Benteng Pendem Ngawi merupakan sebuah bangunan bersejarah yang di dalamnya menyimpan kisah menarik untuk kita terlusuri lebih dalam. Wisata di Ngawi satu ini juga dikenal dengan Benteng Van Den Bosch yang menjadi salah satu peninggalan Belanda di Indonesia.

Kawasan Benteng Van Den Bosch Ngawi bisa menjadi alternatif anda ketika akan menghabiskan waktu libur dengan berwisata bersama orang-orang tercinta. Sejumlah daya tarik membuat Benteng Pendem Ngawi sangat sayang apabila anda melewatkannya dalam rencana liburan selanjutnya.

Di dalam Benteng Pendem Jawa Timur ini anda dapat menemukan sebuah makam K.H Muhammad Nursalim. Salah satu pengikut Pangeran Diponegoro yang kala itu ditangkap oleh Belanda dan konon kemudian dikubur hidup-hidup di Benteng ini.

Harga Tiket Masuk Benteng Pendem Ngawi

harga tiket masuk benteng pendem ngawi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108031120364505670227

Tak hanya makam saja yang bisa anda temukan disini, ada juga Museum Benteng Van den Bosch. Merupakan bangunan peninggalan Belanda yang menyimpan sejumlah sejarah perjuangan Indonesia disaat tercapainya kemerdekaan ketika melawan penjajah.

Beberapa peninggalan yang masih tersisa kemudian dikemas menjadi satu di Museum Benteng Pendem Benteng Van den Bosch Ngawi. Museum tersebut dibuat dengan tujuan agar pengunjung bisa mengetahui sejarah di balik bangunan Benteng Pendem Ngawi yang berdiri megah ini.

Dan untuk bisa menyaksikan apa saja yang ada di dalam wisata benteng kota Ngawi ini hanya membutuhkan sedikit biaya. Harga tiket masuk Benteng Pendem Ngawi hanya sebesar 5.000 rupiah saja per orangnya, sangat terjangkau sekali ya kan?

Sebelum explore Benteng Van Den Bosch yang eksotis, ketahuilah dulu jam operasional wisata yang berlaku. Benteng Pendem Ngawi terbuka untuk umum setiap hari, pada pukul 8 pagi sampai dengan 5 sore.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat benteng pendem ngawi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104104282432439888018

Lokasi Benteng Pendem Ngawi sangat strategis, karena berdiri megah di tengah-tengah Kota Ngawi. Memiliki luas tanah sekitar 15 hektare dengan ukuran bangunan 165 m x 80 meter.

Berada di sudut pertemuan antara sungai Madiun dan juga Bengawan Solo. Dinamakan Benteng Pendem bukan tanpa alasan, karena bangunannya sengaja dibuat lebih rendah dari tanah sekitarnya.

Dikelilingi oleh tanah tinggi sehingga terlihat dari luar seperti terpendam, itulah mengapa disebut Benteng Pendem. Menurut beberapa sumber, dahulu kala Benteng Van Den Bosch ini dihuni oleh 250 tentara kurang lebihnya.

Alamat Benteng Pendem Ngawi terletak di Jl. Untung Suropati No.II, Kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur. Keberadaannya mudah dijangkau dari Kantor Pemerintah Kabupaten Ngawi dengan jarak hanya 1 Km ke arah timur laut.

Sedangkan jika dari Alun-Alun Kota Ngawi juga tak terlalu jauh, hanya 2,2 km saja. Dengan waktu tempuh untuk perjalanan kira-kira hanya 6 menit. Anda bisa menggunakan petunjuk akurat melalui maps dibawah ini agar tidak kesulitan selama perjalanan.

Datang juga ke –> Gayam Park kolam renang yang memikat.

Fasilitas

fasilitas benteng pendem ngawi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104576811243414091548

Sudah di dukung oleh berbagai sarana penunjang yang cukup memadai, seperti halnya fasilitas Benteng Pendem Ngawi yang meliputi :

  • Lahan parkir kendaraan
  • Papan informasi seputar benteng
  • Kamar mandi
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Museum Benteng Van den Bosch
  • Wisata religi makam K.H. Muhammad Nursalim
  • Kantin
  • Warung wisata
  • Area bersantai
  • Spot foto menarik

Nikmati setiap keseruan dari destinasi bersejarah satu ini yang akan menambah wawasan baru kepada semua pengunjung. Menelisik lebih dalam bangunan peninggalan Belanda untuk memberikan pengalaman liburan yang berkesan dan sulit dilupakan.

Berwisata edukasi dengan melihat foto-foto dari luar bangunan, sambil mempelajari sejarah dari benteng tersebut. Bangunan cagar budaya yang sangat bagus jika anda ingin mempelajari cerita masa lalu dan juga strategi perang zaman kolonial.

Kunjungi juga –> Srambang Park taman rekreasi seru dan menyenangkan.

Spot Terbaik di Benteng Pendem

spot terbaik benteng pendem ngawi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108034307621144897747

Aktivitas berfoto tentu saja menjadi hal yang tak boleh anda lewatkan ketika tengah berlibur di Benteng Van Den Bosch. Bangunan benteng yang ikonik menjadi latar belakang utama untuk hasilkan foto yang ciamik.

Abadikan setiap momen dan hal-hal menarik selama mengisi waktu libur di Cagar Budaya Benteng Pendem yang syarat akan makna. Memanfaatkan spot terbaik di Benteng Pendem Ngawi ketika selfie ria, foto bersama-sama hingga merekam beberapa video.

Untuk itu ketika berwisata, wajib yang namanya membawa kamera sebagai alat berswafoto. Atau paling tidak menggunakan smartphone yang anda miliki, agar tidak melewatkan momen-momen seru saat explore Benteng Pendem Van Den Bosch.

Review sebelumnya –> Kebun Teh Jamus yang asri dan mempesona.

Tips Berkunjung

tips berkunjung Benteng Pendem Ngawi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113999181109430600810

Anda dapat menyimak tips berkunjung berikut ini untuk menjadikannya referensi atau sekedar tambahan informasi.

  • Perkirakan dengan sebaik mungkin waktu berlibur anda agar semuanya dapat berjalan lancar sesuai keinginan.
  • Pastikan anda datang kesini ketika hari cerah, dan tidak mendung apalagi turun hujan lebat.
  • Untuk suasana yang tidak terlalu terik, sebaiknya berlibur ke Benteng Pendem pada saat pagi atau sore hari.
  • Namun jika anda datang ketika siang hari, tak ada salahnya untuk memakai topi atau sedia payung apabila matahari sangat terik.
  • Agar semuanya lebih maksimal, simak dengan baik informasi-informasi seputar benteng yang terpajang di areanya.
  • Wajib mematuhi dengan baik aturan beserta tata tertib wisata Benteng Van Den Bosch yang ditujukan untuk semua pengunjung.
  • Dilarang keras merusak atau corat coret tembok Benteng Pendem Ngawi yang sangat dijaga keberadaannya.

Itulah Benteng Pendem Ngawi atau Van Den Bosch yang meninggalkan bangunan klasik dengan segudang kisah di dalamnya. Ketika anda tengah berada di Ngawi, maka Benteng Van Den Bosch jangan sampai terlewatkan ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × four =