Tempat wisata di Jepara adalah destinasi yang akan selalu diburu oleh siapapun yang mungkin sedang berada di kota ini. Terkenal dengan kota ukir, Jepara menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Anda tidak akan pernah kehabisan list wisata jika menjelajahi kota kelahiran Ibu Kartini.

Mulai dari pantai, air terjun, museum hingga taman, semuanya ada di kota Jepara. Liburan bersama keluarga maupun pasangan tidak akan pernah bosan jika sudah di Jepara. Jadi penasaran kira-kira apa saja yang bisa dijelajahi kalau sudah berada di kita Jepara?

Berikut daftar tempat wisata di Jepara yang bagus dan mempesona untuk Anda kunjungi untuk liburan yang menyenangkan :

1. Pantai Kartini

wisata jepara terbaru
Foto : https://www.instagram.com/dewaruch1/

Sebagai penggila perjalanan, ada banyak destinasi menakjubkan yang perlu Anda kunjungi di Jepara, salah satunya adalah Pantai Kartini. Wisata Jepara paling populer ini terletak di desa bernama Bulu, yang bisa dijangkau sekitar 2,5 km dari arah kota Jepara.

Momen bermain di pantai ini terbilang cukup seru dan menenangkan. Hampir tidak mungkin untuk tidak menghabiskan hari di pantai Kartini. Saat melihat keindahan laut yang luar biasa di pantai Kartini bisa membuat Anda ingin tinggal di sana selamanya.

Di tempat ini biasanya sering sekali digelar festival kebudayaan masyakarat lokal. Nah, salah satu yang biasanya diselenggarakan di pantai Kartini ini namanya “Lomban”.
Pada umumnya, acara “Lomban” ini sering dilakukan setiap tanggal 8 Syawal ataau 1 minggu setelah hari raya Lebaran.

2. Danau Blingoh

wisata jepara hits
Foto : https://www.instagram.com/adam9aluh/

Wisata di Jepara yang sepertinya jangan sampai terlewatkan dalam list adalah Danau Blingoh. Danau ini berada di desa yang juga bernama Blingoh, yang masuk dalam Kecamatan Donorojo.

Kawasan danau yang indah ini dikelilingi dengan batuan kapur yang begitu menawan. Apalagi air yang ada di danau ini juga begitu jernih.

Di balik keindahannya, siapa yang menyangka jika sebenarnya danau ini sebenarnya bekas penambangan ilegal. Dari bekas penambangan itulah, maka muncul sebuah kubangan besar.

Nah, kubangan ini lalu dipenuhi dengan air saat musim hujan tiba dan akhirnya berbentuk seperti danau. Jadi, kalau Anda ingin sekali mengunjungi objek wisata di Jepara satu ini, kunjungilah Danau Blingoh ketika musim hujan tiba.

Kalau Anda datang saat musim kemarau, maka air yang ada di danau ini menjadi mengering. Menurut cerita, pemerintah daerah ingin membuat aliran untuk bisa mengairi kubangan di danau ini. Agar tempat ini bisa dinikmati tanpa harus mengenal musim.

Namun, hal itu masih direncanakan, belum tahu kapan bisa terlaksana. Namun, jika Anda memiliki waktu luang, cobalah untuk mengunjungi kawasan wisata Dlingo.

Perjalanan ke Danau Dlingo bisa memberi Anda kesempatan yang baik untuk menikmati matahari. Dan sebagai imbalannya meningkatkan asupan vitamin D dalam tubuh Anda secara alami.

3. Karimunjawa

wisata jepara pantai
Foto : https://www.instagram.com/kavitarahma_/

Siapa sih yang tidak mengenal Karimunjawa? Sebuah pulau yang terkenal dengan keindahannya yang begitu mempesona. Tempat wisata alam di Jepara ini selalu menjadi rekomendasi wisata teratas. Untuk siapapun yang ingin mencari destinasi terbaik di Jawa Tengah.

Pulaunya yang masih asri dan alami terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Anda yang memiliki hobi snorkling dan diving, pulau Karimun Jawa adalah alternatif wisata yang sangat tepat untuk dikunjungi.

Jika Anda stres, menderita insomnia dan sedang mencari pengobatan alami untuk refresh, mengunjungi Pulau Karimun Jawa sangat direkomendasikan. Laut memiliki kekuatan untuk menghilangkan stres yang tinggi. Mengurangi kecemasan dan mengontrol ketidakseimbangan hormon yang semuanya dapat dikaitkan dengan stress dan kurang tidur.

