Pantai Carocok Bagi sebagian wisatawan mungkin belum terlalu mengenal tempat ini. Tetapi, bagi masyarakat padang, kawasan ini sudah memiliki nama. Bahkan, mereka menyandingkan objek wisata kebanggan mereka ini dengan beberapa pantai di Pulau Dewata. Sebut saja Pantai Sanur, Pantai Legian, atau juga Pantai Kuta.

Tidak hanya pesona laut saja yang dihadirkan di tempat ini. Melainkan, ada titik spot yang menarik yaitu Pulau Batu Kereta dan Pulau Cinguak. Bagi wisatawan yang penasaran dengan kawasan ini, mari kita simak penjelajahannya di bawah ini,

Sejarah Pantai Carocok

foto pantai carocok
foto: https://www.instagram.com/herisupriadi_hs/

Sebelum mengulas lebih dalam mengenai keindahan pantai carocok yang konon katanya seperti pantai di pulau bali. Mari, kita seimak terlebih dahulu mengenai sejarah dan legenda yang berkembang di kawasan ini. Karena, kedua hal ini memang tidak bisa dipisahkan dan menjadi salah satu pesona yang tidak bisa tergantikan.

Menurut sejarah pantai carocok kawasan ini dahulu masih sepi dan bukanlah sebuah pantai yang indah. Belum juga digunakan sebagai kawasan pariwisata. Tenpat ini digunakan sebagai kandang jawi, atau sebagai kandang sapi. Warga sekitar pun dahulu juga menggunakan kawasan ini untuk menambatkan sapi-sapi mereka.

Barulah pada tahun 1980-an, kawasan ini mulai tumbuh dan bangkit dari sisi perekonomian. Warga Painan mulai melirik kawasan ini sebagai tempat yang punya esoktis. Warga pun mulai sadar dan tidak menggunakan kawasan ini untuk sapi-sapi mereka lagi. Baca juga: wisata Pantai Cermin yang berlokasi di medan.

Legenda yang Berkembang

legenda pantai carocok
foto: https://www.instagram.com/ryansant/

Sedikit mundur kebelakang, mengenai legenda yang ada di kawasan ini. cerita ini pun dipercaya merupakan cerita turun-temurun. Dimana, sesepuh desa mengatakan, jika, di kawasan ini ada sebuah pulau bernama batu kereta. Nah, nama batu kereta ini pun dimabil dari sebuah batu yang terletak di ujung selatan pulau.

Batu tersebut mirip dengan roda kereta yang bergerigi. Padahal, jejak tersebut adalah jejak orang portugis yang singgah di kawasan tersebut. Ada juga yang mengatakan jika, jejak tersebut merupakan jejak seorang meener belanda yang mengunakan sepeda. Entah mana yang benar, tetapi jejak tersebut seperti jejak sebuah sepeda.

Sayangnya dari catatan sejarah tidak yang bisa menjelaskan secara pasti mengenaik berita tersevut. Tetapi, menurut proses ilmiah. Hasil tersebut adalah hasil dari hempasan ombak yang terus menggempur batu batu karang yang telah tergerus selama beberapa tahun.

Di pulau cinguak ada kisah misteri yang cukup membuat bulu kudu berdiri dan bergoyang kesana-kemari. Dimana, disini ada kuburan madame van kempen. Noni belanda ini konon katanya, adalah penghuni pulau cinguak sejak dahulu kala. Simak juga destinasi wisata Pantai Anyer yang berlokasi di banten.

Daya Tarik

pesona pantai carocok
foto: https://www.instagram.com/ridwan426/

Bisa dibilang pantai carocok pesisir selatan ini memiliki keindahan yang sangat memukau. Terbukti dengan hadirnya terumbu karang seluas 70 hektar. Kabar baiknya lagi, terumbu karang disini kondisinya masih sangat baik. Selalu dirawat dengan baik oleh warga yang memang sudah sadar akan keindahan bawah laut.

Selain itu, kawasan yang terletak di bagian teluk carocok-terusan ini mempunyai luas hutan mangrove kurang 400 ha. Semua keindahan ini bisa langsung dinikmati saat wisatawan tiba disini. Apalagi, dengan sambutan hangat angin sepoi-sepoi, menambah kekaguman yang tidak akan pernah berhenti untuk tempat ini.

Selain itu, pesona carocok pun dapat dilihat dengan hadirnya pantai-panati kecil yang terlihat. Esoktis dan menawan sekali terlebih sore hari. Sungguh keindahan yang sempurna. Sepertinya apa yang dilihat adalah sebuah mimpi semata. Lihat juga review kami sebelumnya tentang objek wisata Pantai Carita yang mempunyai pemandangan alam indah.

Pulau Batu Kereta Dan Pulau Cinguak

wisata pulau batu kereta
foto: https://www.instagram.com/yudhisa_putra/

Inilah ikon dari pantai carocok. Dua pulau yang wajib untuk dikunjungi. Bila ingin ke batu kereta hanya tinggal menyeberang melalui jembatan yang ada. Jika, ingin menuju ke pulau cinguak bisa menggunakan perahu sekitar 200 meter.

