Ponorogo adalah salah satu daerah yang ada di Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah. Di mana banyak sekali tempat wisata di Ponorogo yang memang belum banyak diketahui secara luas.

Seperti yang telah diketahui, Ponorogo terkenal dengan kesenian Reognya dan banyak pengunjung dari luar kota. Yang datang ke Ponorogo hanya untuk menyaksikan Reog Ponorogo yang seru ini.

Nah, ketika berkunjung ke Ponorogo jangan lupa mampir ke tempat-tempat wisata untuk lebih mengenal kota kecil ini. Sayang sekali jika Anda melewatkan kesempatan untuk bisa berkunjung di berbagai lokasi wisata yang indah dan memiliki banyak cerita ini.

Ada beberapa lokasi wisata yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi bersama teman, keluarga atau orang-orang terdekat saat sedang berada di ponorogo. Berikut daftar tempat wisata di Ponorogo terbaru yang asyik banget dengan sejuta keindahannya :

Daftar Isi

1. Bukit Cumbri

tempat wisata di ponorogo
Foto : https://www.instagram.com/engcahucul/

Bukit Cumbri adalah tempat wisata di Ponorogo yang lagi hits ini, terletak di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah. Lebih tepatnya sebagian daerahnya berada di daerah Sampung, Ponorogo dan sebagian lagi berada di wilayah Purwantoro, Wonogiri.

Bukit ini biasa dikunjungi pada saat pagi buta, di mana bisa menyaksikan keindahan matahari terbit dari atas bukit. Keindahan pemandangan yang ada akan membayar semua kerja keras Anda yang telah susah payah bisa mencapai puncak bukit ini.

2. Watu Pecah

watu pecah
Foto : https://www.instagram.com/agusalfankamil/

Watu Pecah merupakan tempat wisata di Ponorogo yang terletak di Desa Jonggol Kecamatan Sampung. Wisata Watu Pecah berada di daerah perbukitan yang di sana terdapat sebuah batu besar yang dibagian tengahnya terdapat retakan. Dari sinilah inspirasi penamaan tempat wisata ini.

Yang menarik dari tempat wisata ini adalah banyak spot foto yang cantik dan instagramable. Mulai dari di batu besar itu, rumah pohon, jembatan cinta atau juga di sudut-sudut lain tempat ini. Di sini juga disediakan arena berkemah untuk kegiatan tertentu.

Berada di ketinggian 370 meter mdpl, bisa Anda tempuh kurang lebih 75 menit untuk bisa mencapai lokasi yang indah ini.

3. Telaga Ngebel

wisata ponorogo terbaru
Foto : https://www.instagram.com/fa.dzin_/

Telaga Ngebel juga menjadi salah satu tempat romantis di Ponorogo Jawa Timur. Sehingga banyak sekali muda mudi yang jalan-jalan untuk sekadar nongkrong di daerah tempat wisata ini.

Destinasinya terletak di kaki gunung Wilis dengan luas telaga 5 km2, berada di kaki gunung dan masuk di daerah pegunungan. Udara di sini sejuk dan membuat siapa saja nyaman berada disini, Anda juga bisa menyaksikan keindahan matahari terbit. Dari kombinasi pancaran sinar matahari dan kabut tipis yang menyelimutinya.

4. Watu Semaur Ponorogo

wisata ponorogo terdekat
Foto : https://www.instagram.com/dhimaslambang/

Watu Semaur adalah sebuah objek wisata berupa tebing besar dengan bentuk batu yang unik dan gradasi warna yang cantik. Jika dilihat secaras sekilas, penampilan batu ini mirip seperti robot dan beberapa orang juga menyebutkan bahwa mirip dengan burung hantu.

Kata Semaur dalam bahasa Jawa memiliki arti bisa menjawab, bukan berarti batu ini bisa menjawab. Dinamakan demikian karena ketika Anda berteriak ditempat ini akan menggema sehingga Anda bisa mendengar suara Anda sendiri.

Wisata Ponorogo terbaru ini terletak di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, berada di pinggir jalan sehingga tidak sulit untuk menuju lokasinya.

5. Gunung Beruk

wisata ponorogo dekat kota
Foto : https://www.instagram.com/tiara.lestari/

Gunung Beruk menawarkan pemandangan yang indah memukau dari hutan pinus dan pemandangan alam yang ada di sekitarnya. Yang menarik dari lokasi wisata ini adalah adanya gardu pandang yang dibangun diarea hutan pinus sehingga menjadi spot foto menarik.

