Taman Rakyat Slawi merupakan sebuah ruang terbuka hijau dalam rangka memenuhi kebutuhan sosial masyarakat Tegal dan juga sekitarnya. Resmi beroperasi sejak 2013 dan hingga saat ini wisata Taman Rakyat Slawi selalu ramai akan pengunjung khususnya saat akhir pekan.

Wisata Tegal Kota satu ini juga sering disebut dengan nama ‘Trasa’ yang merupakan singkatan dari Taman Rakyat Slawi Ayu. Taman Tegal hits satu ini menjadi salah satu wadah untuk pengunjung yang ingin rekreasi, olahraga, dan juga menonton pertunjukan seni.

Selain itu Taman Rakyat Slawi Tegal juga mewadahi beberapa para pelaku UMKM agar bisa memperkenalkan produknya secara luas. Saat anda tengah berada di Kota Tegal, maka sempatkanlah waktu sejenak untuk explore wisata Taman RTH yang populer satu ini.

Harga Tiket Masuk Taman Rakyat Slawi

harga tiket masuk Taman Rakyat Slawi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111067465182414966048

Trasa (Taman Rakyat Slawi Ayu) di Tegal Jawa Tengah ini terdiri dari tiga bagian utama atau shelter. Yang dimana shelter utara diperuntukkan bagi pelaku UMKM dengan menjual produk oleh-oleh, cenderamata dan kerajinan khas Kota Tegal.

Sedangkan pada bagian tengah di khususkan untuk kegiatan-kegiatan masyarakat seperti sarana olahraga, liburan dan juga rekreasi. Terdiri dari panggung yang berjenjang serta pada bagian alas memakai lantai khusus untuk sebagai tempat pertunjukan.

Dan yang bagian selatan berisi pedagang kaki lima atau PKL yang menjajakan makanan siap saji dan bisa anda coba. Untuk bisa merasakan setiap keseruan yang wisata taman Tegal ini sajikan maka setiap pengunjung tak perlu mengeluarkan biaya sama sekali.

Karena harga tiket masuk Taman Rakyat Slawi tidak diberlakukan, alias gratis. Merupakan ruang publik yang bisa wisatawan manfaatkan untuk kegiatan bersantai, bermain bersama keluarga hingga berfoto-foto ria.

Anda pun bisa berkunjung ke taman ini kapanpun, sebab tidak ada jam operasional khusus yang berlaku. Pagi dan sore adalah waktu favorit yang kerap digunakan banyak warga untuk singgah di Taman Kota Tegal satu ini.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat taman rakyat slawi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100193329325251162908

Lokasi Taman Rakyat Slawi terletak pada kawasan yang strategis karena tepat berada di tepi jalan raya. Sehingga taman Tegal ini sangat mudah untuk ditemukan keberadaannya dari arah manapun.

Alamat Taman Rakyat Slawi berada di Jl. Banjaranyar – Tegal, Kelurahan Procot, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah. Dari Alun-Alun Kota Tegal jaraknya kurang lebih sejauh 12 km.

Apabila dari pusat Kecamatan Slawi maka hanya harus menempuh jarak sekitar 750 meter dengan waktu tempuh 9 menit berjalan kaki. Dengan akses jalan yang harus dilalui sudah sangat baik dan beraspal halus sehingga mudah dlintasi semua jenis kendaraan.

Untuk sampai disini para pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti motor, mobil bahkan bis pariwisata sekalipun. Atau bisa juga dengan memakai jasa angkutan umum jurusan Taman Rakyat Slawi yang tersedia.

Meskipun anda sama sekali belum pernah datang ke Trasa Tegal dijamin tak akan menemui kesulitan yang berarti. Dibawah ini tersedia maps yang bisa anda gunakan sebagai petunjuk arah agar bisa sampai ke Taman Rakyat Slawi.

Datang juga ke –> Bahari Waterpark Tegal

Fasilitas

fasilitas taman rakyat slawi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101812278272378514509

Sudah di dukung oleh berbagai sarana penunjang yang cukup memadai dan bisa pengunjung manfaatkan dengan baik. Dan berikut fasilitas Taman Rakyat Slawi di Tegal adalah sebagai berikut :

  • Tempat parkir kendaraan
  • Toilet umum / MCK
  • Fasilitas air bersih
  • Area bermain anak-anak
  • Mushola
  • Penjaja makanan, camilan dan minuman
  • Area berolahraga
  • Tempat duduk
  • Spot foto menarik

Wahana permainan anak yang bisa anda jumpai di wisata Trasa antara lain seperti ayunan, jungkat jungkit, perosotan, dan lain-lain. Yang tak kalah menariknya adalah, banyak pedangan UMKM dan siap memanjakan lidah anda.

Mencicipi dan bersantap aneka olahan makanan yang lezat guna menemani waktu santai anda selama di Taman Rakyat Slawi.

Kunjungi juga –> Pantai Muarareja

Spot Terbaik di Taman Rakyat Slawi

spot terbaik di taman rakyat slawi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108099435792571586612

Mengisi waktu senggang dengan berkunjung ke Trasa Tegal Jawa Tengah dapat menjadi alternatif saat hari libur. Berbagai sajian menariknya dapat pengunjung manfaatkan selama berkegiatan dan melakukan aktivitas disini.

Pengalaman berkesan pasti akan didapatkan ketika mengunjungi ruang terbuka hijau Kota Tegal ini untuk sekedar melepas penat. Agar semakin tak terlupakan maka wajib tuk mengabadikan setiap momen ketika di Trasa melalui berswafoto.

Sudut-sudut menarik Taman Rakyat Slawi dengan desain yang dilengkapi berbagai ornamen uniknya bisa menjadi background foto anda. Rekam semua momen seru ke dalam foto atau video dengan menjadikan spot terbaik Taman Rakyat Slawi sebagai latar belakangnya.

Review sebelumnya –> Danau Beko

Tips Berkunjung

tips berkunjung ke taman rakyat slawi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106373497009949853813

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda simak dan bisa menjadikannya tambahan referensi ketika rekreasi.

  • Karena berada di alam terbuka maka sebaiknya datang kesini pada saat hari cerah dan cuaca yang mendukung.
  • Anda bisa datang pada saat pagi hari untuk olahraga dan rasakan suasana sejuk dengan udaranya yang segar.
  • Ketika Ramadhan tiba, taman ini bisa menjadi sarana untuk ngabuburit dan juga berburu menu takjil.
  • Dilarang keras membuat kotor area taman karena anda tidak membuang sampah sesuai pada tempatnya.
  • Tidak merusak fasilitas umum apalagi mencoret-moncoret area taman dengan tindakan yang merugikan.

Isi waktu senggang anda dengan datang dan berlibur di Taman Rakyat Slawi Ayu atau Trasa agar lebih berwarna. Sekian ulasan singkat membahas tentang ruang terbuka hijau wisata Taman Rakyat Slawi yang rekomended.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 5 =