Wisata kuliner semarang. Wisata kuliner memang kegiatan yang menyenangkan dan tidak boleh ditinggalkan, terutama ketika sedang berada di tempat baru. Apalagi bagi Anda yang memang senang mencicipi berneka macam makanan dan memiliki lidah yang toleran terhadap semua rasa.

Beruntunglah Anda karena tinggal di Indonesia yang kaya akan rempah sehingga menghasilkan banyak masakan bercita rasa tinggi. Bahkan beberapa makanan yang merupakan resep turun-temurun dari nenek moyang kita sering kali mendapat penghargaan sebagai makanan terenak di dunia.

Semarang sebagai ibukota Jawa Tengah pun tak ketinggalan untuk menyajikan beragam pilihan makanan yang akan mampu mneggoyang lidah Anda. Perpaduan rasa antara Jawa, Cina, dan Arab disajikan dalam satu sajian membuat indra pengecapan pun merasa sangat puas.

Wisata Kuliner Semarang

Jika Anda kebetulan sedang berada di Semarang dan ingin berburu kuliner, tidak perlu bingung. Di bawah ini akan kami sajikan beberapa tempat wisata kuliner di Semarang yang sangat recommended untuk Anda kunjungi.

1. Bebek Muda Sambal Mangga di Waroeng Kaligarong

kuliner tradisional semarang

Jika Anda sedang berkunjung ke Semarang dan sedang berada di sekitaran Simpang Lima. Jangan lupa mampir ke Waroeng Kaligarong.

Berlokasi di JL.D.I.Panjaitan no. 64 dan Jl. Majapahit No. 330 Ruko C dan D. Waroeng Kaligarong hanya 600 meter dari Simpang Lima.

Restoran ini menyajikan beraneka ragam menu khas nusantara. Diantaranya adalah:

  • Ayam Kaligarong dengan sambal matah yang pedas dan segar
  • Tumis Bunga Kecombrang
  • Tumis Daun Pepaya
  • Nasi Bakar Bunga Kecombrang
  • Cumi Hitam Sambal Mangga dan signature dish-nya
  • Bebek Goreng Muda Sambal Mangga

Restoran ini menggunakan setengah ekor bebek muda yang dagingnya diklaim lebih manis, empuk dan tidak berbau. Jangan lupa dimakan dengan sambal mangganya yang segar, asam dan nagih. Nasi satu porsi dijamin gak akan cukup untuk makan dengan sambal mangga ini!

minuman khas semarang

Selain menu makananya yang beragam, Waroeng Kaligarong juga menawarkan menu minuman yang sangat bervariasi. Mulai dari minuman kekinian seperti Ice Chocolate Orange dan Mango.

Selain itu juga terdapat minuman tradisional seperti Asem Aren, Beras Kencur dan masih banyak lagi. Tersedia juga beragam menu es yang segar seperti Es Kuwud khas Bali, Es Tape Ijo, Es Bruno. Dan masih banyak pilihan lain yang sayang sekali jika Anda lewatkan.

Harga yang dipatok oleh Waroeng Kaligarong sangat ramah di kantong. Hanya dengan 28 ribuan, kamu sudah puas dengan gurihnya Bebek Goreng dan sambal yang pedas dan segar.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba? Waroeng Kaligarong buka setiap hari pukul 10.00-22.00. Untuk reservasi atau info lebih lanjut silahkan hubungi (024)3555300 WA: 087731345445 LINE: @waroengkaligarong

2. Bebek Goreng Pak Thori

Tempat wisata kuliner di Semarang dan sekitarnya foto dari @nurinalistyani

Tempat wisata kuliner di Semarang dan sekitarnya yang sudah sangat terkenal akan kelezatannya adalah Bebek Goreng Pak Thori. Selain bebek goreng, di warung ini juga tersedia bebek bakar, ayam bakar/goreng, burung dara, lele, gongso babat hingga nasi goreng.