Lokasinya terletak di Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong yang bisa Anda tempuh selama kurang lebih 30 menit dari pusat kota Ponorogo. Akses jalannya cukup mudah dan bisa Anda jangkau menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

6. Gua Maria Fatima

Gua Maria Fatima
Foto : https://www.instagram.com/katarinalabourechandra/

Gua mari Fatimah adalah tempat ibadah sekaligus sebagai tempat wisata religi bagi umat Katolik. Di tempat ini Anda akan merasakan kesejukan karena terdapat banyak pepohonan yang menyelimuti tempat tersebut.

Terletak di Desa Klepu, Kecamatan Sooko yang cukup jauh dari keramaian kota membuat wisatawan tambah betah berlama-lama di sini. Terlebih lagi terdapat sebuah sendang yang konon katanya air sendang tersebut bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Sendang tersebut adalah Sendang Waluya Jatiningsing. Banyak peziarah yang datang ke tempat ini dan membawa pulang air yang dianggap suci dari tempat ini.

7. Air Terjun Sunggah

tempat romantis di ponorogo
Foto : https://www.instagram.com/irulnash/

Air Terjun Sunggah memiliki aliran air yang sangat deras dengan ketinggian hingga 50 meter. Airnya di sini tidak pernah kering meskipun saat musim kemarau, bahkan saat musim kemarau tiba. Suara deburan air terjun bisa terdengar dari kejauhan yang kemudian oleh masyarakat setempat dijadikan pertanda datangnya musing kemarau.

Air terjun Sunggah ini terletak di Desa Selur Kecamatan Ngrayun yang alamnya masih terjaga dengan baik. Selain keindahan air terjun, Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan pepohonan hijau dan area persawahan yang menyegarkan mata.

8. Coban Lawe

coban lawe
Foto : https://www.instagram.com/abusyiri/

Coban Lawe adalah sebuah air terjun yang memiliki bentuk unik, yaitu terbagi menjadi empat bagian. Bagian-bagian ini biasa disebut dengan Coban Lawe 1, Coban Lawe2, Coban Lawe 3, dan Coban Lawe 4.

Wisatawan biasanya hanya berkunjung di Coban Lawe 1 atau 2 yang jaraknya hanya terpisah sekitar 15 menit dengan berjalan kaki. Sedangkan jika ingin ke Coban lawe 3 dan 4 jaraknya cukup jauh ditempuh dengan berjalan kaki. Untuk Coban Lawe 1 memiliki bentuk unik berundak-undak, sedangkan Coban Lawe 2 memiliki ketinggian hingga 11 meter.

Air Terjun ini terletak di Desa Krisik, Kecamatan Pudah yang bisa Anda tempuh sekitar 1 jam dari pusat Kota. Berada cukup jauh dari pusat kota, Anda hanya perlu pembayar tiket masuk Rp3.000 per orang.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Pacitan yang terbaru dengan sajian destinasi instagramable yang hits terbaru.

9. Gunung Bedes

wisata di ponorogo terbaru
Foto : https://www.instagram.com/hendrik_jruxz_setiawan/

Gunung Bedes memiliki arti Gunung Monyet. Dinamakan demikian karena banyaknya monyet yang mendiami gunung ini. Ketika berkunjung ke tempat ini Anda akan sering menjumpai para monyet yang berlalu lalang di sekitaran tempat wisata.

Destinasi yang cocok untuk anda pecinta akvititas wisata alam, untuk mencapai puncak wisatawan harus mendaki terlebih dahulu. Kesejukan udara khas pegunungan dan panorama pemandangan alamnya di jamin akan membuat mata siapa terbelalak.

Gunung ini berada di Desa Ngadirojo Kecamatan Sooko yang populer dengan pemandangan alam yang sangat memukau. Selain banyaknya monyet yang ada, spot foto di sini sangat instagramable, terutama di area tebing-tebing. Di sini Anda juga bisa menyaksikan pemandangan keberadaan Gunung Bayangkaki dari kejauhan.

10. Air Terjun Pletuk

air terjun pletuk
Foto : https://www.instagram.com/cahyant0/

Air Terjun Pletuk memiliki ketinggian hingga 100 meter yang terletak diantara dua bukit yang mengapitnya. Wisata ini berada di ketinggian 450 mdpl, berada di Desa Jurug, Kecamatan Sooko memiliki hawa sejuk dan segar. Pemandangan alamnya juga akan membuat Anda terkagum-kagum dan memanjakan siapa saja yang memandangnya.

