Tempat wisata di Rembang merupakan destinasi yang selalu diburu oleh orang-orang yang sedang berada di kawasan timur Jawa Tengah ini. Ada berbagai macam destinasi menarik yang bisa Anda dan keluarga jelajahi jika berada di kawasan yang indah ini. Mulai dari pantainya, wihara, perbukitannya dan alun-alunnya.

Rembang sendiri memang dikenal sebagai kota pesisir. Karena sepanjang perjalanan menuju ke kota ini Anda akan menyaksikan pemandangan lautnya yang indah dan memukau. Perjalanan Anda tidak akan membosankan jika sudah berada di Rembang.

Kira-kira, wisata apa saja yang bisa dijelajahi kalau sudah berada di kota yang indah ini? Berikut daftar tempat wisata di Rembang yang sangat bagus dan memukau untuk anda jadikan tempat liburan :

1. Pantai Caruban

wisata rembang jawa tengah
Foto : https://www.instagram.com/afifahalqodri/

Mencari sebuah objek wisata di Rembang yang menyenangkan bersama pasangan atau keluarga? Coba saja pergi ke Pantai Caruban! Pantai ini berlokasi di sebuah kelurahan bernama Gedongmulyo, Kecamatan Lasem.

Pantai ini memiliki letak yang tidak begitu jauh dari Karang Jahe namun fasilitasnya jauh lebih lengkap. Tidak heran jika Caruban juga menjadi tempat wisata anak di Rembang yang favorit.

Di kawasan ini, Anda bisa menyewa beberapa wahana permainan seperti ATV, alat renang seperti ban, baju renang dan sebagainya. Ada juga perahu yang bisa disewa untuk menyeberang ke sebuah pulau, namanya Pulau Karang.

Kalau sudah di pantai Caruban, cobalah untuk merasakan pasir dan melihat deburan ombaknya. Mencoba berjalan di atas pasir pantai membantu mengaktifkan sirkulasi pada pergelangan kaki Anda karena cara tersebut bertindak sebagai metode pijat.

Anda juga bisa mencoba memperkuat otot dan persendian dengan berenang di laut atau biarkan deburan ombak mengendurkan otot Anda. Pergi ke pantai Caruban rasanya tidak akan lengkap tanpa berenang, dan berjalan-jalan di tepi laut.

Apalagi pemandangan yang akan Anda lihat sangat indah dan bisa meningkatkan detak jantung Anda.

2. Watu Layar

wisata rembang jateng
Foto : https://www.instagram.com/amirulaik/

Wisata Rembang Jateng yang menjadi andalan banyak orang ketika sudah datang ke kota ini adalah pantai Watu Layar. Pantai adalah tempat yang sangat populer dikunjungi orang ketika mereka akan berlibur.

Nah, pantai Watu Layar sendiri adalah tempat yang sangat tepat untuk berlibur bersama keluarga tercinta. Pantai yang berada di Lasem ini memiliki retribusi sebesar Rp 5000 saja.

Dengan uang tersebut, Anda sudah bisa menyaksikan berbagai macam pemandangan indah sambil berjemur. Vitamin D memainkan peran yang sangat penting dalam memperkuat tulang dan gigi Anda melalui kalsium.

Setiap kali Anda berjemur, Anda memperkuat sistem tulang Anda. Menakjubkan, bukan? Apalagi garam dan mineral di pantai ini juga akan menenangkan sendi yang sakit. Air asin bahkan dapat membantu menyembuhkan luka dan goresan.

3. Pantai Karang Jahe

wisata rembang terbaru
Foto : https://www.instagram.com/aulannur/

Siapa sih yang tidak mengenal pantai Karang Jahe? Salah satu tempat wisata di Rembang, Jawa Tengah yang sangat populer. Berada di desa Punjulharjo, Rembang, Pantai Karang Jahe menjadi destinasi yang jangan sampai Anda lewatkan.

Pantai Karang Jahe mempunyai pasir putih yang terhampar indah. Menariknya adalah pantai Karang Jahe memiliki berbagai macam pohon pinus yang saling berderet di kawasan pesisir pantai.

Banyak wisatawan yang sengaja untuk bersantai di bawah pohon pinus dengan menggelar tikar saja. Pergi ke pantai Karang Jahe dapat memiliki efek menguntungkan pada kulit Anda selain hanya menyaksikan keindahannya.

