Tempat Menarik di Lombok memang beragam dan banyak sekali. Kawasan ini bisa menjadi pesaing sekaligus, sahabat terbaik pulau dewata dalam menampung wisatawan. Baik dari dalam negeri dan mancanegara yang seakan menjadi tujuan utama. Tidak heran memang, Lombok memiliki keindahan alam super kece.

Selain itu, kebudayaan yang masih di junjung tinggi juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak wisatawan datang ke tempat ini. Beberapa dari mereka pasti akan rindu dengan keramahan yang dihadirkan di beberapa rumah adat di Lombok.

Daftar Tempat Menarik di Lombok

Mungkin, saat ini wisatawan mulai penasaran dengan beberapa kawasan wisata di sini. Daripada berlama-lama mari kita simak, penjelajahannya di bawah ini.

1. Gunung rinjani

tempat prcutian menarik di lombok
foto: https://www.instagram.com/vaniairwanti_/

Siapa tak kenal Gunung rinjani, kawasan wisata di lombok island ini menjadi, impian bagi seluruh pendaki. Bahkan, pendaki mancanegara pun ikut bermimpi naik kawasan yang mempunyai ketinggian 3.726 mdpl. Kawasan ini merupakan bagian dari Taman Nasional yang mempunyai luas kurang lebih 76.000 ha.

Salah satu alasan mengapa banyak yang ingin mendaki disini adalah hadirnya segara anakan yang super kece. Pesona danau yang berwarna biru ini menjadi sajian khas yang tidak akan terlupakan oleh para pendaki. Banyak yang berlama-lama untuk menikmati kawasan ini. seperti halnya, ranu kumbolo yang ada di Semeru.

Uniknya, di pinggir danau segara anak wisatawan bisa melihat bagaimana megahnya gunung batujari yang letakya berada di tengah danau. Objek wisata ini masih mengeluarkan sulfur dari kawah. Betapa menakjubkan sekali bila, wisatawan bisa sampai di titik ini. karena, mendaki Rinjani memang tidak semudah mendaki merbabu.

Bila wisatawan berhasil mendaki sampai ke puncaknya. Wisatawan bakal disuguhkan dengan pesona langit dan lautan awan yang indahnya bukan main. Tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Sebuah surga yang bisa dinikmati dari atas. Kepuasan dan kesenangan itu seakan menjadi sebuah harta terindah.

Menariknya lagi, di tempat ini mempertemukan flora dan fauna tipe asia serta Australia. Selain itu, ada juga pemandian air panas alami bagi wisatawan yang mungkin lelah berjalan, dan ingin rehat dan santai sejenak, menikmati suasana yang selalu menghadirkan rasa tenang dan damai.

Keindahan tempat ini tidak berhenti sampai disini saja. wisatawan akan disuguhkan dengan goa alami yang sudah lama ada. Stalaktit dan stalagmitnya pun benar-benar mengesankan. Nah, ada lagi ini, padang savanna yang epic banget.

Perpaduan warna hijau di tambah dengan warna kuning dari sinar matahari, membuat kawasan ini seakan mempunyai jiwa yang tak terlihat.Terakhir, adalah sisi romantis dari objek wisata andalan Lombok. Sunrise yang tidak pernah terdustakan keindahannya. Bisa di bilang, tempat ini memiliki sinar sang fajar yang lebih kece dibandingkan Bromo.

Kunjungi juga: Tempat Menarik di Jogja yang terkini paling cantik.

2. Gili Trawangan

tempat menarik di lombok gratis
foto: https://www.instagram.com/balilifeliving/

Tempat menarik di lombok untuk di lawati selanjutnya adalah tiga gili yang sangat terkenal. Salah satunya adalah Gili Trawangan yang menjadi tempat paling esoktis. menuju ke kawasan ini, wisatawan wajib datang ke pelabuhan bangsal yang menjadi gerbang awal menuju ke Gili Trawangan. Nah, jalan dari Mataram menuju ke Pelabuhan Bangsal membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam

Setelah sampai di pelabuhan wisatawan wajib untuk menitipkan kendaraannya di pelabuhan ini. harga penitipannya pun cukup murah hanya 10 ribu saja per malamnya. Menariknya lagi, di pulau ini kebanyakan adalah wisatawan mancanegara yang memang sudah terbius dengan tempat ini.

