Pantai Alam Indah Tegal. Banyak yang bilang tempat ini adalah surganya tegal. Banyak yang mengatakan pula belum pergi ke Tegal bila, belum mengunjungi kawasan ini.

Wisata Pantai Alam Indah Tegal memang menghadirkan daya tarik yang menawan. Tidak salah bisa semua orang selalu merindukan kawasan ini.

Objek wisata ini bisa dibilang memang berbeda dengan objek wisata pantai lain. Sebut saja, semua pantai di kawasan laut selatan.

Dimana, mereka selalu esoktis dan mempunyai daya magis cukup kuat untuk menarik wisatawan agar berkunjung lagi dan lagi. Walaupun berbeda, daya pikat tempat ini pun masih bisa terasa.

Mengenal Lebih Dekat Pantai Alam Indah Tegal

Seperti kita tahu, bahwa tegal punya ikon wisata yang setiap orang datang ke tegal pasti selalu singgah. Kawasan tersebut bernama wisata Guci.

Seiring senada dengan Guci, kawasan wisata ini pun mencoba untuk dikembangkan agar tidak hanya warga tegal saja yang mampu menikmatinya. Melainkan, semua orang bisa juga menikmatinya.

wisata pantai alam indah tegal
foto: https://www.instagram.com/sagita.ika/

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai kawasan ini. Alangkah baiknya, wisatawan membaca terlebih dahulu sejarah dan juga mitos yang berkembang disini.

Ternyata, laut jawa memang menyimpan beragam macam misteri. Tidak hanya di selatannya saja melainkan, di utaranya juga punya.

Konon katanya disini ada seorang dewi bernama Dewi Ramtasari. Beliau adalah sosok gaib yang menguasai 3 kabupaten sekaligus. Salah satu kabupaten tersebut adalah tegal. Dimana, sosok ini semakin dikenal oleh masyarakat luas melalui kesenian sintren.

Lalu, apa itu sintren? Nah, sintren adalah suatu bentuk tarian. Dimana, seorang penarinya adalah seorang perempuan.

Diiringi oleh gamelan dan anehnya setelah beberapa menit menari, sosok perempuan ini tidak sadarkan diri. Saat itulah Dewi Ramtasari sudah memasuki raganya. Cukup merinding juga ya!

Selain melalui kesenian sintren, ada beberapa warga yang katanya pernah melihat sosok dewi ramtasari ini di sekitar pantai.

Sosoknya yang cantik membuat semua orang ingin pergi mengikutinya. Percaya atau tidak begitulah faktanya yang pernah diutarakan oleh salah seorang warga disini dan menjadi sejarah pantai alam indah tegal.

Baca juga >> 11 Tempat Wisata Di Brebes Yang Di Rekomendasikan

Spot Genic

lokasi pantai alam indah tegal
foto: https://www.instagram.com/labibsadad_/

Mari kita tinggalkan semua yang berbau mistis dan misteri. Saatnya untuk melihat dan kembali ke dunia nyata.

Bahwa, Pantai Alam Indah Tegal ini merupakan kawasan yang memang patut untuk dikunjungi. Bersama dengan teman, sahabat dan juga keluarga.

Pantai Alam Indah Tegal sekarang memang berbeda dengan yang dulu. Dimana, saat ini wisatawan bisa menikmatinya dengan suasana tenang, sejuk, bersih dan sudah terawat.

Seakan kawasan ini tidak mau kalah dengan kawasan lain. Karena, saat ini dunia pariwisata menjadi sebuah gengsi tersendiri.

Saat wisatawan menginjakkan kaki disini. Wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai macam perahu nelayan yang seakan berlalu-lalang kesana-kemari.

Selain itu, kapal-kapal dengan berbagai tujuan pun juga sempat terlihat. Kapal-kapal ini biasanya dijadikan sebagai salah satu spot foto bagi mereka para komunitas fotografi.

Daya Tarik Lain

Bibir pantainya yang luas, membuat semua orang senang berkunjung kesini. Bisa bermain sepuasnya kesana-kemari.

Ditambah lagi, semilir angin pantai yang berhembus membuat hati terasa syahdu bagaikan sebuah lagu nan merdu. Sedikit berlebihan memang tetapi, itulah kenyataannya.

Selain itu, berenang juga merupakan kegiatan yang tidak boleh untuk dilewatkan. Tetapi, tetap harus berhati-hati.

alamat pantai alam indah tegal
foto: https://www.instagram.com/agnesrizka/

Jangan mengira, kawasan ini tidak berada di laut selatan, jadi wisatawan bisa berpikir laut ini aman. Tetap berada di batas aman yang sudah ditetapkan oleh petugas.