Berkat mineral dan yodiumnya yang kaya, air laut di pantai ini adalah agen penyembuhan alami untuk orang yang menderita dermatitis. Selain hanya bersantai, cobalah untuj memijat kaki Anda dan kelupas kulit saat berjalan di atas pasir putihnya yang lembut.

Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan sel-sel mati dan meremajakan kulit Anda. Cobalah untuk berjemur, namun jangan lupa gunakan tabir surya yang baik.

Dan jangan biarkan diri Anda terkena sinar UV terlalu lama, ingatlah bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu buruk.

4. Waduk Lodan

wisata di rembang jawa tengah
Foto : https://www.instagram.com/listiya_nh/

Wisata di Rembang yang sangat menarik untuk dijelajahi selanjutnya adalah Waduk Lodan. Embung atau waduk ini berada di Lodan Kulon yang masuk dalam kecamatan Sarang, Rembang.

Sebenarnya, destinasi wisata satu ini dimanfaatkan oleh warga untuk mengirigasi sawah-sawah di sekitar. Jadi, kehadiran Waduk Lodan sangatlah penting karena sebagai suplai air bersih untuk para warga.

Tidak hanya itu saja, Waduk Lodanpun juga digunakan untuk tempat budidaya berbagai jenis ikan air tawar. Kalau Anda datang ke wisata Rembang ini, akan menjumpai banyak sekali warga yang sedang memancing di pinggi waduk.

Di waduk ini, Anda bisa menyaksikan keindahan perbukitan yang masih hijau. Selain itu, Anda juga bisa melihat hutan mahoni dan jati yang masih asri.

Dengan keindahan Waduk Lodan yang masih sangat alami. Yang membuat banyak wisatawan tidak ketinggalan menjadikannya sebagai daftar wisata di Rembang terbaru yang layak dikunjungi.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Sragen yang kaya akan sajian destinasi kekinian untuk anda jadikan tujuan liburan menyenangkan.

5. Taman Kartini Rembang

wisata di rembang terbaru
Foto : https://www.instagram.com/anto_surya06/

Taman Kartini merupakan tempat wisata di Rembang Jawa Tengah yang sangat legendaris. Banyak orang yang merasa belum lengkap rasanya pergi ke Rembang jika tidak datang ke Taman Kartini.

Taman Kartini sendiri sebenarnya adalah wisata yang banyak dikunjungi oleh masyarakat lokal Rembang. Karena sudah ada sejak dahulu, bahkan ketika Belanda masih menjajah Indonesia.

Kala itu, Taman Kartini bukan hanya untuk wisata saja. Namun juga digunakan untuk tempat mengawasi lalu lintas yang terjadi di kelautan Rembang.

Menariknya dari Taman Kartini Rembang ini adalah, ada berbagai macam bangunan kuno yang kekokohannya masih terlihat hingga sekarang. Bangunan kuno yang terdapat di Taman Kartini masih begitu megah dan indah.

Bangunan dengan arsitektur Eropa yang ada di Taman Kartini ini ternyata digunakan oleh pemerintah Belanda. Sebagai lokasi pesta maupun rapat-rapat besar. Sampai hari ini, bangunan kuno di Taman Kartini masih bisa dilihat kemegahannya.

Anda bisa berjalan-jalan menyusuri tamannya yang indah dan berbagai macam bangunan kunonya yang estetik. Taman Kartini sendiri sudah direnovasi hingga berkali-kali sejak didirikan tahun 1979.

Awalnya, Taman Kartini hanya dibangun sebagai area bermain untuk anak-anak. Namun kemudian taman ini dipugar di tahun 1992 dengan menambahkan berbagai macam fasilitas semacam gardu pandang, talud pantai, dan shelter.

Penambahan berbagai fasilitas inilah yang membuat Taman Kartini kemudian menjadi lokasi wisata yang menarik. Nah, semenjak ditambah fasilitasnya, wisata ini berubah nama menjadi Taman Rekreasi Pantai Kartini atau bisa disebut TRP Kartini.

6. Pantai Binangun

tempat wisata di rembang jawa tengah
Foto : https://www.instagram.com/nounha_bass/

Sedang mencari wisata terbaru di Rembang? Coba deh pergi ke Pantai Binangun yang ada di Lasem, Rembang! Meskipun pantai satu ini hitungannya masih baru, namun kawasannya sudah banyak dikunjungi karena masih gratis dan pemandangannya juga eksotis.

Kalau Anda datang ke kawasan pantai ini, maka ada berbagai macam pedagang yang menyediakan kulinernya di sepanjang pinggir pantai. Hal yang menarik dari pantai yang masih baru ini adalah pemandangan berbagai kapal yang berbaris indah di ujung laut.

