Tempat Wisata di Pati mungkin belum setenar kota lainnya di Jawa Tengah. Seperti Semarang, Rembang, atau juga Kudus. Namun, kawasan yang mendapat julukan Hogwarts van Java tetap menarik untuk dikunjungi. Ada banyak kawasan mulai dari pantai, candi, hingga air terjun.

Ditemukan dalam sejarah, wilayah yang juga mendapat julukan sebagai kota kacang ini ditemukan oleh Raden Kembang Joyo dan Dalang Soponyono. Di mana, dulu mereka membuka hutan untuk mendapatkan wilayah perkampungan.

Saat ini sedang membuka lahan ada penjual dawet bernama Ki Sagola. Raden Kembang Joyo pun tergoda dan dibeli. Rasa dawet yang nikmat itu berasal dari Pati aren. Kemudian, beliau memutuskan bahwa kampung tersebut akan diberi nama Pati.

Setelah mengetahui sejarah singkatnya, mari kita ajak Anda mengunjungi berbagai tempat menarik di Kota Kacang ini. Siapa tahu, bisa menjadi referensi liburan saat pandemi berakhir.

1. Wisata Agro Jolong

wisata Pati
foto: https://www.instagram.com/jossitawilma/

Wisata di Pati ini sungguh menarik. Karena, Anda akan disuguhkan dengan panorama perkebunan kopi. Konon katanya sudah dibangun sejak pemerintahan Hindia Belanda. Perbukitan, persawahan, serta pepohonan hijau bisa diperoleh dari atas puncaknya.

Selain menikmati tanaman kopi, Anda juga akan disuguhkan dengan beragam tanaman buah naga. Untuk memikat hati wisatawan, tempat ini juga sudah dibangun beberapa area selfie. Mulai dari ceret raksasa, hingga area taman yang dilepas dengan berbagai bunga.

Untuk harga tiket yang harus Anda bayar tidak perlu mahal. Cukup Rp15.000 saja, Anda juga bisa membeli oleh-oleh khas kawasan ini dengan memetik buah naga langsung dari kebunnya. Menarik sekali bukan? Sudah bisa dibayangkan, bagaimana nikmatnya buah ini.

Anda diwajibkan membayar Rp15.000 / 2kg, atau bisa membeli Jeruk Bali dengan harga Rp5.000, -. Bagi Anda penikmat kopi, tidak ada salahnya untuk membeli kopi yang dibeli Rp15.000, –

Penasaran dengan tempat ini? Anda bisa mengunjunginya di Dusun Jollong, Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Jaraknya hanya 10 kilometer dari pusat kota Pati. Lebih suka naik mobil pribadi daripada transportasi umum. Jangan lupa bawa kamera agar setiap momen bisa Anda abadikan.

2. Pantai Banyutowo

wisata di Pati
foto: https://www.instagram.com/danang_kusuma11/

Mungkin, Anda tidak pernah menyangkal Kota kacang ini memiliki kawasan Pantai yang tidak kalah menawannya. Wisata Pati ini terletak di Desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Kawasan ini viral lantaran pemandangannya yang sangat menarik.

Unggul, banyak kapal-kapal yang bersandar, menghadirkan panorama nan menarik. Apalagi, jika Anda datang saat sakit hari. Perpaduan antara udara laut, angin semilir, kapal-kapal yang berkeliaran, dan senja membuat Anda enggan untuk beranjak dari tempat ini.

Bila Anda ingin melihat keindahan sejati dari Pantai Banyutowo, cobalah datang saat pagi hari. Anda dapat melihat fajar yang menyingsing di ufuk timur. Setelah puas bermain air, jangan lupa untuk membeli hasil tangkapan dari kapal ya. Ikan-ikan yang diambil dari laut terlihat segar-segar.

Berbagai ikan ada di sini, Bahkan, ada beberapa wisatawan yang membeli dan menikmatinya dengan dibakar begitu saja, Tertarik kunjungan tempat ini? Anda bisa naik bus kemudian, naik di Terminal Tayu. Kemudian, naik angkutan kecil dengan jurusan puncel. Turun di Desa Dukuhseti. Lanjutkan, perjalanan dengan koplakan jaran atau delman.

3. Candi Kayen Ki Darmoyono

objek wisata di Pati
foto: https://www.instagram.com/mnajibsyarofi/

Objek wisata Pati selanjutnya adalah candi yang cukup unik menurut kami. Tidak terbentuk seperti pada saat disusun. Menggunakan batu bata merah dan bentuk seperti kolam. Konon dibangun pada abad ke 8 masehi. situs ini ditemukan pertama kali, di tengah area persawahan.

