Tempat wisata di Demak adalah salah satu yang banyak dicari oleh orang-orang yang suka sekali bepergian dan travelling. Meski Demak adalah kota yang tidak begitu populer seperti Bandung maupun Yogyakarta. Namun destinasi wisata di kota ini cukup banyak dan menarik sekali untuk dikunjungi.

Mulai dari pantai, museum, taman hingga bangunan bersejarah, semua bisa Anda telusuri ketika datang ke kota Demak. Jadi, penasaran kira-kira tempat wisata apa saja sih yang bisa dijelajahi di kota yang terkenal dengan sebutan “Kota Wali” ini?

Berikut daftar tempat wisata di Demak yang populer untuk dikunjungi ketika Anda sedang berada di kota yang menarik ini :

1. Pantai Morosari

wisata demak terbaru
Foto : https://www.instagram.com/wiy_cla/

Wisata di Demak pertama yang perlu Anda kunjungi adalah pantainya. Nah, di Demak sendiri ada sebuah pantai bagus bernama Morosari. Pantai yang indah ini berlokasi di Bedono dan tarif masuknya masih terbilang sangat murah, yakni Rp 5000 saja.

Selain menyajikan keindahan wisata pantainya yang masih sangat alami. Objek wisata di Demak satu ini memiliki banyak fasilitas yang terbilang masih sangat lengkap.

Mulai dari area untuk camping, gazebo untuk menikmati indahnya pemandangan, parkir yang luas hingga spot foto yang estetik.

Pantai ini terbukti meningkatkan mood, lho! Deburan ombak di Pantai Morosari bisa menjadi melodi yang sempurna untuk membantu Anda lebih rileks dari kepenatan sehari-hari.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa tidak ada penangkal stres yang lebih baik daripada laut. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang menghabiskan banyak waktu di sekitar perairan mengalami perasaan “tekanan psikologis” yang lebih rendah. Dan memiliki rasa santai secara mental.

Terlebih lagi, sinar matahari atau kurangnya sinar mataharibenar-benar dapat memengaruhi suasana hati Anda. Jadi, kalau Anda merasa sedang penat dan mencari sebuah destinasi yang menarik di sekitar Demak. Cobalah untuk pergi ke wisata alam dengan mengunjungi pantai Morosari.

2. Taman Mangrove Morosari

wisata di demak yang lagi hits
Foto : https://www.instagram.com/bambinkchan/

Wisata alam Demak yang harus Anda jadikan referensi wisata selanjutnya adalah Taman Mangrove Morosari. Berlokasi di Sayung Demak, Anda bisa menyaksikan beragam pohon mangrove yang indah dan meneduhkan.

Perjalanan ke Taman Mangrove dijamin akan menenangkan pikiran Anda, mencegah stres dan membuat Anda melupakan masalah sehari-hari. Manfaat kesehatan yang Anda dapatkan dengan berwisata di Taman Mangrove jauh lebih besar dibandingkan dengan ke tempat lain.

Ada lebih banyak efek yang meningkatkan mood Anda, apalagi udara di sekitar sendiri masih bersih dan bagus untuk tubuh. Nah, untuk bisa masuk ke Taman Mangrove, setiap pengunjung akan dikenakan biaya Rp. 5.000 saja per orangnya, murah sekali lho tiket segitu.

Jika Anda bersama teman-teman berangkat dari pusat kota Demak dan ingin menuju ke Taman Mangrove. Maka jarak yang nantinya akan Anda tempuh adalah sekitar 21 km, Lumayan jauh ya?

Memang Taman Mangrove Morosari ini lokasinya lebih dekat dengan Genuk, Semarang. Tempat wisata di Demak satu ini juga sering dijadikan alternatif wisata warga Semarang.

Kalau Anda sedang stress dan butuh destinasi wisata terbaik di Demak, cobalah untuk datang ke Taman Mangrove Morosari ini. Perjalanan ke taman ini akan menenangkan suasana hati Anda secara efektif dan merevitalisasi dari efek stres.

Perjalanan ke tempat wisata alam di Demak ini bisa meningkatkan ketenangan, ketentraman, kebahagiaan, rasa aman. Serta mengurangi perasaan cemas, terutama pada pengunjung yang berusia 26-50 tahun.