Pemandangan kapal berbaris ini menarik sekali untuk disaksikan dari bibir pantai. Belum lagi pasir pantai Binangun yang masih sangat halus, cocok sekali untuk tempat berjemur. Berjemur di pantai membantu kesehatan jantung manusia dan meningkatkan pertahanan tubuh.

Sinar UV merangsang serotonin, yang merupakan neurotransmitter yang berhubungan dengan kesehatan. Jadi saat Anda berjemur di pantai, maka secara tidak langsung Anda turut meningkatkan mood.

Di masa-masa sulit karena pandemi Covid 19 ini, tubuh membutuhkan semua pertahanan yang mungkin untuk mencegah penyakit apa pun.

Berfungsinya sistem kekebalan tubuh sangat bergantung pada vitamin D, yang diproduksi oleh matahari. Sel T (limfosit) membutuhkan vitamin ini untuk mempertahankan tubuh dari virus dan infeksi.

7. Alun Alun Rembang

wisata alam rembang
Foto : https://www.instagram.com/andre27_f.a/

Menjadi salah satu pilihan tempat wisata keluarga di Rembang, Alun-alun kota Rembang adalah hal yang sepertinya wajib dikunjungi. Jika dilihat secara administratif, Alun-alun Rembang berada di desa yang bernama Kutoharjo.

Alun-alun yang luas ini berlokasi di jantungnya kota Rembang sehingga bisa dibilang lokasi wisata satu ini memang sangatlah strategis. Alun-alun Rembang sangatlah mudah untuk diakses oleh wisatawan dari manapun arahnya.

Tempat wisata di Rembang ini juga masih berdekatan dengan 2 lokasi penting kebanggaan kota Rembang. Yakni Pendopo Kabupaten dan Masjid Agung.

Pendopo Kabupaten sendiri adalah pusatnya pemerintahan Kabupaten Rembang. Sementara Masjid Agung adalah tempat ibadah terbesar yang ada di Rembang.

Alun-Alun Rembang sendiri bagus sekali untuk dijadikan sebagai tempat bersantai dan hunting makanan. Banyak warga Rembang yang sering jogging di Alun-Alun Rembang. Dan bahkan banyak anak muda yang suka bermain sepatu roda di sini.

Ada juga batu-batuan indah di Alun-Alun Rembang yang tersusun rapi dan sering sekali digunakan sebagai terapi. Caranya adalah pengunjung bisa menginjak batu-batuan tanpa menggunakan alas kaki.

Konon, terapi ini bisa bisa digunakan untuk memperlancar seluruh peredaran darah di dalam tubuh. Anda sepertinya perlu mencoba terapi batu ini jika sedang berada di Alun-Alun Rembang.

8. Vihara Ratanavana Arama

tempat wisata keluarga di rembang
Foto : https://www.instagram.com/huangvonny/

Berlokasi di sebuah desa bernama Sendangcoyo, Lasem, maka vihara bernama Ratanavana Arama. Adalah salah destinasi wisata religi yang mungkin bisa menjadi alternatif wisata Anda.

Vihara ini berlokasi di sebuah perbukitan yang masih asri dan alami dengan penduduk yang masih terbilang sedikit.

Lasem dipilih sebagai lokasi vihara karena memang kawasan ini adalah titik awal dari berkembangnya agama Buddha di Indonesia. Jadi, Lasem sudah menjadi pusatnya agama Budha karena memang masih menjadi bagian dari pemerintahan kerajaan Majapahit.

Vihara yang indah ini awalnya dibangun oleh seorang Budhis bernama Banthe Sudhammo. Vihara ini dibangun dengan luas 6 hektar dan ada banyak sekali patung-patung Budha, salah satunya adalah Sidharta Gautama.

Walau Anda bukan seorang pemeluk agama Budha, tidak masalah kok Anda datang ke vihara ini. Karena banyak sekali spot menarik untuk dijadikan tempat foto.

Jika Anda memang suka sekali mencari spot foto yang estetik, cobalah pergi ke Vihara Ratanavana Arama.

9. Pantai Jatisari

wisata rembang
Foto : https://www.instagram.com/ophie02/

Birunya warna laut adalah faktor kunci utama seseorang mencapai relaksasi dan beberapa penelitian telah membuktikan hal ini. Selain kejernihan warna laut, suara ombak juga membantu orang mencapai ketenangan karena frekuensi suaranya.