Kesegaran air terjun juga bisa Anda rasakan secara langsung dengan bermain air di bawahnya. Namun Anda tetap harus berhati-hati karena terkadang terdapat kayu yang ikut jatuh terbawa arus air terjun.

11. Air Terjun Jurang gandul

wisata di ponorogo yang lagi hits
Foto : https://www.instagram.com/muhtarsa/

Wisata di Ponorogo terbaru selanjutnya ada Air Terjun Jurang Gandung yang terletak di daerah Dukuh Ngembel, Desa Baosan Lor. Di namakan demikian karena letak air terjun ini dekat dengan sebuah Jurang.

Sekitar lokasi tempat wisata ini terdapat bebatuan besar yang mempercantik lokasi wisata serta menjadi tempat foto menarik. Di air terjun ini suasananya juga masih alami dan sejuk.

12. Gunung Gajah Ponorogo

tempat wisata di ponorogo
Foto : https://www.instagram.com/yustita_tiara/

Gunung Gajah Ponorogo adalah tempat wisata yang menyajikan pemandangan indah kota Ponorogo dari ketinggian 1.200 mdpl. Tempat wisata ini juga sering kali digunakan sebagai tempat camping dan berkemah, karena pemandangan di malam hari tidak kalah menakjubkan. Pemandangan indah lainnya bisa Anda saksikan di pagi hari yaitu momen matahari terbit.

Gunung Gajah ini bisa Anda jadikan pemanasan atau bisa sebagai latihan untuk Anda para pendaki gunung pemula. Karena untuk mencapai puncak gunung hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki. Meskipun untuk naik bisa menggunakan kendaraan bermotor tetapi jalanan sangat terjal, licin dan cukup berbahaya untuk Anda.

Anda yang ingin pergi ke Gunung Gajah membutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan dengan kendaraan dari pusat kota Ponorogo.

13. Bukit Tumpak Pare

wisata ponorogo
Foto : https://www.instagram.com/achmadkc/

Bukit Tumpak Pare memiliki daya tarik spesial berupa padang rumput yang sangat luas dengan hutan pinus asri yang masih alami. Ada dua momen berbeda yang bisa Anda rasakan ketika berada di sini. Ketika musim kemarau, Anda bisa menikmati padang rumput yang menguning yang sangat indah. Sedangkan saat musim penghujan rumput berwarna hijau menghiasi tempat ini yang menularkan kesegaran bagi siapa saja yang memandangnya.

Tumpak Pare ini memiliki lokasi yang cukup jauh dari pusat kota, membutuhkam waktu sekitar 1,5 jam untuk bisa sampai disini. Lokasi tepatnya berada di Desa Cepoko Kecamatan Ngrayun. Bukit ini memiliki jalur yang sama dengan menuju wisata Gunung Gajah Ponorogo.

14. Taman Wisata Ngembag

objek wisata di ponorogo
Foto : https://www.instagram.com/cep_alfauzi/

Wisata Ponorogo terdekat bisa Anda temukan di Taman Wisata Ngembag. Taman wisata ini didesain sebagai tempat wisata keluarga yang di dalamnya tersedia fasilitas bermain anak-anak yang lengkap. Di dalam tempat wisata ini juga terdapat sebuah danau kecil yang biasanya digunakan untuk bermain perahu kayuh.

Taman wisata ini terletak di jalan Perdana Kusuma, bisa Anda tempuh dalam waktu 10 menit, jaraknya sekitar 5km dari Alun-Alun. Meskipun dekat dengan kota, suasana di taman ini teduh dengan adanya pepohonan rindang. Terdapat juga sebuah pohon Trembesi tua yang sudah berusia ratusan tahun.

15. Beji Sirah Keteng Ponorogo

obyek wisata di ponorogo
Foto : https://www.instagram.com/purbosasongko_dalang/

Beji Sirah Keteng Ponorogo adalah sebuah kolam seluas 1 hektar yang menyuguhkan berbagai objek wisata. Di sini Anda bisa memancing ikan dan juga berwisata mengelilingi kolam menggunakan kereta kayuh. Anda juga bisa melakukan olahraga jogging di pagi hari mengelilingi kolam ini.

Kolam yang terletak di Desa Bedingin Kecamatan Sambit ini motosnya memiliki jalur yang terhubung langsung dengan Laut Selatan. Tetapi untuk kebenarannya masih perlu dipertanyakan.

