Pulau Panjang menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Jepara yang dimana letaknya persis berada disebrang sebelah barat Pantai Kartini. Wisata di Jepara satu ini di kategorikan sebagai pulau-pulau kecil dengan panorama alam yang dimilikinya begitu luar biasa.

Destinasi cantik satu ini merupakan kawasan hutan kota yang juga menjadi tempat perkembangbiakan alami satwa laut dan darat. Terumbu Karang, tumbuhan Lamun, Ikan Karang, Mangrove dan masih banyak lagi yang bisa anda saksikan di Pulau Panjang Jepara.

Jika anda menginginkan sensasi liburan dan rekreasi yang anti mainstream, maka Pantai Pulau Panjang di Jepara inilah jawabannya. Berbagai keseruan serta daya tarik yang dimiliki siap memanjakan setiap wisatawan yang singgah di Pulau Jepara menarik ini.

Harga Tiket Masuk Pulau Panjang

harga tiket masuk pulau panjang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117348043256739553985

Jepara memang dikenal dengan kota yang kaya akan wisata bahari menakjubkan dan bahkan jumlahnya pun melimpah. Terutama pantai yang pilihannya cukup beragam sebagai tempat favorit untuk merileksasi diri dengan bersantai, bermain dan jalan-jalan.

Saat anda berada di Kota Jepara maka wisata Pulau Panjang jangan sampai dilewatkan ragam hal-hal asyik di dalamnya. Dan untuk bisa mencapai pulau yang ciamik ini maka diharuskan untuk menyeberangi lautan terlebih dahulu melalui Pantai Kartini.

Menggunakan transportasi laut seperti perahu wisata atau perahu nelayan dengan biaya yang dipatok antara Rp20.000 – Rp35.000 per orangnya. Sedangkan untuk harga tiket masuk Pulau Panjang sendiri sangatlah terjangkau, yakni hanya sekitar Rp5.000 saja per orangnya.

Selain itu tersedia juga berbagai pilihan aktivitas seru selama berada di Pulau Panjang. Yang bisa anda lakukan bersama teman, sahabat, keluarga dan orang-orang tercinta dengan diantaranya meliputi :

  • Paket Gathering Grup : Rp75.000
  • Paket Camping Snorkling : Rp225.000
  • Camping Asyik : Rp125.000
  • Snorkling Package : Rp135.000
  • Outbound Package : Rp95.000

Dan bagi anda yang hendak bermalam disini maka tersedia juga penginapan di Pulau Panjang dengan biaya yang cukup terjangkau. Harga per malam penginapan di Pulau Panjang mulai dari 100.000 hingga 800ribuan aja.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat pulau panjang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103220321588652843057

Lokasi Pulau Panjang tepat berada di depan/mulut Teluk Awur, Perairan Jepara. Dimana luas kawasannya mencapai 19 hektare dengan sajian pantai pasir putih, terumbu karang serta pohon-pohon liar di dalamnya.

Untuk alamat Pulau Panjang sendiri terletak di Kelurahan Ujungbatu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Perjalanan menuju Pulau Panjang menggunakan transportasi laut dari Dermaga Taman Rekreasi Pantai Kartini membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Dengan catatan kondisi perairan dalam keadaan normal, jika tidak demikian maka waktu yang perlu ditempuh pun bisa saja lebih lama. Sedangkan untuk menuju dermaga di Pantai Kartini dari Alun-Alun kota hanya berjarak 2 km, dengan waktu tempuh 5 menit saja.

Maps dibawah ini dapat anda akses agar perjalanan ke Pulau Panjang semakin mudah dan menyenangkan. Jadi anda tak perlu khawatir dan bingung ketika belum pernah kesini sehingga tidak tahu jalan.

Datang juga ke –> Air Terjun Banyu Anjlok

Fasilitas

fasilitas pulau panjang
Foto : https://www.instagram.com/shinsia_bella/

Tempat wisata Jepara satu ini sangatlah populer dan tak pernah sepi wisatawan, terutama saat musim liburan. Banyak pelancong dari berbagai daerah menyempatkan diri datang ke Pulau Panjang untuk menikmati keindahannya.

Telah di dukung dengan berbagai sarana penunjang yang bisa pengunjung manfaatkan ketika liburan. Berikut fasilitas Pulau Panjang yang diantaranya adalah :

  • Dermaga penyebarangan
  • Area parkir/penitipan kendaraan
  • Pusat informasi wisata
  • Kamar mandi / MCK
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Camping area
  • Warung aneka kuliner
  • Persewaan alat camping
  • Bermain snorkeling
  • Paket wisata outbound
  • Penjaja ragam jajanan
  • Banyak penginapan
  • Spot foto menarik

Berkeliling menyusui pulau, berkemah di tepi pantai, snorkeling menikmati alam bawah laut merupakan hal-hal menyenangkan yang wajib anda coba disini. Kondisi alam yang masih sangat terjaga semakin menambah rasa nyaman wisatawan saat berada di Pulau Panjang.

Kunjungi juga –> Karimun Jawa

Spot Terbaik di Pulau Panjang

spot terbaik di pulau panjang
Foto : https://www.instagram.com/pulaupanjang_jepara/

Kegiatan berburu foto menjadi aktivitasnya yang kategorinya wajib dan jangan sampai anda lewatkan. Bagaimana tidak? ada banyak sekali pemandangan elok serta panorama cantik di Pulau Panjang guna anda jadikan background saat selife maupun foto bersama.

Hamparan pasir putih pada pantai Pulau Panjang misalnya yang menjadi salah satu spot favorit pengunjung untuk berswafoto. Dan ketinggalan, saat bermain snorkeling pun patut anda coba guna menghasilkan foto dengan latar belakang alam bawah laut yang menakjubkan.

Berbagai sudut menarik bisa anda coba semuanya untuk mendapatkan hasil foto yang instagenic. Rangkum setiap momen menyenangkan dengan menjadikan spot terbaik di Pulau Panjang sebagai background kece foto anda.

Maka dari itu saat berencana datang ke Pulau Panjang Jepara jangan sampai kelupaan untuk membawa kamera ya. Atau paling tidak smartphone kesayangan anda guna merekam setiap hal-hal seru selama rekreasi disini.

Review sebelumnya –> Pantai Kartini

Tips Berkunjung

tips berkunjung pulau panjang
Foto : https://www.instagram.com/sabrinamanalu/
  • Rencanakan perjalan wisata ke Pulau Panjang pada saat musim panas agar lebih maksimal.
  • Tidak disarankan berkunjung ke Pulau Panjang ketika cuaca buruk dan tidak mendukung kegiatan alam.
  • Persiapkan fisik dalam keadaan sehat dan baik agar bisa explore semua keseruan di Pulau Panjang supaya lebih berkesan.
  • Tetap berhati-hati dan selalu waspada demi keberlangsungan liburan yang aman dan sesuai harapan.
  • Ikut serta menjaga kebersihan dan kelestarian alam Pulau Panjang agar tetap asri serta indah.

Jadi itulah tadi sudah anda simak informasi singkat mengenai wisata pantai Pulau Panjang di Jepara yang rekomended sebagai tujuan bersenang-senang. Landscape alam yang menawan tentu menjadi suguhan utama dalam setiap aktivitas wisatawan selama liburan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × 2 =