Pantai Bandengan nama yang cukup unik di kawasan Jepara. Dimana pantai ini menjadi satu diantara beberapa pantai kebanggaan warga Jepara. Tempat ini menjadi pilihan utama bagi setiap keluarga untuk menghabiskan hari libur mereka. Air nya yang tenang, membuat hati terasa tenang dan damai untuk berlama-lama disini.

Apalagi, pantai bandengan pulau panjang adalah satu kawasan yang tidak mungkin terpisahkan. Bagaimana tidak? Menuju ke pulau panjang bisa melalui pantai bandengan. Oleh karena itu, selain pantai kartini yang menghubungkan karimun jawa. Banyak wisatawan memadati kawasan ini agar sampai di pulau panjang. Salah satu alternatif terbaik untuk menikmati liburan

Mengenal Pantai Bandengan

gambar pantai bandengan
foto: https://www.instagram.com/santislamet/

Bisa dibilang tempat ini adalah alternatif liburan bila, pantai kartini penuh. Maklum saja, pantai kartini adalah ikon sekaligus jalur utama menuju ke surga impian jawa yaitu pulau karimunjawa. Walaupun, disini ada pulau panjang. Namun nama pulau panjang memang belum ternama seperti karimun jawa.

Sama halnya dengan dua kawasan ini. Dimana pamor pantai Bandengan masih kalah jauh dengan Pantai Kartini.

Pada awalnya, pantai ini dikenal dengan nama pantai tirto samudro. Tetapi, nama tirto samudro kurang begitu dikenal oleh masyarakat luas. Karena, tempat ini berada di desa bandengan maka, dirubahlah nama pantai ini menjadi pantai bandengan. Tempat ini awalnya dikekola oleh masyarakat. Tetapi pada tahun 1987 pengelolaan kawasan ini diambil oleh pemerintah.

Sejarah dari desa ini pun tak luput dari kisah sunan muria yang mempuyai anak nakal dan bandel. Kemudian, sunan muria menyuruh amir hasan untuk menimba ilmu dan agama. Sampailah dia di sebuah pantai dimana di pantai tersebut terdapat banyak sekali ikan bandeng.

Sejak saat itu, amir hasan yang sudah berbekal sedikit ilmu agama menyebut desa itu dengan nama desa Bandengan. Baca juga: objek wisata Pantai Banyu tibo di pacitan.

Aktifitas yang di lakukan

foto pantai bandengan jepara
foto: https://www.instagram.com/arbahanif/

Berbicara soal kawasan ini memang tidak ada habisnya. Keindahannya sudah bisa dinikmati sejak pertama kali masuk ke kawasan pantai. Pepohonan yang menjulang tinggi akan menyambut dengan semilir angin yang sejuk. Bila dilihat lebih dalam, kawasan ini bisa dibilang 11:12 lah dengan pantai di pulau dewata.

Tidak berlebihan memang bila banyak wisatawan menyukai kawasan ini. Karena, selain pasirnya yang putih. Seluruh tempat di pantai ini bersih.

Jarang sekali, kotoran yang terlihat. Seluruh petugas kebersihan bekerja dengan sekuat tenaga untuk membersihkan sampah-sampah. Mereka pun juga tak segan mengingatkan kepada pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya.

Walaupun terlihat tenang. Namun ombak di sini tidak kalah ganasnya dengan ombak di pantai selatan. Pernah suatu hari pantai ini ditutup karena ombaknya yang tidak bersahabat. Jadi, saat berkunjung ke sini harus hati-hati ya. Patuhi aturan yang sudah ditetapkan. Lihat juga: destinasi wisata pantai baru bantul yang cocok dijadikan destinasi wisata keluarga.

Menikmati Wahana

Salah satu daya tarik dari kawasan ini adalah adanya penyewaan ban. Jadi, wisatawan yang berenang bisa menggunakan ban. Selain itu, wisatawan juga bisa memanfaatkan permainan banana boat. Rasakan adrenalin yang akan terpacu saat banana ini memecah ombak-ombak dengan kecepatan tinggi.

Bagi yang suka olahraga jetski, disinilah tempat yang paling tepat untuk menyalurkan keinginan tersebut. Dimana, pihak pengelola menyewakan jetski dengan kondisi yang bisa dibilang sempurna. Selain itu, wisatawan juga bisa belajar olahraga jetski dengan trainer-trainer yang sudah profesional.

Selain itu, ada juga penyewaan perahu kano dan ATV. Kedua fasilitas pantai bandengan ini tidak boleh dilewatkan. Karena, mampu menciptakan keseruan maksimal. Oleh karena itu, sisihkan uang wisatawan untuk menyewa keduanya. Simak juga review kami lainya yang membahas destinasi Pantai Depok yang berlokasi di bantul.