Anda juga bisa kok bersantai saja di kawasan pulau ini dengan hanya berjemur. Ketika Anda berbaring di kursi berjemur yang indah dan menikmati ketenangan sekitar pulau. Tubuh Anda menjadi lebih sehat karena kebutuhan vitamin D terpenuhi.

Jadi, untuk menyehatkan tulang, rambut, dan organ tubuh lainnya, niatkan untuk berada di pulau saat matahari terbit. Jangan lupa, sisihkan waktu untuk sejenak untuk berenang kalau memang Anda memiliki hobi berenang.

4. Air Terjun Songgo Langit

wisata jepara selain pantai
Foto : https://www.instagram.com/sulistiyoraden14/

Songgo Langit jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah penyangga langit. Dinamakan dengan Songgo Langit karena memang air terjun ini memiliki pemandangan yang lurus ke atas dan seolah hampir menyangga langit.

Air terjun ini mempunyai tinggi mencapai 80 meter dengan lebarnya sekitar 2 meter. Dengan keindahan air terjun ini, maka Songgo Langit merupakan sebuah alternatif wisata alam yang menyenangkan di Jepara.

Tidak hanya memiliki pemandangan alam yang mempesona, ada juga kupu-kupu manis dan indah yang bisa Anda saksikan. Anda akan dibuat terpesona dengan keindahan kupu-kupu yang beterbangan di kawasan ini.

Satu hal yang harus diingat ketika Anda datang mengunjungi kawasan wisata ini, jangan sampai Anda bermain air atau bahkan berenang. Hal ini dikarenakan Songgo Langit memiliki kedalaman palung mencapai 8 meter sehingga berbahaya untuk dijadikan tempat berenang.

Berlokasi di kecamatan Kembang, kawasan wisata air terjun ini sangatlah mudah untuk diakses. Ada banyak pilihan transportasi yang bisa mengantarkan Anda untuk sampai ke tujuan wisata.

5. Pulau Panjang

wisata jepara
Foto : https://www.instagram.com/afnerguschandra/

Pulau Panjang merupakan tempat wisata di Jepara yang tidak kalah terkenalnya dengan Karimun Jawa. Wisata indah satu ini mempunyai laut yang dangkal di sekelilingnya.

Destinasi mempesona ini sendiri memiliki arus yang masih begitu menenangkan sehingga bagus sekali jika digunakan untuk bermain kano. Kalau Anda suka dengan aktivitas olahraga air, maka cobalah untuk datang ke Pulau Panjang ini.

Kawasan pulau ini juga memiliki perairan yang sangat jernih. Di sini, Anda bisa menyaksikan dengan sangat jelas seperti apa keindahan terumbu karang dan aktivitas ikan-ikan kecil yang berenang.

Tidak hanya bisa bermain kano saja, Anda juga bisa lho snorkeling dan menyelam dengan sepuasnya di Pulau Panjang. Hal ini dikarenakan pulau ini memiliki garis pantai yang begitu panjang. Sehingga para wisatawan dijamin akan betah sekali untuk asyik berlama-lama di Pulau Panjang.

Belum lagi pulau ini memiliki hamparan pasirnya yang berwarna putih indah. Semua kekayaan alam yang dimiliki oleh Pulau Panjang dijamin akan membuat Anda merasa nyaman sekali berlama-lama di sini.

Nah, untuk bisa ke pulau Panjang sendiri tidak begitu sulit, kok! Anda hanya perlu menggunakan kapal yang diakses dari Pulau Kartini.

Perjalanan dengan kapal ini tidak begitu jauh, hanya sekitar 2,5 km saja atau berkisar 30 menit. Anda tidak akan bosan mengunjungi wisata yang indah ini karena keelokannya benar-benar bisa membius siapapun yang menyaksikan keindahan pulau ini.

6. Benteng Portugis

wisata di jepara
Foto : https://www.instagram.com/melihatdarilangit/

Wisata andalan masyarakat Jepara yang jangan sampai terlewatkan adalah Benteng Portugis. Tempat wisata di Jepara yang terkenal ini berada di sebuah desa bernama Banyumanis yang masih masuk dalam Kecamatan Donorojo.

Keunikan dari Benteng Portugis sendiri adalah lokasinya yang berada di tepi pantai atau laut Jepara. Tidak heran jika lokasi Benteng Portugis ini mempunyai pemandangan yang begitu mempesona.

Benteng Portugis sendiri awalnya adalah bangunan yang menjadi tempat untuk bertahan dari musuh. Dinamakan dengan Benteng Portugis karena memang dibangun oleh pihak Portugis dengan kerajaan Mataram.

