Saat akhir pekan atau musim liburan telah tiba, maka salah satu yang dipikirkan banyak orang adalah datang ke objek wisata. Berlibur menjadi kegiatan terbaik untuk menghilangkan penat dan stres dari rutinitas keseharian, seperti mendatangi tempat wisata di Pasuruan.

Kota Pasuruan menjadi tujuan wisata yang menawarkan beragam pilihan destinasi menarik. Para wisatawan dapat memilih untuk menghabiskan waktu dengan mengunjungi objek bertemakan alam hingga sejarah yang menakjubkan.

Kota Pasuruan yang berada di Provinsi Jawa Timur bisa menjadi pilihan terbaik menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Berikut daftar wisata di Pasuruan yang rekomended untuk anda coba jelajahi :

1. Pantai Lekok Pasuruan

tempat wisata di pasuruan
Foto : https://www.instagram.com/arie_brasak/

Menikmati masa liburan tidak pernah absen dari tempat paling populer di kalangan wisatawan, yakni pantai. Terdapat Pantai Lekok Pasuruan yang menghadirkan keindahan eksotis berupa warna laut ditambah suara deburan ombak dan hamparan pasir yang luas.

Lokasi dari Pantai Lekok Pasuruan ada di Pengalean, Jatirejo, Lekok, anda bisa menikmati berbagai kegiatan. Mulai dari berfoto, bermain air dan pasir di pinggiran pantai, atau hanya sekedar duduk bersantai melihat keindahan pantai.

2. Gunung Bromo

wisata pasuruan
Foto : https://www.instagram.com/wilypratama/

Pilihan tempat wisata di Pasuruan yang wajib dikunjungi adalah Gunung Bromo yang pastinya sudah tidak asing bagi seluruh warga Indonesia. Gunung yang masih tergolong aktif ini, menjadi destinasi terbaik karena suguhan panoramanya yang luar biasa mempesona.

Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti mendaki hingga ke kawah atau menunggangi kuda sembari menikmati pemandangan sekitar. Anda juga bisa bermalam di sejumlah penginapan yang tersedia untuk bisa kembali explore Gunung Bromo keesokan hari.

3. Taman Safari Prigen

wisata di pasuruan
Foto : https://www.instagram.com/habibillahms/

Objek wisata yang satu ini sangat cocok untuk menjadi pilihan liburan bersama keluarga. Taman Safari Prigen menjadi destinasi terbaik yang sangat populer di kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Pengunjung akan diajak untuk mengelilingi taman safari dengan memakai mobil untuk melihat berbagai jenis satwa secara dekat. Suasananya juga nyaman dan sejuk karena berada di ketinggian 800 mdpl serta di daerah lereng Gunung Arjuna.

4. Pantai Penunggul

Pantai Penunggul
Foto : https://www.instagram.com/mukhammad_faizi/

Pantai Penunggul menjadi objek wisata yang mempunyai ciri khas berupa hutan bakau. Panorama yang disuguhkan sangat menawan dengan hamparan pasir putih serta air yang surut dapat menampilkan karang-karang diterjang deburan ombak.

Mengambil foto dengan angle yang pas menggunakan kamera profesional atau smartphone menjadi kegiatan yang wajib. Tidak jarang, Anda menemui orang yang sedang melakukan pemotretan karena latar belakang pantai yang sangat cantik, elok dan eksotis.

5. Bukit Flora

bukit flora
Foto : https://www.instagram.com/marketing_bukitflora_pasuruan/

Bukit Flora adalah tempat wisata di Pasuruan yang berada di atas ketinggian sekitar 700 mdpl memiliki suasana sejuk dan asri. Terdapat berbagai macam koleksi bunga yang berwarna-warni untuk dinikmati para pengunjung yang datang serta suasana asri dan juga sejuk.

