Sedang ingin berlibur? Namun bingung wisata mana yang tepat untuk dikunjungi? Berikut ini akan disajikan beberapa opsi tempat wisata di Pamekasan yang bisa Anda kunjungi. Seperti wisata pantai, wisata edukasi untuk anak, sampai tebing yang memiliki pahatan indah dan destinasi seru lainnya.

Untuk Anda yang belum kenal dengan kabupaten Pamekasan, ini adalah kabupaten yang terletak di Pulau Madura. Dimana pulau ini ternyata menyimpan banyak keindahan yang wajib Anda ketahui dan Anda rasakan sendiri secara langsung.

Berikut daftar tempat wisata di Pamekasan terbaru dengan beragam keindahan panorama alam dan destinasi apik, yaitu:

1. Edu Wisata Selamat Pagi Madura

tempat wisata di pamekasan
Foto : https://www.instagram.com/musayyinahrddn/

Tempat wisata anak di Pamekasan yang satu ini baru saja diresmikan dan bisa langsung menarik perhatian banyak pengunjung. Bagaimana tidak? SPM menyajikan atraksi sulap menarik yang disukai anak-anak yaitu atraksi manusia melayang.

Wisata baru di Pamekasan ini diatas tanah seluas 2 hektar dengan berbagai fasilitas permainan baik untuk anak maupun orang dewasa. Yaitu taman bunga, tempat memanah, Flying Fox, Playground, Water Bomb, Kids Water, bukit cinta, tempat ibadah juga toilet, dll.

Konsep wahana bermain ini memiliki area bebas rokok yang sangat aman bagi anak-anak agar terhindar dari asap yang membahayakan. Banyak karyawan yang dikerahkan untuk tetap selalu menjaga keamanan dan kebersihan lingkungan agar selalu terlihat rapi dan indah saat dikunjungi.

Datang bersama keluarga dan juga orang tercinta akan membuat sensasi liburan anda disini semakin istimewa. Menghabiskan waktu libur saat akhir pekan dengan berkunjung kesini dijamin akan sangat menyenangkan dan menjadi momen tak terlupakan.

Wisata SPM ini cukup mudah dijangkau karena dekat dengan jantung kota Pamekasan tepatnya di Jl. Lawangan Daya. Jam buka pukul 8 pagi dan tutup jam 4 sore. Anda bisa menikmati segala fasilitas dengan HTM murah hanya 20.000/orang.

Anda bisa bermain sekaligus mengajari anak dan juga membuat hati si kecil bahagia dengan banyaknya mainan yang bisa dimainkan bersama-sama. Andapun bisa menjalin hubungan yang lebih erat lagi dengan si buah hati. Wah, Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke sana?

2. Vihara Avolokitesvara Pamekasan

wisata pamekasan
Foto : https://www.instagram.com/avalokitesvara.pamekasan/

Tempat wisata di Pamekasan Madura selanjutnya ialah Vihara Avolokitesvara yang indah, menakjubkan, besar, dan juga memiliki warna yang kontras. Wisata religi kebudayaan dari umat Budha yang biasanya dipakai untuk beribadah yang berdiri di tanah seluas 3 hektar yang luas.

Dikenal dengan Vihara Kwan Im Po Sat, didalamnya terdapat patung Avalokitesvara/Dewi Welas Asih yang besar nan indah dengan ketinggian 155cm. Ukiran patung naga dan bangunan lainnya yang kontras dan menarik bisa dipakai untuk berswafoto yang instagenic.

Selain itu di dalam Vihara juga terdapat bangunan tempat ibadah seperti musholla dan pura yang memberikan simbol dari bentuk kebersamaan. Saling menghargai, menghormati, dan saling menjaga antar umat beragama lainnya. Maka dari itu Vihara ini menjunjung nilai-nilai sosial yang berkembang.

Akses menuju Vihara ini dekat dengan Jembatan Suramadu. Jam buka dimulai pukul 7 pagi dan tutup pada 5 sore. Dan kabar gembira bagi Anda karena untuk dapat masuk kedalam Vihara Anda tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Tentu saja Vihara ini cukup menarik untuk dapat dikunjungi dan dipakai untuk ibadah.

Selain bermain, berfoto, dan menikmati keelokan ukiran-ukiran yang ada, Anda juga bisa menambah wawasan mengenai sejarah. Dari bangunannya seperti adanya tempat ibadah lain di dalamnya yang menunjukkan toleransi.