Jadi, benteng ini sengaja didirikan untuk melawan VOC. Hanya saja kawasan benteng ini cukup sebentar digunakan oleh bangsa Portugis. Saat masa penjajahan Jepang, Benteng Portugispun dialihkan menjadi tempat pengintai laut.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Rembang hits yang wajib untuk anda explore saat liburan.

7. Pulau Mandalika

wisata di jepara yang lagi hits
Foto : https://www.instagram.com/infoseputarjepara/

Pulau Mandalika, merupakan tempat wisata di Jepara, Jawa Tengah yang begitu mempesona. Di kawasan ini, Anda bisa menyaksikan sebuah pulau dengan nuansa alaminya dan pemandangan lautnya yang biru kernih.

Jika Anda ingin pergi ke Pulau Mandalika, maka sewalah perahu nelayan untuk digunakan menyeberangi laut. Setidaknya waktu tempuh yang Anda miliki adalah 30 menitan.

Jadi, cobalah berangkat ke sebuah desa bernama Ujung Watu, lokasi tepatnya adalah di sebelah utaranya Laut Jepara. Nah, kalau sudah di desa ini, maka ada banyak sekali tempat-tempat penyewaan perahu.

Pulau Mandalika sendiri sering sekali digunakan untuk lokasi memancing para masyarakat lokal maupun wisatawan yang berdatangan. Di pulau Mandalika, Anda akan melihat banyak sekali jenis ikan yang bisa dilihat di air, mulai dari kakap hingga kerapu.

Oh ya, ada satu flora endemik di Pulau Mandalika yang sepertinya sayang sekali jika Anda lewatkan, namanya adalah nongko celeng. Jadi, flora ini merupakan sebuah tumbuhan nangka, namun uniknya buah nangka tidak bertumbuh di batang, tapi justru di pangkal akar.

Keunikan flora endemik ini tentu menarik beberapa orang yang suka sekali mengamati tumbuhan. Selain itu, wisata Jepara hits ini juga memiliki berbagai macam batu karang yang indah dan kokoh.

Kalau sudah berada di Pulau Mandalika, jangan lupa untuk menyantap aneka macam masakan laut khas kota Jepara.

8. Jepara Ourland Park

tempat wisata di jepara yang terkenal
Foto : https://www.instagram.com/wulansariii97/

Wisata Jepara terbaru yang tidak kalah bagusnya dengan Jatim Park adalah Jepara Ourland Park. Destinasi wisata kebanggaan masyarakat Jepara ini bahkan disebut dengan Jateng Park 1 dan menjadi satu-satunya yang terbesar di Jawa Tengah.

Berlokasi di Bandengan, Kecamatan Jepara, Jepara Ourland Park mempunyai luas hingga 11 hektar dan sengaja dibangun di tepian pantai. Jadi, Jepara Ourland Park sendiri adalah sebuah destinasi yang menawarkan hiburan, permainan anak, edukasi, olahraga dan tentu saja relaksasi.

Dibuka 5 tahun yang lalu, ada banyak sekali lho wahana yang bisa dinikmati di sini. Mulai dari kolam renang anak, balita, kolam dewasa, extreme slide, kereta mini, golf car, dan masih banyak lagi.

9. Pantai Pungkruk

tempat wisata di jepara yang bagus
Foto : https://www.instagram.com/aifaa_raff/

Wisata alam Jepara yang jangan sampai Anda lewatkan kalau sudah berada di kota ini adalah Desa Mororejo. Yang masuk dalam kecamatan Mlonggo. Pantai Pungkruk sendiri sangat mudah untuk dijangkau dari pusatnya kota Jepara atau hanya sekitar 15 menit perjalanan saja.

Pantai ini memiliki air laut yang masih sangat jernih, belum lagi deburan ombaknya yang memiliki suara merdu. Berwisata di pantai Pungkruk akan membuat Anda semakin betah untuk berlama-lama di sini.

Belum lagi di Pantai Pungkruk ini ini mempunyai nuansa matahari terbenam yang begitu indah. Cocok sekali rasanya menyaksikan sunset di pantai ini.
Dengan berlibur ke pantai Pangkruk, Anda akan kembali ke rumah dengan perasaan lebih energik dan damai.

10. Museum Kartini

tempat wisata anak di jepara
Foto : https://www.instagram.com/lela_siti_qodariah/

Tempat wisata di Jepara yang bagus dikunjungi selain pantai ataupun air terjun adalah Museum Kartini. Berlokasi di kecamatan Jepara, museum ini sengaja dibangun untuk mengenang seorang pahlawan wanita hebat dari kota Jepara, yakno RA Kartini.

