Candi Plaosan merupakan salah satu wisata Klaten yang populer dan selalu menjadi tujuan berlibur serta rekreasi oleh banyak wisatawan. Destinasi satu ini merupakan komplek percandian yang letaknya berada di Dukuh Plaosan, Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

Terdiri dari Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul yang di kelilingi oleh parit berbentuk persegi panjang. Candi Plaosan Boyolali merupakan candi Buddha, yang ditandai dengan adanya kemuncak stupa, arca Buddha, serta candi-candi perwara (pendamping).

Berwisata ke Candi Plaosan Kidul dan Lor bisa menjadi alternatif untuk mengisi waktu libur anda guna jalan-jalan dan liburan. Yuk simak dulu informasi menarik seputar Candi Plaosan Klaten Jawa Tengah berikut ini.

Harga Tiket Masuk Candi Plaosan

harga tiket masuk candi plaosan
Foto : https://www.instagram.com/jehanaulia93/

Sejarah Candi Plaosan dapat anda telusuri ragam cerita menariknya dengan berkunjung kesini agar menambah wawasan sekaligus pengetahuan. Ada Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul yang merupakan dua candi utama dari wisata di Klaten satu ini.

Dimana kedua candi ini memiliki corak dan dengan bentuk relief sekligus arca nya yang berbeda-beda. Candi Plaosan Lor memiliki dua sisi, yakni utara dan selatan.

Pada sisi utara terdapat relief yang menggambarkan tokoh-tokoh wanita. Sedangkan pada bagian selatannya, relief yang ada menggambarkan tokoh laki-laki.

Kedua candi induk dari Plaosan ini dikelilingi oleh 116 stupa perwara, 50 buah candi perwara, beserta parit buatan.  Selain itu masih banyak lagi beragam keunikan dari wisata Candi Plaosan yang pastinya tak boleh anda lewatkan.

Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam bagi anda yang ingin explore Candi Plaosan yang terkenal dengan sebutan Candi kembar ini. Harga tiket masuk Candi Plaosan sejauh ini hanya berkisar 5.000 saja per orangnya lho, murah sekali kan?

Adapun jam operasional wisata Candi Plaosan yang berlaku, buka setiap hari pada pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat candi plaosan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111939833738742093114

Lokasi Candi Plaosan terletak di area yang mudah untuk di jangkau dari berbagai arah kedatangan wisatawan. Kira-kira jaraknya hanya satu kilometer ke arah timur laut dari Candi Prambanan atau Sewu yang juga ada di Klaten.

Alamat Candi Plaosan berada di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Berjarak sekitar 15 km dari alun-alun Kota Klaten dengan menempuh waktu perjalanan selama kurang lebih 24 menit berkendara.

Akses jalan sangatlah baik untuk di lalui berbagai jenis kendaraan yang tengah melintas. Mulai dari kendaraan ber roda dua, empat sampai bus pariwisata sekalipun.

Bila tak tahu jalannya maka bisa bertanya pada warga sekitar yang anda temui. Atau anda juga bisa menggunakan maps dibawah ini agar perjalanan liburan ke Candi Plaosan berlangsung lancar dan bebas hambatan.

Datang juga ke –> Jolotundo Klaten

Fasilitas

fasilitas candi plaosan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103326365398124611580

Saat berada di Klaten, wisata Candi Plaosan wajib untuk dikunjungi guna menjajal ragam keseruan yang ditawarkan. Telah di dukung dengan berbagai sarana memadai yang akan memanjakan siapapun yang sedang berlibur disini.

Seperti halnya fasilitas Candi Plaosan antara lain adalah :

  • Tempat parkir kendaraan
  • Pusat informasi wisata
  • Pemandu wisata profesional
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Rumah makan
  • Warung jajanan
  • Kios aneka souvenir
  • Area rapi dan bersih
  • Jasa ojek motor
  • Spot foto menarik

Aneka suguhan menarik dari Candi Plaosan akan membuat momen liburan anda kali ini semakin seru dan menyenangkan. Jalan-jalan melihat bentuk bangunan candi, relief serta arca untuk anda pelajari dijamin bakal berkesan dan sulit terlupakan.

Kunjungi juga –> Gondang Winangoen

Spot Terbaik di Candi Plaosan

spot terbaik di candi plaosan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116084276858076469521

Gambar Candi Plaosan yang biasa anda saksikan di internet ataupun dunia maya kini bisa disaksikan secara lebih dekat. Dengan berkunjung ke Candi Plaosan bersama keluarga dan orang-orang tercinta tentu akan terasa lebih bahagia.

Kawasan Candi Plaosan kaya akan tumbuhan hijau dan pepohonan rindang yang akan membuat siapapun merasa nyaman dan juga betah. Bersantai sembari melihat panorama menakjubkan dan setelah itu menjadikannya latar belakang saat anda berfoto-foto ria.

Relief dan arca yang menjadi ikon dari sebuah wisata candi tentu memiliki bentuk unik dan eksotis. Dan hal tersebut menjadi salah satu spot terbaik di Candi Plaosan yang bisa anda jadikan background.

Bangunan Candi Plaosan yang megah dan menyimpan banyak sejarah ini terbukti mampu menghipnotis banyak pasang mata karena saking menawannya. 50 buah candi beserta ratusan stupa yang mengelilingi menjadi ciri khas candi Buddha Plaosan di Klaten Jawa Tengah.

Review sebelumnya –> Kolam Renang Galuh

Tips Berkunjung

tips berkunjung candi plaosan
Foto : https://www.instagram.com/rahmadazharh/

Berikut ini tips berkunjung ke Candi Plaosan sebagai bahan referensi atau paling tidak menambah informasi anda seputar berwisata.

  • Persiapkan segala sesuatunya dengan baik sebelum liburan yang menyenangkan.
  • Perkirakan waktu kunjungan wisata anda agar semua berlangsung sesuai rencana.
  • Sebaiknya hindari berkunjung pada saat cuaca buruk dan tidak bersahabat.
  • Musim panas sepertinya akan menjadi waktu terbaik untuk jalan-jalan dan liburan.
  • Pagi dan sore hari menjadi waktu yang digemari wisatawan berkunjung ke Candi Plaosan.
  • Jika datang pada saat siang hari sebaiknya gunakan penutup kepala seperti topi atau payung untuk melindungi anda dari terik matahari.
  • Gunakan jasa pemandu wisata Candi Plaosan yang tersedia agar liburan anda kali ini lebih maskimal.
  • Patuhi aturan untuk pengunjung yang sudah di tetapkan oleh pengelola wisata setempat.

Demikian tadi ulasan yang membahas tentang tempat wisata Klaten paling rekomended yaitu Candi Plaosan. Candi Buddha satu ini tak pernah sepi dari wisatawan lokal maupun mancanegara untuk liburan dan berwisata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × four =