Rekomendasi 11 Tempat Wisata Di Batang Jawa Tengah Paling Indah – Batang merupakan sebuah kabupaten termuda yang berada di provinsi jawa tengah ini ternyata mempunyai berbagai macam tempat wisata yang menarik, mulai dari wisata alam hingga wisata budaya yang menarik untuk di ekplore lebih luas.

Memang banyak yang belum tahu tentang kabupaten mbatang ini, padahal lokasi berdekatan dengan semarang yang merupakan ibu kota provinsi jawa tengah, jaraknya dari semarag pun cukup dekat yaitu hanya sekitar dua jam perjlanan menggunakan kendaraan bermotor.

selain itu batang juga berbatasan langsung dengan banjarnegara dan wonosobo yang juga mempunyai beragam wisata yang menarik. Oke langsung saja simak ulasan objek wisata menarik di batang yang bisa anda sambangi.

11 Objek Wisata Di Batang Yang Menarik Untuk Di Kunjungi

1. Kebun Teh Pagilaran Batang

Tempat wisata alam di batang

objek wisata di batang yang pertama yaitu kebun teh Pagilaran yang berlokasi di kawasan bukit dieng utara, tepatnya berlokasi di desa keteleng, kec baldo batang. Bukit tinggi dieng sendiri terbagi menjadi beberapa kabuptaten di anataranya yaitu wonosobo banjarnegara dan juga batang.

kawasan tersebut merupakan kawasan perkebunan teh yang mempunyai luas kurang lebih 1,1 hektar dan berada pada ketinggian 1000 mdpl. Dengan menyambangi kawasan wisata alam batang tersebut anda akan di suguhi hamparan hijau kebun teh.

Yang berpadu dengan sejuknya udara ala pegunungan dieng. Selain itu anda juga bisa menyaksikan proses memanen teh yang di lakukan oleh penduduk lokal.

Ketika anda tengah dilanda rasa suntuk ataupun stres, maka datang ke Kebun Teh Pagilaran sepertinya menyangkan. Berjalan menelusuri setiap sudut pekebunannya, dengan tangan sedikit menyentuh area pucuk-pucuk daun teh.

Mengunjung kebun teh dalam rangka liburan menyenangkan dapat anda lakukan pada waktu-waktu terbaiknya. Seperti pagi ataupun sore hari, dimana hari benar-benar sejuk dan anginnya begitu semilir.

Agak berbeda ketika siang hari, yang dimana area perkebunan teh cenderung panas dan juga terik. Jadi tidak masalah kalau datang di siang hari namun mengenakan penutup kepala agar terlindungi dari paparan matahari.w

2. Pantai Ujungnegoro Batang

wisata pantai batang
Pantai Ujungnegoro Batang via : http://2.bp.blogspot.com/

Letaknya kabupaten batang yang berada di daerah pesisir pantai utara jawa memungkin terdapat wisata pantai di kabupaten tersebut. Disebut juga pantai ujungnegoro yang berlokasi di Ds Ujungnegoro Kec Kandemam Batang. Lokasi pantai ini pun mudah di jangkau, yaitu hanya berjarak 7 kilometer dari jalan raya pantura arah semarang menuju pekalongan.

Ciri khas dari pantai ini adalah memiliki pasir pantai yang berwarna coklat. Yang di padukan dengan birunya air laut yang jernih. Pepohonan yang tumbuh di batu batu karang pun semakin membuat panati ini terlihat menarik. Lokasi ini cocok anda kunjungi bersama keluarga ataupun kerabat dekat.

Untuk dapat memasuki area wisata Pantai Batang hits ini anda tak perlu keluar banyak biaya. Karena pada saat ini harga tiket masuk Pantai Ujungnegoro di Batang sebesar Rp5.000 per orangnya. Sedangkan parkir kendaraan sebesar Rp3.000 untuk sepeda motor..

Selain menyuguhkan pemandangan yang begitu menarik, di pantai ini pun terdapat makam. Milik syek maulana magribi yang setiap harinya ramai di datangi oleh peziarah muslim dari berbbagai penjuru di indonesia.

Saat anda tengah berada disini, jangan lewatkan juga aneka kuliner lezat yanga meggugah selera. Sajian utamanya tentu saja adalag seafood dengan berbagai macam olahan.

