Waduk Cacaban merupakan salah satu destinasi wisata berbasis alam menakjubkan yang dimiliki oleh Kota Tegal Jawa Tengah. Sejatinya tempat ini adalah sebuah bendungan dengan fungsi utama seperti waduk pada umumnya, menyimpan cadangan air, mencegah banjir, dan lain-lain.

Namun karena keindahan alam sekitar Waduk Cacaban Tegal yang menakjubkan, hingga pada akhirnya dimanfaatkan juga dalam sektor pariwisata. Banyak kegiatan menarik yang bisa pengunjung coba dalam rangka mengisi waktu libur dengan explore Waduk Cacaban Jawa Tengah.

Seperti halnya dengan berkemah, memancing, bersantai sembari melihat pemandangan, berfoto-foto ria dan masih banyak lagi yang wisata Waduk Cacaban suguhkan. Ketika hari libur telah tiba, maka segera explore wisata alam Tegal satu ini bersama orang-orang tercinta.

Harga Tiket Masuk Waduk Cacaban

harga tiket masuk Waduk Cacaban
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101204204171401099303

Wisata Tegal Waduk Cacaban dapat menjadi alternatif untuk yang tengah mencari destinasi untuk bersantai dan rekreasi. Suasana alam Waduk Cacaban yang menawan akan membuat siapapun merasa nyaman ketika liburan disini.

Memanfaatkan berbagai daya tarik yang Waduk Cacaban Tegal ini tawarkan kepada para wisatawan. Seperti mengelilingi waduk menggunakan kapal wisata serta berburu kuliner lezat yakni aneka olahan ikan air tawar khas Cacaban.

Untuk bisa merasakan setiap keseruan disini, maka anda tak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu banyak. Harga tiket masuk Waduk Cacaban sangat terjangkau lho, hanya sebesar Rp5.000 saja per orangnya, murah sekali bukan?

Dengan tarif tiket yang ekonomis ini tentu menjadi salah satu faktor mengapa wisata bendungan Cacaban ini selalau ramai akan pengunjung. Terutama saat akhir pekan maupun musim liburan, dari pagi hingga sore banyak wisatawan memadati kawasan ini.

Anda bisa kapanpun datang kesini, terbuka untuk umum selama 24 jam penuh karena belum ada jam operasional wisata yang berlaku. Akan tetapi setelah jam 5 sore biasanya area waduk Tegal ini sudah mulai sepi dari pengunjung, kecuali yang akan berkemah.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat waduk cacaban
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108612737756756069175

Lokasi Waduk Cacaban berada di kawasan dengan luas wilayah mencapai 928,7 hektare. Dikelilingi oleh banyak pepohonan rindang dan aneka tumbuhan lain yang turut membuat udara di Waduk Cacaban sejuk dan bikin betah.

Area Waduk Cacaban sendiri berisi air sebanyak 90 juta m³ dengan berlatar belakang pemandangan hutan serta panorama alam menakjubkan. Untuk alamat Waduk Cacaban sendiri terletak di Desa Penujah, Kec. Kedungbanteng, Kab. Tegal, Provinsi Jawa Tengah.

Jika dijangkau dari Alun-Alun Kota Tegal maka jarak yang musti ditempuh kurang lebih sejauh 40 km. Akan menjadi lebih dekat jika dari Kecamatan Slawi, karena jaraknya hanya sekitar 8 km saja.

Akses jalan utama menuju area wisata Waduk Cacaban sudah cukup baik, dan keberadaannya pun terbilang mudah untuk ditemukan. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi jenis apapun untuk bisa tiba disini ketika akan berwisata bahagia.

Tak perlu merasa khawatir apabila anda sama sekali belum pernah berkunjung dan tidak tahu jalannya. Dibawah ini bisa anda gunakan maps dengan petunjuk akurat guna memudahkan perjalanan liburan ke Waduk Cacaban.

Datang juga ke –> Prabalintang

Fasilitas

fasilitas waduk cacaban
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100323137632668320865

Bendungan Cacaban di Kota Tegal termasuk dalam destinasi favorit sebagai tujuan mengisi waktu senggang bersama keluarga dan orang tercinta. Sudah dilengkapi dengan berbagai macam sarana penunjang cukup memadai dan bisa pengunjung manfaatkan.

Dan berikut fasilitas Waduk Cacaban guna mendukung setiap kegiatan dan aktivitas anda selama berlibur, antara lain meliputi :

  • Area parkir kendaraan
  • Pusat informasi wisata
  • Toilet umum / MCK
  • Fasilitas air bersih
  • Tempat berkemah
  • Area bermain anak-anak
  • Panggung hiburan
  • Kapal wisata
  • Warung apung
  • Road race
  • Penginapan
  • Rumah makan
  • Area pemancingan
  • Walking track di atas waduk
  • Spot foto menarik

Nikmati setiap keseruan yang Waduk Cacaban suguhkan dalam rangka memberikan setiap pengunjung sebuah pengalaman liburan berkesan.

Kunjungi juga –> Guciku Hot Waterboom

Spot Terbaik di Waduk Cacaban

spot terbaik di waduk cacaban
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117959744723579449649

Satu hal yang jangan sampai terlewatkan selama kunjungan anda ke Waduk Cacaban adalah berfoto-foto ria pada spot-spot menariknya. Disini anda akan menyaksikan aneka pemandangan alam istimewa sejauh mata memandang.

Hutan dengan pohon-pohon tinggi di tepi danau semakin menambah cantik panorama di sekitaran Waduk Cacaban. Kegiatan berswafoto dengan memanfaatkan hamparan luasnya air waduk sebagai latar belakang untuk hasilkan gambar instagenic.

Abadikan momen sebanyak-banyaknya melalui selfie, foto bersama hingga merekam video agar semua hal seru disini sulit dilupakan. Jadikan spot terbaik di Waduk Cacaban sebagai background foto anda selama berwisata.

Maka membawa kamera menjadi sebuah keharusan yang tak boleh terlupakan sebagai bekal liburan kemanapun anda berpergian. Rekam setiap momen-momen seru kedalam foto atau video untuk kemudian anda unggah ke sosial media.

Review sebelumnya –> Rita Park

Tips Berkunjung

tips berkunjung waduk cacaban
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108143355442079406390
  • Pastikan waktu kunjungan ke Waduk Cacaban dilakukan saat hari cerah dengan kondisi cuaca dan alam yang mendukung.
  • Kalo dirasa cuaca sedang tidak bersahabat atau akan turun hujan maka sebaiknya tahan dulu waktu berlibur ke Waduk Cacaban.
  • Bersama-sama ikut serta dalam menjaga kawasan wisata Waduk Cacaban agar tetap bersih, asri serta lestari.
  • Selalu utamakan keselamatan selama prosesi liburan agar berlangsung sesuai harapan tanpa adanya suatu halangan.
  • Dilarang keras melakukan perbuatan yang bisa merugikan apalagi sampai membahayakan sesama.

Ketika anda tengah merasa penat, maka menikmati alam di Waduk Cacaban merupakan sebuah keputusan yang tepat. Demikian tadi ulasan singkat mengenai wisata alam Waduk Cacaban yang rekomended sebagai tujuan rekreasi anda selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 − 4 =