16. Tanah Goyang

tempat wisata di ponorogo terbaru
Foto : https://www.instagram.com/jackdamars/

Tanah Goyang merupakan sebuah lembah padang rumput yang sangat cantik. Mitosnya di tempat ini wisatawan bisa merasakan gerakan tanah yang dihasilkan dari seekor naga yang ingin membuat telaga. Hanya saja keinginan naga tersebut tidak terwujud.

Karena memiliki padang rumput luas, tempat ini biasanya digunakan sebagai area berkemah atau kegiatan outbond anak-anak sekolah. Selain itu terdapat juga sumber air yang memudahkan peserta kemah memenuhi kebutuhan airnya di tempat ini.

Wisata Tanah Goyang terletak di daerah Pudak Wetan Kecamatan Pudak yang bisa ditempuh sekitar 1,5 jam dari pusat kota Ponorogo.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Pamekasan yang terbaru dan hits banget dengan sajian destinasi masa kini.

17. Pemandian Air Panas Tirta Husada Ponorogo

tempat wisata alam di ponorogo
Foto : https://www.instagram.com/jokowarsito/

Pemandian Air Panas Tirta Husada Ponorogo adalah pemandian air panas alami yang mengandung belerang. Destinasi ini terletak di wilayah Wagir Lor Kecamatan Ngebel, sering kali menjadi tempat persinggahan ketika sedang berwisata ke Telaga Ngebel.

Air panas alami yang mengandung belerang ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Untuk suhu airnya bisa mencapai 35 derajat celsius. pemandian ini dibuat terpisah antara laki-laki dan perempuan. Kamar mandi laki-laki dibuat terbuka sehingga bisa menikmati pemandangan alam sekitar yang indah. Sedangkan untuk kamar mandi perempuan dibuat tertutup.

Untuk bisa menikmati pemandian air panas ini tidak perlu mengeluarkan biaya banyak, cukup dengan Rp. 5.000 saja Anda sudah bisa mandi sepuasnya.

18. Masjid Tegalsari

wisata terbaru di ponorogo
Foto : https://www.instagram.com/jetispnrg/

Masjid Tegalsari merupakan tempat wisata religi yang mana di sana dulunya merupakan tempat menuntut ilmu agama. Beberapa tokoh terkenal seperti H.O.S Cokroaminoto, Pakubuwono II, dan juga Raden Ngabehi Ronggowarsito.

Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia yang didirikan pada abad ke-18. Di masjid ini juga menyimpan sebuah al-Qur’an yang sudah berusia 150 tahun.

Desain arsitektur bangunan ini sekilas mirip dengan Masjid Demak, terutama pada bagian atapnya yang memiliki 3 susun.

Masjid Tegalsari terletak di Desa Tegalsari, Kecamatan Jetis. Tempat wisata Ponorogo dekat kota ini hanya berjarak sekitar 10 km dari pusat kota.

19. Gunung Bayangkaki

tempat wisata keluarga di ponorogo
Foto : https://www.instagram.com/widie_panoets/

Gunung Bayangkaki terdengar cukup unik, wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan di hari libur maupun hari biasa. Destinasi ini menjadi tempat wisata menarik terutama bagi yang hobi mendaki,dijamin anda akan mendapatkan pengalaman berbeda.

Bayangkaki terletak di Desa Temon Kecamatan Sawoo. Jika Anda berniat untuk berwisata ke gunung ini ada baiknya Anda mempersiapkan fisik yang kuat dan sehat. Serta melengkapi berbagai keperluan yang dibutuhkan. Dari puncak Gunung Bayangkaki, Anda akan disuguhi pemandangan keindahan Ponorogo yang membuat siapa saja kagum dan bersyukur.

20. Goa Lowo Sampung

goa lowo sampung
Foto : https://www.instagram.com/ponorogo_warok/

Goa Lowo yang dalam dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai Goa Kelelawar ini terletak di Kecamatan Sampung. Dinamakan demikian karena dalam goa ini Anda akan menemukan banyak sekali kelelawar.

Gua ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu, bahkan sempat menjadi rumah bagi manusia pusba zaman Mesolitikum. Hal ini sudah dibuktikan oleh penemuan-penemuan yang ada serta terdapat bekas galian arkeologi. Anda yang suka dengan sejarah berkunjung ke wisata ini menjadi perjalanan yang sangat menarik dengan berbagai ilmu tambahan yang didapatkan.