Tidak hanya menikmati keindahan pemandangan bukit dan bunga saja, pengunjung juga dapat melakukan kegiatan outbound yang super seru. Tempat ini jadi pilihan tepat untuk refreshing dan sejenak menjauh dari keramaian kota untuk menghirup udara yang lebih segar.

6. Pemandian Alam Banyu Biru

Pemandian Alam Banyu Biru
Foto : https://www.instagram.com/meryana_sp/

Jika Anda menyukai tempat wisata yang berupa air dan menyegarkan, maka datanglah ke Pemandian Alam Banyu Biru. Ini menjadi destinasi yang sering wisatawan datangi untuk merasakan segarnya berendam di air yang dingin yang akan menyegarkan tubuh.

Tempat pemandian yang populer di Pasuruan ini juga menyimpan sisi mistisnya tersendiri berupa larangan menyentuh Ikan Sengkaring yang keramat. Selain itu, pemandian ini juga telah ada sejak tahun 90-an dengan tambahan koleksi KILTV serta Museum Tropen.

7. Finna Golf

objek wisata di pasuruan
Foto : https://www.instagram.com/finnagolf/

Petualangan wisata yang terasa mewah bisa Anda rasakan dengan memilih Finna Golf, lokasinya sangat indah dengan nuansa sejuk. Sebab berada di daerah pegunungan Welirang sehingga banyak pecinta golf yang menyempatkan datang jika ke Pasuruan.

Selain untuk bermain golf, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas lain seperti jogging, atau bermain di area playground anak. Anda juga bisa menginap dan bersantai sebab tempat ini juga terdapat resort-nya yang sangat mewah dan nyaman.

8. Alun Alun Pasuruan

alun alun pasuruan
Foto : https://www.instagram.com/adisiswandoko/

Sebagai salah satu ikon dan tempat khas, Alun-Alun Pasuruan harus masuk ke dalam list perjalan liburan Anda. Lokasinya yang berada di tengah kota menjadi momen paling pas menikmati keindahannya di sore hari dengan duduk di bangku-bangku taman.

Ke Pasuruan belum lengkap jika tidak ke Alun-Alun Pasuruan, di sini juga terdapat fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh semua pengunjung. Seperti jogging track, hingga area khusus untuk bermain anak-anak sehingga Anda tidak perlu khawatir jika membawa anak pergi berlibur.

9. Candi Jawi

obyek wisata di pasuruan
Foto : https://www.instagram.com/hafizrancajale/

Rekomendasi tempat wisata di Pasuruan jawa timur yang bertemakan sejarah adalah Candi Jawi. Objek peninggalan ini telah ada dari abad ke 13 lalu yakni ketika masa pemerintahan Kerajaan Singasari yang dipimpin oleh Kartanegara.

Perpaduan bangunan dengan arsitektur Buddha dan Hindu menampilkan candi yang indah dan penuh cerita terukir. Di kawasan sekitar candi, pengunjung bisa menikmati pemandangan taman yang bisa menjadi area untuk berfoto ria.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Bangkalan yang bagus untuk anda liburan bersama keluarga dan orang tercinta saat di Jawa Timur.

10. Kebun Raya Purwodadi

wisata pasuruan terbaru
Foto : https://www.instagram.com/kebunraya_id/

Kebun Raya Purwodadi mengusung konsep suguhan pemandangan alam yang sangat luas, yakni sekitar 85 hektar. Ini merupakan sebuah area untuk melakukan obeservasi pertanian LIPI yang kini menjadi destinasi terkenal untuk liburan keluarga di Pasuruan.

Wisatawan dapat menyaksikan sembari belajar tenang berbagai macam jenis tumbuhan yang jumlahnya mencapai 10.000. Kebun Raya Purwodadi memiliki fasilitas pelengkap, meliputi toilet, kantin, hingga gazebo untuk duduk santai menikmati pemandangan.

