Curug Luhur menyajikan pemandangan alam mempesona berupa air terjun sebagai hidangan utama yang akan memanjakan siapapun ketika liburan disini. Pada mesin pencarian google jika kita menulis Curug Luhur maka muncul di dua kota yang berbeda, yakni Bogor dan Tegal.

Dan pada ulasan kali ini kita akan membahas tentang wisata Curug Luhur yang ada di Kabupaten Tegal Jawa Tengah. Curug Luhur Tegal merupakan salah satu wisata berbasis alam yang kerap dipadati oleh wisatawan saat hari libur tiba.

Panorama yang disuguhkan dari wisata Tegal satu ini membuat siapapun akan merasa takjub karena keindahannya tiada duanya. Air Terjun Curug Luhur dengan ketinggian sekitar 25 meter memiliki aliran air yang bersih, jernih dan segar untuk anda nikmati.

Harga Tiket Masuk Curug Luhur

harga tiket masuk Curug Luhur
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110805161422561171313

Tegal menjadi salah satu kota di wilayah Provinsi Jawa Tengah yang dikenal memiliki banyak sekali wisata alam menakjubkan. Salah satunya adanya Curug Luhur ini, yang dimana keberadaannya cukup populer dan selalu menjadi tujuan pengunjung untuk berlibur.

Kawasan wisata Curug Luhur Tegal masih sangat terjaga keasliannya, alami dan mampu membuat siapapun merasa betah disini. Udara sejuk dan pemandangan yang memikat cocok bagi anda yang tengah mencari tempat wisata untuk melepas penat dan rasa lelah.

Cocok sekali sebagai lokasi healing, mencari ketenangan agar tubuh merasa lebih rileks dan siap untuk memulai hari kembali. Apalagi untuk bisa merasakan keseruan yang ditawarkan Curug Luhur Jawa Tengah maka pengunjung tak harus keluar banyak biaya.

Harga tiket masuk Curug Luhur di Tegal sangat terjangkau, sampai saat ini hanya sekitar Rp5.000 saja per orangnya. Ketentuan biaya tiket masuk wisata Curug Luhur Tegal bisa saja mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Sebelum berkunjung kesini maka ada baiknya ketahui lebih dulu jam operasional wisata berlaku. Wisata alam Curug Luhur Tegal Jawa Tengah terbuka untuk umum pada pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat curug luhur
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104019572103886221082

Lokasi Curug Luhur Tegal berada di sebuah pegunungan dengan ketinggian areanya mencapai 1.000an meter diatas permukaan laut. Hawa sejuk dan dingin begitu terasa, yang akan memberikan suasana adem dan membuat pengunjung merasa nyaman.

Alamat Curug Luhur terletak di Desa Tuwel, Kecamatan. Bojong, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah. Letak persis wisata ini jika dijangkau dari Alun-Alun Kota Tegal maka jarak yang harus ditempuh kurang lebih sejauh 38 km.

Untuk bisa sampai di wisata Tegal ini maka dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum yang tersedia. Akses jalan utamanya cenderung baik meski harus menemui beberapa jalur yang berkelok dan juga menanjak.

Maka dari itu jika anda naik motor atau mobil sebaiknya gunakan yang dalam keadaan sehat dan mampu disemua medan. Jangan sampai saat perjalanan anda malah mengalami gangguan atau kendala, karena tentu itu bukanlah sebuah harapan ketika liburan.

Tak perlu ragu karena belum tahu jalannya, maps dibawah ini akan mengarahkan anda menuju lokasi wisata alam Curug Luhur. Petunjuk akurat / peta navigasi tentu akan memudahkan laju kendaraan anda ketika akan berwisata bahagia ke Curug Luhur Tegal.

Datang juga ke –> Situs Semedo

Fasilitas

fasilitas curug luhur
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112964875969074754268

Sudah dilengkapi oleh ragam sarana prasarana sebagai penunjang yang cukup memadai. Dan berikut fasilitas Curug Luhur di Tegal Jawa Tengah yang diantaranya meliputi :

  • Area parkir memadai
  • Pusat informasi wisata
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Warung wisata sederhana
  • Spot foto menarik

Nikmati serunya berlibur di Curug Luhur yang istimewa, dengan bermain air, jalan-jalan dan melihat pemandangan akan menjadi pengalaman yang berkesan. Merasakan segarnya air yang mengalir deras melalui bebatuan tentu jangan sampai dilewatkan.

Kunjungi juga –> Pantai Purwahamba Indah

Spot Terbaik di Curug Luhur

spot terbaik di curug luhur
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112086757334604712306

Jika diamati secara lebih dekat maka Curug Luhur Tegal ini seolah-olah berada di sebuah mangkuk kolam yang cukup luas. Pada kolam air terjun Curug Luhur airnya hanya setinggi mata kaki orang dewasa, sehingga cukup aman.

Pada tebing-tebing sekitar air terjunnya ditumbuhi lumut dan pepohonan yang merambat. Anda pun bisa melihat akar-akar pohon yang juga menyebul dari balik tebing.

Disekitar kawasan wisata air terjun Curug Luhur juga anda akan menemui hamparan luas sawah dan perbukitan hijau. Akan menjadi penyegar dikala anda sedang rekreasi disini  bersama keluarga dan orang tercinta.

Lansdcape menawan semacam itu tentu harus anda manfaatkan sebagai background ketika berswafoto guna mengabadikan momen. Spot terbaik di Curug Luhur tentunya adalah air terjun yang mengalir dengan deras dan nampak sangat mempesona.

Hasilkan foto yang lebih instagenic pada sudut-sudut menarik yang ada di Curug Luhur Tegal Jawa Tengah.

Review sebelumnya –> Taman Poci Tegal

Tips Berkunjung

tips berkunjung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110805161422561171313
  • Datanglah pada saat cuaca mendukung dan hari yang cerah agar waktu anda liburan disini berjalan sebagai mana mestinya.
  • Apabila cuaca sedang tidak bersahabat maka sebaiknya jangan dulu berwisata disini, karena tentu akan kurang maksimal.
  • Jika pada saat berkunjung dirasa akan turun hujan atau hari gelap menjelang malam, segera mencari tempat berteduh dan kembali pulang.
  • Gunakan alas kaki yang mendukung aktivitas di alam, mengingat jalur pejalan kaki sebagian masih berupa tanah.
  • Tetap berhati-hati dan utamakan selalu keselamatan diri sendiri dan juga orang-orang yang ada disekitar anda.
  • Ikut serta dalam menjaga kelestarian alam pada sebuah tempat wisata yang harus tetap bersih dan asri.

Aneka hidangan pemandangan yang memanjakan tentu tak boleh dilewatkan sebagai tujuan bersenang-senang kala waktu senggang. Sekian ulasan singkat mengenai wisata alam Curug Luhur di Kabupaten Tegal yang rekomended untuk di explore.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − fifteen =