3. Bukit Cinta Pamekasan

wisata di pamekasan
Foto : https://www.instagram.com/nilaellzytha/

Wisata di Pamekasan yang lagi hits kali ini ialah Bukit Cinta. Bukit yang dikelilingi banyak anak tangga dan membentuk hati ini menjadi daya tarik bagi wisatawan. Karena memiliki ciri khas yang sangat menawan dan patut untuk dikunjungi.

Bukit ini menjadi salah satu favorit spot foto pengunjung karena memiliki view rerumputan hijau yang rapi berbentuk love/cinta yang romantis. Tidak heran jika para pengunjung bahkan rela mengantre hanya untuk dapat berfoto di sana.

Anda bisa mengunjungi bukit cinta baik bersama teman-teman atau bersama kekasih hati. Selain tempatnya yang indah, akses menuju tempat wisata juga sangat mudah dan HTM untuk dapat menikmati wisata juga sangat murah.

Wisata Pamekasan ini berada di Pamekasan yaitu berada di Jl. Lawangan daya (di dalam wisata SPM). Harga tiket masuk yang murah menjadikan tempat ini ramai dikunjungi oleh muda mudi apalagi saat akhir pekan tiba.

Untuk Anda yang sedang dimabuk asmara bersama pasangan, alangkah baiknya jika Anda mengunjungi bukit ini. Layaknya simbol cinta yang terukir di alam akan menambah kesan romance penuh kasih sayang.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Dieng dengan sejuta keindahan alam dengan nuansa sejuk khas pegunungan yang sayang untuk anda lewatkan.

4. Dermaga Branta Pesisir

objek wisata di pamekasan
Foto : https://www.instagram.com/lilly_lailiya/

Dermaga Branta Pesisir kini telah menjadi bagian dari wisata Pamekasan Jawa Timur yang cukup banyak pengunjungnya. Apalagi bagi pecinta kegiatan mancing tentu tempat ini menjadi rekomendasi yang pas untuk Anda.

Sebuah dermaga di pelabuhan yang dimanfaatkan sebagai spot memancing dan juga berfoto ria dengan teman atau keluarga. Selain itu tempat ini juga bisa digunakan untuk jogging, bersepeda santai, atau hanya sekadar duduk santai.

Jogging bisa dilakukan dengan mengelilingi sekitar dermaga, dianjurkan baik jogging atau bersepeda bersama dengan teman. Agar mereka juga bisa menikmati indahnya dermaga Branta Pesisir yang tak kalah menariknya dari dermaga-dermaga lain yang ada.

Lokasi wisata ini terletak di Desa Branta Pesisir. Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan. Saat berkunjung ke sini jangan lupa membawa alat memancing sendiri karena disekitar dermaga masih jarang sekali ada penyewaan alat pancing.

Wisata alam Pamekasan ini dibuka 24 jam selama 7 hari dalam seminggu dan direkomendasikan untuk datang di pagi/sore hari. Jika tidak ingin terpapar sinar matahari yang menyengat yang dapat menimbulkan kulit kusam.

5. Bukit Brukoh

obyek wisata di pamekasan
Foto : https://www.instagram.com/muzammil_h13/

Tempat wisata keluarga di Pamekasan baru-baru ini yang lagi hits ialah Bukit Brukoh yang memiliki spot foto instagramable. Terdapat banyak payung-payung menggantung yang menambah cantiknya nuansa alam bukit ini.

Payung-payung ini digantung dengan jarak yang pas tidak kejauhan juga tidak terlalu berdekatan dengan warna yang berbeda-beda. Supaya dapat menambah kecantikan Bukit Brukoh dan dapat digunakan untuk berfoto ala anak hits.

Ciri khas bukit ini yaitu memiliki icon berlambangkan hati semacam pahatan dan memiliki lubang berbentuk love kecil di bagian tengahnya. Ada juga bunga-bunga cantik yang ditanam khusus untuk para pengunjung agar spot foto semakin banyak.

Keindahan Bukit Brukoh bisa dinikmati hanya dengan tiket masuk sebesar 5.000 untuk dapat berswafoto dan memarkirkan kendaraan. Akan Anda temui banyak penjual makanan dan minuman dijalanan antara tempat parkir dengan pintu masuk.

