banyak fasilitas bisa Anda dapatkan seperti warung makan, tempat ibadah hingga toilet.

23. Agro Tawon Rimba Raya

Agro Tawon Rimba Raya Malang
Foto : https://www.instagram.com/abdulghozalie/

Objek wisata Malang ini terletak di Jl. Indrokilo Selatan. Akses menuju ke tempat ini sangat mudah, bisa menggunakan transportasi umum dengan naik angkot. Atau menggunakan kendaraan pribadi, di tempat ini sudah tersedia berbagai rental motor atau mobil dengan harga minimal Rp75 ribu saja.

Kawasan ini di bangun pada tahun 1978, tersedia 10 glodok kayu yang digunakan untuk berternak lebah. Luas kawasannya kurang lebih 6,5 hektare Ada banyak tanaman bisa anda lihat disini.

Seperti Anggrek, Randu, Kayu putih, sengon, dan masih banyak lagi. Lebah yang dibudidayakan ada 3 yaitu, Apis Melilfera, Acerana, Tringond.

24. Pantai Goa Cina

tempat wisata di Malang terbaru
Foto : https://www.instagram.com/pantaigoacina/

Kawasan terakhir yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Goa Cina. Nama lain dari tempat ini adalah Pantai Rowo Indah. Harga tiket masuk menikmati area ini hanya Rp10 ribu saja. Aktivitas yang selalu dinantikan di tempat ini adalah melihat keindahan matahari terbenam dan terbit. Untuk bisa menikmatinya, cobalah berkemah di tempat yang sudah disediakan.

Tidak perlu membawa dari rumah, karena disini Anda sudah disediakan berbagai peralatan lengkap. Harganya mulai dari Rp100 ribu dengan kelengkapan sesuai dengan paket yang disediakan. Jangan lupa berkunjung ke area gua, hanya saja tidak semua orang diperbolehkan terutama bagi perempuan yang sedang haid.

Review Sebelumnya –> 23 Tempat Wisata di Madiun Terbaru

Tempat Wisata di Malang menjadi salah satu kawasan terbaik untuk dikunjungi dan dijadikan sebagai tempat liburan. Mulai dari pantai, air terjun, kampung wisata, museum, hingga wisata religi. Hampir semuanya memiliki keindahan dan keunikan masing-masing. Kalau Anda, mau pilih yang mana?

Travel Vlog Jeep Adventure Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here