11. Danau Ranu Grati

tempat wisata di pasuruan terbaru
Foto : https://www.instagram.com/muhammad_nurhadie/

Wisata alam yang bisa Anda nikmati di Pasuruan tidak akan pernah ada habisnya. Terdapat Danau Ranu Grati yang sangat luas hingga 107 hektar dengan panorama alam mengangumkan berupa jejeran gunung-gunung dan pohon-pohon.

Sejumlah aktivitas yang pengunjung dapat lakukan adalah menaiki sepeda air, memancing, atau menaiki perahu. Lokasinya sangat nyaman karena sudah ada lahan parkir, gazebo, bahkan warung untuk berkuliner.

12. Air Terjun Sumber Nyonya

tempat wisata alam di pasuruan
Foto : https://www.instagram.com/jihan_nahda_/

Bagi pecinta destinasi air terjun, wajib datang ke Air Terjun Sumber Nyonya yang selalu ramai ketika musim liburan datang. Keindahan objek wisata ini sangat indah dengan nuansa sejuk dan penuh kesegaran.

Aliran air terjun di sini cukup deras, namun pengunjung masih bisa berenang atau mandi di sungai di bawahnya. Bermain air bersama teman atau keluarga, ciptakan momen liburan paling tidak terlupakan di Pasuruan.

13. Agrowisata Bhakti Alam Pasuruan

tempat wisata pasuruan dan harga tiketnya
Foto : https://www.instagram.com/yan_creator/

Destinasi wisata berikutnya sangat menyenangkan karena menyediakan aktivitas memetikbuah langsung di kebunnya. Agrowisata Bhakti Alam Pasuruan menjadi opsi untuk liburan anak-anak karena mengandung unsur edukasi mengenal jenis buah-buahan.

Para pengunjung akan diajari sejumlah hal tentang buah-buahan, seperti cara menanam, cara merawat, hingga memanennya. Ada sekitar 15 buah segar untuk Anda pilih, diantaranya, durian, jeruk, semangka, mangga, hingga buah naga.

14. The Taman Dayu

wisata malam pasuruan
Foto : https://www.instagram.com/dehamark_ii/

Wisata yang sedang hits dan digandrungi anak muda saat ini di Pasuruan salah satunya adalah The Taman Dayu. Di sini, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan yang asri dengan nuansa sejuk khas daerah pegunungan.

Taman Dayu yang merupakan sebuah perumahan, kini menjelma destinasi yang selalu ramai pengunjung. Anda bisa melakukan banyak kegiatan, seperti berenang, datang ke Wisata Pintu Langit, naik bianglala, hingga mengunjungi kebun taman organik.

15. Air Terjun Gumandar

wisata di pasuruan jawa timur
Foto : https://www.instagram.com/wiidiatiwi_/

Air Terjun Gumandar menjadi wisata di Pasuruan jawa timur yang mempunyai keunikan berupa air yang jatuh ke tanah. Tidak seperti air terjun lainnya, yang satu ini akan diserap tanah dan akan muncul lagi aliran baru di pemukiman.

Pada Air Terjun Gumandar mempunyai debit air yang lumayan besar sehingga harus berhati-hati ketika mendekatinya. Untuk menuju lokasi, aksesnya sudah mudah serta pengunjung akan disajikan pemandangan hutan dan sawah yang asri dan menyejukkan.

16. Saygon Waterpark

tempat wisata di pasuruan
Foto : https://www.instagram.com/saygon_waterpark/

Berlibur bersama keluarga besar sangat tepat memboyong mereka ke Saygon Waterpark. Destinasi ini mempunyai ukuran yang sangat luas dengan berbagai macam pilihan wahana seru, mulai dari slide, kolam ombak, hingga twister.

Saygon Waterpark akan sangat ramai ketika musim liburan datang, sehingga harga tiketnya akan lebih mahal, yakni Rp. 30.000 per orang. Sedangkan saat hari biasa harganya adalah Rp. 20.000 per orang.

17. Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo
Foto : https://www.instagram.com/pridha.rakhmatika/

Air Terjun Kakek Bodo menyimpan suasana asri dan menyejukkan sebab berada di ketinggian 850 mdpl di kawasan Gunung Welirang. Akses menuju air terjun ini sudah mudah sehingga tidak perlu khawatir lagi.

Air Terjun Kakek Bodo menjadi salah satu wisata di Pasuruan murah dengan harga hanya Rp. 5.000 per orang. Anda sudah bisa menikmati keindahan air terjun, keasrian area hutan, dan pastinya udara sejuk yang tidak ada di kota.

18. Hutan Mangrove Nguling

Hutan Mangrove Nguling
Foto : https://www.instagram.com/hawaea_/

Mengisi waktu liburan semakin bermanfaat dengan mengenal berbagai jenis tanaman bakau di Hutan Mangrove Nguling. Anda bisa menikmati keindahan pemandangan hutan bakau yang unik dan terdapat spot foto menarik di tengah-tengahnya.

Selain suasana yang menyegarkan dan sejuk, pengunjung juga akan semakin nyaman dengan adanya fasilitas penunjang, seperti parkir, gazebo, dan toilet. Liburan dan belajar menjadi perpaduan terbaik mengisi waktu penuh hal bermanfaat.

19. Air Terjun Putuk Truno

wisata di pasuruan jawa timur
Foto : https://www.instagram.com/jazirazam69/

Destinasi alam berupa air terjun masih menjadi pilihan dari banyak wisatawan, salah satunya ada Putuk Truni. Yang lokasinya berada di kawasan Gunung Welirang dan Gunung Arjono dengan suasanan sejuk dan segar.

Air Terjun Putuk Truno berlokasi tidak jauh dari Air Terjun Kakek Bodo yang menyimpan cerita mitos. Para pengunjung bisa menghabiskan waktu dengan mandi atau berendam di kolam di bawah air terjun dengan tetap memperhatikan batasannya.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Nganjuk menyajikan destinasi dengan spot instagramable terbaru yang hits banget.

20. Taman Pekuncen Pasuruan

wisata di pasuruan murah
Foto : https://www.instagram.com/tkkbit_al.ihsan_pasuruan/

Tempat tempat wisata di Pasuruan terdekat dari kota selain alun-alun yang bisa Anda kunjungi adalah Taman Pekuncen. Lokasinya cukup luas dengan pepohonan dan rerumputan yang menambah kesan asri serta angin semilir menambah kesejukan.

Taman Pekuncen Pasuruan juga menyediakan sejumlah fasilitas, seperti bangku-bangku taman untuk menikmati keindahan kota. Selain itu, bagi Anda yang suka olahraga juga terdapat area jogging dan sepeda.

21. Kebun Pak Budi

tempat wisata di pasuruan yang wajib dikunjungi
Foto : https://www.instagram.com/bendottetapsemangat/

Berwisata edukasi menjadi pilihan yang bagus untuk liburan dengan hal bermanfaat, salah satunya dengan datang ke Kebun Pak Budi. Seperti namanya, pengunjung akan belajar tentang bagaimana cara bertani, berkebun, hingga beternak.

Kebun Pak Budi termasuk ke dalam wisata Pasuruan terbaru dan terus dalam proses pengembangan. Terdapat fasilitas yang dapat pengunjung manfaatkan, lapangan futsal mini, outbound, pemancingan ikan, mini teater, dan lainnya.

22. Coban Baung

tempat wisata di pasuruan jawa timur
Foto : https://www.instagram.com/andybanditoz/

Coban Baung adalah air terjun yang menjadi tujuan berwisata dengan daya tarik ketinggian lebih dari 100 meter. Area wisata alam yang satu ini mempunyai luas yang besar sehingga terasa semakin indah dan mempesona yakni seluas 195.50 hektar.

