Gondang Winangoen adalah sebuah museum yang berada di pabrik gula Klaten. Dengan di dalamnya terdapat replika alat-alat pembuatan gula, diorama pabrik gula peninggalan masa lalu dan perkebunan tebu.

Selain itu ada juga lokomotif kereta tebu, alat-alat komunikasi lama, foto-foto bersejarah, dan kereta wisata untuk berkeliling lokasi. Pabrik gula Gondang Winangoen sendiri merupakan sebuah peninggalan bersejarah yang didirikan oleh NV Klatensche Cultuur Maatschappij pada tahun 1860.

Sejatinya tempat ini merupakan sebuah pabrik gula yang kemudian di manfaatkan sebagai destinasi wisata untuk keluarga. Ada banyak keseruan yang tempat wisata Klaten Jawa Tengah ini sajikan untuk para pengunjung, penasaran kan? yuk simak ulasan menarik dibawah ini.

Harga Tiket Masuk Gondang Winangoen

harga tiket masuk Gondang Winangoen
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110846520736042718573

Museum gula Gondang Winangoen dapat anda kunjungi sebagai alternatif untuk mengisi waktu senggang ketika musim liburan maupun akhir pekan. Jalan-jalan guna menyaksikan beragam peninggalan bersejarah Belanda dan bermain di wahana menariknya.

Dan untuk bisa merasakan keseruan tersebut maka anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Sebab wisata Klaten yang bersejarah satu ini mematok tarif dengan biaya yang sangat bersahabat.

Harga tiket masuk Gondang Winangoen sejauh ini hanya sekitar 5.000 rupiah saja untuk per orangnya, sangat ekonomis bukan? Selain tiket masuk, anda perlu menyiapkan biaya tambahan guna mencicipi aneka wahana permainannya.

Ada beberapa wahana bermain yang bisa pengunjung rasakan sensasi serunya. Mulai dari kolam renang, agrowisata, naik lokomotif uap & diesel, area bermain anak dan juga watersilde.

Biaya yang perlu anda keluarkan untuk bermain pun hanya berikisar antara 3.000 hingga 10.000 rupiah saja per wahananya. Maka jika dihitung-hitung untuk biaya tiket masuk dan wahana bermainnya sangatlah terjangkau dan tidak akan memberatkan wisatawan.

Sebelum berkunjung kesini ketahuilah terlebih dulu jam operasional wisata yang berlaku.

  • 08.00 – 15.00 WIB pada hari minggu hingga jumat.
  • 09.00 – 15.00 WIB pada hari sabtu.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat gondang winangoen
Foto : https://www.instagram.com/jogjawomencyclists/

Lokasi Gondang Winangoen sangatlah strategis karena berada tepat di pinggir jalan. Hal tersebut memudahkan para pengunjung yang baru pertama kali akan singgah.

Museum Gondang Winangoen sendiri merupakan Pabrik Gula (PG) Gondang Winangoen yang cukup populer di kota Klaten Jawa Tengah. Dengan di dalamnya terdapat banyak keseruan untuk anda coba nikmati pada saat liburan dan rekreasi.

Alamat Gondang Winangoen berada di Jl. Raya Solo – Yogyakarta KM.25, Desa Plawikan, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Letak museumnya cukup dekat dari pusat kota / alun-alun Klaten, hanya berjarak sekitar 5 km saja.

Dengan harus menempuh lama perjalanan selama kurang lebih 11 menit berkendara dari alun-alun menuju Gondang Winangoen. Akses jalan menuju museum hits Klaten satu ini cukup mudah untuk dilalui dengan jalur telah beraspal baik.

Anda tak perlu khawatir apabila merasa bingung karena tidak tahu jalan menuju museumnya. Maps dengan petunjuk akurat dibawah ini bisa anda gunakan untuk memudahkan rencana perjalanan liburan yang menyenangkan.

Datang juga ke –> Umbul Kapilaler

Fasilitas

fasilitas gondang winangoen
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102656235310477116707

Destinasi wisata sejarah berupa museum pabrik gula ini sudah di dukung dengan sarana prasarana memadai. Seperti beberapa fasilitas Gondang Winangoen yang di antaranya adalah :

  • Tempat parkir memadai
  • Pusat informasi wisata
  • Toilet / kamar mandi
  • Waterpark
  • Kamar bilas & ruang ganti
  • Jembatan gantung
  • Flyfing fox
  • Gazebo / tempat duduk
  • Perpusatakaan
  • Area bermain anak
  • Wall climbing
  • Lokasi outbound
  • Agrowisata & agro therapy
  • Kereta wisata lokomotif uap & diesel
  • Spot wisata menarik

Nikmati aneka ragam permainan seru dan pastinya tak boleh untuk anda lewatkan. Apalagi jika anda mengajak serta buah hati tercinta tentu akan merasa senang dan enggan untuk pulang.

Kunjungi juga –> Umbul Cokro

Spot Terbaik di Gondang Winangoen

spot wisata gondang winangoen
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110846520736042718573

Dapatkan liburan yang lebih maksimal dengan explore museum Gondang Winangoen sebagai tujuan mengisi hari libur selanjutnya. Menyaksikan secara lebih dekat apa saja yang menjadi peninggalan yang ada di pabrik gula seperti barang-barang antik di dalamnya.

Bermain sambil belajar, mungkin itulah kiasan yang sepertinya tepat untuk menggambarkan aktivitas para pengunjung disini. Selain mendapatkan hal-hal yang menyenangkan tak ketinggalan anda pun akan mendapat banyak wawasan.

Sensasi liburan yang berkesan akan kurang lengkap jika anda tidak mengabadikan momen disini ke dalam sebuah foto ataupun video. Bangunan museum Gondang Wanangoen misalnya, memiliki gaya arsitektur Belanda tempo doeloe yang eksotis tuk di jadikan background.

Selain itu aneka barang-barang peninggalan yang tak kalah unik pun bisa anda manfaatkan sebagai latar belakang ketika berswafoto. Masih banyak lagi spot terbaik di Gondang Winangoen yang akan anda temukan ketika berwisata ke museum pabrik gula Klaten ini.

Review sebelumnya –> Jolotundo Klaten

Tips Berkunjung

tips berkunjung gondang winangoen
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115386742306926036808

Berikut ini tips berkunjung ke Gondang Winangoen yang merupakan satu-satunya pabrik gula peninggalan Belanda di Asia Tenggara bahkan dunia. Bisa anda jadikan referensi atau hanya sekedar tambahan informasi saja.

  • Atur dengan baik waktu kunjungan anda supaya lebih leluasa dalam liburan.
  • Datang pada saat pagi atau sore hari untuk nuansa yang lebih teduh dan sejuk.
  • Ikut serta menjaga lingkungan area wisata agar tetap bersih, rapi dan indah.
  • Patuhi aturan bagi wisatawan atau pengunjung yang telah di tetapkan oleh sebuah tempat daya tarik wisata.

Jadi itulah tadi ulasan singkat yang membahas tentang museum gula dengan suguhan banyak keseruan di dalamnya. Wisata Gondang Winangoen wajib untuk ada dalam daftar kunjungan selanjutnya ketika anda berlibur bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − 5 =