Pantai Depok bagi sebagian wisatawan pasti sudah tahu tentang keindahan pantai ini. pantai yang saat ini menjadi tujuan pariwisata setelah pantai parangtritis ini memang memiliki pesona yang luar biasa.

Objek wisata Pantai Depok Jogja memang memiliki ciri khas yang sangat mencolok dengan hadirnya pasar pelelangan ikan yang menjadi alasan bagi wisatawan berkunjung kesini.

Perlu di akui bila pasar pelelangan ikan ini memang menjadi daya tarik lantaran ikan-ikan yang ada disini fresh. Para nelayan selalu membawa ikan-ikan hasil tangkapannya ke tempat ini. Apalagi, pasar pelelangan ikan disini, menjadi yang paling ramah diantara pasar pelelangan ikan di kawasan lain.

Selain pasar pelelangan ikan, pantai ini menyimpan keindahan yang luar biasa. Tidak hanya sebagai sarana liburan. Tetapi, juga bisa digunakan sebagai sarana menyatukan keluarga yang mungkin kurang harmonis karena sibuk bekerja. Baiklah, mari kita simak penjelajahan Pantai Depok dibawah ini,

Mengenal Pantai Depok

pemandangan pantai depok
foto: https://www.instagram.com/massjat/

Kawasan pantai depok merupakan kawasan nelayan yang hampir setiap pagi datang dengan membawa ikan yang banyak. Sejarah pantai depok mencatat dahulu, ada nelayan yang berasal dari cilacap menangkao ikan sampai di kawasan ini. ternyata, ada sebuah tempat dimana, mereka mampu menghasilkan tangkapan yang luar biasa.

Hingga akhirnya, warga disekitaran pantai depok mengalihkan mata pencaharian mereka menjadi nelayan. Berdirinya tempat pelelangan ikan, memang bertujuan agar banyak orang yang datang dan menikmati santapan kuliner seafood. Oleh karena, itu tempat pelelangan ikan disini begitu diperhatikan dengan sangat baik.

Baca juga artikel kami sebelumnya yang mengulas keindahan wisata Pantai Carocok yang begitu mempesona.

Pesona Depok Di Pagi Hari

Pantai depok bantul memang cukup unik. Dimana, kawasan ini akan berubah menjadi sebuah pasar yang menarik. Nah, pasar ini menjual berbagai macam bumbu dapur. Menariknya lagi ada kuliner pantai depok yang patut dicoba. Kuliner ini merupakan kuliner sederhana yang sangat nikmat.

Seperti halnya bubur, aneka sambal goreng dan capcay. Banyak warga sekitaran pantai tumpah ruah menikmati suasana pantai sembari sarapan pagi. Selain itu, disini juga  menjual ikan hias yang lucu dan menggemaskan. Dengan harga yang bersahabat.

Satu hal yang juga menarik pemandangan adalah, saat sampah-sampah ini dibuang beberapa petugas dengan sigap membersihkannya. Ada pula yang langsung membuang sampahnya di tempat yang sudah disediakan.

Pagi hari memang waktu yang paling tepat berkunjung ke sini, lantaran matahari yang belum terlalu terik sehingga, bermain air akan sangat menyenangkan. Selain itu, kapal-kapal yang bersandar bisa dijadikan sebagai sebuah lanskap untuk menghasilkan gambar dan foto yang menarik.

Disini juga tersedia spot foto kekinaian dan ATV yang siap menghibur wisatawan. Selain itu, ada juga permainan mobil-mobilan anak-anak yang bisa disewa dengan harga yang cukup murah. Waktu yang tepat lagi pergi ke kawasan ini adalah pada saat sore hari, dimana sinar matahari akan segera tenggelam.

Baca juga objek wisata Pantai Cermin yang merupakan destinasi unggulan yang harus dikunjungi ketika liburan ke medan.

Laguna Depok

wisata pantai depok bantul
foto: https://www.instagram.com/osmanpanji39/

Mungkin, ada sebagian wisatawan yang belum tahu letak laguna pantai depok. Letaknya begitu dekat dengan pantai. Sebelum memasuki gapura, wisatawan bisa belok ke kanan. Atau juga bisa melewati kawasan tempat pelelangan ikan. Hanya tinggal lurus saja.

Bisa dibilang laguna ini adalah tempat paling tepat untuk mengambil foto dan gambar pantai depok dari sisi yang lain. Kondisi airnya yang tenang, serta suasannya yang sepi membuat kawasan ini paling direkomendasikan saat senja hendak tenggalam.

Wisatawan pun juga bisa berkeliling kawasan laguna ini dengan menggunakan perahu naga yang sudah dipersiapkan oleh beberpa nelayan. Saat naik ke kapal, sobat native akan merasakan berada di luar negeri dengan menggunakan kapal seadanya. Pesona sekitar memang mampu menghipnotis wisatawan untuk berdecak kagum.