Harga yang ditawarkan pun cukup bersahabat. Dengan membayar 24.000 rupiah, Anda bisa mendapatkan seporsi bebek, dua macam sambal, nasi, dan lalapan. Dua macam sambal tersebut adalah sambal hijau dengan tingkat pedas yang lumayan dan sambal merah yang tidak terlalu pedas. Sedankan lalapannya terdiri dari daun kemangi, kol, dan mentimun iris.

Bebek Pak Thori memang sangat lembut dan empuk namun tidak membuat dagingnya hancur dan bumbunya terasa hingga ke dalam. Maka tak heran jika warung yang berada di Jalan Manyaran Gunungpati Km.15 Semarang ini selalu ramai dikunjungi. Bahkan bagi yang tidak doyan bebek pun bisa jatuh cinta dengan cita rasanya yang luar biasa.

3. Angkringan Gaul Ampiran 3

Tempat wisata kuliner di Semarang murah image via Jawa.be

Tempat wisata kuliner di Semarang murah yang sedang digandrungi anak muda adalah Angkringan Gaul Ampiran 3. Seperti namanya, warung ini memang menyajikan menu layaknya angkringan di tempat lain, seperti nasi kucing, gorengan, serta beraneka macam sate.

Akan tetapi angkringan ini memiliki konsep yang sedikit berbeda karena telah dilengkapi dengan free wifi dan live concert music. Maka tak heran jika banyak yang betah nongkrong berlama-lama di tempat ini. Angkringan Gaul Ampiran 3 berlokasi di Jalan Durian Raya 29C, Banyumanik.

Baca Juga: 20 Tempat Wisata di Semarang Terbaru dan Paling Menarik

4. Soto bangkong

foto dari @agung.praptapa

Kuliner khas Semarang yang murah meriah dan sangat direkomendasikan untuk Anda salah satunya adalah soto bangkong. Soto ini dinamai demikian karena dijual di Jalan Bangkong, yang saat ini berganti nama menjadi Jalan Brigjen Katamso.

Namun sebelum memiliki warung sendiri, awalnya soto bangkong dijajakan dengan cara dipikul berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya. Kuliner khas Semarang ini merupakan makanan yang sudah cukup tua karena telah dikenalkan sejak tahun 1950 an.

Soto yang satu ini sebenarnya sama seperti soto lain. Dengan isian bihun, ayam suir dan bawang goreng yang diberi kuah segar.

Namun entah mengapa saat dicicipi rasanya terasa sedikit berbeda dan jauh lebih enak dan luar biasa. Untuk bisa mendapatkan semangkok soto bangkong Anda hanya perlu membayar 9.000 rupiah saja. Dan bagi Anda yang ingin mencicipi menu lain, di warung ini juga tersedia ayam goreng dan garang asem.

5. Pesta Keboen

Restoran enak di Semarang foto dari @pestakeboen

Jika Anda sedang ingin makan enak sambil menikmati suasana khas tempo dulu ala-ala Belanda, datanglah ke Pesta Keboen. Restoran enak di Semarang ini terlihat sangat unik karena bangunannya yang bergaya Eropa dengan pilar dan jendela yang besar.

Pesta Keboen berada di Jalan Veteran nomor 29 Semarang dengan nomor telepon 024 8310620 dan 024 8453737. Anda bisa menghubungi nomor tersebut untuk urusan pemesanan atau keperluan lain yang terkait dengan restoran ini. Pesta Keboen sudah bisa didatangi sejak pukul 10 pagi dan akan ditutup jika sudah pukul 10 malam.

Beberapa pilihan menu western maupun nusantara dihadirkan untuk menyenangkan hati pelanggan setianya. Misalnya sup, ikan gurame, nasi buntut goreng, nasi ayam asap, es kopyor hingga beef cordon bleu.

Restoran ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu outdoor dan indoor. Bagian outdoor diperuntukkan bagi orang yang merokok dan senang dengan suasana luar ruangan dengan angin semilirnya. Sedangkan bagian indoor adalah no smooking area dengan memanfaatkan AC sebagai pendingin di ruangan tersebut.