Walaupun, banyak Wisatawan mancanegara tetap masih ada penduduk lokalnya juga lho. Nah, penduduk Gili Trawangan tinggal di bagian tengah pulau. Bagi wisatawan yang ingin menginap bisa memilih homestay yang ada di tengah pulau. Karena, memiliki harga yang cukup murah. Maklum saja, karena dikelola oleh penduduk lokal.

Bila, mencari penginapan di pinggir pantai, harga sangat mahal karena sudah dikelola oleh para investor. Wisatawan yang datang ke tempat ini, harus sedikit berhati-hati karena, kawasan ini ada banyak kucing yang akan menyambut. Saat wisatawan menginjakkan kaki pertama kali di sini.

3. Rumah Adat Desa Sade

tempat pelancongan menarik di lombok
foto: https://www.instagram.com/tourlombok.co/

Tempat menarik di lombok dekat bandara adalah rumah adat Desa Sade yang di huni oleh suku asli sasak, dimana menjadi penghuni Lombok sejak lama. Di tempat ini, semua kebudayaan  dan adat tradisional ada di kawasan ini. di Tempat ini pula, wisatawan bisa merasakan bagaimana adat istiadat itu masih tetap terjaga dari dahulu hingga sekarang.

Arsitektur rumah di desa ini masih sangat terjaga dengan baik. Mereka seakan tidak terpengaruh dengan bentuk rumah kekinian yang aduhai. Desa Sade mempunyai dua jenis bangunan. Pertama adalah Bale Tani dimana tempat ini digunakan untuk bangunan tempat tinggal.

Kedua adalah lumbung, dimana bangunan ini digunakan untuk menyimpan hasil panen dan segala kebutuhan. Desa ini merupakan tempat penghasil kain tenun ternama di Lombok. Biasanya wisatawan yang ada disini akan membeli kain hasil tenun dari desa ini yang dijadikan cinderamata wajib bila berkunjung ke Lombok.

Kunjungi juga: Tempat Menarik di Bangkok yang cocok untuk pelancongan saat ini.

4. Bukit Merese

tempat percutian paling cantik di lombok
foto: https://www.instagram.com/giatma_da/

Wisata di lombok tengah di sebut juga dengan nama Merisik yang artinya adalah bukit gundul. Mengapa dinamakan bukit gundul? Karena, wisatawan tidak akan menemukan pohon lain, selain sebuah pohon yang ada di ujung bukit. Pohon ini pula disebut dengan pohon galau karena, hanya sendirian menunggu kawasan ini.

Momen paling aduhai di kawasan ini adalah melihat bagaimana indahnya matahari terbit dan juga matahari terbenam. Tetapi sebelumya, wisatawan harus naiki ke bukit terlebih dahulu. Memang cukup sulit, tetapi mampu mengalihkan perhatian dan membuai setiap orang yang datang ke tempat ini.

Rerumputan hijau di kawasan ini, juga menambah keindahan yang tidak bisa terhindarkan. Bukit merese memang menjadi kawasan yang paling tepat untuk menikmati kesendirian. Bersama dengan pohon galau, menikmati semilir angin yang cukup sejuk dan teduh adalah nuansa yang tidak boleh terlewatkan.

5. Air Terjun Sedang Gile

tempat menarik di lombok paling cantik
foto: https://www.instagram.com/nisaifty/

Tempat Menarik di Lombok ini berada di kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara. Mempunyai suhu sangat sejuk. Airnya pun dingin dan menyegarkan karena, berasal dari mata air gunung rinjani. Kawasan ini merupakan salah satu dari sekian titik pendakian gunung tertinggi ke tiga di Indonesia itu.

Nama air terjun ini dinamakan sendang gile karena, ketidaksengajaan para warga yang tidak sengaja menemukan tempat esoktis ini. waktu itu, para warga sedang mengejar singa gila yang selalu meresahkan. Hingga akhirnya, mereka memberanikan diri untuk menangkap hewan tersebut.

Para warga menyebut singa gila ini dengan nama sengang gile. Nah, menurut pelafalannya, sengang gile berubah menjadi sendang gile. Dimana, sendang sendiri artinya adalah air terjun. Dan gile berasal dari singa gila yang dikejar oleh warga.

Menuju ke kawasan ini memang dibutuhkan kerja keras. Karena, wisatawan harus melewati kurang lebih 500 anak tangga. Dengan pesona hijau dari pepohonan yang menjulang tinggi. Air terjun ini sendiri memiliki ketinggian 30 meter dan berada di 600 mdpl.