Akses lokasi cukup memiliki banyak belokan sehingga bersiaplah untuk selalu membuka Google maps agar tidak sampai kesasar. Dan ada sebagian jalan yang rusak sehingga Anda harus terus berhati-hati saat melewatinya.

Lokasi bukit ini cukup jauh dari keramaian kota Pamekasan, namun tempatnya menawarkan nuansa alam yang asri. Sehingga cocok sebagai alternatif liburan akhir pekan baik piknik, atau kegiatan lainnya bersama keluarga dan teman terdekat.

6. Goa Blaban

tempat wisata di pamekasan terbaru
Foto : https://www.instagram.com/r_ardyanzah/

Obyek wisata di Pamekasan yang tidak kalah menarik, instagramable, dan menawan yaitu Goa Blaban. Siapa sangka jika dibawah perkampungan Dusun Rojing, Desa Blaban, Kecamatan Batumarmar kabupaten Pamekasan terdapat Goa.

Untuk dapat mencapai dasar goa yang indah perlu melewati anak tangga melingkar setinggi 4 meter. Didalam goa akan terasa pengap dan hangat namun akan ada banyak pemandangan stalagmite dan stalaktit juga bebatuan akik yang indah.

Destinasi wisata Goa Blaban di dalamnya kini sudah dilengkapi lampu warna warni yang dapat menambah keindahan untuk berfoto. Cocok banget bagi traveller yang mempunyai hobi fotografi untuk mengabadikan tempat indah dalam goa.

Hanya dengan biaya 20.000 Anda bisa menikmati keindahan Goa Blaban baik luar maupun dalamnya. Sebenarnya akses menuju Goa sangat mudah, namun bagi Anda yang kebingungan bisa mencarinya di Google Maps.

Disarankan untuk Anda yang memiliki sesak napas dan phobia dengan kegelapan mungkin tidak dianjurkan untuk masuk lebih dalam lagi. Karena seperti yang sudah dijelaskan bahwa di dalam goa terasa agak pengap dan gelap.

7. Pantai Batu Kerbuy

tempat wisata di pamekasan
Foto : https://www.instagram.com/royx_blue/

pantai Batu Kerbuy menyuguhkan hamparan batu karang yang sangat cantik yang dapat memanjakan mata. Itulah mengapa pantai ini menjadi tempat wisata paling bagus di Pamekasan karena pesonanya yang dapat menarik semua insan manusia.

Hunting foto akan semakin menarik sebab batuan karang besar yang tersebar dan banyaknya pohon cemara yang meneduhkan. Rindangannya pepohonan akan menambah kesan asri, teduh, dan menenangkan.

Anda juga bisa menyewa perahu dengan harga terjangkau, menikmati sunset, dan deburan ombak yang cantik. HTM ke pantai juga sangat murah yaitu 3.000 jadi sangat disayangkan jika tempat indah ini terlewatkan khususnya bagi Traveller.

Anda tidak perlu khawatir apakah pantai ini memiliki jam buka tutup tertentu karena wisata ini dibuka 24 jam. Rute menuju pantai sedikit tersembunyi yaitu di desa Batu Kerbau yang jaraknya jauh dari pusat kota.

Meski Anda harus berusaha sedikit untuk dapat sampai ke pantai ini, Anda tidak akan rugi. Karena akan terbayarkan dengan keistimewaan pemandangan yang begitu anggun apalagi saat sore dan di pagi hari yang cerah.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Bangkalan yang cocok banget untuk anda jadikan tempat menghabiskan waktu libur dan akhir pekan.

8. Rawa Mangunan

wisata pamekasan jawa timur
Foto : https://ihategreenjello.com/

Berikutnya objek wisata di Pamekasan yang tidak kalah indahnya ialah Rawa Mangunan. Sebuah rawa yang bersih dengan air yang nampak berwarna hijau mengkilap diterpa sinar matahari yang dapat menyegarkan mata yang lelah.

Rawa Mangunan yang terletak di Dusun Mangunan, Desa Pandemawu Timur Pamekasan ini berada tepat sebelum pantai Jumiang. Tempat pesisir yang cocok digunakan untuk menambah koleksi foto Instagram atau sosial media lainnya.

Selain spot selfie, Anda juga bisa bersantai sambil duduk-duduk ditepi rawa. Pemandangan tanaman Manggrove yang berada di sekitar rawa menambah kesejukan angin yang berhembus dan menambah ketenangan jiwa.