6. Pelangi Cafe Semarang

wisata kuliner di Semarang terbaru foto dari @ufa4869

Pelangi Cafe Semarang merupakan salah datu wisata kuliner di Semarang terbaru yang selalu ramai oleh pembeli. Menu utama dari cafe ini adalah cheese chiffon cake dan ice cream yang meleleh di lidah dan mampu mengusir gerah.

Banyak anak muda yang mengunjungi Pelangi cafe untuk sekedar hangout maupun mencari santapan lezat. Cafe yang berada di Jalan Singosari Raya Nomer 45 ini tetap ramai baik di siang maupun malam hari.

Terdapat dua tempat yang disediakan di cafe ini, yaitu indoor dan outdoor. Bagi Anda yang ingin merasakan langit malam Kota Semarang sambil menyantap makanan, bisa memilih outdoor.

Menunya sendiri lebih banyak makanan ringan, tapi bukan berarti tidak ada hidangan utama di Pelangi Cafe ini. Di sana juga tersedia nasi, spagheti, galantin, hingga bebek penyet krispi. Untuk urusan harga cafe pelangi cukup bersaing dan masih dalam batas yang sangat wajar.

Baca Juga: Candi Gedong Songo Peninggalan Sejarah Indah di Semarang

7. Rumah Makan Kampung Laut

tempat makan di Semarang yang romantis image via Pegipegi.com

Makan di saung terapung sambil menatap pemandangan yang asri tentu akan menjadikan santapan Anda terasa lebih lezat. Rumah Makan Kampung Laut adalah salah satu tempat makan di Semarang yang romantis. Dan bisa Anda jadikan alternatif untuk berburu kuliner.

Ada berbagai menu makanan yang tersedia di sana, seperti olahan seafood, ayam, hingga sapi. Harganya juga relatif standar dan bisa Anda sesuaikan dengan budget serta selera Anda masing-masing.

Rumah Makan Kampung Laut ini juga menyediakan beberapa permainan anak-anak sederhana, seperti jungkat-jungkit, ayunan, dan papan seluncur. Sehingga sangat cocok digunakan untuk tempat membangkitkan selera makan si kecil.

Restoran yang disertai kolam pemancingan ini berada di Jalan Anjasmoro, Tawang Mas, Semarang. Dan buka sejak jam 10 pagi hingga 10 malam.

8. Kuliner Simpang Lima Semarang

Kuliner Simpang Lima Semarang foto dari @ompapi

Simpang Lima sebagai jantung kota Semarang ternyata menyimpan banyak jajanan enak yang akan memanjakan lidah Anda. Alun-alun yang menjadi titik pusat pertemuan antara lima ruas jalan berubah menjadi gudang makanan ketika malam tiba.

Tenda-tenda yang menjajakan berbagai pilihan menu, mulai dari makanan berat hingga hidangan utama tampak memenuhi trotoar lingkar luar alun-alun. Kuliner Simpang Lima Semarang tidak hanya menyajikan makanan khas daerahnya saja akan tetapi juga memiliki menu dari seluruh nusantara.

Karena lokasinya yang memang strategis membuat warung-warung di sekitar alun-alun tidak pernah sepi dari pengunjung. Turis dari berbagai daerah pun menuju ke area ini untuk mencicipi beragam menu khas Semarang tanpa harus repot berpindah tempat.

Aroma masakan yang berterbangan membuat setiap pengunjung langsung keroncongan begitu tiba di sana. Benar-benar surga kuliner di Semarang.

9. Pasar Semawis (Waroeng Semawis)

kuliner Semarang murah meriah foto dari @buatlapar

Pasar Semawis merupakan tempat berburu kuliner Semarang murah meriah yang berada di kawasan pecinan. Lokasi tepatnya adalah di Ganag Warung, dan buka pada hari Jumat, Sabtu, serta Minggu mulai pukul 6 sore.

