Pulau Mandalika, baru mendengar namanya saja mungkin sebagian dari kita akan beranggapan bahwa ini yang berada di Nusa Tenggara Barat. Eits bukan ya, jadi Mandalika yang kita bahas kali ini adalah sebuah pulau kecil yang berada di Laut Jawa.

Destinasi cantik ini letaknya ada di pinggir pantai Desa Ujungwatu Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah. Untuk menuju Pulau Mandalika Jepara diharuskan menyebrangi lautan terlebih dahulu dengan menempuh perjalanan selama 30 menit.

Kebanyakan orang yang berkunjung ke Mandalika Jepara ini adalah untuk memancing dan berwisata bersama orang tercinta. Menikmati berbagai sajian panorama alam menakjubkan di wisata Jepara hits satu ini yang akan membuat siapapun terkesan.

Harga Tiket Masuk Pulau Mandalika

harga tiket masuk pulau mandalika
Foto : https://www.instagram.com/minta.dinafkahin/

Saat hari libur tiba, maka jalan-jalan dan rekreasi adalah jawaban terbaik agar hari lebih berwarna. Seperti misalnya dengan mengunjungi berbagai tempat wisata menarik tuk mengisi waktu luang anda.

Ketika anda sedang berada di Jepara, maka ada banyak sekali tempat wisata mengagumkan sebagai tujuan merileksasi diri. Seperti halnya Pulau Mandalika ini yang memiliki kondisi alam masih sangat asli dan begitu terjaga.

Dan untuk bisa menikmati berbagai sajian menarik yang Pulau Mandalika Jepara tawarkan, maka tak perlu keluar banyak uang. Harga tiket masuk Pulau Mandalila tidak ada alias gratis, anda hanya perlu membayar perahu/kapal untuk menyeberang.

Proses penyebrangan biasanya dilakukan di wisata Benteng Portugis yang berada tepat di bibir pantai Ujung Watu. Sehingga bagi anda yang hendak ke Mandalika Jepara untuk mencari terlebih dahulu tempat wisata Benteng Portugis.

Pengunjung bisa singgah di Pulau tak berpenghuni ini kapanpun sesuka hati, tentunya saat pagi hingga sore hari. Sebab perahu penyeberangan hanya beroperasi mulai pagi hingga sore saja.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat Pulau Mandalika
Foto : https://www.instagram.com/infoseputarjepara/

Lokasi Pulau Mandalika hanya berjarak sekitar 2 km dari Benteng Portugis dan mudah dijangkau oleh transportasi laut. Pulau yang terpencil dan tak berpenghuni ini bisa anda kunjungi tanpa harus menemui kesulitan.

Alamat Pulau Mandalika sendiri berada di pinggir pantai Desa Ujungwatu yang mampu memikat banyak pasang mata. Sebelum menuju Mandalika, pertama yang musti anda tuju yakni Benteng Portugis terlebih dahulu.

Untuk kemudian setelah itu penyebarangan dilakukan dari wisata Jepara ini menaiki perahu yang tersedia. Perjalanan menyeberang dibutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk tiba di pulau cantik ini.

Bagi anda yang masih bingung dengan posisi atau letak dari pulau Jepara indah maka tak perlu khawatir. Maps dibawah ini akan memudahkan niat anda untuk menuju Pulau Jepara dengan rute terbaiknya.

Datang juga ke –> Benteng Portugis

Fasilitas

fasilitas pulau mandalika
Foto : https://www.instagram.com/rizkysyach/

Pemandangan menawan terhampar luas sejauh mata memandang, yang akan membuat siapapun tak berhenti berdecak kagum. Selama anda berkegiatan di Pulau mandalika maka akan dimanjakan dengan nuansa alam yang bikin tenang.

Karena pulau ini tak berpenghuni jadi disini pun tidak ada sarana prasarana yang memadai. Fasilitas yang nampak hanyalah perahu penyebarangan untuk menuju Pulau dari lokasi wisata Benteng Portugis.

Maka dari itu, seperti perbekalan dan kebutuhan lainnya perlu anda siapkan dengan baik sebelum menyebrang. Sebab fasilitas Pulau Mandalika belum tersedia hingga saat ini

Namun meski begitu hal tersebut tidak akan mengurangi keseruan para wisatawan yang tengah berlibur dan bersenang-senang disini. Ciptakan pengalaman liburan berkesan dengan singgah di Pulau Mandalika Jepara yang menakjubkan.

Kunjungi juga –> Pantai Teluk Awur

Spot Terbaik di Pulau Mandalika

spot terbaik di pulau mandalika
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105561663836002121533

Aneka daya tarik menjadi nilai plus Pulau Mandalika yang membuatnya tampak eksotis dan sayang bila di lewatkan. Wisata Jepara satu ini memiliki beragam kekayaan flora dan fauna lho.

Yang dimana jenis ikan laut di Pulau Mandalika meliputi kerapu, pari, sembilang, kakap putih, gerabah dan yang lainnya. Tak hanya itu saja, disini juga terdapat beragam jenis tumbuh-tumbuhan seperti Nongko Celeng.

Nongko Celeng sendiri merupakan sebuah tanaman yang buahnya tumbuh di bagian tanahnya atau akar. Selain flora dan fauna, ada satu hal yang paling ikonik di Pulau Panjang, yaitu keberadaan mercusuar.

Mercusuar Pulau Mandalika Jepara memiliki tinggi kira-kira 86 meter dengan cahaya yang berkedip-kedip setiap 5 detik sekali. Keberadaan mercusuar ini pun dinilai penting dalam rangka mengendalikan kapal-kapal besar yang tengah melintas di dekat sana.

Air yang berwarna kehijauan turut membuat Pulau Mandalika ini semakin cantik dan ciamik. Airnya yang sangat jernih ini berpadu dengan pantai pasir putih sehingga menciptakan landscape luar biasa.

Setiap momen berharga anda di Pulau Mandalika jangan sampai dilupakan begitu saja. Perlu adanya rangkuman khusus dalam bentuk foto atau video pada spot terbaik di Pulau Mandalika sebagai latar belakangnya.

Review sebelumnya –> Air Terjun Songgo Langit

Tips Berkunjung

tips berkunjung pulau mandalika
Foto : https://www.instagram.com/sarah_jpur/
  • Musim panas dan sedang tidak turun hujan adalah waktu terbaik menghabiskan waktu libur di Pulau Mandalika.
  • Datanglah lebih awal agar bisa explore Pulau Mandalika dengan bermain-main sampai puas.
  • Segera kembali ke daratan jika dirasa hari mulai gelap atau akan turun hujan pada saat di Pulau Mandalika.
  • Dilarang keras membuat kotor atau bahkan merusak kawasan Pulau Mandalika dengan tindakan-tindakan merugikan.
  • Utamakan selalu keselamatan dengan tetap berhati-hati sekaligus waspada agar semua baik-baik saja.

Demikian tadi sudah anda simak ulasan singkat seputar Pulau Mandalika di Jepara Jawa Tengah yang rekomended untuk rekreasi. Semua keindahan yang ada di Pulau Mandalika Jepara akan membuat siapapun merasa nyaman dan enggan pulang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 + thirteen =