Disini ada sebuah petilasan yang menjadi saksi sejarah yaitu benteng bekas potugis ada juga sebuah prasasti. Dimana, prasasti ini adalah sebuah tanda karena, seperti yang dibicarakan diatas. Bila, tempat ini terdapat sebuah makam.

Di pulau inilah wisatawan bisa melakukan berbagai macam permainan. Cukup lengkap dengan wahana pantai carocok yang banyak mungkin dicari. Seperti flying fox, donat boat, banana boat. Selain itu, jangan lewatkan keindahan dunia bawah lautnya. Snorkeling atau diving pin bisa dilakukan disini.

Semua tidak mengecewakan, apalagi airnya sangat jernih dan belum terkontaminasi dengan hal-hal yang mampu merusak alam dan lingkungan .Jangan lupa membawa kamera bawah laut, danabadikan setiap momen yang berlasngusng. Simak juga ulasan kami sebelumnya tentang destinasi Pantai Bentar yang mempunyai banyak spot menarik.

Sunset yang Mempesona

pemandangan pantai carocok
foto: https://www.instagram.com/para_palala/

Tibalah kita di sore hari. Dimana, kawasan ini akan semakin ramai. Lantaran, di tempat ini wisatawan akan melihat detik-detik turunnya sejnja yang menakjubkan. Jangan lewatkan setiap momen yang disuguhkan di kawasa ini. Banyak bilang pula, bila tempat ini merupakan titik paling romantis yang ada di padang.

Jangan lupa pula untuk menikmati sajian kuliner yang bakal menggoda lidah. Seperti, makanan khas painan yaitu ikan pepes marang atau juga gulai ikan marang. Cita rasa ikannya jangan ditanya. Dengan harga yang cukup bersahabat pula. Lihat juga wisata pantai Pantai Bondo di jepara, jawa tengah.

Alamat Dan Rute Lokasi

lokasi pantai carocok
foto: https://www.instagram.com/benny_adzfikar_bakir/

Alamat lokasi pantai carocok berada di Kecamatan IV Jurai, Kabupaten pesisir selatan- Kota Padang, Sumatera Selatan. Terletak di sebelah barat kota painan dengan jarak kurang lebih 2 km. titik poinnya adalah kota padang. Wisatawan bisa menggunakan berbagai macam transportasi menuju ke kota padang.

Kemudian, jalan menuju pantai carocok apabila menggunakan pesawat dan turun di Bandara Minangkabau. Bisa menggunakan taksi dengan tariff 300 ribuan. Dengan jarak tempuh 77 km, dan waktu perjalanan sekitar 2 jam. Atau bisa juga dengan menyewa kendaraan dengan harga kurang lebih 300 ribuan. Dimana, harga ini sudah termasuk dengan sopir dan belum dengan BBM.

Jika, ditambah dengan bahan bakarnya maka, wisatawan menambah uang sekitar 150 ribu lagi. Langkah ini mungkin, bisa digunakan saat wisatawan datang membawa rombongan. Atau pilohan terakhir dengan cara backpacker. Naik bus terlebih dahulu menuju Pasar Raya Padang seharga 30 ribu. Kemudian, menggunakan travel menuju ke Pantai Carocok seharga 30 ribu.

Menggunakan opsi backpacker wisatawan akan lebih lama sampai. Karena, travel ini akan menunggu penumpang agar penuh terlebih dahulu. Pilihan lainnya adalah menggunakan jalur laut.melalui pelabuhan teluk bayur. Disini, wisatawan bisa menggunakan kapal yang sudah disediakan oleh pemerintah.

Harga yang harus dibayar untuk pilihan transportasi dibawah ini adalah 400 ribuan. Sedikit mahal, tetapi wisatawan akan disuguhkan pemandangan nan esoktis. Pulau-pulau di sekitar pantai carocok yang menawan hati. Sungguh, indah bagai lukisan.

Anda juga bisa menggunakan google maps dibawah ini untuk berkunjung ke pantai carocok.

Harga Tiket Masuk Carocok

harga tiket masuk pantai carocok
foto: https://www.instagram.com/rifie/

Selain harga diatas, ada beberapa biaya lagi yang harus di bayar oleh wisatawan. Pada saat memasuki pintu gerbang membayar biaya masuk sebesar 5 ribu rupiah. Bila ingin menikmati pulau cinguak bisa menyewa perahu 30 ribu rupiah pulang pergi. Dan, masih banyak wahana lain yang bisa dinikmati mulai dari 25 ribuan.

Bagi yang ingin menginap di sekitar pantai carocok sudah tersedia penginapan berupa hotel di pantai carocok. Dengan harga yang bisa disesuaikan dengan fasilitas yang akan di dapatkan. Mulai dari 300 ribuan saja, wisatawan akan seperti raja dan ratu. Baca juga: wisata pantai Pantai Bopong yang berlokasi di kebumen jawa tengah.

Penasaran dengan keindahan pantai carocok. Wisatawan bisa melihatnya di gallery pantai carocok, yang tersedia banyak di media sosial. Daripada hanya melihat, lebih baik langsung datang dan lihat  langsung kemegahan dan pesona Pantai Carocok, Padang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here