Jika kebetulan Anda menghabiskan akhir pekan di Semarang, cobalah untuk mampir ke Pasar Semawis ini. Warung ini merupakan hasil buah pikir dari Kopi Semawis yang merupakan singkatan dari Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata. Pasar Semawis ini mulai dibuka sejak tahun 2004 dan masih tetap menjadi andalan hingga saat ini.

Berbagai menu lokal khas Semarang maupun menu internasional secara lengkap dijajakan di tempat wisata kuliner di Semarang ini. Sebut saja diantaranya pisang plenet, bubur kacang hijau, kue serabi, aneka sate, nasi ayam, hingga menu-menu steamboat.

Namun karena berada di wilayah pecinan, bagi Anda yang beragama Islam ada baiknya mencermati kembali pilihan menu yang ditawarkan. Tetapi pedagang di sana cenderung jujur dan tidak menyembunyikan dari pembeli jika mereka menjual makanan olahan daging babi.

10. Cafe Tanjakan

Tempat wisata kuliner unik di Semarang image via Traveling Hemat Nusantara – WordPress.com

Ingin menyantap makan sambil merasakan suasana yang unik dan romantis? Datang saja ke Cafe Tanjakan. Tempat wisata kuliner unik di Semarang ini memang berada setelah jalan yang menanjak, makanya dinamai begitu.

Beragam menu dihadirkan untuk memberi kepuasan kepada seluruh pelanggan setianya dengan rasa yang tentu saja pas di lidah. Untuk masalah harga juga tidak perlu dicemaskan karena masih dalam batas wajar untuk ukuran cafe unik seperti ini. Di Cafe Tanjakan tersebut Anda bisa membeli berbagai jenis minuman, roti, hingga steak.

Letak Cafe Tanjakan tidak terlalu sulit untuk ditemukan dan berada di daerah yang cukup strategis, yaitu di Rinjani. Jika Anda dari Simpang Lima Semarang, ambil jalan melalui LBPP LIA Veteran dan masuk gang di samping LIA tersebut.

Kemudian lurus saja sedikit hingga menemukan tulisan yang menandakan lokasi Cafe Tanjakan. Selain makanannya yang enak, cafe ini juga menghadirkan pemandangan menarik yang membuat suasana semakin romantis. Cobalah mampir sebentar ke Cafe Tanjakan dan rasakan sendiri sensasi unik serta romantisnya.

Baca Juga: Brown Canyon, Pesona Grand Canyonnya Semarang

11. Nasi Pecel Mbok Sador

foto dari @patrolikulinersemarang

Tempat wisata kuliner murah di Semarang selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Nasi Pecel Mbok Sador. Berlokasi di Jalan Pahlawan, tepatnya di seberang Ramayana membuat nasi pecel ini selalu ramai oleh pembeli.

Bahkan banyak yang rela antri demi mendapatkan sepiring nasi pecel yang gurih manis pedas tersebut. Bukan hanya karena lokasi yang strategis serta harga yang terjangkau. Nasi Pecel Mbok Sador juga selalu menjadi favorit karena rasanya yang khas.

Porsi nasinya memang tidak terlalu banyak, tetapi sayur yang disiram sambel pecel yang disajikans angat melimpah. Dalam seporsi nasi pecel, Anda akan mendapatkan daun singkong, daun pepaya, kacang panjang, tauge, bayam, dan kenikir.

Menu pelengkap yang menambah selera makan Anda juga tersedia di sana seperti kerupuk gendar dan rempeyek kacang maupun teri. Tersedia pula sate telur puyuh, sate keong, jeroan sapi, ati ampela ayam, dan berbagai kerupuk.

12. Nasi Goreng Babat Pak Taman

Kuliner Semarang Bondan foto dari @makandisemarang

Kuliner Semarang Bondan yang ramai dibicarakan adalah Nasi Goreng Babat Pak Taman yang berada di selatan Stasiun Diponegoro. Nasi goreng ini disajikan di atas daun pisang dengan tingkat pedas yang bisa kita sesuaikan.