Saat ini, sudah banyak fasilitas penunjang yang sudah disediakan oleh warga sekitar. Candi ini sendiri terletak tidak jauh dari Makam Jati Kembar Ki Gede Miyono. Sampai saat ini, masih belum jelas tentang deskripsi selengkapnya tentang candi ini. Terletak di Dusun Buloh, Dukuh Kayen, Desa Sering, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

4. Air Terjun Tadah Udan Juruk

obyek wisata di Pati
foto: https://www.instagram.com/yohan.sevta_/

Dilihat dari Topografi Pati, tidak heran jika kawasan ini akan banyak Air Terjun yang bisa ditemui. Salah satunya adalah Air Terjun Tadah Udan Jurug ini. Airnya yang melimpah dibuat sebagai salah satu air yang bersih.

tempat wisata di Pati ini tingginya 75 meter. Dibawahnya ada kolam kecil yang bisa kamu manfaatkan untuk bermain air. Kondisinya sangat jernih, sehingga cukup nikmat untuk mandi, berenang atau hanya berendam saja, menikmati suasana santai dan syahdu ini.

Tempat indah ini terletak di Desa Sukolilo, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Menuju ke kawasan ini Anda bisa naik bus, naik diterminal Pati. Kemudian, melanjutkan perjalanan menggunakan ojek. Anda harus berjalan beberapa menit sebelum dapat menikmati air terjunnya.

Pemandangan sawah, paralon menjadi sajian utama yang bisa Anda nikmati selama perjalanan. Jangan lupa, bawa bekal makanan dan minuman. Kemudian, bawa kembali sampahnya dan buanglah pada tempatnya. Menjaga keindahan kawasan ini adalah semua wisatawan. Buka pengelola atau milik, bukan milik warga saja.

5. Vihara Gunungwungkal

tempat wisata di Pati
foto: https://www.instagram.com/gagego_patiofficial/

Satu hal yang membuat kami mengunjungi tempat ini untuk Anda kunjungi adalah pemandangan hijau dan pesona Gunung Muria yang tampak gagah dari kejauhan. Dibangun pada tahun 2005 dan selesai pada tahun 2009. Kawasan ini juga telah menyediakan taman di sekitar Viharanya.

Bangunan ini terletak di atas ketinggian 700 Mdpl. Di sini, Anda juga bisa menghadiri upacara Katinada. Anda tidak akan dipungut biaya apa pun selama berkunjung ke sini. Tempat wisata di Pati Jawa Tengah terletak di Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal.

Bila Anda menjelajah kawasan taman, akan ada ajaran budha yang melekat di sana. Namanya Hasta Arya Marga atau yang disebut juga Jalan Mulia Berunsur Delapan. Anda diizinkan melaksanakan kawasan, kecuali jika sedang melaksanakan ibadah. Diharapkan tidak berisik dan menunggu jalannya peribadatan.

Datang juga ke –> 16 Tempat Wisata di Banyumas Terbaru

6. Pulau Seprapat Juwana

tempat wisata di Pati terbaru
foto: https://www.instagram.com/aprie_z/

Seprapat, jika disalin ke dalam bahasa Indonesia berarti adalah seperempat. Menurut cerita warga sekitar, nama kawasan ini diambil dari kisah tentang Dampo Awang yang dibawa terpisah di pulau ini. Banyak cerita mistis yang tersembunyi di dalamnya.

Mengenai pertanyaan tentang kera siluman yang merupakan jelmaan dari orang-orang yang pernah melakukan ritual pesugihan. Mereka yang sudah mati akan menjadi kera dan mengabdi pada setan. Disini, Anda dapat melihat makam Datuk Lodang yang membentuk Mushola.

Pesona yang ditawarkan oleh kawasan ini hadir pepohonan rindang yang bisa digunakan untuk rekreasi keluarga. Umur pohon ini sudah tua lho. Mungkin, ada sampai jarang tahun. Disini, Anda juga bisa melihat upacara adat yang dinamakan sedekah laut.

Tempat paling tepat dikunjungi saat sakit hari. Dimana Anda dapat melihat latar belakang gunung, matahari tenggelam, dan laut menjadi satu seperti gambar. Latar belakang siluet yang mempesona jadi alasan kamu wajib datang ke tempat ini.