Museum Kartini sendiri mempunyai 3 gedung dan menyimpan berbagai macam koleksi benda-benda zaman dahulu peninggalan RA Kartini dan keluarganya.

Namun di museum ini, Anda tidak hanya bisa menyaksikan peninggalan dari RA Kartini saja. Ada juga lho benda-benda kerajinan yang dibuat oleh masyarakat lokal.

Ya, mulai dari tenun troso yang terkenal sampai dengan kerajinan anyaman dari bambu maupun rotan. Semua bisa Anda saksikan di museum menarik satu ini.

11. Pantai Ombak Mati

tempat wisata di jepara
Foto : https://www.instagram.com/prigy_/

Obyek wisata di Jepara yang unik untuk dijelajahi bersama anak dan keluarga selanjutnya adalah Pantai Ombak Mati. Berbeda dengan jenis pantai lainnya yang memiliki ombak, maka wisata ini sama sekali tidak mempunyai ombak.

Itulah mengapa kawasan wisata ini dinamakan dengan Pantai Ombak Mati, karena memang tidak ada ombaknya sama sekali. Sebelum dikenal dengan istilah Pantai Ombak Mati, kawasan wisata ini dikenalnya dengan nama Pantai Bondo.

Nah, desa Bondo sendiri berada di kecamatan Bangsri, meski tempat wisata keluarga di Jepara ini tidak mempunyai ombak. Namun pantai satu ini mempunyai keindahan yang sayang sekali jika Anda lewatkan.

Pantai ini masih begitu sepi dan tidak begitu ramai, cocok sekali jika dijadikan sebagai tempat untuk berelaksasi. Kalau Anda sedang mencari ketenangan, mungkin Pantai Ombak Mati ini sangat cocok untuk dikunjungi.

12. Tiara Park Waterboom

tempat wisata keluarga di jepara
Foto : https://www.instagram.com/haniksholhanah/

Apakah Anda sedang mencari tempat wisata anak di Jepara yang menarik? Coba deh pergi ke Tiara Park Waterboom. Di sini, Anda bisa bisa mengajak anak bermain sepuasnya dengan air.

Berlokasi di Kalinyamatan, anak-anak bisa bermain air hingga berjam-jam lamanya. Karena ada banyak wahana permainan air yang menyenangkan di Tiara Park Waterboom. Ada berbagai kolam renang yang bisa dipilih, lho!

Mulai dari kolam dengan kedalaman 20 cm sampai 3 meter, semuanya ada di sini. Selain kolam renang, ada juga wahana Iguana Slide, ATV Arena, Bioskop 3D dan wahana permainan lainnya yang bisa dicoba.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Pati dengan berbagai pilihan destinasi menarik dan kekinian.

13. Pantai Teluk Awur

wisata terbaru di jepara
Foto : https://www.instagram.com/iqbalvisuals/

Kalau kebanyakan para pengelola destinasi pantai melarang pengunjungnya untuk berenang maupun bermain-main di air. Maka lain halnya dengan Pantai Teluk Awur. Di sini, Anda bisa bebas untuk bermain maupun berenang.

Pantai dengan pasir putihnya ini sangat lembut untuk ditelusuri, belum lagi biaya masuk ke pantai ini juga gratis. Tidak heran ya jika banyak pengunjung yang sangat menyukai destinasi wisata satu ini.

Pantai Teluk Awur sendiri memiliki jarak sekitar 4 km saja dari pusat kota Jepara. Pantai ini berada di kecamatan Tahunan. Selain memiliki pantai, kawasan ini juga memiliki sebuah hutan mangrove yang begitu rimbun.

Hutan mangrove di sini berperan untuk menaham abrasi dan juga tempat untuk berteduh. Hampir serupa dengan Pantai Kartini, Teluk Awur juga sering dijadikan sebagai lokasi untuk menyelanggarkan acara sedekah laut masyarakat lokal.

14. Air Terjun Banyu Anjlok

wisata alam di jepara
Foto : https://www.instagram.com/jav_fry2312/

Sedang mencari wisata di Jepara yang lagi hits? Coba deh Anda pergi ke wisata air terjun bernama Banyu Anjlok.

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, Air Terjun Banyu Anjlok adalah air yang turun dengan bebas. Jadi, penamaan lokasi wisata ini sama seperti yang ditampilkan ketika Anda datang ke air terjun ini.

