Tempat menarik di Jogja memang beragam dan banyak sekali yang bisa di pilih. Kota yang mendapatkan gelar sebagai daerah istimewa ini memang sangat istimewa. Tidak hanya keratonnya saja yang masih hidup dan menjadi pusat pemerintah. Tetapi, adat dan budayanya masih tetap terjaga dengan sangat baik.

Berbicara mengenai pariwisata, kota ini memang mempunyai tempat-tempat esoktis nan elok. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Jogja pasti akan merindukan kawasan ini. Seakan ada daya magis tersendiri yang membuat wisatawan ingin datang lagi dan lagi. Apalagi, Jogja seakan tidak pernah habis untuk terus dieksplore.

Daftar Tempat Menarik di Jogja

Baiklah, daripada berlama-lama membayangkan apa saja yang ada di jogja. Mari kita  simak penjelajahannya di bawah ini,

1. Malioboro

tempat percutian menarik di jogja
foto: https://www.instagram.com/malioboro_insta/

Siapa tak mengenal kawasan ini. Objek wisata yang menjadi gerbang penyambutan bagi wisatawan yang datang ke Yogyakarta melalui jalur kereta api.

Kawasan legendaris yang namanya seakan tidak pernah mati. Walaupun, saat ini banyak sekali objek wisata berdatangan silih berganti. Pesona malioboro seakan selalu di hati.

Saat ini ada banyak sekali aktifitas yang bisa dilakukan saat wisatawan berkunjung ke ikon wisata Jogjakarta ini. Salah satu yang terbaru adalah hadirnya sepeda yang bisa digunakan untuk berkeliling malioboro.

Sepeda yang menggunakan aplikasi ini, menjadi daya tarik tersediri. Apalagi, Malioboro akan dibebaskan dari kendaraan. Sehingga, berkeliling dengan sepeda adalah hal yang menyenangkan.

2. Grojogan Sewu

tempat pelancongan menarik di jogja
foto: https://www.instagram.com/isnaini.wahyuni/

Nama Grojogan sewu mungkin terdengar tidak begitu asing. Air terjun ini memang dimiliki oleh sebagian besar wilayah di Indonesia.

Paling terkenal berada di daerah Karanganyar. Dimana, wisatawan harus menuruni sekitar 1000 anak tangga dan ditemani oleh sekelompok kera-kera nakal.

Nah, di Jogja tidak kalah dengan menghadirkan pesona Grojogan Sewu. Objek wisata ini tepatnya berada di daerah Kulon Progo yang terkenal dengan perbukitan menorehnya.

Pesona air terjun ini tidak kalah cantiknya dengan grojogan yang lain. Jalan menuju tempat ini sudah sangat baik dan tidak perlu bingung lantaran sudah banyak papan petunjuk.

Sayangnya, tempat ini belum di kelola secara maksimal, jadi wisatawan harus memakirkan kendaraan bermotornya di area rumah warga. Kemudian, membayar harga tiket masuk sebesar 4 ribu rupiah.

Air terjun ini memang sangat esoktis, dimana perpaduan bebatuan karst menghiasai setiap lika-liku air yang deras menerjang.

Debit air di tempat ini cukup deras bila berkunjung di musim kemarau. Setelah puas menikmati kawasan ini. wisatawan akan disuguhkan dengan area taman yang sejalan dengan jalan keluar. Disiinilah letak spot selfie tersebut.

3. Raminten

tempat menarik di jogja untuk kuliner
foto: https://www.instagram.com/y45m54/

Di Jogja tidak menikmati sajian makanan khas jogja memang rugi. Nah, salah satu rekomendasi tempat makan yang menyajikan cita rasa menggemaskan serta penyajian yang unik adalah Raminten. Tempat menarik di jogja untuk kuliner ini menyajikan berbagai macam menu yang pastinya bisa menggoyang lidah.

Keunikan dari tempat ini adalah pelayannya yang menggunakan pakaian adat jawa dan juga beberapa kembang menyan atau kembang tujuh rupa yang biasa digunakan adat jawa untuk sesajen.

Tempatnya yang asik dengan langgam jawa. Dijamin bakal terbuai dengan alunan musik ini. Tidak hanya sampai disitu, keunikan tempat ini juga hadir di nama menu makanan yang diambil dari beberapa bentuk lekuk tubuh manusia. Dan disesuaikan pula dengan peralatan makan dan minumnya, menarik bukan?

Baca jug: Daftar Tempat Menarik di Bangkok yang paling indah dan menarik.

4. Pantai Depok

tempat menarik di jogja untuk dilewati
foto: https://www.instagram.com/andaristaasss/

Pergi berlibur memang akan terasa kurang bila tidak menikmatinya dengan mengunjungi pantai. Di Jogja ada berbagai macam pantai yang esoktis seperti halnya pantai Depok.