Menikmati Suasana

Malas dengan berbagai macam aktifitas yang ditawarkan? Wisatawan bisa bersantai sembari menikmati alunan melodi yang syahdu. Atau, bisa juga bercengkrama dengan teman dan keluarga sembari melihat birunya air laut yang mengesankan.

Disarankan bagi wisatawan yang ingin menikmati gazebo ini dengan membawa bekal dari rumah. Kemudian, menyantapnya di saung atau gazebo ini. kehangatan keluarga yang akan selalu menjadi impian tak akan terlupakan di pantai Bandengan.

Pantai Bandengan adalah kawasan utama untuk menyelenggarakan berbagai macam festival atau acara menarik. Seperti halnya motorcross, festival layang-layang dan masih banyak lagi. Jadi, jangan lewatkan kegiatan ini dijamin seru. Simak juga: Pantai Carocok dengan pemandangan alamnya yang mempesona.

Alamat Dan Rute Lokasi Pantai

rute lokasi pantai bandengan
foto: https://www.instagram.com/dykart_/

Alamat pantai bandengan jepara berada di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Berjarak kurang lebih 7 km dari pusat kota. Arahkan kendaraan menuju ke Jl. Jepara-Bangsri.

Setelah menemukan pertigaan pantai bandengan, lurus terus sampai menemukan gapura selamat datang di pantai Bandengan. Baca juga objek wisata Pantai Cermin di Medan yang mempunyai banyak spot foto menarik.

Maps pantai bandengan

Harga Tiket Masuk

harga tiket masuk pantai bandengan
foto: https://www.instagram.com/yazidm.a/

Pantai ini seakan memiliki sihir dan daya magis yang kuat membuat semua orang ingin kembali lagi dan lagi ke tempat ini. lalu, berapa harga tiket masuknya? Tiket masuk pantai bandengan terbaru adalah 7 ribu untuk week day. Biasanya akan naik menjadi 10 ribu di week end. Tetapi, jangan jadikan patokan. Karena, harga tiket disini bisa naik sewaktu-waktu.

Selain harga tiket masuk, wisatawan pun juga akan dikenakan biaya tambahan jika ingin menikmati beberapa wahana disini. berikut daftar harga wahana yang ada di kawasan pantai bandengan,

  1. Banana Boat : Rp 50.000,-
  2. Sewa Ban : Rp 10.000,-
  3. Jetski : Rp 60.000,-
  4. ATV : Rp 25.000,-/15 menit
  5. Kano : Rp 25.000,-
  6. Sewa tikar : Rp 10.000,-

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau panjang. Wisatawan bisa menyewa perahu yang tersedia disini. untuk harganya kisaran 100 ribuan. Tetapi, itu bukan harga pasti.

Karena, disini wisatawan harus pandai-pandai untuk menawar. Agar mendapatkan harga termurah. Apabila tidak pandai menawar maka, wisatawan akan mendapatkan harga yang harus diikhlaskan. Lihat juga: tempat wisata pantai Pantai Anyer Banten.

Penginapan di Pantai Bandengan

penginapan di pantai bandengan
foto: https://www.instagram.com/mayanovianna/

Saatnya kita menjelajah ke akomodasi. Karena, satu ini juga sangat penting untuk keberlangsungan kenyamanan agenda wisata sobat travel semua. Di sekitar pantai bandengan sudah banyak berdiri penginapan dengan berbagai harga.

Salah satu hotel di pantai bandengan jepara memang memiliki pelayanan yang aduhai. Wisatawan akan dimanjakan seperti layaknya ratu dan raja.

Apalagi, kalau wisatawan memilih menginap di pantai bandengan jepara resort. Fasilitas ini akan memberikan pelayanan yang sempurna bagikan di rumah. Baca juga: Pantai Carita yang tak kalah indahnya.

Resto, Kuliner, dan Oleh-Oleh

Salah satu hal yang paling wajib di kawasan ini adalah menikmati sajian yang sangat nikmat. Wisatawan, bisa memilih berbagai macam menu ikan yang dijamin fresh. Coba saja menu khas kawasan ini yaitu bandeng. Ada dua macam pilihan yang bisa dipilih saat memilih menu makanan ikan. Ada bakar dan juga goreng

Dari segi harga jangan takut. Karena, harganya sangat ramah dengan kantong para backpacker. Jadi, tidak ada salahnya bila wisatawan untuk mencoba makan disiini. Setelah kenyang, wisatawan bisa menikmati beberapa oleh-oleh yang bisa di beli disini. Lihat juga: objek wisata Pantai Bentar.

Pantai Bandengan adalah kawasan yang wajib dikunjungi selain pantai kartini. Disini, wisatawan bisa merasakan bagaimana keindahan dari sudut ke sudut. Berada disini terasa sangat menyenangkan. Apalagi, bila berkunjung ke sini bersama dengan keluarga, pasti terasa sangat berbeda. Ayo, datang dan nikmati keindahanya yang sempurna dari kawasan utara Jepara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here