Bukit Cumbri memberikan anda suguhan sebuah pemandangan alam indah yang menakjubkan untuk di saksikan dari ketinggian. Ketinggian Bukit Cumbri Wonogiri kurang dari 1.000 meter diatas permukaan laut yang membuatnya bisa di daki dengan mudah oleh sipapun.

Pendaki profesional maupun yang amatir tidak akan menemui kesulitan yang berarti ketika ingin explore Bukit Cumbri yang menawan. Pada area puncaknya didominasi oleh bebatuan serta rerumputan dengan suguhan panorama 360 derajat tanpa batas.

Mendaki perbukitan Cumbri bisa menjadi alternatif untuk mengisi waktu libur dengan menikmati alam secara lebih dekat. Sebelum berkunjung ke wisata di Wonogiri satu ini yuk simak dulu ulasan menarik berikut, check this out.

Harga Tiket Masuk Bukit Cumbri

harga tiket masuk Bukit Cumbri
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112077045247397273973

Berkat kekuatan media sosial, wisata Bukit Cumbri ini mulai dikenal oleh banyak orang sejak tahun 2015. Sebenarnya keberadaan bukit mempesona ini sudah aja sejak lama, namun semenjak foto-fotonya tersebar luas akhirnya banyak orang yang berkunjung kesini.

Persiapkan segala sesuatunya dengan baik sebelum anda akan mendaki ke Bukit Cumbri yang mempesona. Pastikan fisik anda dalam keadaan sehat dan fit untuk jalan-jalan dan eksplorasi Bukit Cumbri.

Tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk bisa mencicipi serunya tracking ke Bukit Cumbri karena murahnya tarif yang dipatok. Harga tiket masuk Bukit Cumbri sejauh ini hanya sekitar Rp5.000 saja per orangnya, terjangkau sekali kan?

Selain untuk membayar tiket masuk, sebaiknya anda juga perlu membawa uang lebih untuk menyiapkan segala kebutuhan mendaki. Termasuk jika anda ingin bermalam disini dengan menginap di homestay Bukit Cumbri dengan berbagai macam pilihan.

Tempat wisata Wonogiri satu ini menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati indahnya matahari terbit dan tenggelam. Maka dari itu, atur dengan baik waktu kunjungan wisata anda ke Bukit Cumbri agar lebih maksimal.

Wisata alam ini terbuka untuk umum kapanpun, buka setiap hari selama 24 jam penuh. Jika ingin melihat sunrise maka sebaiknya datang pada pukul 3-4 pagi, beda hal ketika anda akan memburu sunset.

Datanglah pada saat sore menjelang malam hari untuk sensasi menyaksikan terbenamnya matahari dari balik bukit-bukit tinggi.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat bukit cumbri
Foto : https://www.instagram.com/indra.bayu22/

Lokasi Bukit Cumbri lumayan strategis dan mudah dijangkau dari berbagai arah kedatangan. Letaknya juga menjadi perbatasan langsung antara 2 provinsi, yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Alamat Bukit Cumbri sendiri berada di Dusun Ngudal, Desa Platarejo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Tersedia tiga jalur untuk menuju basecamp pendakian ke Bukit Cumbri, pintu tengah dan juga pintu timur.

Jalur pintu tengah masing-masing berada di Dusun Jatisari dan Dusun Sumber, Desa Biting. Sedangkan yang satunya lagi berada di Dusun Kepyar.

Anda bisa memilih jalur mana saja untuk mendaki Bukit Cumbri, namun pintu di Dusun Kepyar lebih direkomendasikan. Dengan jalur yang cenderung lebih mudah dengan waktu tempuh kurang lebih 1 – 2 jam.

Jalan setapak dengan kontur terjal dan tiidak banyak vegetasi dan semak belukar ini cukup menguras tenaga. Namun rasa lelah yang tengah melanda seketika akan hilang setelah anda tiba di puncak dengan sejuta panorama memanjakan mata.

Gunakan maps dibawah ini untuk memudahkan anda selama perjalanan liburan untuk bersiap mendaki Bukit Cumbri.

Datang juga ke –> Pantai Banyutowo Wonogiri

Fasilitas

fasilitas bukit cumbri
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110945237862844735860

Sebagai penunjang setiap aktivitas wisatawan yang hendak mendaki berbagai sarana prasarana hanya tersedia di pos sebelum pendakian. Tidak ada fasilitas Bukit Cumbri apapun pada area puncaknya, hanya ada spot untuk melihat pemandangan.

Pada area pos pendakian telah tersedia area penitipan kendaraan dan juga kamar mandi untuk anda yang hendak buang air. Selain itu tersedia ragam penginapan yang bisa wisatawan pilih sesuai dengan keinginan.

Beserta area berkemah untuk anda yang hobi berpetualang agar lebih dekat dengan alam. Jika anda ingin membeli perbekalan seperti air minum dan camilan sebaiknya persiapkan dari rumah atau membeli saat dijalan.

Sebab di kawasan pos pendakian Bukit Cumbri minim adanya warung dengan ketersediaan barang yang lengkap.

Kunjungi juga –> Puncak Joglo

Spot Terbaik di Bukit Cumbri

spot terbaik bukit cumbri
Foto : https://www.instagram.com/ryan_perdana27/

Tujuan utama berkunjung ke Bukit Cumbri tentu tidak lain adalah menuju puncaknya. Setelah di puncak, pengunjung akan langsung dimanjakan dengan seolah-olah seperti berdiri datas awan.

Destinasi wisata alam ini pun menyuguhkan landscape hamparan perbukitan hijau tanpa terhalang oleh apapun, sangat mengagumkan. Sejuknya udara Bukit Cumbri turut menemani anda yang tengah bersantai sembari menikmati berbagai suguhan panorama yang memikat.

Tak ketinggalan pemandangan terbit dan tenggelamnya matahari yang mampu menghipnotis banyak pasang mata karena keindahannya. Buat momen mendaki kali ini tidak akan terlupa dengan menjadikan spot terbaik Bukit Cumbri sebagai background swafoto anda.

Abadikan momen seru mendaki Bukit Cumbri dengan berfoto foto ria pada latar belakang menariknya.

Review sebelumnya –> Waduk Gajah Mungkur

Tips Berkunjung

tips berkunjung bukit cumbri
Foto : https://www.instagram.com/anangwahid/
  • Pastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan sehat, fit dan siap untuk mendaki.
  • Sangat disarankan untuk mendaki dalam situasi cuaca cerah dan tidak turun hujan.
  • Gunakan pakaian hangat dan alas kaki yang mendukung aktivitas mendaki.
  • Selalu berhati-hati dan tidak melakukan tindakan yang berbahaya dan merugikan.
  • Persiapkan bekal dan segala kebutuhan mendaki sebelum tiba di pos pendakian.

Demikian ulasan singkat seputar wisata alam Bukit Cumbri yang tak boleh anda lewatkan ketika berada di kota Wonogiri. Perbukitan menawan yang rekomended sebagai tujuan berlibur dengan kegiatan seru mendaki yang anti mainstream.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 2 =