7. Sendang Sani

tempat wisata di Pati jawa tengah
foto: https://www.instagram.com/adien_mifta/

Tempat wisata di kota ini terletak di Desa Tamansari, Kecamatan Tlogowungu, Jaraknya, kurang lebih 4,5 kilometer dari pusat kota. Menurut ceritanya, kawasan ini adalah kutukan dari Sunan Bonang untuk santrinya yang lalai dalam permintaan.

Tongkat yang digunakan untuk mencari udara, yang digunakan untuk wudhu dan minum. Oleh santrinya, digunakan untuk mandi seperti kura-kura. Hingga akhirnya santri berubah menjadi kura-kura. Dia juga menyebut kawasan sendang tersebut dengan nama Sendang Sani.

Artinya adalah disisani dan desa itu juga dinamakan Desa Sani. Kalau di lihat kondisinya sekarang, tempat ini memang sangat teduh. Airnya cukup bersih, nyaman untuk berendam dan berenang ke sana kemari. Suasananya teduh dan menenangkan.
Air Terjun Tretes.

Jangan salah sangka ya, kawasan ini bukan berada di Jombang lho. Melainkan, berada di daerah Pati, Jawa Tengah. Tepatnya, berada di Gunungsari, Kecamatan Tlogowungu. Untuk bisa menikmati kesegaran air terjunnya. Anda diwajibkan untuk berjalan terlebih dahulu.

Cukup melelahkan memang, karena, harus naik bukit. Menembus lebatnya hutan. Sensasi petualangan inilah yang membuat tempat ini sulit untuk dilupakan. Di bawahnya ada kolam yang bisa digunakan untuk bermain air dan berenang.

Sayangnya, tempat ini masih sepi oleh pengunjung. Jadi, akses menuju lokasi masih alami. Jalanan masih terdiri dari trek tanah yang cukup melelahkan. Ada mungkin, 30 menit dari area parkir sampai ke titik lokasi.

Bila Anda tertarik untuk mengunjunginya, jangan lupa bawa perbekalan yang mengandung air minum dan makanan. Karena, disini jarang warung yang buka. Namun, jangan malas untuk membawa sampahnya kembali ya. Buang sampah di tempat, dan simpan di sekitar tetap tetap asri untuk dikunjungi.

8. Bukit Pandang Duren Sawit

wisata alam di pati
foto: https://www.instagram.com/drafrinalusia/

Tempat wisata di Pati terbaru ini memiliki gapura pandang yang cukup mengesankan. Anda akan disuguhkan dengan kawasan perbukitan luas nan megah. Selain itu, Anda juga akan disuguhkan dengan kemegahan Gunung Kendeng yang dipadukan dengan laut utara Jawa.

Kawasan ini berada di ketinggian 200 Mdpl. Untuk bisa menikmatinya, Anda harus berjuang terlebih dahulu dengan jalan kaki. Kurang lebih 100 meter. Disana, Anda bisa menikmati berbagai macam tempat selfie yang sudah disediakan.

Menambah kesan wisatawan. Pihak pengelola menambahkan area flying fox dan jembatan goyang yang siap memacu adrenalin Anda. Sebelum menjadi nama Duren Sawit, kawasan ini bernama Santa Mulya. Dia adalah tokoh legendaris pada masa Prabu Angling Dharma.

Konon tempat ini digunakan dia untuk berkomunikasi dengan yang diasingkan ke pulau seprapat. Untuk harga tiket masuknya sendiri hanya dikenakan biaya parkir saja. Untuk mobil Rp10.000, – dan motor Rp5.000, -. Anda tidak perlu takut nyasar. Karena, kawasan ini sudah tersedia di Google Maps.

9. Goa Pancur

wisata terbaru di pati
foto: https://www.instagram.com/anisaaro/

Jika dilihat dari pemandangannya, Anda pasti setuju jika ini mirip dengan Goa Pindul di Yogyakarta. Perbedaannya, jika di sini tidak perlu menggunakan rakit cukup berjalan saja, Anda bisa melihat panorama stalakmit dan stalagtitnya yang menjalankan.

Anda juga bisa melihat udara yang tidak akan pernah kering sepanjang musim. Untuk stalagtitnya sendiri ada yang dinamai dengan nama Batu Tirai lho. Berjalan sepanjang 127 meter ke dalam, Anda akan disuguhkan dengan grojogan atau air terjun mini.