Ditambah lagi acar timun yang menjadi pelengkap dari nikmatnya nasi goreng ini. Bagi Anda penggemar jeroan, terutama babat, jangan sampai melewatkan kuliner Semarang yang satu ini. Rasanya yang luar biasa bahkan sudah diakui oleh Pak Bondan.

13. Bandeng Presto

oleh-oleh khas Semarang foto dari @oleholeh_semarang

Bandeng presto memang terkenal sebagai oleh-oleh khas Semarang yang paling sering diburu. Namun kini Anda bisa mencicipi hidangan ini di Semarang tanpa perlu repot membawanya ke rumah.

Saat ini telah hadir Resto Bandeng Juwana Elrina di Jalan Pandanaran nomor 57 Semarang. Olahan bandeng di resto ini benar-benar berbeda dan terasa lebih nikmat serta empuk.

Mungkin itu pula yang menyebabkan Resto Bandeng Juwana Elrina ini selalu dipadati pengunjung. Beberapa pilihan menu yang disajikan di sana antara lain sate, tongseng, nasi bakar, bakso dan lain-lain yang terbuat dari bandeng.

Baca Juga: Umbul Sidomukti Bandungan dan Pondok Kopi Semarang

14. Warung Makan Mbah Jingkrak

tempat wisata kuliner di Semarang foto dari @mj_pekanbaru

Bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata kuliner di Semarang yang bercita rasa pedas, datanglah ke Warung Makan Mbah jingkrak. Menu-menunya cukup banyak dengan nama yang unik dan agak horor.

Seperti sunduk bolong, daging genderuwo, ati boyo, hingga pitik rambut setan, sambel bilis, dan sambel kempleng. Untuk minumannya juga dinamai dengan kreatifitas tinggi.

Seperti es surga, yaitu es degan dan sirsak atau es judeg berupa es jeruk dan degan. Ada beberapa cabang Warung Makan Mbah Jingkrak di Semarang, dan salah satunya berada di Jalan Kiai Saleh.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Semarang dan Sekitarnya

15. Nasi Kucing Pak Gik

Tempat nongkrong di Semarang image via Pegipegi.com

Tempat nongkrong di Semarang yang satu ini selalu ramai oleh pembeli dan seringkali habis sebelum waktunya tutup. Tak heran jika Nasi Kucing Pak Gik selalu disebut-sebut sebagai ikon angkringan milik Semarang.

Warung yang buka sejak pukul 24.00 hingga pagi ini memang memberi suasana tengah malam perkotaan yang asik untuk dijadikan tongkrongan.

Akan tetapi sering kali baru pukul 03.00 pagi Nasi Kucing Pak Gik sudah tidak melayani pembeli karena habis. Lokasinya juga cukup mudah dijangkau, yaitu sekitar 20 meter dari Jalan Gajah Mada, tepatnya di Jalan Wotgandul.

Terdapat cukup banyak pilihan menu di Nasi Kucing Pak Gik yang telah berdiri lebih dari 50 tahun ini. Menu nasinya dilengkapi dengan kering tempe, atau babat telur, atau nasi gurih, atau ketan kering. Tahu telur, dan banyak lagi.

Pilihan gorengan dan minumannya juga sangat beragam dengan harga yang murah meriah, yaitu 5.000 rupiah saja. Bahkan di Nasi Kucing Pak Gik juga tersedia menu pendamping seperti pia pia, pangsit, tahu petis, dan sate bakso.

Wisata Kuliner Lainya:

Bagaimana, masih bingung hendak memilih tempat kuliner di Semarang yang harus dikunjungi? Jika iya, tidak ada salahnya untuk bertahan sedikit lebih lama di Semarang agar bisa mencicipi seluruh kuliner uniknya.

Karena setiap daerah memiliki cita rasa tersendiri sehingga akan sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja. Selamat berburu kuliner dan mencicipi hidangan lezat khas ibukota Jawa Tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here