3. Pantai Sigandu Di batang

tempat wisata pantai di batang
Wisata panati sigandu batang via : telusurindonesia.com

Wisata pantai di batang selanjutnya adalah pantai sigadu yang berlokasi di di Ds Klidang Lor Kec. Batang. Lokasi pantai yang tidak jauh dari pusat kota batang. Membuat pantai ini menjadi favorit wisatwan lokal dalam mengisi liburan akhir pekan mereka. Pantai ini hanyar berjarak kurang lebih 4 kilometer dari alun alun batang.

Apabila anda berlibur ke wisata tersebut maka anda akan di suguhi pemandangan pantai. Yang di hiasi dengan berbagai kegiatan nelayan lokal di sekitaran pantai tersebut. Waktu yang pas untuk mengunjungi pantai sigandu adalah di waktu sore hari. Karena anda bisa menikmati sunset yang indah dari bibir pantai.

Guna menikmati beragam pemandangan menawan di Pantai Sigandu Batang ini tak dibutuhkan terlalu banyak uang. Seperti misalnya tiket masuk Pantai Sigandu yang pada saat ini hanya sekitar Rp5.000 saja per orangnya.

Dengan tarif tersebut, nantinya para pengunjung dapat mengisi waktu senggang bersama orang tercinta disini sampai puas. Jalan-jalan, duduk santai, bermain pasir dan berwisata kuliner akan membuat pengalaman kali ini lebuh mengesankan.

Keberadaan pantai Batang yang cantik ini lumayan mudah dijangkau dan cukup strategis. Akses jalan utamanya dapat dilalui semua kendaraan wisatawa, baik yang menggunakan motor ataupun mobil.

4. Pesona Alam Curug Sijeglong

wisata alam batang jawa tengah
curug sijeglong via : mbatang.com

Seperti halnya bogor yang mempunyai wisata air terjun yang beragam, batang juga tak kalah dengan air terjun yang bernama curug sijeglong yang berlokasi di Ds Margosono Kec. Tersono batang. Wilayah tersebut merupakan wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Kendal.

Air terjun sijeglong mempunyai ciri khas terdapat 4 macam tingkatan air terjun. Yang masing-masing dari tingkatan tersebut terdapat kolam atau genangan air yang bisa di gunakan untuk berenang. Dengan begitu air terjun tersebut pun di beri nama curug sijeglong yang berarti tempat berenang dalam bahasa indonesia.

Wisata Curug Sijeglong bisa jadi alternatif anda yang ingin lebih dekat dengan alam. Rasakan kealamian area berupa pemandangan mempesona berbalut angin sepoi-sepoi yang menyejukkan.

Destinasi menarik ini akan memanjakan para pengunjung dengan kegiatan seru dan view alam ciamik. Tak perlu biaya yang banyak untuk dapat explore air terjun Curug Sijeglong Batang ini.

Harga tiket masuk Curug Sijeglong di Batang Jawa Tengah pada saat ini adalah Rp5.000 per orangnya. Murahnya biaya yang dipatok turut menambah daya tarik sehingga wisata Batang satu ini selalu banyak pengunjung.

Berkunjung ke curug wajib pada saat hari benar-benar cerah, agar semua aktivitas bisa lebih maksimal. Maka penting bagi anda untuk memperkirakan kondisi cuaca dan waktu berkunjung ke wisata alam Curug Sijeglong.

5. Curug Agung Batang

wisata air terjun batang
pesoana alam curug agung batang via : 2.bp.blogspot.com

Wisata selanjutnya yaitu curug agung yang berlokasi di Dk Pagedigan Ds Pasusukan Kec Bawang Batang ini patut anda kunjungi. Air terjun yang mempunyai ketinggian kurang lebih 20 meter ini bisa juga di gunakan untuk berenang dan airnyapun juga jernih.

Masuk dalam deretan Curug keren di Batang yang patut tuk ditelusuri keindahannya dalam rangka berwisata. Kealamian Curug Agung masih begitu terjaga karena belum banyak juga ikut campur tangan manusia.

