Benteng Portugis merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang kini menjadi salah satu tempat wisata andalan di Kota Jepara. Dahulu Benteng Portugis Jepara ini berfungsi sebagai pusat pertahanan dan menjaga lintas pelayaran oleh Mataram dari ancaman VOC.

Sejarah Benteng Portugis yang pada awalnya dibangun sekitar tahun 1600an oleh pemerintah kolonial Belanda untuk menangkal serangan kapal-kapal Portugis. Dan kini setelah bertahun-tahun lamanya ditinggalkan, bangunan benteng yang masih berdiri kokoh ini dimanfaatkan dalam sektor pariwisata.

Menjadi salah satu tempat bersejarah, membuat Benteng Portugis di Jepara ini sayang untuk anda lewatkan sebagai tujuan liburan dan rekreasi. Keunikan Pulau Mandalika yang tepat berada diseberang wisata Jepara selain pantai ini membuatnya begitu menakjubkan.

Harga Tiket Masuk Benteng Portugis

harga tiket masuk benteng portugis
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109349667007715118935

Bangunan portugis ini dibangun diatas sebuah bukit batu pinggir laut dan persis didepannya terhampar luas Pulau Mandalika yang luar biasa. Sehingga tak heran jika pemandangan bukit-bukit hijau dan panorama alam bahari menjadi suguhan utama saat berada disini.

Disamping itu bangunan Benteng Portugis yang masih berdiri tegak dengan corak-corak khas zaman dahulu membuatnya terlihat unik. Jalan-jalan, bersantai, melihat-lihat dan menelusuri lebih dalam keadaan benteng dapat menjadi alternatif guna mengisi waktu libur anda.

Apalagi untuk bisa singgah di wisata Jepara berupa benteng ini para pengunjung tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga tiket masuk Benteng Portugis sangat terjangkau, yakni hanya Rp3.000 (hari biasa) dan Rp5.000 saat weekend & hari libur.

Jika anda ingin liburan di Jepara yang murah meriah maka Benteng Portugis inilah bisa menjadi pilihan tujuan rekreasi selanjutnya. Aneka daya tarik yang dimiliki begitu memikat dan mampu menarik minat para wisatawan untuk menjadikannya latar belakang saat berswafoto.

Adapun untuk jam operasional wisata yang perlu anda ketahui terlebih dahulu sebelum berkunjung. Wisata Benteng Portugis di Jepara terbuka untuk umum mulai pukul 07.00 hingga 20.00 WIB pada hari Senin s/d Minggu.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat Benteng Portugis
Foto : https://www.instagram.com/melihatdarilangit/

Lokasi Benteng Portugis berada diatas sebuah bukit yang menjorok ke arah laut atau tanjung. Dan diapit oleh dua teluk pada sebelah barat yang terjal dengan beberapa singkapan batuan padas dan timur yang landai.

Bangunan ini memiliki 3 buah pintu yang dimana terdiri dari satu pintu utama pada sisi selatan benteng. Dan satu pintu lagi berada di sisi barat dan satunya pada sisi sebelah utara.

Sekarang benteng ini hanya menyisakan bangunan pagarnya saja yang dimana terbuat dari sebuah batu padas yang di semen. Untuk menuju ke wisata Jepara eksotis ini maka anda perlu berhati-hati karena jalur utamanya didominasi oleh jalanan berubang.

Alamat Benteng Portugis sendiri berada di Desa Banyumanis rt2 rw6, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Anda bisa datang kesini dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi , sebab belum ada angkutan umum yang menuju ke Benteng Portugis.

Apabila anda tak tahu jalan maka jangan khawatir, karena dibawah ini tersedia maps dengan petunjuk akurat yang bisa diakses. Guna memudahkan laju kendaraan anda ketika akan berkunjung ke Benteng Portugis yang eksotis.

Datang juga ke –> Pantai Kartini

Fasilitas

fasilitas benteng portugis
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113560553692785189090

Berikut fasilitas Benteng Portugis yang dapat anda temukan diantaranya adalah :

  • Tempat parkir kendaraan memadai
  • Pusat informasi wisata
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Fasilitas air bersih
  • Gazebo / saung
  • Wisata pantai
  • Kolam renang
  • Rumah pohon
  • Gardu pandang
  • Spot foto menarik

Nikmati beragam keseruan yang Benteng Portugis Jepara tawarkan kepada para wisatawan untuk mendapatkan sensasi liburan lebih berkesan.

Kunjungi juga –> Pulau Panjang

Spot Terbaik di Benteng Portugis

spot terbaik di benteng portugis
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106909940183019370759

Tempat wisata Jepara berupa Benteng ini siap memanjakan anda dengan aneka suguhan menarik di dalamnya. Tak hanya benteng saja yang bisa anda saksikan, melainkan ada juga pantai, goa, taman, perbukitan dan lain-lain.

Sejatinya bukan benar-benar goa, karena terbentuk akibat lapisan batuan padas yang membentuk sebuah rongga. Dikarenakan membentuk sebuah rongga inilah maka masyarakat setempat menyebutnya dengan Goa Benteng Portugis.

Yang paling menarik dari Benteng Portugis ini adalah adanya sebuah hamparan luas laut jawa pada sekelilingnya sehingga nampak istimewa. Dari Benteng Portugis anda bisa menikmati indahnya Pulau Mandalika yang letaknya hanya sekitar 2 km saja dari sini.

Di wisata benteng ini pun telah menyediakan spot-spot khusus untuk menyaksikan dan berfoto ria dengan latar belakang panorama laut mempesona. Kehadiran banyaknya pepohonan dan tumbuhan hijau disini turut membuat suasana di Benteng Portugis menjadi lebih teduh.

Sehingga setiap momen selama disini akan terasa nyaman tanpa harus merasa kepanasan seperti ketika berfoto-foto ria. Abadikan setiap hal-hal menarik pada spot terbaik di Benteng Portugis yang mengagumkan dan tak boleh anda lewatkan.

Review sebelumnya –> Jepara Ourland Park

Tips Berkunjung

tips berkunjung benteng portugis
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104882729462827401325
  • Hari yang cerah dan tidak sedang turun hujan adalah saat terbaik explore Benteng Portugis yang menawan.
  • Bagi anda yang tidak kuat dengan terik matahari maka sebaiknya datang kesini pada saat pagi atau sore hari saja.
  • Bersama-sama ikut menjaga lingkungan area wisata agar tetap bersih, rapi dan enak dipandang.
  • Patuhi aturan yang telah di tetapkan bagi semua wisatawan yang tengah berkunjung untuk liburan dan rekreasi Benteng Portugis.

Jadi demikian telah anda simak beberapa informasi mengenai wisata Benteng Portugis dalam sebuah ulasan singkat. Jadikan wisata Jepara unik satu ini sebagai tujuan jalan-jalan bahagia anda bersama orang tercinta saat musim liburan tiba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five + 20 =