Kawasan wisata ini berlokasi di Batealit dan lokasinya tidak begitu sulit untuk ditempuh. Hanya saja, Anda perlu melakukan trekking untuk bisa menuju ke air terjun. Mengingat jalan antara parkiran ke air terjun sulit sekali dilalui oleh kendaraan.

Walau harus trekking terlebih dahulu, namun yakinlah bahwa sesampainya di air terjun Banyu Anjlok ini. Pemandangan yang Anda saksikan rasanya sebanding dengan belasan meter jalan yang Anda lalui.

15. Kura-Kura Ocean Park

tempat wisata anak di jepara
Foto : https://www.instagram.com/triptrapliburan/

Tempat wisata di Jepara terbaru yang sering dijadikan sebagai destinasi keluarga adalah Kura-kura Ocean Park. Destinasi wisata satu ini begitu populer dan mencolok karena memiliki bentuk mirip sekali dengan kura-kura dan bangunannya besar.

Destinasi wisata yang indah ini mempunyai 2 lantai. Untuk lantai pertama berisikan sebuah akuarium besar dengan aneka macam koleksi ikan dan juga penyu. Sementara untuk lantai kedua ini adalah aneka maca wahana untuk tempat bermain anak-anak.

Kura-Kura Ocean Park sendiri sudah berusia 10 tahun, karena didirikan pada tahun 2011 lalu. Banyak keluarga yang menjadikan Kura-Kura Ocean Park sebagai alternatif wisata karena memang menawarkan banyak fasilitas yang menyenangkan untuk anak-anak.

16. Pantai Empu Rancak

objek wisata di jepara
Foto : https://www.instagram.com/markadevan/

Bagi Anda yang sedang mencari sebuah destinasi wisata terbaru di Jepara, cobalah untuk mengunjungi Pantai Empu Rancak. Kawasan pantai ini masih sangat alami dan hampir belum banyak dijamah oleh orang-orang.

Kawasan wisata ini bisa dijadikan sebagai pilihan utama untuk Anda yang sedang mencari wisata untuk healing. Karena memang tidak banyak kok pengunjung yang berdatangan ke tempat wisata satu ini.

Pantai Empu Rancak sendiri masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar tanpa bantuan dari pemerintah. Berlokasi di Mlonggo, Anda bisa bermain di pantai yang mempesona sambil menikmati makanan lautnya yang khas.

Ada satu hal yang unik lho dari pantai Empu Rancak ini. Adanya kombinasi masjid yang arsitekturnya hampir serupa dengan Masjid Agung di Demak dan juga masjid yang ada di Menara Kudus.

17. Candi Angin

obyek wisata di jepara
Foto : https://www.instagram.com/anggitaa.np/

Wisata Jepara selain pantai yang sepertinya jangan sampai terlewatkan adalah Candi Angin. Kedua candi ini diyakini sudah ada sejak keberadaan Candi Borobudur atau bahkan lebih tua dari kehadiran Borobudur, Magelang.

Candi Angin merupakan peninggalan dari Kerajaan Kalingga, sebuah pemerintahan yang zaman dahulu berlokasi di Kabupaten Jepara.

Candi Angin sendiri mempunyai sebuah pusaran angin dan diperaya pusara ini berada di lubangnya candi. Itulah mengapa tempat wisata sejarah ini dinamakan dengan Candi Angin.

18. Pantai Bandengan

tempat wisata di jepara
Foto : https://www.instagram.com/isnafarchan/

Wisata Jepara pantai yang sangat terkenal adalah Bandengan. Berlokasi di kecamatan Jepara, Pantai Bandengan ini menjadi destinasi favorit banyak masyarakat lokal karena memang aksesnya mudah dijangkau.

Pergi ke pantai Bandengan dapat memberi Anda kesempatan sempurna untuk berhubungan dengan diri Anda. Lingkungan yang indah dan luasnya lautan dapat membuat Anda benar-benar merasa damai dengan diri sendiri.

Liburan di pantai jelas merupakan tujuan yang sempurna setiap hari. Jadi, setiap kali Anda merasa kewalahan atau baru saja menyelesaikan beberapa aktivitas berat. Dan Anda sangat membutuhkan istirahat, coba saja rencanakan liburan pantai.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Kudus terbaru dengan sajian ragam destinasi indah nan mempesona.

Anda yang sedang mencari wisata terbaik di Jawa Tengah, cobalah untuk pergi ke Jepara. 18 tempat wisata di Jepara yang ada di atas bisa menjadi alternatif yang terbaik.

Travel Vlog Jeep Adventure Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here