Pantai Baru mendengar namanya mungkin masih terlalu asing. Sebenarnya, kawasan ini bukanlah benar-benar baru, melainkan kawasan lama yang coba di buat seperti baru. Maklum saja, kawasan pantai di sepanjang jalan kenangan ini memang kurang begitu diminati. Padahal, dilihat dari segi kawasannya, tempat ini cukup menarik.

Pantai Baru Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta berada di sebelah timur pantai pandansimo yang memiliki mercusuar di dalamnya. Jika, dilihat secara mendalam, kawasan ini mempunyai keindahan yang tidak kalah dengan daerah pantai yang ada di sekitarnya. Bagi wisatawan yang penasaran dengan tempat ini, mari kita lihat penjelajahannya di bawah ini,

Mengenal Pantai Baru

Bantul memang menyimpan berjuta pesona yang memang belum dikelola dengan sangat baik. Apalagi, kawasan pantai Baru yang seakan menjadi tempat paling ditakuti.

Mengapa ditakuti? Karena, wisatawan yang berkunjung ke sini, tidak akan melihat kendaraan berjajar atau banyaknya wisatawan yang menikmati.

Berbanding terbalik dengan kawasan pantai di Bantul lainnya seperti di Pantai Depok atau Parangtritis. Bukan berarti sepi, kawasan ini tidak punya pesona yang indah.

Sebenarnya, ada banyak pemandangan yang bisa di ekspos lebih jauh lagi. Apalagi, kawasan ini masih sepi, sehingga sangat nyaman untuk beraktifitas. Rasanya, seperti mempunyai pantai pribadi.

Sejarah Singkat

pantai baru di bantul
foto: https://www.instagram.com/diryann/

Sejarah pantai baru memang asyik untuk disimak, lantaran dalam sejarah ada sebuah misteri yang terkandung didalamnya.  Kawasan ini memang tidak bisa dipisahkan dari keluarga keraton. Banyak yang tidak tahu memang kenapa warga keraton memilih kawasan ini sebagai tempat pertapaan.

Petilasan pertapaan pun masih dirawat dengan sangat baik dan konon menjadi tempat keramat. Walaupun, pada waktu tertentu kawasan ini digunakan sebagai tempat untuk event nasional.

Jadi, jangan heran bila saat berkunjung ke sini di waktu tertentu. Wisatawan akan melihat beberapa orang yang datang untuk menikmati pantai ini dengan cara yang lain. Simak juga destinasi wisata Pantai Bondo yang berlokasi di Jepara.

Wisata Edukasi

Pantai baru hadir dengan menawarkan segudang pesona yang mungkin tidak dimiliki oleh tempat lain. Salah satunya adalah wisata edukasi yang bisa dinikmati. Luas lahannya yang mencapai 4000 meter persegi, membuat tempat ini mampu menghadirkan wisata edukasi yang cukup menarik.

Disini, wisatawan akan disuguhkan dengan beberapa energi terbarukan yang sedang dikembangkan oleh pemerintah. Seperti diketahui, usia planet ini sudah cukup tua dan semua energi yang telah disediakan alam sedikit demi sedikit mulai menghilang. Oleh karena itu, perlu adanya energi yang baru untuk memenuhi kebutuhan seluruh umat manusia. Baca juga: objek wisata Pantai Bentar.

Biogas

Wisata eduksi pertama adalah pembuatan biogas. Tepat berada di jalan masuk Pantai Baru. Ada kandang ternak dan pembuatan Biogas.

Wisatawan bisa mengelilingi kandang sembari memberikan mereka makan. Atau melihat biodigester dan genset biogas. Jangan takut, hewan ternak disini sangat ramah-ramah.

Tidak bisa dipungkiri, berada di kawasan ini memang sedikit menghadirkan bau tidak sedap. Tetapi, bau ini bukanlah bau dari pembuatan biogas. Melainkan, bau dari kotoran hewan ternak yang akan dimanfaatkan untuk pupuk dan energi biogas. Baca juga: destinasi wisata Pantai Carita yang mempunyai pemandangan sangat indah.

Kincir Angin

Mendengar nama ini pasti wisatawan akan membayangkan sebuah kincir angin seperti yang ada di negeri Belanda. Ada benarnya, dan juga tidak. Karena, kincir angin disini tidak memanfaatkan air sebagai sebuah energi.

Melainkan tenaga ngin yang akan dirubah menjadi energi hybrid. Disini pun tersedia panel surya yang berfungsi merubah tenaga matahari menjadi daya kebutuhan.

Biasanya, disini wisatawan banyak yang mengambil gambar pantai baru yang tidak dimiliki oleh pantai lain. Jadi, jangan lupa untuk mengabadikannya. Amat disayangkan bila pemandangan kece ini dilewatkan begitu saja.