3. Masjid Agung Demak

wisata di demak jawa tengah
Foto : https://www.instagram.com/indrasetiawan5489/

Obyek wisata di Demak yang sangat populer dan harus Anda kunjungi kalau sudah berada di kota ini adalah Masjid Agung. Masjid Agung Demak sendiri adalah salah satu tempat ibadah umat Islam yang paling tua di negara ini.

Berlokasi di desa Kauman, Bintoro, tempat ibadah ini mempunyai berbagai macam tiang dengan motif uliran yang bagus sekali. Tiang yang ada di masjid ini juga dijadikan sebagai penyangga bangunan.

Ketika Anda menginjakkan kaki di masjid ini, maka Anda akan menyaksikan 2 beduk yang sangat besar. Dengan ukuran mencapai 3,5 x 2,5, Nah, keunikan dari Masjid Agung ini adalah jumlah pintunya ada 5.

Jumlah pintu tersebut mencoba merepresentasikan rukun Islam. Adapun di dalam masjidya nanti, Anda bisa melihat sebuah kompleks yang berisi makam para raja Demak. Ada 1 makam fenomenal di Masjid Agung Demak ini, yakni Raden Fatah dengan keluarganya.

Masjid Agung Demak sendiri dibangun oleh Sunan Kalijaga, yang menjadi tokoh penting penyebar agama Islam di Indonesia. Dan ia juga menjadi bagian dari anggota Wali Songo.

Fitur masjid Agung Demak sangatlah indah dan berkelas, merepresentasikan kebudayaan Indonesia. Ya, Masjid Agung Demak adalah contoh klasik dari masjid tradisional Jawa.

Tidak seperti masjid di Timur Tengah yang dibangun dari kayu. Atapnya yang berjenjang ditopang oleh empat tiang kayu jati yang sangat besar.

Artinya masjid ini agak kecil jika dibandingkan dengan banyak masjid modern Indonesia. Atapnya yang berjenjang menunjukkan banyak kemiripan dengan struktur religi kayu dari peradaban Hindu-Budha di Jawa dan Bali.

Depan Masjid Agung Demak sendiri terdapat sebuah alun-alun yang seringnya menjadi tempat nongkrong di Demak ketika malam hari tiba. Jadi, jika Anda sedang bepergian ke Demak, cobalah untuk mampir di Masjid Agung dan juga alun-alunnya yang ramai.

4. Grebeg Besar Demak

Tempat nongkrong di Demak
Foto : https://www.instagram.com/papaemika/

Jika Anda sedang mencari sebuah alternatif wisata budaya yang memukau di Demak, cobalah untuk mengikuti acara Grebeg Besar Demak. Jadi, Grebeg Besar ini sebenarnya bukanlah tempat wisata, melainkan sebuah kegiatan yang mengandung nilai tradisional.

Jadi, Grebeg Besar sendiri adalah acara kebudayaan yang masih bersifat sangat tradisional dan memang ciri khasnya kota ini. Nah, tradisi Grebeg Besar sendiri selalu diselenggarakan setiap tahun, tepatnya tanggal 10 bulan Dzulhijah atau ketika hari raya Idul Adha.

Biasanya Grebeg Besar ini akan mengadakan sebuah karnaval atau bisa juga disebut dengan Kirab Budaya. Nah, Kirab Budaya ini selalu dilaksanakan dari Pendopo Demak sampai menuju Makam Sunan Kalijaga.

Kira-kira perjalanan kirab yang akan ditempuh adalah sejauh 2 km. Adapun tujuan dari menyelenggarakan Kirab Budaya sendiri adalah karena ingin sekali mengenalkan kepada masyarakat tentang apa itu Islam.

Jadi, Kira Budaya dahulu juga sering digunakan oleh Wali Songo sebagai metode pendekatan untuk mengenalkan Islam pada masyarakat sekitar. Jadi, ajaran mengenai Islam akan disisipkan di berbagai acara syiar keagamaan sehingga masyarakat akan menyadarinya sendiri tanpa harus dipaksa.

Setidaknya, ada banyak agenda yang dilakukan dari Grebeg Besar selain Kirab Budaya yakni :

  • Menggelar acara pasar malam untuk rakyat yang dilaksanakan di Tembiring Jogo Indah
  • Mengadakan ziarah ke Sunan Kalijaga dan raja-raja Demak
  • Membuat acara selametan bernama Tumpeng Songo
  • Mensucikan berbagai macam pusaka yang ditinggalkan oleh Sunan Kalijaga yang dinamakan jamasan.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Pati memiliki beragam destinasi terbaru dengan pesonanya yang menawan.