Keunikan yang membuat banyak wisatawan datang ke Coban Baung, karena air terjun ini merupakan pertemuan aliran Sungai Beji dan Welang. Bahkan, tidak hanya ada satu air terjun saja, tetapi ada 4 yang mempunyai ketinggian 10 hingga 200m.

23. Coban Tundo Pitu

tempat wisata di pasuruan terdekat
Foto : https://www.instagram.com/layl_al_khudri/

Coban Tundo Pitu adalah wisata alam berupa air terjun yang eksotis dan asri karena lokasinya berada di tengah hutan lebat. Mempunyai nama Tundo Pitu karena air terjun yang satu ini mempunyai lekuk tubuh, namun lokasinya cukup sulit diakses.

Hutan yang masih lebat menjadi tantangan tersendiri bagi para wisatawan yang ingin datang ke Coban Tundo Pitu ini. Namun, perjalanan yang sulit dan menantang akan langsung terbayarkan dengan keindahan air terjun dan suasana yang sejuk menenangkan.

24. Air Terjun Alap Alap

Air Terjun Alap Alap
Foto : https://www.instagram.com/rizal95_/

Yang menjadi rekomendasi di Pasuruan adalah Alap Alap yang lokasinya berada di kawasan Gunung Welirang dan Gunung Arjuno. Aliran air terjunnya tidak terlalu deras dengan ketinggian hanya sekitar 40 meter sehingga cukup aman berenang di kolam atau sungai.

Pada bagian kolam terdapat tampungan air yang mempunyai luas sekitar 60 m2. Kucuran air yang melewati bebatuan tebing yang tampak kokoh menjadi pemandangan eksotis dan mampu membuat pikiran menjadi rileks dan tenang.

25. Kedawung Agro Selfie Pasuruan

wisata terbaru di pasuruan
Foto : https://www.instagram.com/anam_sheilagank/

Kedawung Agro Selfie menjadi wisata kekinian yang tercipta secara tidak sengaja ketika karyawan pabrik gula Kedawung yang melakukan kerja bakti. Mereka membuat taman dengan warna yang indah dan menarik sehingga membuatnya dibuka untuk jadi objek wisata.

Gagasan yang tercipta ini menjadi sebuah peluang bisnis yang bagus dan wisatawan juga banyak yang tertarik. Pengunjung dapat berselfie ria dengan pemandangan warna-warni atau membuat videografi menarik untuk berbagai keperluan.

26. Masjid Cheng Hoo Pandaan

tempat wisata keluarga di pasuruan
Foto : https://www.instagram.com/thisiseastjava/

Di Pasuruan juga menghadirkan destinasi wisata religi yakni Masjid Cheng Hoo Pandaan. Tempat ibadah ini tidak hanya ada di Surabaya saja dengan arsitektur yang sama khas Tiongkok, bernuansa merah, naga, dan lainnya.

Masjid Cheng Hoo Pandaan Pasuruan mempunyai sejarah yang panjang dan cukup unik. Melalui ide Bupati Pasuruan Jusbakir Adijufri, yang sampai sekarang menjadi ikon dan dikunjungi wisatawan ketika datang ke Pasuruan.

27. Reco Kembar

tempat wisata anak di pasuruan
Foto : https://www.instagram.com/gufronfanani/

Wisata satu ini adalah objek wisata yang berlokasi di tengah hutan yang masih lebat. Reco atau Patung dalam Bahasa Jawa ini mempunyai tinggi sekitar 3 meter yang sangat kokoh sehingga tidak bisa menghancurkannya.

Bebatuan yang berdiri terdapat dua sisi di kanan dan kiri bagaikan sejoli yang sangat indah dan tidak bisa dipisahkan. Oleh sebab itu, ini menjadi landmark pemandian yang mana banyak para pengunjung mengambil gambar atau berselfie di sini.