Simak juga ulasan kami lainya mengenai tempat liburan yang cocok untuk keluarga yaitu wisata Pantai Anyer di banten.

Pasar Digital Dan Festival

Selain itu, pada saat hari sabtu, minggu, dan hari libur. Kawasan ini akan dipenuhi oleh para pedagang. Disinilah letak pasar laguna depok yang menjadi destinasi digital baru. Pasar digital diantara beberapa pasar digital yang ada di kawasan Yogyakarta.

Uniknya di pasar digital disini, wisatawan akan dibawa kembali ke masa lalu. Dimana, wisatawan harus menukarkan uang dengan koin yang sudah tertulis dengan angka. 10 ribu akan mendapatkan koin dengan tulisan angka 2 bersama dengan tempat koinnya. Jadi, setiap transaksi, wisatawan wajib menggunakan koin ini.

Jika, pada akhirnya koin ini sisa, maka wisatawan bisa menukarkan kembali koinnya ke dalam bentuk rupiah. Lalu apa saja yang ditawarkan di pasar digital ini? karena, pasar ini hadir pada saat sore hingga malam, maka pasar ini menyediakan berbagai macam sajian kuliner yang sangat menarik.

Nah, disini wisatawan bia duduk-duduk secara lesehan menikmati suasana laguna yang teduh dan bersahaja. Terkadang, ada pula gamelan jawa yang bisa didengarkan. Sungguh nikmat tuhan mana yang kau dustakan.

Di laguna pantai depok ini setiap tahunnya sering digunakan sebagai tempat festival perahu naga. Festival ini berupa lomba yang menarik yang memperebutkan hadiah yang cukup besar. Festival perahu naga biasanya akan diisi dengan pertunjukan barongsai dan berbagai penampilan seru dari musisi lokal Yogyakarta.

Lihat juga keindahan wisata Pantai Carita yang begitu memikan mamata dan menarik sekali untuk dijelajahi.

Alamat Dan Rute Lokasi

rute menuju lokasi pantai depok
foto: https://www.instagram.com/wangsinawang.images/

Alamat pantai depok berada di desa depok, kecamatan kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nah, untuk menuju ke kawasan ini sebenarnya sangat mudah. Wisatawan cukup mencari jalan menuju ke Parangtritis.

Sementaar jalan parangtritis  sangat mudah. Dari kawasan malioboro belok ke kiri, sampai di perempatan lampu merah kemudian belok ke kanan. Dari situ, perjalanan lurus terus tanpa belok. Hingga sampai di sebuah jembatan  besar. Sebelum tiba di gapura pintu masuk arahkan kendaraan untuk belok ke kanan. Ikuti jalan hingga sampai di pantai depok.

Kami juga merekomendasikan wisata Pantai Bentar untuk dijadikan sebagai list liburan selanjutnya khusus untuk anda.

Maps Pantai Depok

Harga Tiket masuk Pantai Depok

harga tiket masuk pantai depok
foto: https://www.instagram.com/perlih12/

Untuk harga tiket masuk pantai depok wisatawan akan dikenakan sesuai dengan hari. Bila weekday, akan dikenakan sebesar 7,500 per orang. Jika week end dan ada event yang berlangsung maka akan dikenakan bianya sebesar 10 ribu. Tiket ini berlaku untuk beberapa pantai yang ada disini, seperti pantai cemara sewu, parangtritis, gumuk pasir.

Untuk parkir wisatawan akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu untuk mobil dan 3 ribu untuk motor. Tarif parkir ini berlaku pula untuk laguna depok Kemudian, untuk menikmati berkeliling dengan perahu naga, wisatawan hanya cukup membayar 10 ribu rupiah saja murah bukan.

Sedangkan harga kuliner di pasar laguna cukup murah mulai dari 2 ribu rupiah saja. Menariknya lagi, apabila wisatawan datang pada pagi hari sekitar pukul 6 maka, wisatawan gratis masuk karena, belum ada petugas yang jaga.

Menikmati kawasan ini memang tidak bisa hanya satu jam, dua jam. Harus lebih dari 5 jam. Apalagi, saat menikmati sunset cantiknya. Jangan lupa bila kawasan ini berada di wilayah pantai selatan. Kawasan ini melekat erat dengan mitos pantai depok. Dimana, masih berhubungan erat dengan yang namanya ratu pantai selatan yaitu nyi roro kidul.

Baca juga: tempat wisata di jogja yang menarik untuk dikunjungi dan selalu bikin kangen.

Tidak usah takut dengan mitos ini. asalkan datang dengan baik-baik dan mematuhi aturan yang ada, maka wisatawan pasti selamat. Oleh karena itu, ayo datang dan saksikan keindahan pantai depok di Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here