5. Makam Sunan Kalijaga

tempat wisata di demak
Foto : https://www.instagram.com/cak.sonn/

Wisata di Demak Jawa Tengah yang selalu ramai oleh pengunjung adalah Makam Sunan Kalijaga. Makam Sunan Kalijaga yang berada di Kadilangu ini memang menjadi wisata religi paling populer di Indonesia.

Dalam agama Islam, nama Sunan Kalijaga sendiri sangat tersohor karena menjadi orang penting dalam menyebarkan agama yang penuh damai ini. Sosoknya sangat diagungkan oleh masyarakat Jawa karena berkat usaha Sunan Kalijaga ini, Islam mulai dikenal di pulau Jawa.

Nah, Sunan Kalijaga sendiri memiliki pendekatan dakwah dengan akulturasi budaya sehingga membuat masyarakat Jawa mudah sekali menerima agama Islam. Dalam dakwahnya, Sunan Kalijaga menjadikan wayang sebagai medianya untuk berdakwah.

Sunan Kalijaga membuat perumaan bahwasannya wayang ini merupakan simbol dari perwujudan manusia. Jadi, hidup dan matinya para tokoh wayang ini tergantung dengan dalang.

Adapun dalang sendiri merupakan kepanjangan dari kata “ngudal piwulang”. Yang artinya adalah orang dengan tugas menyebarkan ilmu kehidupan dan juga agama. Setelah sukses mengenalkan Islam kepada masyarakat Jawa dan wafat, maka Sunan Kalijaga dimakamkan di Kadilangu.

Makam beliapun menjadi sebuah wisata religi yang selalu ramai oleh pengunjung. Baik yang datang dari luar kota maupun masyarakat Demak sendiri.

Selain bisa berziarah di dalam makam, ada juga berbagai pedagang di luar area makam. Yang menjual berbagai suvenir menarik dan oleh-oleh khas Demak.

Mulai dari jenang, dodol, tasbih hingga sarung, semua ada di kawasan makam ini. Dan bisa menjadi tempat alternatif untuk mencari buah tangan di Demak.

6. Kelenteng Poo An Bio Demak

wisata alam demak
Foto : https://www.instagram.com/demakhariini/

Wisata Demak terbaru yang bagus untuk Anda kunjungi kalau berada di kota wali ini adalah Kelenteng Poo An Bio. Atau juga dikenal dengan nama Vihara Budhi Luhur.

Meskipun dikenal dengan kota yang Islami, namun ada juga lho destinasi religi lainnya yang tidak kalah menarik untuk Anda kunjungi.

Vihara satu ini mempunyai nama lain Budhi Luhur dikarenakan adanya kebijakan ketika zaman orde baru. Jadi, awalnya vihara ini adalah tempat ibadahnya penganut agama Tri Dharma, lalu kemudian dialihkan menjadi Budha.

Hal yang unik dari bangunan kelenteng ini adalah arahnya ini menghadap ke barat dan dekat sekali dengan pinggir laut Demak. Kelenteng atau vihara ini juga dekat sekali dengan Makam Sunan Bonang, atau hanya berjarak sekitar 15 km saja.

Jadi, kalau Anda datang ke vihara ini, maka Anda bisa menyaksikan pemandangan laut secara langsung. Kelenteng Poo An Bio ini mempunyai arah ke laut langsung, yang konon menjadi tempat untuk bersembahyang Mak Co.

Dalam Tionghoa, Mak Co sendiri adalah seorang Dewi Laut yang menolong orang-orang yang melaut. Sosoknya juga menjadi seorang pelindung yang mengayomi para etnis Tionghoa yang hidup di kawasan selatan Tiongkok.

Sosok Mak Co juga dipercaya melindungi orang imigran yang hidup di wilayah Asia Tenggara. Itulah mengapa Kelenteng Poo An Bio ini bangunannya menghadap langsung ke laut.

Salah satu keindahan dari kelenteng Mak Co sendiri adalah adanya sebuah altar cantik. Yang menjadi lokasi sembahyang Mak Co Altar inilah yang menjadi tempat utama beribadah.