21. Gita Waterpark

tempat wisata anak di ponorogo
Foto : https://www.instagram.com/sedulurponorogo/

Gita Waterpark merupakan wisata kolam renang yang didesain bertingkat. Di kolam renang ini terbagi menjadi koran renang khusus anak-anak dan kolam renang khusus dewasa. Semakin seru lagi, Anda bisa menggunakan fasilitas seluncuran yang ada di sana.

Tersedia kolam untuk segala jenis usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Dijamin kunjungan kesini akan bikin ketaghihan untuk balik dan balik lagi.

Berada di Dusun Krajan Desa Pulung, Gita Waterpark menyuguhkan pemandangan panorama alam yang masih asri dan nuansa pegunungan yang sejuk. Destinasi in ramah untuk keluarga, terdapat kolam untuk berbagai jenis usia, mulai dari kolam anak-anak hingga orang dewasa.

22. Gardu Pandang Gunung Masjid

tempat wisata di ponorogo jawa timur
Foto : https://travel.detik.com/

Gardu Pandang mulai menjadi tren wisata saat ini yang merupakan sebuah tempat untuk menikmati keindahan alam dengan bebas. Di Ponorogo terdapat wisata Ponorogo terbaru yaitu Gunung Masjid.

Meskipun memiliki nama Gunung Masjid, jangan dibayangkan gunung ini berbentuk masjid atau pun sebuah tempat wisata religi. Penamaan Gunung Masjid ini berasal dari bentuk perbukitan yang bertumpuk-tumpuk seperti halnya kubah masjid.

Lokasi wisata Gardu Pandang Gunubg Masjid ini berada di Desa Pandak Kecamatan Balong. Lokasi ini sejalur dengan akses jalan menuju wisata Gunung Beruk. Untuk mencapai puncak gunung tidak bisa dilalui dengan kendaraan, Anda hanya bisa mengaksesnya dengan berjalan kaki. Jadi, untuk berwisata ke sini dibutuhkan tenaga ekstra untuk kemudian bisa menikmati keindahan alam Ponorogo dari puncak gunung ini.

23. Air Terjun Kokok

wisata alam ponorogo
Foto : https://www.instagram.com/afifandresmessi/

Satu lagi tempat wisata air terjun yang ada di Ponorogo yaitu Air Yerjun Kokok. Air terjun yang berada di Desa Temon Kecamatan Sawoo ini memiliki keunikan tersendiri. Ketinggiannya mencapai 30 meter dengan arus air cukup deras tidak disarankan kepada wisatawan untuk berendam di sini.

Air terjun ini masih alami dan belum terjamah banyak orang. Medan yang licin curam dan jaraknya yang cukup jauh menjadi salah satu sebab jarang ada wisatawan berlibur ke tempat ini. Saat sudah sampai di air terjun, Anda akan dimanjakan dengan suasa sejuk dan pemandangan alam yang alami dan juga cantik.

Pepohonan yang tumbuh di sekitarny akan menambah suasana sejuk ditambah dengan suara arus air yang merdu membuat nyaman dan tenang. Batu-batu besar yang bersesalan di aliran sungai air terjun tampak cantik dan menjadi spot foto yang menarik.

24. Bukit Teletubbies Ponorogo

tempat wisata di ponorogo
Foto : https://www.dakatour.com/

Bukit Teletubbies Ponorogo adalah sebuah bukit indah yang memiliki penampakan yang mirip bukit di film serial Teletubbies. Tempat wisata ini cocok dikunjungi untuk melakukan hunting. Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata favorit karena memiliki spot foto yang unik dan menarik.

Bukit yang terletak di Desa Pandak Kecamatan Balong ini menyuguhkan keindahan alam yang memukau. Di sini Anda bisa merasa seakan-akan berada di bukit yang sama dengan para Teletubbies. Bahkan Anda bisa tidur-tiduran di atas rumput untuk menikmati ketenangan suasana perbukitan yang jauh dari keramaian kota.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Pasuruan menyuguhkan beragam destinasi terbaru dengan sajian panorama mempesona.

Ponorogo sebagai kota yang terkenal dari kesenian Reognya ternyata memiliki banyak sekali wisata menarik yang menyimpan banyak cerita di dalamnya. 24 tempat wisata di Ponorogo diatas ini rekomended untuk Anda yang bingung mau pergi ke mana saat berkunjung ke Ponorogo.

Semoga bermanfaat dan selamat berlibur. Jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan ke mana pun Anda pergi dan di mana pun Anda berada.

Travel Vlog Honeymoon Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here