Belum puas berenang di pantai. Wisatawan bisa melanjutkannya di waterboom yang letaknya tidak jauh dari sini.

Ada wadah poci yang mempunyai ketinggian kurang lebih 15 meter yang siap menerjang dan menghadirkan suasana seru.

Selain itu, ada juga slider yang dibentuk spiral dengan panjang kurang lebih 30 meter. Siap memacu adrenalin wisatawan semua.

Kurang puas, saat kita belajar menuju ke museum bahari. Museum ini didirikan pada tahun 2008. Disini, wisatawan akan menemukan berbagai macam kendaraan perang milik TNI.

Ada jangkar, ada torpedo, rantai yang bisa dijadikan sebagai spot foto menarik. Serta beberapa benda lain yang tidak kalah menariknya pula.

Selain itu wisatawan juga bisa menikati teduhnya hutan mangrove pantai alam indah tegal. Kawasan ini menjadi favorit saat datang teriknya matahari.

Wisatawan lain, lebih memilih berlindung di antara hutan bakau ini. Menikmati sejuknya oksigen yang melimpah ruah. Biasanya pula kawasan ini diserbu dan dijadikan sebagai titik spot foto.

Bosan dengan semua yang ditawarkan diatas? Wisatawan bisa mencoba wahana naik perahu nelayan dan berkeliling menyusuri setiap sudut pantai.

Untuk bisa menikmatinya, sobat travel harus rela mengeluarkan uang sekitar 300 ribu sampai 500 ribu rupiah untuk 10 orang. Atau bisa mendapatkan harga yang kebih murah bila jago menawar.

Sajian Kuliner Dan Senja yang Indah

Terakhir, wisatawan bisa menikmatinya dengan menyantap berbagai macam kuliner laut. Rasanya sungguh enak dan enak.

Ikan disini dijamin kesegarannya, soalnya langsung ditangkap dari laut sebagian dijual, dan sebagian lagi digunakan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Bagaimana menarik bukan?

Satu tempat lagi yang tidak boleh dilewatkan yaitu anjungan pantai. Banyak wisatawan menikmati kawasan ini dengan menatap jauh ke laut.

Warnanya yang biru dan menenangkan, membuat banyak orang menyempatkan waktu pergi ke tempat ini. Tetapi, jangan melamun ya, bisa-bisa dewi ramtasari masuk ke tubuhmu.

Terakhir, adalah pemandangan indah pesona matahari terbenam dan matahari terbit. Siluet yang dihasilkan membuat wisatawan tidak ingin melewatkannya sedikit pun.

Apalagi, langit senja  menyuguhkan keindahan alam tegal yang sesungguhnya. Decak kagum dan rasa syukur pasti akan terucap seiring dengan tenggelamnya senja yang perlahan berganti dengan malam dan sinar rembulan.

Baca juga >> 20+ Tempat Wisata di Pekalongan Yang Paling Menarik #Terbaik

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat pantai alam indah tegal berada di Mintaragen, Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah. Satu-satunya cara untuk kesini hanya dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Karena, tidak ada satu pun angkutan yang bisa mengantar wisatawan mencapai kawasan ini.

Dari pusat kota tegal hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit saja. Dengan rute yang harus ditempuh adalah Jalan Tol Batang – Pemalang.

Dimulai dari jalan kapaten sudibyo, kearah selatan menuju Gg rama. Kemudian, menuju ke jalan raya pantura hingga ke jalan sangir yang berada di Mintaragen hingga sampailah di kawasan ini.

Dalam menuju pantai alam indah tegal, andu juga bisa menggunakan mpas berikut ini

Harga Tiket Masuk

harga tiket masuk pantai alam indah
foto: https://www.instagram.com/hanifnr_57/

Harga tiket masuk pantai alam indah tegal adalah 5 ribu rupiah. Masih ditambah dengan biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah untuk mobil dan 3 ribu rupiah untuk motor.

Harga yang sangat murah bukan untuk menikmati keindahan wisata alam di tegal ini.

Destinasi pantai menarik lainya:

Bagaimana, sudahkah menggoda iman wisatawan untuk datang dan berkunjung ke kawasan ini. Berlibur di pantai alam indah tegal. Memang menyenangkan, jangan ragu dan agendakan waktu liburan wisatawan kesini. Jangan lupa, pantai ini sudah menunggumu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here