Di sini, wisatawan akan disuguhkan dengan tempat pelelangan ikan dan juga pasar pagi. Selalin itu, ada juga laguna sebagai tempat melihat sunset terindah di Yogyakarta.

Menuju ke tempat ini sangat mudah, letaknya berdekatan dengan Pantai Parangtritis yang menjadi ikon wisata lain di Kota Gudeg ini.

Menikmati pantai depok memang paling asyik pada sore hari. Dengan berbagai macam sajian menu kuliner seafood yang pastinya nikmat. Karena ikannya di ambil langsung dari laut tanpa perlu proses frozen.

Satu lagi di pantai depok adalah menikmati jajanan kuliner masa lalu yang jarang terlihat di pasaran. Melalui pasar laguna depok, wisatawan bisa menikmati sajian kuliner khas yang nikmat. Dengan sistem pembayaran menggunakan uang digital yang terbuat dari kayu.

5. Museum Vredenburg

wisata di jogja
foto: https://www.instagram.com/lissawuthang/

Saatnya berkunjung ke Museum, dimana wisatawan akan disuguhkan dengan pesona sejarah benteng vredenburg. Kawasan ini memang mempunyai saksi bisu dari pergerakan kemerdekaan rakyat Yogyakarta.

Khususnya setelah dipisah oleh perjanjian giyanti. Saat wisatawan masuk ke area ini, wisatawan akan merasakan nuansa zaman kolonial belanda karena bangunannya yang esoktis.

Selain itu, ada cinema yang menanyangakan sejarah panjang berdirinya benteng yang menjadi markas belanda menjadi mata-mata dan melihat pergerakan keraton. Ada pula permainan anak kecil dan pengetahuan seru yang wajib dicoba.

Harga tiket masuk hanya 2 ribu rupiah saja. Disini, wisatawan juga bisa meminjam sepeda untuk berkeliling kawasan. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati sajian coffee yang begitu nikmat. Rasakan pengalaman berbeda meminum segelas kopi dengan nuansa masa lalu dan senja di Malioboro, sungguh syahdu nian.

6. Kebun Buah Mangunan

wisata menarik di jogja bernuansa alam
foto: https://www.instagram.com/deszidezu/

Menikmati matahari terbit memamg menjadi keinginan dan harapan bagi wisatawan yang berkunjung ke suatu tempat. Di Bantul, ada kawasan yang bisa menikmati pemandangan matahari terbit.

Dimana, wisatawan akan di bawa ke negeri diatas awan. Kabut-kabiut pagi, seakan menutupi perbukitan dan sungai yang tampak pada sore atau siang hari.

Kebun buah mangunan juga menghadirkan kawasan menarik untuk sekedar bercengkrama dengan keluarga atau teman dan sahabat.

Jangan lewatkan untuk mengambil setiap momennya dengan menyewa jasa foto, dengan hasil yang memuaskan dan juga menyenangkan. Bagaimana, tertarik untuk melihatnya di kawasan ini?

Kunjungi Juga: Destinasi Tempat Menarik di Jakarta yang terkini paling cantik.

7. Air Terjun Sri Gethuk

air terjun menarik di jogja
foto: https://www.instagram.com/arri_rijal/

Tempat menarik di Jogja selanjutnya adalah air terjun sri gethuk. Tempat ini begitu menarik karena, wisatawan tidak perlu berjalan jauh untuk menikmatinya.

Ada penyewaan perahu untuk menyusuri sungai oya yang berwarna kehijauan ini. Rasakan sebuah pengalaman yang berbeda saat bersama-sama menggunakan ban, berjalan diantara pepohonan yang menjulang tinggi.

Air terjunnya tidak terlalu deras, tetapi menghadirkan pesona yang berbeda. Alirannya memang langsung jatuh di sungai ini. Wisatawan pun juga bisa menikmati bagaimana rasanya berenang dan melompat serta terjun ke sungai ini.

Menyenangkan sekali pokoknya. Syarat utama untuk mendapatkan keseruan ini adalah datang ramai-ramai jangan sendiri atau hanya berdua.

8. Pantai Sadranan

pantai menarik di jogja
foto: https://www.instagram.com/diajeng_april21/

Saat ini snorkeling memang sedang menjadi perburuan siapa pun. di luar jawa, snorkeling menjadi sestinasi wajib yang harus ada.

Tempat percutian menarik di jogja ini, hampir sama dengan pantai nglambor yang bisa digunakan untuk menikmati ikan-ikan kecil nan lucu dan  menggemaskan. Di Pantai Sadranan, waktu snorkeling adalah pagi hari sebelum jam 10 pagi.