Suara harmonik gelombang mengaktifkan gelombang otak alfa yang mendorong relaksasi. Selain itu, air dan suara ombak mengisi ulang energi dan kekuatan positif manusia. Jadi, kalau Anda mencari sebuah tempat wisata alam di Rembang yang bagus sekali untuk relaksasi, cobalah pergi ke Pantai Jatisari.

Pantai Jatisari sendiri berada di sebuah kecamatan bernama Sluke. Destinasi Rembang ini mempunyai lokasi sekitar 25 km jika diakses dari pusat Rembang. Meskipun pantai ini terbilang jauh dari kota, namun pemandangannya sangat recomended, kok!

Akses menuju ke pantai juga tidak sulit. Hanya saja, sangat disarankan jika Anda menggunakan sepeda motor saja daripada kendaraan roda empat.

Nah, selain dengan keindahan warna birunya air dan juga suara deburan ombaknya yang indah. Hal menarik dari wisata alam Rembang ini adalah berbagai macam batu karangnya yang mempesona.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Grobogan dengan beragam pilihan destinasi menarik dan juga hits.

10. Petilasan Sunan Bonang

tempat wisata alam di rembang
Foto : https://www.instagram.com/an_nafik/

Lasem tidak hanya menyediakan berbagai destinasi wisata pantai, namun juga ada sebuah wisata religi bernama Petilasan Sunan Bonang. Dalam Islam, ada seorang wali yang menyebarkan ajaran agama terbesar di negara ini, namanya adalah Sunan Bonang.

Kawasan petilasan ini sering sekali dikunjungi oleh berbagai masyarakat, baik lokal maupun dari luar daerah Rembang. Menurut cerita-cerita dari masyarakat lokal, petilasan Sunan Bonang ini awalnya dijadikan sebagai tempat untuk bersujud.

Kemudian tempat untuk bersujud itu mempunyai bekas tapak kaki dan juga dahi dari Sunan Bonang. Kemudian, masyarakat Rembangpun menjadikan bekas persujudan tersebut menjadi wisata religi yang banyak diziarahi.

Apalagi Petilasan Sunan Bonang sendiri masih berdekatan dengan Pantai Binangun. Jadi, sekali mengunjungi kawasan petilasan, Anda juga bisa berwisata ke destinasi lainnya.

11. Pantai Jatisari

wisata rembang
Foto : https://www.instagram.com/i_coniq3010/

Pantai Jatisari yang berada di Sluke, Rembang adalah salah satu rekomendasi wisata Rembang terbaru dan tempat menarik yang perlu dikunjungi. Saat berada di pantai Jatisari, Anda akan disuguhi pemandangan yang menenangkan dan suara-suara yang dapat membantu menenangkan pikiran Anda.

Bepergian ke pantai sangat disarankan jika Anda sudah berada di Rembang. Pergi ke pantai jauh lebih mudah untuk membuat pikiran Anda tenang ketika tenggelam dalam aroma laut. Suara deburan ombak, dan pemandangan alamnya mampu membuat rileks.

Banyak wisatawan yang suka sekali mengunjungi pantai Jatisari untuk berburu spot foto di karang-karang Jatisari. Kalau ada waktu luang, cobalah menyaksikan sunset yang indah dari pantai ini.

Semua orang pasti pernah stres karena berbagai alasan. Faktanya, sulit untuk menghindari stres sepenuhnya karena hidup ini penuh dengan pasang surut. Hal baiknya adalah ada banyak cara untuk menurunkan tingkat stres salah satunya adalah dengan berkunjung ke pantai.

Keindahan alam dan ketenangan yang terdapat di pantai Jatisari dapat membuat Anda merasa begitu santai dan segar. Anda bahkan menjadi lebih ceria dengan pergi ke pantai ini.

Dengan ke pantai Jatisari, Anda bisa bermain dengan ombak, berjalan di pasir dan merasakan sejuknya angin. Semua itu bisa menurunkan tingkat stres Anda dan frustasi Anda pasti akan berkurang, tidak peduli seberapa kuatnya.

Oleh karena itu, setiap kali Anda berpikir untuk mengambil cuti dari jadwal sibuk Anda dan ingin sekali beristirahat. Cobalah untuk liburan ke pantai Jatisari dengan sejuta pesona keindahannya.

12. Pulau Gede Rembang

wisata di rembang
Foto : https://www.instagram.com/edyraguapo/

Berada di Kaliori, Pulau Gede adalah salah satu wisata Rembang Jawa Tengah yang jangan sampai terlewatkan. Meskipun kawasan wisata ini dinamakan dengan Pulau Gede, namun sebenarnya destinasi ini tidak sebesar aslinya.

