Pantai Banyu tibo adalah kawasan pantai yang memiliki pesona bagaikan surga yang hilang. Keindahan kawasan ini memang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Apalagi, tempat yang memang sedikit tersembunyi ini memiliki pesona pantai yang menawan. Warna lautnya yang biru kehijauan mampu menghipnotis semua mata agar tidak berkedip sedetik pun.

Tekadang muncul pertanyaan di benak wisatawan. Sebenarnya, pantai banyu tibo berada di pacitan atau wonogiri? Penasaran dengan jawabannya. Yuk, kita simak penjelajahannya di bawah ini,

Mengenal Pantai Banyu tibo

foto pantai banyu tibo
foto: https://www.instagram.com/maman0401/

Sebelum, kita berbicara lebih jauh soal kawasan ini. wisatawan pun juga harus tahu bagaimana sejarah dari tempat ini. Salah satu sejarahnya adalah kawasan ini merupakan milik sebuah keluarga yang tinggalnya tidak jauh dari kawasan pantai.

Melihat keindahan kawasan ini. pada akhirnya, keluarga besar ini pun sepakat untuk membangun dan membuka kawasan ini sebagai objek wisata andalan. Oleh karena itu, dibangunlah jalan walau hanya bisa seadanya. Karena, pengelolaannya diambil dari dana pribadi keluarga.

Berada di wilayah perbatasan, membuat pemerintah tidak memberikan perhatian penuh kepada kawasan ini. jadi, jangan kaget bila saat wisatawan berkunjung ke sini, wisatawan akan mendapatkan fasilitas seadanya. Walaupun, seadanya tetapi sudah cukup bersahabat. Baca juga: wisata Pantai Baru Bantul yang mempunyai pemandangan indah.

Keindahan Pantai Banyu tibo

gambar pantai banyu tibo
foto: https://www.instagram.com/fahrulysf/

Dilihat dari sisi keindahannya, kawasan ini sungguh sangat sempurna. Saat wisatawan menginjakkan kaki pertama kali disini. Wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan sungai yang indah. Sungai ini begitu jernih dengan nuansa pedesaan yang mengesankan.

Suasananya pun merdu nan syahdu. Apalagi, semilir angin yang berhembus seperti alunan melodi. Disini, sudah tersedia warung makan dengan menu makanan yang menggoda lidah. Salah satu yang menjadi andalan di warung ini hadirnya lobster mutiara. Dimana, kita ketahui bahwa lobster mutiara adalah lobster paling nikmat.

Dari warunng ini, wisatawan bisa menikmati pesona air terjun banyu tibo dan juga pantai banyu tibo. Kejernihan air terjun ini memang mempesona. Nah, perlu diketahui bahwa air sungai ini berasal dari sungai alami lebih tepatnya berasal dari mata air pegunungan.

Disini, ada sebuah jembatan yang bisa digunakan sebagai spot selfie yang menarik hati. Sungai ini pula juga bisa digunakan sebagai tempat untuk berenang. Airnya pun juga sangat menyegarkan tubuh. Lihat juga: objek wisata pantai depok yang menjadi ikon wisata baru kabputen bantul.

Perpaduan Alam yang Sempurna

alamat pantai banyu tibo
foto: https://www.instagram.com/ifa.ulfa/

Setelah puas makan lobster, dan menikmati es kelapa muda yang begitu menyegarkan. Saatnya kita, menikmati keindahan pantai banyu tibo ini.

Nah, uniknya kawasan ini wisatawan bisa memasuki pantai dengan menggunakan anak tangga. Dimana, wisatawan harus membayar biaya 10 ribu rupiah sebagai tambahan untuk mengembangkan kawasan ini.

Sebelum wisatawan menuruni anak tangga, wisatawan akan bersanding dengan air terjun. Nah, tempat ini pun ada sebuah cekungan yang bisa digunakan untuk berendam. setelah sampai dibawah, wisatawan bisa merasakan air terjun ini sekaligus pantai menjadi satu.

Pasir-pasir pantai yang kecoklatan menjadi salah satu esoktisme lain yang bisa dirasakan disini. saat berada di pasir ini, cobalah lihat keadaan sekitar. Dimana, karang yang megah akan mengelilingi kawasan ini. Di tambah dengan air terjun yang tepat berada di tengah-tengah.

Sudah cukup sampai disini saja keindahan Pantai Banyu tibo? Tunggu dulu, jangan beranjak dahulu. Wisatawan masih bisa menikmati keindahan bawah lautnya yang tidak kalah dengan bibir pantainya. Karang-karang dengan beberapa ikan kecil menambah ketakjuban kawasan ini.

Dengan membayar uang sebesar 50 ribu rupiah, wisatawan bisa menyewa peralatan snorkeling. Dimana, perlatan ini sudah berstandar internasional. Jadi, jangan takut untuk melakukan aktifitas snorkeling disini.