Jadi saat anda memiliki waktu luang, segera rencanakan perjalanan liburan ke Curug Agung Batang bersama kerabat atau keluarga. Waktu yang kami sarankan untuk datang ke wisata alam berupa curug ini adalah pada saat pagi atau sore.

Datang di pagi hari, maka anda dapat merasakan suasana Curug Agung yang benar-benar alami dan belum tercampur oleh polusi. Begitu pula pada saat sore hari, dimana kesejukan curug Batang hits ini begitu mendominasi sehingga bikin pengunjung merasa nyaman.

Disamping kondisi alam yang memuaskan, biaya yang diperlukan untuk berlibur kesinipun tak banyak. Harga tiket masuk Curug Agung saat ini berkisar di angka Rp10.000 per orangnya, murah sangat bukan?

Apabila anda ingin liburan yang hemat biaya, maka air terjun Curug Agung ini bisa jadi tujuan selanjutnya. Pesona tiada duanya bakal memanjakan para pengunjung yang datang kesini.

6. Pantai Celong Batang

objek wisata pantai di batang
panati celong batang via : 2.bp.blogspot.com

Seperti halnya pacitan yang mempunyai deretan pantai yang menarik untuk di kunjungi, batang juga tidak mau kalah. Salah satunya pantai celong ini. Pantai tersebut berlokasi di Ds Mangunsari Kec. Banyuputih.

Keberadaan pantai menawan ini bila dijangkau dari pusat kota Alun-Alun Batang jaraknya sekitar 33 km. Untuk menuju pantai ini anda harus melewati perbukitan yang di tumbuhi pohon randu. Pohon tersebut merupakan di manfaatkan buahnya untuk membuat kapuk.

Dengan melewati perbukitan yang indah tersebut jalanan yang agak jauh pun tidak terasa. Dan bagi anda yang sering naik kereta dan melewati kabupaten batang tentunya pernah melihat pantai ini. Karena memang letaknya yang berdekatan dengan rel kereta api di kawasan pantai utara jawa tengah.

Sedangkan untuk akses jalan darat menuju kesini sudah sangat baik dan dapat dilalui semua jenis kendaraan. Jadi anda tak perlu bersusah payah kalau mau berlibur dan menikmati keindahan Pantai Celong Batang

Setibanya disini, anda akan langsung disuguhkan oleh panorama wisata bahari berupa pantai berpasir coklat. Ke eksotisan pasir Celong Beach semakin menambah kecantikan pantai ini yang cocok untuk bersantai.

Harga tiket masuk Pantai Celong di Batang sangatlah murah, saat ini hanya Rp5.000 saja per orangnya. Pembelian tiket masuknya pun tak perlu antri, tingggal bayar dan jelajah semua keindahannyaa sampai puas.

7. Pesona Alam Telaga Dringo Batang

wisata telaga dringo batang
Pesona alam telaga dringo batang via : travel.kompas.com

Nah ini nih, wisata alam Batang yang menurut mytrip123.com recomended untuk di sambangi. Kawasan wisata ini bernama telaga dringo Yang berlokasi di Desa Gerlang Kabupaten Batang.

Kawasan tersebut masuk ke dalam kawasan pegunungan dieng. Untuk Menuju tempat ini pun bisa di tuju dari berbagai kabupaten karena letaknya yang berada di perbatasan 3 kabupaten.

Yaitu banjarnegara, wonosobo dan juga pekalongan. Jalur yang paling memungkinkan adalah dengan melewati wonosobo ke arah dieng. Karena jalur tersebut merupakan jalur wisata, dengan begitu kondisi jalan pun baik.

Ciri khas dari telaga dringo adalah tempat tersebut mirip dengan ranokumbolo yang terdapat di gunung sumeru. Oleh sebab itu bagi anda yang berdomisisli di jawa tengah tidak perlu repot repot pergi ke gunung sumeru.

Untuk dapat menikmati keindahan alam tersebut. Cukup dengan mengunjungi telaga dringo pun sudah serasa berada di Ranokumbolo. Apalagi tak diperlukan banyak biaya untuk dapat berwisata kesini saat hari libur.

Ketika tulisan ini tayang, harga tiket masuk Telaga Sedringo Batang hanya Rp5.000 saja, ekonomis sekali bukan? Dengan biaya tersebut anda bisa menikmati waktu santai disini sampai puas.

