Traveling atau perjalanan ke berbagai destinasi kini sudah menjadi gaya hidup. Tua, muda, pekerja ataupun anak sekolah sekarang ini memiliki tempat tujuan impiannya masing-masing.

Beberapa suka menikmati gunung, ada juga yang menyukai pantai atau beberapa yang lain memilih wisata perkotaan dan belanja sebagai sebagai pilihan gaya traveling.

Pada dasarnya saat ini traveling sudah memiliki begitu banyak pilihan tinggal bagaimana kita bisa menentukan pilihan destinasi mana yang sesuai dengan selera dan dana yang kita miliki

Biasanya sebelum kita memulai sebuah perjalanan, kita melakukan riset atau penelitian kecil-kecilan tentang semua yang menyangkut tempat tujuan traveling.

Biasanya Google kemudian menjadi tempat pencarian yang mudah dan murah, karena umumnya  sudah terpasang di handphone. Dari transportasi yang akan kita pakai, tempat makan yang halal,  juga yang tak kalah penting adalah tempat kita menginap.

Riset ini dilakukan tentunya untuk menghindari kesalahan pada saat traveling yang mungkin akan membawa kita pada bencana.

Namun walau kita kadang sudah mencari tahu dengan detail semua kebutuhan traveling. Adakalanya fakta di lapangan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Itu yang membuat traveling sesungguhnya penuh dengan risiko. Walau kita tidak pergi ke tempat yang berbahaya tetapi kesalahan-kesalahan kecil mungkin saja terjadi. Berikut adalah lima risiko yang mungkin anda dapatkan ketika melakukan traveling

Ketinggalan Pesawat

Kesalahan yang fatal namun jamak terjadi adalah tidak bisa datang ke bandara tepat waktu. Kadang bila kita menggunakan penerbangan pagi hari kita tak bisa bangun sesuai rencana.

Kebiasaan tidak bisa on time tentunya terjadi atas kesalahan kita yang tidak mampu mengatur waktu dan memahami kondisi tubuh.

Bila memang kita tipe orang yang tidak bisa bangun pagi, biasakan untuk tidur cepat di malam sebelum keberangkatan. Haram hukumnya bila kita melakukan packing malam sebelum keberangkatan apalagi bila harus ke destinasi yang jauh.

Usahakan mencicil dari beberapa hari sebelumnya, hingga tidak perlu telat tidur hanya untuk packing.

Lalu apa yang bisa kita lakukan bila ketinggalan pesawat?biasakan untuk tidak merasa panik, lalu langsung menghubungi pihak maskapai dan tanyakan kemungkinan untuk mendapatkan refund atau ikut dalam penerbangan selanjutnya.

Biasanya bila  anda menggunakan agen untuk traveling mereka bisa membantu soal refund tersebut. Namun solusi paling tepat dari ini semua adalah datanglah lebih cepat. Hal sederhana yang harus anda selalu tanamkan dalam diri adalah lebih baik datang jauh lebih cepat daripada terlambat dan terburu-buru.

Kehilangan Barang / Ketinggalan Barang Di Pesawat

Pernahkah anda kehilangan barang yang diakibatkan kelalaian pihak maskapai? Atau pernah dengan lalai meninggalkan barang di pesawat? Mungkin anda pernah merasakan keadaan panik saat barang-barang tiba-tiba raib? Ini adalah salah satu risiko dari traveling yang anda harus waspadai.

Dari kita semua pasti pernah melakukan kesalahan, tapi pastikan selalu waspada dengan barang-barang. Terlalu banyak membawa tas koper  juga bisa meningkatkan risiko tersebut. Jadi pastikan untuk bijak dalam membawa bawaan ketika traveling.

Berikut adalah kontak dua maskapai yang bisa anda hubungi bila memiliki masalah:

Garuda Indonesia: (62-21) 23519999 atau 08041807807 atau [email protected]

Air Asia: 0212970999

Sakit Atau Kecelakaan

Tidak ada yang bisa menghindari bila masalah ini terjadi saat perjalanan. Kemungkinan apapun bisa terjadi apalagi bila kita pergi ke negara yang punya budaya dan kebiasan yang berbeda.

Usahakan untuk selalu ketahui apa yang kita makan, apakah makanan tersebut mengandung yang bisa memicu alergi atau pastikan kita tahu segala kebiasaan mengendara di tempat tujuan jangan sampai hal yang tidak kita inginkan seperti kecelakaan terjadi.

Ada satu yang mungkin bisa dipersiapkan untuk kemungkinan-kemungkinan ini seperti mulai mendaftar untuk asuransi misalnya.

Cari tahu asuransi kesehatan yang bisa berlaku internasional bila kemungkinan terburuk anda harus dirawat di Rumah Sakit. Biasakan janganlah hanya memikirkan belanja namun pastikan keselamatan anda juga terjaga.

Dirampok Ketika di Tempat Ramai

risiko lainnya dan juga paling sering terjadi adalah barang-barang kita hilang ketika sedang ada di tempat ramai. Karena terlalu asyik dengan melihat-lihat kita lupa dengan barang yang kita bawa.

Selalu pastikan tas anda terlihat dengan mata. Jangan bawa uang terlalu banyak, bawalah yang cukup untuk hari itu dan taruh sisanya di tempat yang aman.

Jangan lupa dengan dokumen-dokumen penting seperti passport. Bila bisa anda juga harusnya memiliki asuransi perjalanan  yang  bisa meng-cover masalah kehilangan tersebut.

Tidak Menemukan Makanan Halal

Bila anda Muslim jangan lupa bahwa tidak semua negara memiliki tempat makan halal yang banyak. Jangan lupa lakukan riset sebanyak mungkin untuk mengetahui tempat makanan halal yang anda cari.

Atau bila memang terpaksa anda bisa bawa makanan sendiri dari Indonesia, tapi usahakan anda tahu apa makanan itu bisa melewati imigrasi atau tidak.

Dalam setiap perjalanan memiliki risikonya sendiri-sendiri. Perjalanan bukanlah hanya soal senang-senang namun juga adalah cara terbaik kita untuk mendapatkan pengalaman baru dan pengalaman baru selalu diikuti dengan masalah yang tidak sedikit maka sudah seharusnya anda semua para traveler sejati dan cerdas untuk selalu mempersiapkan semua dengan baik sebelum keberangkatan.

Kita tidak bisa menghindari kendala tapi kita bisa mengurangi risikonya.