Di kawasan ini pula sudah tersedia homestay yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat dari lelahnya aktifitas yang dilakukan di pantai ini. Bila, beruntung wisatawan juga bisa menikmati senja yang turun diantara karang-karang. Tempat untuk melihat senja berada tidak jauh dari area parkir.

Di tempat ini pun juga sudah tersedia ayunan untuk menikmati senja yang akan tenggelam. Bisa dibilang, tempat ini adalah tempat yang paling direkomendasikan bagi wisatawan.

Apalagi, wisatawan yang mungkin sedang penat, dan mempunyai beban yang berat. Berada di kawasan ini akan memberikan inspirasi lebih. Simak juga review tentang objek wisata pantai carocok yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Alamat Dan Lokasi Pantai

lokasi pantai banyu tibo pacitan
foto: https://www.instagram.com/hosea_osgood/

Baiklah, mari kita jawab pertanyaan yang membuat semua wisatawan penasaran. Dimana letak kawasan ini. dilihat dari alamatnya letak panati banyu tibo berada di Kabupaten Pacitan. Tepatnya berada di desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Tetapi, kawasan ini paling mudah dicapai melalui wonogiri. Karena, seperti yang tertulis diata. Kawasan ini masuk dalam perbatasan antara Kabupaten Pacitan dan kabupaten Wonogiri.

Dan berada di jalur utama menuju ke kabupaten Pacitan bila wisatawan memulainya dari wonogiri. Baca juga: destinasi Pantai Cermin Medan yang mempunyai banyak spot foto menarik.

Rute Menuju Lokasi

rute menuju pantai banyu tibo pacitan
foto: https://www.instagram.com/muhammadanwarmusa/

Baiklah, saat nya untuk mengupas rute pantai banyu tibo pacitan yang harus dituju bila wisatawan memutuskan berangkat dari kota pacitan. Arahkan kendaraan menuju ke jalan letjend S Parman kemudian arahkan kendaraan ke jalan nasional III.

Setelah dari jalan ini belok kea rah jalan punung – goa gong. Lalu, menuju ke jalan punung kalak. Hingga akhirnya, sampai di pantai banyu tibo.

Bagi wisatwan yang berasal dari solo, maka rute yang harus ditempuh adalah solobaru kemudian menuju kea rah sukoharjo. Setelah melewati sukoharjo, arahkan kendaraan menuju ke wonogiri. Di pertigaan wonogiri  belok ke kanan menuju kea rah pracimantoro.

Setelah itu arahakan kendaraan menuju kea rah pantai nampu. Sebelum tiba dipantai nampu, wisatawan akan berada di sebuah persimpang. Ikuti petunjuk menuju kea rah pantai banyu tibo. Nah, beberapa meter dari petunjuk inilah yang merupakan perbatasan antara jawa tengah dan jawa timur.

Ikuti saja jalan dan papan petunjuk yang sudah tersebar sebagai pemandu. Setelah berjalan kurang lebih 10 menit, maka wisatawan akan sampai di pintu masuk pantai. Dari pintu masuk jalanan sudah mulai kurang baik, berkelok, dan sedikit sempit. Kurang lebih 20 menit dari sini, wisatawan akan memasuki area parkir pantai banyu tibo. Simak juga pembahasan mengenai tempat wisata pantai anyer yang berlokasi di banten.

Harga Tiket Masuk Pantai Banyu tibo

harga tiket masuk pantai banyu tibo
foto: https://www.instagram.com/ayodolan/

Berbicara mengenai harga tiket masuk pantai banyu tibo memang sedikit simpang siur. Karena, pada saat saya kesana, tidak ada penjaga. Hanya ada kota amal dimana, wisatawan wijib mengisi seikhlasnya demi perawatan pantai.

Tetapi, ada kabar yang mengatakan bahwa  tiket masuk pantai banyu tibo terbaru adalah 5 ribu rupiah ditambah dengan biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah untuk mobil. Serta, 4 ribu rupiah untuk kendaraan bermotor. Bagaiana, cukup murah bukan harga yang ditawarkan di kawasan ini.

Jangan lupa, bila kawasan ini juga digunakan sebagai tempat memancing. Sayangnya, di wilayah ini belum tersedia warung yang menyewakan peralatan pancing. Jadi, wisatawan harus membawa senjata pancing sendiri dari rumah.

Pantai banyu tibo adalah bukti bahwa pariwisata adalah salah satu aset yang bisa menganggkat perekonomian warga. Dimana, pengurus pantai ini sebagaina besar adalah anggota karang taruna kampung yang bekerja sama dengan warga lain. Oleh karena itu, mari kita jaga kebersihan setiap kawasan wisata Indonesia. Dan jangan lupa, untuk datang ke Pantai banyu tibo pacitan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here