Untuk harga tiket masuknya hanya Rp5.0000 saja. Bagi Anda yang berminat mengunjungi tempat ini. Letaknya berada di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi. Dari Arah Purwodadi jaraknya 19 km. Petunjuknya adalah SMP N 1 Kayen, Anda bisa bertanya kepada warga sekitar.

10. Air Terjun Grenjengan Sewu

air terjun di Pati
foto: https://www.instagram.com/ahmadburhanuddin07/

Objek wisata ini terletak di Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal. Jaraknya kurang lebih 40 km dari pusat kota. Untuk bisa menuju ke titik lokasi, Anda harus berjalan terlebih dahulu. Bagi yang tidak mau lelah, Anda bisa memanfaatkan layanan yang akan mengantarkan Anda ke tujuan.

Sekali jalan Anda akan dikenakan Rp10.000. Sementara, bagi kamu yang hobi berpetualang. Berjalan kaki kurang lebih 2 kilometer lebih baik dari yang disusahkan tetapi, sebaliknya begitu memuaskan Pemandangan yang disuguhkan juga tidak mengecewakan.

Anda bisa menikmati sawah-sawah, aliran sungai kecil dengan bebatuan kecil yang menambah kesan alami tempat ini. Ketinggian air terjun yang mencapai 25 meter, membuat tempat ini sangat sempurna untuk dikunjungi saat liburan /
Hutan Pinus Pangonan

Hutan ini berada di lereng Gunung Muria. Mempunyai udara yang sejuk dan sangat memuaskan. Daerah hutan pinusnya memiliki luas kurang lebih 1 hektar. Untuk bisa naik dan menikmati kawasan ini, Anda harus berjuang terlebih dahulu. Jaraknya kurang lebih 1 kilometer.

Dalam perjalanannya, Anda akan disuguhkan dengan beberapa tanaman seperti, Manggis, Langsat, Cengkeh dan beberapa buah-buahan. Jika tidak ingin capek, sudah ada ojek yang siap mengantar Anda dengan harga Rp5.000, – untuk sekali jalan.

Tempat ini, juga terkenal dengan perkebunan kopi. Sudah ditata berhasil rupa. Diperlukan, Anda bisa duduk-duduk dan menikmati kesejukan yang diberikan tempat ini. Spot-spot selfie juga sudah disiapkan lho. Nah, untuk berteduh dari hujan Anda sudah menyediakan gazebo.

Untuk harga tiketnya sendiri, Rp5.000. Jangan takut dan kehausan, karena sudah banyak warung yang disediakan dan menyediakan berbagai menu makanan dan minuman. Harganya cukup murah lho, mulai dari Rp1.000.

Kunjungi juga –> Terbaru !! 23 Tempat Wisata di Kudus dan sekitarnya Paling Indah

11. Waduk Seloromo

tempat wisata di Pati untuk keluarga
foto: https://www.instagram.com/silviaastrip/

Alasan utama Anda harus mengunjungi tempat wisata ini adalah penduduk sekitar yang terkenal sangat ramah dan baik. Debit airnya cukup banyak untuk digunakan untuk pengairan. Anda juga bisa memanfaatkan kawasan ini untuk menyelam.

Khusus jika malam minggu, banyak siswa yang berkemah di sini. Mulai dari SD hingga SMA. Sejarah membangkitkan pembuatan waduk ini dibuat tahun 1930. Pada masa kolonial Belanda di mana, tempat ini benar-benar di bangun dari nol.

Nama Selomoro artinya batu, ada juga yang menjawab sebagai duduk. Sementara romo sendiri memiliki arti orang tua laki-laki. Untuk bisa menuju kawasan ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi. Karena, belum ada transportasi umum yang bisa mengantarkan kamu kesana.

Menuju ke Waduk Seloromo Anda diwajibkan untuk membawa bekal. Seperti, air minum, makanan, dan juga camilan. Jangan lupa bawa kamera karena, pemandangan yang akan kamu dapatkan jadi luar biasa.

12. Waduk Gunung Rowo

tempat wisata di Pati untuk anak anak
foto: https://www.instagram.com/joko_dooster/

Tidak hanya Waduk Seloromo saja, yang ada di Pati. Masih ada lagi kawasan eksotis bernama Waduk Gunung Rowo. Letaknya di Desa Situluhur, Kecamatan Gembong, Perjalanannya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit dari pusat kota.

Waduk ini berdiri pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Bisa menampung kurang dari 5,5 juta meter kubik. Difungsikan untuk pengairan daerah pertanian, dan juga wisata yang akan banyak dikunjungi setiap akhir pekan.