Apalagi jika Anda mengunjunginya pada siang hari, Hutan Manggrove yang ditimpa sinar matahari. Dan juga angin dari segala sudut akan memberikan kesegaran yang membuat otak akan semakin rileks dan fresh.

Rute untuk ke rawa cukup sulit karena akses jalan yang belum memadai, jauh dari rumah penduduk dan jarang ada penjual. HTM untuk masuk juga terbilang murah yaitu 3.000 dimana Anda bisa main dan foto-foto sepuasnya.

9. Pantai Talang Siring

wisata di pamekasan yang lagi hits
Foto : https://www.instagram.com/viera_iink/

Pantai Talang Siring ialah wisata Pamekasan terdekat dengan Vihara Avalokitesvara yang terletak di desa Montok, Kecamatan Larangan Pamekasan. Salah satu destinasi wisata pantai yang cukup terkenal di pulau Madura.

Menawarkan keindahan yang eksotik dengan semilir hembusan angin pantai dengan deburan ombak yang menyapu batu karang dengan manjanya. Hingga malampun keindahan tetap bisa dinikmati dengan pantulan lampu-lampu yang ada area pantai.

Di sana Anda bisa menaiki perahu, membuat api unggun, berselancar, mendirikan kemah. Spot foto selfie kekinian mulai dari pantai yang biru, hutan mangrove, ikan-ikan kecil yang bermunculan di permukaan air yang unik.

Untuk dapat menaiki perahu Anda bisa menyewa kepada penduduk sekitar, begitu pula dengan peralatan kemah dan juga berselancar. Sensasi hidup berada di alam bebas dengan jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Jalan akses menuju pantai ini sangatlah mudah karena pantai dilewati jalan poros utama menuju Kabupaten Sumenep. Kurang lebih 15 km ke arah timur dari pusat kota Pamekasan Jika kesulitan Anda juga bisa bertanya kepada penduduk sekitar.

Segera atur waktu anda untuk bisa mengunjungi Pantai talang siring yang menyimpan sejuta keindahan memukau.

10. Tebing Waru Pamekasan

tempat wisata paling bagus di pamekasan
Foto : https://www.javatravel.net/

Wisata terbaru di Pamekasan kali ini bisa dijadikan sebagai wisata yang dapat memacu adrenalin. Bagaimana tidak? Anda bisa melakukan olahraga panjat tebing. Namun Anda harus memastikan adanya guide atau pendamping agar tidak celaka.

Pesona keindahan tebing yang sangat menarik untuk dikunjungi akan sangat disayangkan apabila Anda tidak mengunjunginya. Destinasi ini salah satu pesona tersembunyi dari Pamekasan yang tiada duanya yang bisa dinikmati setiap hari.

Lokasinya terletak di desa Waru, Kecamatan Waru dan Anda bisa mengakses lokasi tersebut di Google maps dengan mudah. Untuk Anda pecinta fotografi bisa memuaskan hobi dan menggali potensi diri sedalam-dalamnya di bukit batu dengan pemandangan pedesaan.

Selain itu Anda juga bisa tracking diatas tebing untuk melihat langsung perkampungan warga. Sampai kerajaan monyet yang berada di dalam goa serta keindahan pemandangan alam sekitarnya yang sangat menarik untuk dilihat.

Banyaknya spot foto selfie akan memuaskan diri Anda saat berada di sana. Pemandangan alam yang disuguhkan juga akan membantu menghilangkan rasa penat, lelah, dan kesal akibat bekerja terlalu lama.

11. Api Abadi Pamekasan

tempat wisata di pamekasan terbaru
Foto : https://www.instagram.com/exploremadura/

Api Abadi Pamekasan merupakan tempat wisata alam di Pamekasan yang sangat unik. Pemandangan api tak kunjung padam ini berada di Desa larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, 4km menuju selatan dari Kota Pamekasan.

Dulunya berasal dari tancapan pedang Ki Moko saat mempersunting gadis Palembang saat malam hari agar terlihat terang. Ternyata tidak padam sampai sekarang dan telah menjadi titik-titik api yang menyala hingga sekarang.

Disana Anda bisa berkemah dan menyaksikan apoy lake (api laki-laki) dan apoy bine (api perempuan) yang sangat fenomenal. Kawasan wisata ini dibuka 24 jam non stop sehingga Anda bisa pergi kapanpun kesana tanpa khawatir tempatnya tutup.