28. Saygon Night Park

tempat wisata di pasuruan jawa timur
Foto : https://www.instagram.com/djustitiawan/

Saygon Night Park merupakan wisata malam Pasuruan yang sangat menawan dan indah karena paduan lampu warna-warni. Ini menjadi tempat rekreasi untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau yang paling tersayang karena akan memberi pengalaman terbaik.

Saygon Night Park biasanya buka pada malam hari mulai dari pukul 16.00 hingga 22.00 WIB. Ada banyak wahana super seru dan menantang seperti, trampoline, rumah balon, bioskop 6D, flying chair, simulasi penerbangan, roller coaster, dll.

29. Taman Hayati & Skate Park

taman hayati
Foto : https://www.instagram.com/galuhbidadari/

Pilihan wisata yang bisa menjadi alternatif untuk Anda yang mempunyai anak dan tidak mau repot adalah dengan datang ke Taman Hayati & Skate Park. Taman ini cukup luas dengan tanaman berupa pohon dan bunga yang ditanam secara rapi sehingga terasa rindang dan sejuk.

Destinasi ini cocok untuk menghabiskan waktu saat libur dan juga akhir pekan bersama keluarga dan orang tercinta. Dijamin kunjungan anda disini akan menambah sensasi liburan anda menjadi semakin istimewa.

Taman memang menjadi tempat berlibur yang sangat ramah dengan anak-anak hingga orang dewasa. Terdapat sejumlah wahana yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung, seperti ayunan, jungkat-jungkit, area bermain skate, seluncuran, dan lainnya.

30. Candi Belahan

wisata alam pasuruan
Foto : https://www.instagram.com/marzuqiyahya/

Wisata sejarah di Pasuruan semakin lengkap dengan adanya Candi Belahan, merupakan sebuah peninggalan Raja Airlangga pada abad ke 11. Situs ini menyimpan mitos yang mistis dengan adanya sumber air yang muncul dari payudara Dewi Laksmi.

Mitos yang masih diyakini dan menjadi peraturan di sini adalah bahwa perempuan yang sedang haid atau datang bulan dilarang berkunjung. Jika melanggarnya tentu akan terjadi sebuah konsekuensi besar yang harus ditanggung oleh wanita itu sendiri nantinya.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Pamekasan yang hits dan terbaru dengan beragam spot instagenic yang epic.

31. Taman Ria Suropati

tempat wisata di pasuruan
Foto : https://www.instagram.com/suropatitamanria/

Taman Ria Suropati berlokasi di Rangge Timur, Gondang Wetan yang menjadi tujuan banyak wisatawan lokal maupun dari luar kota lain. Pada tempat wisata Pasuruan dan harga tiketnya ini adalah Rp. 15.000 baik pada hari biasa maupun weekend atau akhir pekan.

Taman yang satu ini buka pukul 07.000 sampai 16.00 WIB dan menawarkan pemandangan asri dengan landmark patung Hulk raksasa. Selain itu, objek yang paling populer adalah pemandian yang sangat besar sehingga menjadi tempat wajib dikunjungi ketika datang ke Pasuruan.

Waktu libur yang telah tiba menjadi saat untuk sejenak berhenti dari kesibukan dan menenangkan pikiran. Sejumlah tempat wisata di Pasuruan ini bisa menjadi rekomendasi Anda untuk menentukan list destinasi tempat yang ingin Anda kunjungi.

Liburan yang seru adalah yang dapat memberikan kesan dan pengalaman tidak terlupakan sehingga meninggalkan kesan positif. Dari 31 rekomendasi destinasi wisata di Pasuruan tersebut memiliki sejumlah kategori mulai dari wisata alam, edukasi, hingga sejarah yang unik.

Kota Pasuruan menghadirkan pilihan wisata yang akan membuat Anda ingin berkunjung lagi dan lagi tanpa pernah bosan. Keramahan warga di sekitar objek wisata juga menjadi nilai positif sehingga memberikan kenyamanan ketika menghabiskan waktu liburan di sana. Selamat berlibur!.

Travel Vlog Honeymoon Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here