Keindahan air terjun ini hadir dari terjunan air dari tebing yang langsung terjun ke sungai yang ada di bawah. Nah, debit air disini tidak pernah surut walau memasuki musim kemarau. Terus saja deras seperti yang dilihat. Wisatawan pun tidak di larang untuk berenang di sungai ini.

Kunjungi juga: Tempat Menarik di Jakarta yang terkini paling cantik.

6. Taman Narmada

tempat pelancongan menarik di lombok
foto: https://www.instagram.com/rico_chand/

Wisata di lombok barat ini menghadirkan keindahan sebuah taman yang tiada duanya. Keindahan kawasan ini terlihat dari replika rinjani yang di bangun oleh Anak agung Ngurah Karangasem.

Nama narmada sendiri diambil dari nama anak sungai gangga yang memiliki arti mata air atau sumber kehidupan. Luas kawasan ini kurang lebih 3 ha. Dibangun pada tahun 1727 sebagai tempat pemujaan dan kawasan peristirahatan dari raja pada saat datang musim kemarau. Di taman Narmada ini juga sering digunakan sebagai tempat upacara keagamaan umat hindu.

Awal dari pendirian kawasan ini adalah hadirnya upacara Pujawali dimana, upacara ini diselenggarakan untuk persembahan kepada Ida Bathara. Karena, sudah tua dan tidak sanggup lagi naik ke puncaknya yang memiliki tinggi 3.276 mdpl. Akhirnya, sang raja membangun replikanya, agar upacara tersebut mudah dilakukan.

Mengunjungi kawasan ini wisatawan harus membayar uang sebsar 6 ribu rupiah saja. kawasan ini juga terdapat telaga ageng yang menjadi replika dari segara anakan. Di kawasan ini pula terdapat salah satu dari delapan pura tertua di bali. Dengan bentuknya punden berundak. Di taman ini juga terdapat kawasan suci, dimana perempuan yang datang bulan dilarang memasuki kawasan ini.

7. Pantai Tanjung Bloam

pantai menarik di lombok
foto: https://www.instagram.com/pavolmosny/

Inilah dia wisata lombok timur yang megah dan membahana. Kawasan pantai yang memang belum terlalu terkenal seperti pantai senggigi. Tetapi, tempat ini memiliki pesona yang lebih dari beberapa pantai yang ada di Lombok. Sehingga, menjadi kawasan yang tidak boleh lupa untuk dikunjungi.

Keunikan dari kawasan ini adalah salah satu kawasan yang digunakan sebagai tempat untuk konservasi penyu yang berada di pinggir pantai. Objek wisata ini juga mempunyai keindahan pasir pantainya yang sangat mempesona. Keindahan pasir ini memang mampu menghadirkan pesona yang tidak akan terlupakan.

Air laut disini berwarna biru membiru. Sehingga, menghadirkan perpaduan alam yang sangat menawan siapa pun pasti akan terbius untuk berlama-lama di tempat ini. ada spot tambahan yang sangat menawan, dimana ada perahu-perahu nelayan yang akan menyandarkan kapalnya di tepi pantai.

Selain itu, ada batuan cadas yang menambah pemandangan Tanjung Bloam menjadi seperti sebuah lukisan para pelukis ternama. Batuan cadas disini ada dua dan seakan mengapit kawasan ini. sehingga, panorama yang dihadirkan menjadi sangat sempurna untuk diabadikan di dalam foto dan juga gambar.

Apabila, wisatawan ingin melihat keindahan sesungguhnya dari Pantai Tanjung Bloam. Naiklah sedikit ke bukit, memang membutuhkan tenaga dan keringat. Tetapi, setelah sampai diatas, decak kagum tidak akan pernah terhenti. Pesonanya, memang menjadi surga yang tidak bisa dihindarkan.

Berada di sini, disarankan untuk berhati-hati. Dikarenakan, ombaknya yang cukup deras. Sehingga, wisatawan bisa saja terseret arus air. Jangan sampai terlena dengan kawasan ini ya, tetap berjaga-jaga.

Peta tempat Menarik Lombok

Ulasan Sebelumnya:

Lombok memang kawasan yang esoktis. menghadirkan beberapa surga yang tersembunyi. Ayo berkunjung ke beberapa tempat menarik di Lombok. Karena, kalian Lombok bisa bangkit dan menjadi kawasan wisata terbaik di dunia lagi. Jangan lupa ajak teman, sahabat, dan keluarga untuk menikmati Lombok yang sedang bangun dari tidurnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here