Kemudian, perburuan dunia bawah laut dilanjutkan lagi pada sore harinya. Saat air laut sedang pasang. Di tempat ini sudah ada beberapa yang menyediakan fasilitas snorkeling dengan harga kurang lebih 50 ribu rupiah saja. Fasilitas yang didapatkan adalah alat snorkeling, pemandu, dan juga action cam yang bisa di download dan dipindahkan ke memori handphone anda.

Jangan lupa pula untuk menikmati pesona matahari terbenam yang tidak kalah  kecenya. Oleh sebab itu, duduklah di atas pasir nan putih. Kemudian, menunggu setiap momen yang ada, bersama dengan orang-orang yang terkasih dan tersayang.

9. Blue Lagon

tempat menarik di jogja paling cantik
foto: https://www.instagram.com/_azmi.muhammad/

tempat menarik di jogja untuk dilewati selanjutnya adalah blue lagoon. Dimana, wisatawan akan disuguhkan dengan pesona sumber mata air yang cukup jernih.

Disini, banyak wisatawan akan berenang dan meloncat. Memanfaatkan kondisi suasana teduh dan asrinya. Tempat ini terdapat 3 mata air sekaligus.

Sehingga, blue lagoon tidak akan pernah surut walau musim kemarau panjang sekali pun. Ketiganya bernama sendang wadon, belik kluwih, sendang lanang.

Nah, di sendang lanang, wisatawan akan disuguhkan dengan pancuran alami membentuk sebuah kolam. Kolam inilah yang dinamakan warga sekitar sebagai blue lagoon.

Nama resmi dari kawasan ini adalah sebenarnya pemandian tirta budi. Tetapi, kebanyakan wisatawan sudah terlanjur mengenalnya dengan Blue lagoon. Jadi, nama kebarat-baratan ini tetap di gunakan.

Lihat juga: Tempat Menarik di Indonesia yang mempunyai spot foto cantik.

10. Keraton Yogyakarta

wisata sejarah menarik di jogja
foto: https://www.instagram.com/sheratonjogja/

wisata jogja berikutnya yang wajib dkunjungi adalah keraton Yogyakarta. disinilah letak semua kebudayaan dan pusat pemerintahan kota Yogyakarta.

Di dalam keraton, wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai macam peninggalan keraton dari zaman kerajaan mataram, zaman kemerdekaan, hingga zaman setelah merdeka.

Suasana di keraton ini sangat sakral. Ada aura mistis yang sulit untuk diungkapkan. Selain  menikmati beberapa koleksi. Setiap harinya, wisatawan akan disuguhkan dengan beberapa pertunjukkan kesenian daerah. Seperti halnya wayang, tari bedhoyo, gamelan, dan masih banyak lagi.

11. Angkringan Kopi Joss

tempat ngopi menarik di jogja
foto: https://www.instagram.com/bubueataway/

Belum ke jogja rasanya bila belum menikmati angkringan. Jajanan yang sangat merakyat ini memang ada di hampir jalanan kota pelajar ini. Mereka akan selalu menjual nasi kucing atau nasi bandeng dengan sambal, nasi teri, gorengan dan minuman dengan harga yang sangat merakyat.

Di samping stasiun tugu, ada sebuah kawasan angkringan yang bernama kopi joss. Kopi ini begitu nikmat karena, cara pembuatannya menggunakan arang, Saat kopi sudah jadi, arang akan di masukkan ke dalam gelas.

Bagaiamana rasanya? Sangat nikmat dan ingin nambah lagi dan lagi. Penasaran bukan? Datang dan nikmati kopi joss ini, hanya ada di Yogyakarta.

12. Air Terjun Kedung Kandang

air terjun paling cantik di jogja
foto: https://www.instagram.com/fajarnasution/

Satu lagi air terjun yang berada di Jogja. Lebih tepatnya berada di Gunung kidul. Air terjun kedung kandang memang sangat esoktis.

Tempat pelancong menarik  di jogja ini terjadi secara alami. Hanya saja, objek wisata ini hanya bagus bila wisatawan menikmatinya pada waktu musim penghujan saja.

Bila di musim kemarau debit air akan sedikit. Sehingga, pesona yang hadir di tempat ini kurang begitu esoktis dan menarik. Keunikan dari tempat ini bila dilihat dari atas dengan menggunakan drone. Sungguh, mahakarya Tuhan yang memang tidak bisa didustakan sedikit pun.

Peta Wisata Menarik di Jogja

Baca juga: Tempat Menarik di Bali Paling Indah.

Itulah tempat menarik di Jogja yang bisa dihadirkan dalam artikel ini. Sebentar lagi libur panjang. Sudah ditentukan mau berkunjung ke mana bila berada di Jogja? Jangan lupa ajak, sahabat, keluarga, saudara untuk menikmatinya. Karena, kebersamaan itu sangat indah dan menyenangkan.

Video Travel Vlog Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here