Hadirnya kelenteng ini menjadi salah satu wujud ungkapan syukur dari leluhur Tionghoa. Menurut cerita, kelenteng ini sering menjadi tujuan para masyarakat Tionghoa yang lelah mengarungi lautan dan ingin menemukan sebuah daerah baru.

7. Museum Masjid Agung Demak

wisata demak
Foto : https://www.instagram.com/soesie_zhio/

Tempat wisata di Demak, Jawa Tengah yang dekat dengan alun-alun atau pusat kota Demak adalah Museum Masjid Agung. Museum ini bisa Anda kunjungi setuap hari dimulai pukul 08.00 sampai 17.00, ya!

Kalau Anda memang menyukai sekali wisata sejarah, maka cobalah untuk datang ke musum ini. Karena ada banyak sekali berbagai macam barang peninggalan raja-raja Demak. Jika ditotal, setidaknya ada 60 koleksi benda sejarah yang bisa Anda lihat di sini.

Museum Masjid Agung Demak sendiri memilih luas sekitar 16 meter2. Anda yang ingin sekali mengamati benda-benda peninggalan yang bersejarah, maka jangan lewatkan museum satu ini.

Museum Masjid Agung Demak sendiri tidak hanya sekadar ruang pameran benda-benda kuno. Bangunan ini hidup karena merupakan perwujudan warisan budaya dan nasional. Berbagai artefak sejarah menjadi pengingat bagaimana Islam dikenal hingga sekarang.

Anda dapat melihat bagaimana kehidupan di masa Perang Revolusi. Anda dapat menemukan bagaimana negara kita terbentuk.

Setiap artefak di museum mengisahkan sebuah cerita. Ya, setiap barang yang dikoleksi di museum ini memberikan cerita yang mungkin tidak bisa Anda dapatkan di manapun.

Anda dapat melihat, menyentuh, mendengar, dan merasakan kisah-kisah Wali Songo dan raja-raja Demak dalam menyebarkan Islam melalui koleksi benda-benda peninggalan.

Berbagai peninggalan yang ada di museum ini akan membangkitkan rasa penasaran, pengetahuan dan kreativitas Anda.

Museum membantu membuka potensi tersembunyi Anda melalui koleksi benda yang dipamerkan. Dengan mengunjungi museum, Anda benar-benar memperluas wawasan sejarah dan pikiran Anda.

Dan karena itulah wisata sederhana di museum ini terbukti menjadi bagian berharga. Yang jangan sampai terlewatkan ketika Anda sedang berada di Demak.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Kudus dengan banyak pilihan destinasi menarik untuk anda kunjungi dan telusuri keindahannya.

8. Brown Canyon Demak

wisata di demak
Foto : https://www.instagram.com/agus_moelyo/

Tempat wisata di Demak terbaru yang viral belakangan ini dan patut untuk Anda kunjungi adalah Brown Canyon Demak. Sebagaimana Grand Canyon yang ada di Amerika, disini juga memiliki view yang hampir menyerupai wisata disana.

Wisata terbaru di Demak ini cukup populer dan banyak dijadikan tujuan destinasi oleh anak-anak muda yang mencari spot foto. Berlokasi di Mranggen, kawasan wisata ini menampilkan bangunan megah yang estetik dengan pemandangan perbukitan hijau yang masih natural.

Sebenarnya destinasi Brown Canyon Demak ini adalah hasil dari bekas penambangan yang tidak terurus. Dan kemudian jadilah sebuah bangunan yang hampir menyerupai Grand Canyon.

Hingga kemudian warga Mranggen mengelolanya menjadi destinasi wisata lokal. Dengan menambahkan beberapa fasilitas tambahan berupa kamar mandi, parkir yang luas dan tempat untuk beristirahat.

Nah, ada baiknya jika Anda datang ke sini membawa kamera yang mendukung. Karena memang keistimewaan dari Brown Canyon ini adalah pemandangannya yang eksotis dan estetik.

Anda bisa berburu banyak spot foto sepuasnya dengan background kemegahan Brown Canyon ini.

Tebing-tebing yang ada di Brown Canyon ini memang menjadi nilai jual wisata Demak satu ini. Tidak heran jika anak muda hingga dewasa mengunjungi tempat wisata wisata di Demak yang lagi hits ini ketika libur.