Pemandangan lainnya adalah pesona bukit dan Gunung Muria yang mengesankan. Hamparan lembahnya pun tidak kalah menawannya. Menarik lagi, tempat ini tersedia untuk taman dan berjalan di sepanjang jalan yang bisa digunakan untuk berkeliling.

Waduk ini pun ada banyak ikan yang bisa kamu tangkap lho. Tidak heran jika setiap orang akan menemukan banyak orang yang datang membawa pancing. Bila Anda datang pada musim kemarau, Anda akan melihat keindahan dasar danau yang menarik untuk dilihat.

13. Air Terjun Grenjengan Jolong

wisata curug di Pati
foto: https://www.instagram.com/nugrohoariee/

Kawasan ini, dikenal dengan bumi yang banyak dikunjungi orang setiap malam minggu. Berlokasi di lereng Gunung Muria, melintasi di Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Ada banyak tempat foto yang menarik di sekitar kawasan.

Kondisi air terjunnya juga sangat sejuk dengan udara yang dihirup begitu baik. Anda bisa datang ke tempat ini dengan menggunakan kendaraan yang cukup memacu adrenalin Anda. Bagi yang mau datang naik bis kamu, bisa turun di terminal Pati. Selanjutnya, Anda tinggal naik ojek menuju ke tempat ini.

Fasilitas lainnya adalah keberadaan area parkir yang cukup luas, tempat istirahat dan juga kamar mandi serta mushola untuk beribadah. Anda juga bisa bermain air di tempat ini. Jadi, jangan sia-siakan jika sudah ada di Pati.

14. Klating Puncakwangi

tempat wisata alam di pati
foto: https://www.instagram.com/man_ray.jahat/

Tempat ini menjadi kawasan wisata yang sangat menarik dan cukup unik. Sayangnya, Klating Puncakwangi merupakan aliran sungai yang berada di kawasan perbatasan Kendeng Utara.

Keunikannya yang bisa Anda lihat adalah bentuk air sungai yang seperti undak-undakan. Di mana saja setiap undakannya Anda dapat melihat kubangan dengan kedalaman yang berbeda-beda .. Pemandangan lainnya, Anda juga akan disuguhkan dengan pepohonan dan juga semak-semak hijau nan menawan.

Ada pula perkebunan melon, jika Anda beruntung. Anda akan diberikan oleh para petani yang ada di sini. Rasanya pun sangat nikmat dan manis lho. Anda harus mencoba sendiri. Tidak ada harga tiket masuk yang dibebankan kepada Anda. Hanya dikenakan uang parkir.

Untuk mobil hanya Rp10.000 dan motor Rp5.000. Jangan lupa bawa bekal makanan dan minuman dan foto yang sayang kalau kamu bawa. Jika dalam sabtu dan minggu biasanya banyak wisatawan yang datang ke tempat ini.

15. Desa Wisata Jolong

wisata malam di Pati
foto: https://www.instagram.com/dian_winatha92/

Terakhir, perjalanan yang akan kami rekomendasikan adalah Desa Wisata Jolong. Dimana, kami sudah membahasnya beberapa diatas. Masih ada lagi yang bisa dinikmati di tempat ini, yaitu Bukit Naga Jolong yang terletak di lereng gunung. Anda bisa menikmati buah-buah naga yang nikmat.

Untuk tiket masuknya sendiri hanya Rp7.000 saja lho. Di sini, Anda akan disuguhkan dengan anak tangga yang bisa menuju ke puncaknya. Melihat sangat menawannya kawasan ini. Anda juga bisa memetiknya sendiri jika sudah siap panen.

Fasilitas lain yang bisa Anda nikmati adalah gazebo yang mampu melindungi Anda dari sinar matahari. Terakhir, ada Air Terjun Gemarang yang harganya mulai dari Rp10.000 saja. Pesonanya pun elok dengan segarnya udara yang turun dari pendaratan.

review Sebelumnya –> Ini 11 Tempat Wisata di Demak Paling Menarik di Kunjungi

Jangan lupa bawa bekal air minum, makanan, dan camilan ya.
Pati, kota eksotis yang menyediakan tempat untuk wisata. Baik sendiri, bersama teman, atau keluarga. Kawasannya bersih, sehingga Anda harus menjaga kebersihan pula. Demikian, jelajah kami di berbagai tempat wisata di Pati. Jangan lupa kunjungi kawasan ini, dan temukan keindahannya.

Vlog ke Kuliner Legendaris di Jogja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here