Ranukombolo Jawa Tengah ini harus ada dalam rencana anda selanjutnya guna mengisi hari libur disini.

8. Wisata Alam Curug Sodong

objek wisata di batang
wisata alam curug sodong batang via : tokopakaianolshop.files.wordpress.com

Masih membahsa wisata alam di mbatang, kali ini akan membahas tentang wisata alam curug Sodong. Yang berlokasi di desa Sodong, Kec wonotunggal batang.

Air terjun ini mempunyai ketinggian sekiatar 15 meter dengan air yang deras dan juga bening. Untuk menuju ke loaksi ini anda bisa menggunakan kendaraan pribadi. Dengan kisaran waktu sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota batang.

Akses jalan menuju letak persis dari Curug Sodong ini sudah lumayan baik. Meskipun beberapa sudut jalan ada yang berlubang dan berbelok-belok.

Memang rata-rata jalur utama menuju wisata Curug cenderung menantang, banyak tanjakan dan kelokan. Jadi wajib rasanya untuk terus berhati-hati dan waspada selama dalam perjalanan agar semua baik-baik saja.

Setibanya di lokasi, anda musti parkir kendaraan kemudian membeli tiket masuk dan beerjalan ke spot air terjunnya. Harga tiket masuk Curug Sodong sagat raah dikantong, sehingga anda tak perlu khawatir.

Berlibur dengan mengunjungi curug, perlu yang namanya melihat kondisi cuaca terkini. Sangat tidak disarankan datang ke curug pada saat musim hujan, karena tentu view alamnya tak seindah saat kemarau.

9. Indahnya Curug Genting

objek wisata alam di batang
Curug genting via 1.bp.blogspot.com

Batang memang surganya wisata air terjun, salah satunya adalah air terjun genting yang berlokasi di Ds Bawang Kec Baldo batang. Curug ini mempunyai ketinggian sekitar 40 meter, lebih tinggi 25 meter daripada curug sodong.

Seperti pada foto di atas, curug ini mempunyai du aliran air dengan air yang cukup deras. Letaknya yang berada di hutan membuat curug ini masih terlihat alami dan sejuk.

Derasanya air terjun tentu menjadi hidangan utama yang akan membuat banyak pasang mata takjub akan keindahannya. Air terjun ini juga menjadi spot terbaik di Curug Genting ketika mengabadikan momen melalui swafoto.

Apalagi agar bisa berlibur disini anda tak perlu banyak biaya, karena murahnya tiket masuk. Harga tiket masuk Curug Genting di Batang Jawa Tengah saat ini sekitar Rp10.000 per orangnya.

Lokasi dari pada curug ini bila dijangkau dari alun-alun Kota Batang jaraknya kurang lebih sejauh 28 km. Yang dmana akses jalur utama menuju Curug Genting sudah cukup baik dan anda harus tetap berhati-hati.

Berlibur ke wisata alam Batang Curug Genting anda bisa duduk santai, bermain air dan yang pasti melepas kepenatan. Indahnya panorama di Curug Genting Batang bakal membuat anda terlena dan semakin betah rasanya berlama-lama disini.

10. Agrowisata Salak Sodong Batang

objek wisata kabupaten batang
argowisata salak sodong via maxmanmore.com

Selain wisata alamnya yang menarik untuk di sambangi, batang juga mempunyai argowisata yang tak kalah menariknya dengan bandung lo. Yaitu argowisata salak sodong yang berlokasi di Ds Sodong Kec Wonotunggal Batang.

Dengan berkunjung ke argowisata tersebut anda bisa berkeliling menikmati indahnya perkebunan salak milik warga lokal. Dan jika anda beruntung anda bisa melihat proses pemanenan buah salak hingga pengemasan untuk di pasarkan.

Aktivitas semacam itu tentu saja menarik guna mengisi waktu libur anda supaya lebih bekesan dan jadi pengalaman tak terlupakan. Karena memang liburan tak selalu soal pantai, kolam renang ataupun kebun binatang, seperti agrwisata ini misalnya.

Disamping anda bisa membeli salak disini, ilmu-ilmu mengenai persalakan ini pun dapat ditelusuri lebih dalam. Anda bisa langsung berinteraksi dan menanyakan hal-hal seputar salak kepada pemane.

