Wisata Probolinggo merupakan salah satu tempat wisata favorit bagi wisatawan baik lokal maupun luar daerah, tidak sedikit tempat wisata di Probolinggo sukses menarik wisatawan luar negeri dan mampu menompang perekonomian masyarakat sekitar. Kota Probolinggo sendiri merupakan sebuah kota dengan jumlah penduduk terbesar ke-empat, jika ditempuh dari kota Surabaya memerlukan jarak tempuh 100 km.

Jika kita pernah mendengar kota manggur mungkin merupakan sebuah sebutan untuk kota Mangga dan Anggur yaitu probolinggo karena di kota tersebut produksi buah mangga dan anggur cukup besar di banding kota lainnya, Kota probolinggo juga mendapat predikat kota Seribu Taman karena lingkungan yang bersih dan tatanan hijau kota.

Dibalik kebersihan dan penghasil buah mangga dan anggur yang besar ternyata wisata Probolinggo menjadi perhatian tersendiri bagi masyarakat Indonesia, ada beberapa tempat wisata di Probolinggo yang perlu anda kunjungi, sebagian dari tempat wisata tersebut sudah banyak dikenal oleh masyarakat karena keindahan dan kemewahannya, berikut daftar tempat wisata di Probolinggo yang wajib anda kunjungi saat liburan.

Tempat Wisata di Probolinggo

Gunung Bromo

gunung bromo

Gunung Bromo memang berada di 4 wilayah salah satunya di Probolinggo, gunung dengan ketinggian 2.392 meter ini masih aktif dan terkenal sebagai tempat wisata di Jawa Timur dengan pengunjung terbanyak pada saat liburan, tidak hanya masyarakat sekitar yang datang ke tempat ini namun juga wisatawan luar negeri ikut datang ke tempat ini, untuk lebih lengkap tentang gunung bromo silahkan baca Wisata Gunung Bromo.

Gunung Argopuro

gunung argopuro

Gunugn Argopuro juga menjadi tempat wisata favorit yang ada di Probolinggo, gunung ini merupakan bekas gunung berapi aktif dengan ketinggian 3.088 meter, gunung yang memiliki beberapa puncak ini memang banyak dikunjugi oleh wisatawan terutama puncak Rengganis, Gunung ini memiliki sisa peninggalan purbakala dan menjadi penelitian hingga sampai saat ini yaitu puncak berundak.

Pantai Bentar

pantai di probolinggo

Tempat wisata di Probolinggo selanjutnya adalah Pantai Bentar, pantai ini menjadi unggulan di kota manggur dengan daya tarik penampakan hiu tutul dan whale shark. Tempat ini ramai oleh wisatawan yang biasa datang pada bulan Januari hingga Maret karena pada saat itu banyak bermunculan hiu hiu tersebut.

Pulau Gili Ketapang

wisata probolinggo

Tunggu, sedang memuat. . .

Salah satu wisata di Probolinggo yang indah adalah Gili Ketapang, pulau ini berada di Selat madura dan hanya berjarak 8 km dari bibir pantai Probolinggo, pantai yang indah di Gili Ketapang membuat kesan tersendiri dan tidak ditemukan di tempat lain, di pulau ini anda dapat menikmati snorkeling bawah laut, terumbu karang dan indahnya biru laut.

Air Terjun Madakaripura

air terjun

Air terjun di Probolinggo yang paling terkenal adalah air terjun Madakaripura yang berada di Kecamatan Lumbang, tempat ini masih dalam kawasan Taman nasional Bromo Tengger Semeru, pemandangan yang indah membuat tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan terutama pada saat hari libur.

Air Terjun Umbulan

air terjun probolinggo

Air terjun Umbulan juga salah satu wisata unggulan di Probolinggo, air terjun ini pernah menjadi nominasi air terjun tercantik di Indonesia, air terjun ini terletak di Desa Sukapura, Probolinggo dan tidak jauh dengan air terjun Madakaripura. Selain air terjun ini masih banyak air terjun lainnya di Probolinggo diantaranya adalah :

  • Air terjun watu lawang yang berada di Desa Ngepung
  • Air terjun triban yang juga berada di Desa Ngepung
  • Air terjun kedung amis
  • Air terjun Sumber pakis II
  • Air terjun darungan
  • Air terjun kali pedati

Arung Jeram Sungai Pekalen

arum jeram di probolinggo

Sungai pekalen menjadi wisata tersendiri bagi pecinta olah raga air yaitu arung jeram, sungai yang mengalir di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Tiris, Maron dan Gading ini dapat ditempuh 25 km dari pusat Probolinggo, banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk rafting dengan keluarga.

Danau Ronggojalu

wisata di probolinggo

Danau Ronggojalu merupakan seubah danau untuk menampung air bersih untuk sarana pertanian maupun mata air industri dan rumah tangga, selain sebagai sumber air tempat ini menjadi tempat wisata di Probolinggo yang banyak dikunjugi oleh masyarakat terutama masyarakat lokal, pada hari minggu disekitar bibir danau banyak keluarga yang datang untuk refresing pikiran dan keluarga.

Danau Agung

tempat wisata di probolinggo

Danau Agung juga menjadi wisata Probolinggo favorit berikutnya, danau ini terbentuk dari letusan gunung berapi Lamongan dan sampai sekarang masih aktif, danau ini memiliki pemandangan luar biasa untuk dilihat, terletak di Desa Ranu Agung, Kecamatan Tiris.

Wisata Mangrove BJBR Probolinggo

wisata probolinggo

Wisata mangrove BJBR Probolinggo merubpakan sebuah hutan mangrove untuk wisata pendidikan yang paling utama, terletak di pesisir pantai Mayangan, BJBR sendiri memiliki kepanjangan Beejay Bakau Resort ini diresmikan pada tahun 2013 dan menjadi tempat wisata yang unik untuk dikunjungi.

Museum Probolinggo

museum di probolinggo

Museum di Probolinggo yang paling terkenal adalah museum yang terletak di Jalan Suroyo no. 7 Probolinggo, museum ini memiliki benda-benda bersejarah yang memegang penting dalam sejarah adanya kota Probolinggo, wisata pendidikan satu ini banyak dikunjugi terutama oleh siswa siswi di Kabupaten Probolinggo.