Sayangnya, kawasan wisata ini hanya memiliki luas sekitar 1 km persegi saja. Nah, jika Anda sedang mencari sebuah destinasi untuk camping bersama keluarga maupun teman-teman, cobalah untuk pergi ke Pulau Gede.

Ya, walaupun pulau ini tidak mempunyai pasir, namun liburan di Pulau Gede bisa menjadi pengalaman berwisata yang asyik. Di pulau ini, ada pemandangan sunrise dan sunsetnya yang sangat memukau, Anda dijamin akan merasa terpukau.

Sayangnya, untuk bisa ke pulau ini, Anda harus menyeberang dengan menggunakan perahu. Dan setidaknya Anda harus menempuh waktu 40 menitan dari Desa Wates, tempat Anda bisa menyewa perahu.

Ketika Anda sudah berada di Pulau Gede, Anda bisa berjalan, berlari, dan berenang di air. Semuanya akan menjadi aktivitas yang luar biasa menyenangkan. Selama liburan, Anda bisa menjadi bugar, sehat, atau bahkan mungkin menurunkan berat badan.

Bahkan, meski berenang hanya satu jam saja di pulau ini, Anda bisa membakar sebanyak 410 kalori. Tentu berwisata di Pulau Gede bisa menjadi alternatif wisata yang sangat menyenangkan dan dijamin tidak membosankan.

13. Pantai Balongan

tempat wisata di rembang
Foto : https://www.instagram.com/ahadinyusuf7/

Pantai Balongan, merupakan salah satu wisata di Rembang Jawa Tengah yang begitu indah dan mempesona. Wisata bahari ini berlokasi di Kragan, Rembang dan memiliki banyak sekali pohon cemara yang indah dan memukau.

Meski jarak pantai ini ke kota adalah 30 km, namun perjalanan yang Anda tempuh sangat sepadan dengan keindahan yang ditawarkan. Pasir di kawasan pantai ini berrwarna cokelat dan begitu lembut.

Pasir di pantai mampu mengelupas kulit Anda secara alami dan mengelupas sel-sel kulit yang mati dari kaki. Ketika Anda pergi ke pantai Balongan, maka kawasan wisata ini akan menjadi tempat yang bagus untuk bermain. Juga berkumpul, bercerita, dan bersenang-senang bersama keluarga maupun teman-teman.

Liburan di pantai adalah waktu yang tepat untuk melakukan beberapa olahraga menarik. Salah satunya adalah jalan-jalan di pantai. Saat berjalan atau berlari di pasir pantai dan menjelajahi Pantai Balongan, Anda sekaligus melakukan sesi olahraga.

Latihan ini tidak hanya akan mengencangkan otot kaki, tetapi juga akan membantu Anda menurunkan berat badan Anda. Selain berjalan dan berlari, Anda juga bisa masuk ke air dan berenang.

Berenang juga merupakan pilihan olahraga yang luar biasa untuk mengencangkan tubuh saat Anda menikmati liburan di Pantai Balongan. Setelah berenang ataupun berjalan di pantai, Anda akan merasa lebih energik dan siap menghadapi tantangan saat kembali ke rumah.

14. Bukit Cilik – Igir Wringin

tempat wisata anak di rembang
Foto : https://www.instagram.com/afriskan44/

Apakah Anda sedang mencari tempat wisata di Rembang terbaru? Cobalah untuk datang ke Bukit Igir Wringin. Kawasan perbukitan ini menyajikan pemandangan sunrise dan sunset yang memukau.

Saking indahnya pemandangan sunrise dan sunset yang ada di bukit ini, jumlah wisatawan yang berdatangan bisa mencapai 200-an orang. Kalau Anda takut sekali untuk melakukan pendakian, jangan khawatir!

Pengelola wisata sudah menyiapkan fasilitas yang dijamin aman untuk dijadikan sebagai sarana untuk melakukan pendakian. Trek yang harus Anda lalui untuk mendaki tidak akan menyulitkan Anda.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Blora terbaru yang wajib untuk anda explore pesona keindahan alamnya.

Dari 14 tempat wisata di Rembang yang sudah dijelaskan di atas. Kira-kira mana saja nih yang paling segera Anda kunjungi jika sudah sampai di kota ini?

Travel Vlog Romatic Trip Negeri Atas Awan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here