Jadi pengetahuan baru tentang tata cara menanam, merawat, dan lain-lain soal salak dapat anda explore disini. Lokasi dari destinasi seru ini, bila anda menjangkaunya dari pusat kota Batang atau Alun-Alun jaraknya sekitar 21 km.

Melalui perjalanan pada rute dengan akses yang terbilang mudah tuk dilalui. Namun apabila anda mengalami kesulitan karena belum pernah mengunjunginya, bisa dengan memakai petunjuk google maps.

11. Kolam Renang Bandar Batang

tempat wisata di batang jawa tengah
Kolam renang bandar batang via : http://1.bp.blogspot.com/

Setelah puas menikmati berbagai macam tempat berlibur yang bernuansa alam di batang. Mungkin wisata buatan ini cocok sebagai penutup liburan anda di batang.

Yaitu Kolam renang bandar yang berlokasi di Ds bandar Kec Bandar, kabupaten Batang, Jawa Tengah. Tempat ini cocok anda sambangi bersama keluarga ataupun kerabat dekat.

Disini anda bisa berenang sekaligus bermain pada sebuah kolam renang yang airnya sangatlah segar. Ditambah dengan beberapa wahana sebagai pelengkap yang akan menambah keseruan anda selama liburan.

Yang lebih serunya lagi, tiket masuk wisata kolam renang Batang hits ini sangatlah ramah dikantong lho, ga percaya? Harga tiket masuk Kolam Renang Bandar Batang ini ketika tulisan ini tayang adalah Rp5.000 per orangnya.

Selain biaya tiket, harga yang lain pada Bandar Ecopark ini cukup murah meriah. Seperti jika anda akan menyewa ban, pelampung atau tikat, maka biayanya hanya 5.000 rupiah saja.

Jarak dari alun-alun Batang untuk sampai ke Bandar Ecopark kurang lebih sejauh 20 km. Dengan waktu tempuh perjalanan selama sekitar 33 menit melalui jalur darat.

12. Pantai Jodo

pantai jodo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103410717944107420786

Batang memang punya pantai yang amat sangat melimpah, dan Jodo Beach ini adalah salah satunya. Pantai Jodo masuk dalam daftar wisata bahari Batang yang populer dan selalu jadi tujuan liburan oleh banyak wisatawan.

Destinasi memikat ini menyuguhkan sebuah hamparan lautan dengan pantai berpasir coklat kehitamann yang eksotis. Disini kerap dipadati oleh banyak pengunjung, terlebih lagi pada saat musim liburan dan juga akhir pekan.

Banyak yang datang untuk jalan-jalan, bermain di tepi pantai, bersantap hingga belanja buah-buahan, lho kok bisa? Saat musim panen telah tiba, dapat anda jumpai Semangka atau Melon di kawasan wisata Pantao Jodo Batang.

Melon dan Semangkan yang dijual disinipun sangatlah miring alias murah. Jadi tak heran pada saat musim panen, banyak orang yang datang kesini untuk beli buah sembari liburan.

Disamping buah yang murah, tiket masuk Pantai Jodo Gringsing juga terjangkau untuk semua kalangan. Harga tiket masuk Pantai Jodo sampai saat ini hanya sebesar 5.000 rupiah tiap orangnya, murah sekali kan?

Dengan tiket yang telah dibayarkan tersebut, tentu saja anda sudah bisa bersenang-seang dengan view cantik Pantai Jodo sampai puas. Saat berada disini jangan lupa juga untuk berswafoto.

Salah satu spot terbaik di wisata Pantai Jodo adalah vegetasi pohon cemara laut sepanjang kurang lebih 1 km.

13. Pantai Pelabuhan Perikanan Batang

Pantai Pelabuhan Perikanan Batang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106539601330329411720

Selanjutnya adalah tempat menarik bagi anda yang gemar dengan aktivitas memancing. Karena wisata pantai Batang satu ini memang lebih populer sebagai tempat memancing dari pada rekreasi.

Pantai Pelabuhan Perikanan Batang dengan sejumlah pemandangan yang mempesona, bisa dikunjungi tuk mengisi waktu luang. Meski biasanya destinasi ini dipadati oleh para pemancing namun tak ada salahnya kalau anda akan berlibur disini.