9. Makam Raja Demak

wisata terbaru di demak
Foto : https://www.instagram.com/wisatajateng/

Destinasi wisata yang juga jangan sampai Anda lewatkan kalau sudah berada di kota wali ini adalah Makam Raja Demak. Di makam inilah disemayamkan Raden Fatah, sosok yang sangat berperan penting dalam menyebarkan agama Islam di pulau Jawa ini.

Jadi, di Makam Raja Demak ini, Anda tidak hanya bisa berziarah ke makam Raden Fatah saja. Ada juga Raden Pati Unus dan Trenggono yang turut disemayamkan di sini.

Sultan Demak I Raden Patah juga disemayamkan di Makam Raja Demak, para istri dan anak-anaknya juga ada di sini.

Bahkan maka dari Syekh Maulana Maghribipun bisa Anda temukan di sini. Kemudian, ada juga seorang putri dari Kerajaan Champa, Vietnam atau ibunya Raden Patah berada di kawasan makam ini.

Nah, setiap batu nisan yang ada di kompleks pemakaman sendiri berbeda-beda ya dari warna dan ukurannya. Mulai dari warna coklat, orange hingga putih, setiap makam memiliki nisan yang dibedakan berdasarkan warna.

Misalnya, makam dari Raden Patah, memiliki nisan yang lebih tinggi dengan warna coklat muda. Lalu, makam lainnya akan memiliki ketinggian yang berbeda dengan Raden Patah dan warna nisannya pun juga akan dibedakan.

Nah, uniknya adalah makam Raden Patah ini tidak mempunyai cungkup, berbeda dengan dua raja Demak lainnya. Hal ini dikarenakan Raden Patah tidak berkenan makamnya dihias dengan cungkup karena memang beliau ada sosok yang mencintai kesederhanaan.

10. Pantai Surodadi Demak

objek wisata di demak
Foto : https://ranggawisata.com/

Siapa sih yang tidak suka memiliki lebih banyak waktu berkualitas bersama keluarga dan teman? Semua orang pasti ingin memiliki waktu panjang dan berkualitas bersama orang yang disayang. Dan tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu itu adalah pantai.

Ya, pantai adalah tempatnya, pantai Surodadi sendiri adalah sebuah tempat wisata anak di Demak. Dan juga menjadi destinasi menarik untuk keluarga yang menyukai pantai.

Berlokasi di Surodadi, kawasan wisata ini tidak memiliki ombak yang berbahaya dan garis pantainya tidak begitu panjang. Sehingga aman sekali jika digunakan anak-anak untuk bermain.

Tempat wisata keluarga di Demak ini selalu menjadi alternatif untuk para wisatawan yang sedang mencari destinasi murah dan mudah diakses. Walau fasilitas yang disediakan di Pantai Surodadi ini terbilang masih minim, namun keindahan yang diberikan layak untuk diapresiasi.

Anda tidak akan rugi kok mengunjungi Pantai Surodaddi Demak ini. Karena memang tempat wisata satu ini menawarkan pemandangan yang cukup memukau.

Jangan lupa untuk berenang di pantai ini mengingat kawasan wisata satu ini aman sekali dijadikan tempat bermain air.

Apalagi air laut memiliki kualitas luar biasa dalam hal penyembuhan alami. Orang yang menderita psoriasis dan eksim sering menemukan kandungan mineral laut dapat memperbaiki kondisi kulit mereka.

Kalau Anda suka makanan laut, kawasan Pantai Surodadi juga menyediakan berbagai macam makanan laut. Hanya beberapa meter saja dari pinggir pantai.

Liburan Anda akan terasa lebih lengkap dengan menikmati makanan khas laut olahan warga lokal Demak.

Berwisata di Demak adalah salah satu alternatif yang harus Anda lakukan jika sedang mencari tempat-tempat religi. Namun dengan bangunan yang estetik dan menarik dikunjungi. Demak memang dikenal dengan wisata sejarah dan religinya yang sangat banyak.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Jepara terbaru dan hits banget untuk liburan.

Anda yang bingung ingin berkunjung ke mana saja kalau sudah di kota wali ini. Mungkin 10 tempat wisata di Demak di atas bisa menjadi solusi Anda untuk rekreasi bersama keluarga dan juga teman-teman.

Jangan lupa untuk selalu siapkan perjalanan wisata Anda dengan serapi mungkin agar lebih efisien.

Travel Vlog Jeep Adventure Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here