Untuk HTM ke Api Abadi Anda sendiri cukup membayar 15.000/orang (sudah termasuk parkir). Fenomena alam ini ramai dikunjungi pada saat akhir pekan tiba dengan banyaknya pedagang kios dan artshop di sekitar wisata.

Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi apalagi saat malam hari karena api akan terlihat begitu jelas. Terang benderang jika dibandingkan saat siang hari karena terkena sinar matahari sehingga nampak seperti redup.

12. Pantai Jumiang

wisata baru di pamekasan
Foto : https://www.instagram.com/deswarobii/

Objek wisata yang berada di Desa Tanjung Kecamatan Pademawu ini merupakan wisata terbaru di Pamekasan. Yang ramai dengan wisatawan dari berbagai wilayah baik ketika hari biasa ataupun hari weekend (liburan, libur akhir pekan).

Sensasi berlibur yang berbeda dengan lainnya dan sangat menarik untuk dikunjungi baik bersama keluarga atau sahabat. Bahkan wisata ini memberikan keindahan yang natural dengan goresan tepi pantai yang dihiasi ombak kecil nan tenang.

Tak perlu merogoh kantong yang dalam, cukup hanya dengan 3.000 /orang Anda bisa menikmati sampai puas pantai ini. Hamparan pasir putih, tebing yang menjulang tinggi, sunset serta ombak yang indah. Sangat cocok untuk proses menenangkan hati dan pikiran agar bisa berkonsentrasi dan berpikir dengan jernih.

Biasanya para pengunjung saat berlibur di Pantai Jumiang kebanyakan menunggu adanya sunset di sore hari. Memang saat itulah alam Pamekasan memberikan panorama alam yang begitu eloknya untuk dinikmati.

Kegiatan inti yang selalu dinantikan ialah hunting foto. Dimana tempat ini memiliki lokasi yang baik sehingga sangat cocok digunakan untuk hunting foto sebanyak-banyaknya untuk menambah feed Instagram. Memiliki daya tarik yang cukup berkesan menjadikan pantai ramai pengunjung.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Nganjuk menyimpan sejuta destinasi menarik dengan panorama memukau dan spot instagramable.

13. Toron Samalem

tempat wisata di pamekasan
Foto : https://www.instagram.com/arief_maw/

Tempat ciamik Pamekasan yang cocok untuk berlibur saat akhir pekan yaitu Toron Samalem. Kampoeng wisata ini sedang hits-hitsnya dikalangan wisatawan karena destinasi wisatanya yang instagenic berkat kreativitas penduduk sekitar. Yang menyulap bekas tambang menjadi Kampoeng Indah dengan menyajikan beragam spot kekinian.

Pahatan batu dari penambang dibiarkan begitu saja sehingga terlihat semakin menambah nilai estetika dan terlihat sangat memukau. Spot foto yang ada di sana juga sangat banyak sehingga Anda bisa melakukan swafoto berapa kali pun tanpa dipungut biaya.

Pintu gerbang yang terbuat dari batu alami memiliki bentuk-bentuk yang khas dan berukuran jumbo bisa dijadikan sebagai latar belakang foto. Menariknya tidak hanya itu saja, bahkan beberapa pohon sakura cantik memberikan kesan seperti berada di luar negeri yaitu jepang.

Lokasinya yang berada di Desa Blumbung Kecamatan Laranan. Wisata ini berjarak kurang lebih 5,5 km dengan waktu tempuh yang cukup dekat yaitu 20-30 menitan dari kota Pamekasan.

Dengan jarak yang cukup dekat dan juga memberikan keasrian dan keindahan yang alami. Toron Samalem menjadi rekomendasi wisata yang wajib dikunjungi terutama bagi warga sekitar dan yang berada di pulau Madura.

Itulah beberapa penjelasan mengenai beberapa tempat wisata di Pamekasan Madura yang menarik dan recommended. Berlibur ke pulau Madura tidak ada salahnya untuk singgah di tempat-tempat yang terkenal akan kecantikannya.

Saat berlibur pastikan jika Anda juga selalu ikut menjaga lingkungan agar tetap asri dengan tidak membuang sampah sebarangan. Hormati juga kearifan lokal yang ada saat berkunjung karena menjaga hubungan sosial juga perlu diselaraskan.

Travel Vlog Honeymoon Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here