Namun untuk anda yang memang suka kegiatan mancing, maka wajib rasanya tuk datang kesini. Mancing tak selalu di sungai ataupun danau, pada pantai ini misalnya untuk memberikan anda pengalaman tak biasa.

Lokasi Pantai Pelabuhan Perikanan ini berada di Karangasem Utara, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Letak persisnya lumayan dekat dari pusat kota, diperkirakan jaraknya hanya 4 km saja dengan waktu tempuh 13 menit.

14. Curug Gombong

curug gombong
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112913058479822809055

Curug Gombong bakal membuat anda tebelalak akan keindahan yang ditawarkannya. Wisata alam Batang satu ini menyuguhkan pemandangan utama berupa air terjun dengan tinggi sekitar 15 meter.

Menjadi salah satu wisata air terjun Batang yang populer dan bisa masuk dalam tujuan liburan selanjutnya. Disini para pengunjung akan dimanjakan oleh panorama sekitar yang mempesona dan tiada duanya.

Banyak pepohonan rimbun sehingga memberiakan suasana Curug Gombong Batang sejuk dan bikin betah. Gemuruh suara air terjun akan menjadi backsound utama yang menemani selama waktu libur anda disini.

Menariknya lagi, tiket masuk Wisata Curug Gombang sangatlah ekonomis, yakni Rp5.000 per orangnya. Jadi sangat cocok untuk anda yang tengah menginginkan wisata low budget.

Tak hanya air terjun yang bisa anda temukan disini, bahkan di Curug Gombong Jawa Tengah ini juga ada kolam renangnya. Kolam renang di Curug Gombong kerap jadi tempat bermain untuk anak-anak.

Untuk lokasi Curug Gombong sendiri beralamat fdi Desa Gombong Pecalungan, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah.

15. Tubing Pandansari Batang

desa wisata pandansari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114999999375285090893

Aktivitas body rafting bisa anda rasakan keseruannya bersama teman atau keluarga pada saat hari libur. Yap, di Tubing Pandansari Batang, para pengunjung bisa melakukan aktivitas susur sungai dengan peralatan lengkap.

Bagi anda yang belum tahu, tubing sendiri adalah aktivitas wisata yang biasanya dilakukan di medan sungai. Yaitu di salah satu sungai Desa Pandansari sehingga selarasa dengan nama yang diberikan untuk wisata ini,

Untuk lebih lengkapnya, alamat Tubing Pandansari berada di Desa Pandansari, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Bila anda menjangkaunya dari pusat kota Batang, maka jarak untuk sampai ke desa wisata ini kurang lebih sejauh 12 km.

Disini tidak hanya kegiatan susur sungai yang dapat anda coba, masih ada outbound dan juga berkemah. Perkirakan dengan sebaik mungkin waktu berlibur anda, dengan memperhatikan jam operasional wisatanya.

Tubing Pandansari Batang beroperasi pada pukul 07.00 sampai dengan 17.00 wib dan disetiap harinya kecuali Jum’at. Sebab hari Jum’at wisata Tubing Pandansari tutup atau tidak beroperasi.

16. Taman Hiburan Rakyat Kramat

taman hiburan rakyat kramat
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109332171770598782694

Terakir, ini adalah sebuah tempat wisata Batang yang selalu ramai akan kunjungan masyarakat setempat ketika hari libur. Taman Hiburan Rakyat Kramat yang menyuguhkan sebuah area wisata dengan sejumlah keseruan.

Seperti kolam renang, area bermain anak, taman-taman cantik dan masih banyak lagi yang dapat anda jumpai. Sangat cocok berlibur ke THR Kramat untuk memberikan kesan pada liburan kali ini.

Karena anda bisa bermain, jalan-jalan dan melihat keindahan alam bersama orang tercinta di Taman Hiburan Rakyat Kramat Batang. Untuk tiket masuk Taman Hiburan Rakyat Kramat ini adalah Rp10.000 pe orangnya.

Sekian dulu informasi seputar tempat wisata di Batang Jawa Tengah dalam sebuah ulasan singkat yang sudah anda simak.

Tempat Wisata sekitar kabupaten Batang : 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × three =