Tenaga kincir angin ini biasanya digunakan untuk memasok kebutuhan listrik warung-warung yang berada di kawasan ini. Terutama bagi warung-warung yang menghasilkan es batu untuk pengawet ikan. Wisatawan pun bisa melihat proses pembuatan es batu tersebut.

Selain itu, wisatawan juga akan disuguhkan sebuah teknologi yang cukup mengesankan. Panorama tersebut adalah kolam ikan air tawar.

Dimana, kolam tersebut telah terpasang teknologi aquaponik. Tekonologi ini memungkinkan untuk membersihkan air dengan menggunakan metode penyaringan tumbuhan. Simak juga review tentang wisata Pantai Anyer yang tak kalah indahnya.

Keindahan Pantai Baru

gambar pantai baru bantul
foto: https://www.instagram.com/fienikonjogja/

Saat wisatawan masuk ke kawasan ini. wisatawan akan disambut dengan dua patung yang menjadi ikon yaitu Patung Hiu tutul dan Harimau. Nah, patung harimau ini dijadikan sebagai simbol dari salah satu keluarga keraton. Dimana, saat bertapa disana, anggota keluarga ini ditemui oleh seekor harimau.

Biasanya, pihak pengelola akan menyediakan beberapa sarana hiburan. Seperti live music yang menghadirkan band-band dan penyanyi lokal ternama.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati beberapa wahana yang menarik seperti ATV yang sedang hits di berbagai pantai. Untuk menikmati ATV ini, wisatawan bisa membayarnya dengan harga 30 ribu untuk 15 menit.

Para warga pun juga memanfaatkan dengan baik pesona tempat ini. dengan menghadirkan beberapa penyewaan tikar. Wisatawan bisa menyewa seharga 10 ribu rupiah sepuasya. Menyewa tikar dan menikmati teduhnya pohon cemara udang menjadi sebuah daya tarik yang tidak boleh dilewatkan.

Disinilah mengapa diatas, kawasan ini sangat ramah terhadap keluarga. Wisatawan pun bisa menikmati sensasi makan bersama di pantai yang sepi dan mempunyai pemandangan mengesankan. Apalagi, saat sore hari. Saat matahari yang hendak turun dan berganti dengan malam.

Bila, tidak ingin repot membawa makanan dari rumah. Wisatawan juga bisa memanfaatkan beberapa warung yang sudah menyajikan menu makanan yang sangat nikmat. Lidah akan bergoyang tanpa mau berhenti. Jangan takut untuk membeli, karena harga dan cita rasanya sangat bersahabat. Lihat juga: wisata Pantai Cermin yang berlokasi di Medan.

Alamat Dan Rute Lokasi

lokasi pantai baru bantul
foto: https://www.instagram.com/ndy_satria/

Alamat lokasi pantai ini berada di Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul, daerah Istimewa Yogyakarta. jarak tempuh dari Kota Yogyakarta kurang lebih 30 km. sedangkan, waktu tempuh menuju ke tempat ini kurang lebih 1 jam.

Rute Pantai Baru Bantul bisa dimulai dari pusat kota menuju ke arah selatan menuju ke jalan bantul. Dari jalan bantul menuju ke bundaran srandakan yang akan menghubungkan wilayah Bantul dan wilayah Kulon progo. Dari sini lanjutkan perjalanan menuju ke selatan.

Tidak jauh dari sepanjang jalan ini. wisatawan akan menemukan beberapa papan petunjuk. Papan ini bisa dimanfaatkan sebagai pedoman, bagi wisatawan menuju ke Pantai Baru dan juga Panta Kuwaru. Simak juga: wisata Pantai Carocok yang mempunyai banyak spot foto terbaik.

Harga Tiket Masuk Pantai Baru

harga tiket masuk pantai baru bantul
foto: https://www.instagram.com/bolehmotret/

Tiket masuk pantai baru sangat murah. Wisatawan hanya perlu membayar 4 ribu rupia saja. Ditambah dengan uang parkir saja yaitu 3 ribu rupiah untuk motor.

Bagi wisatawan yang ingin menggunakan mobil harus merogoh kocek kurang lebih 7 ribu rupiah. Menariknya, harga 4 ribu bisa digunakan sebagai tiket masuk untuk pantai yang berada di sekitarnya. Baca juga: wisata Pantai depok yang berlokasi di bantul, yogyakarta.

Berkunjung ke Pantai baru tidak pernah rugi. Mungkin, kawasan ini hanya perlu banyuan wisatawan supaya tempat indah ini bisa menjadi ramai. Ayo, datang dan ambil banyak foto disini. Jangan lupa ajak, teman, sahabat, serta keluarga untuk menikmati keseruan dan keindahan Yogyakarta di Pantai baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here