Pantai Anyer inilah pantai yang paling popular di Banten. Banyak yang bilang, kawasan ini adalah tempat terindah di ujung barat pulau jawa. Saat datang hari libur, kawasan ini akan dipadati oleh pengunjung.

Bahkan tahun ini, ada beberapa wisatawan mancanegara mulai melirik tempat ini dan dijadikan sebagai incaran baru berwisata di Indonesia.

Mereka menganggap, wisata pantai anyer tidak kalah indahnya dengan pantai yang ada di Bali. Atau pantai yang terletak di Sulawesi dan papua.

Sehingga, objek wisata ini layak untuk dikunjungi sebagai alternatif menghabiskan liburan. Apalagi, kawasannya yang cukup dekat dengan Jakarta, sebagai gerbang masuk menuju ke Anyer.

Tentang Pantai Anyer

foto pantai anyer
foto: https://www.instagram.com/rupiantiwijaya/

Pasir putih dan birunya laut menjadi pemandangan wajib yang akan disuguhkan kepada para pengunjung yang datang. Selain itu, ombak disini sebenarnya sungguh sangat bersahabat.

Jadi, sangat cocok digunakan untuk melewati setiap jamnya dengan penuh keindahan. Apalagi, ada beberapa spot menarik yang menjadi daya pikat utama.

Ada lagi daya tarik yang menjadikan kawasan ini seperti tidak pernah sepi. Andai wisatawan masih ingat, bila di titik inilah Belanda memulai dalam membangun jalan di daerah Jawa.

Sepanjang 1000 km yang dilakukan oleh Herman Willem Daendles. Dimana, pengerjaan ini dikenal dengan nama kerja rodi. Hingga, menyebabkan banyak korban tewas.

Baca juga: objek wisata Pantai Carita yang kami ulas sebelumnya.

Sejarah Singkat Pantai Anyer

Jejak sejarah pantai anyer banten tidak hanya berada di kerja rodinya saja. Melainkan, ada pula dari asal-usul nama yang cukup unik. Nama dari Anyer ini berasal dari nama “Anyar” kalau dalam bahasa jawa “anyar” adalah Baru.

Maklum saja, awal nama kota ini sebelumnya adalah sudi mampir. Didirikan oleh kerajaan Banten ada tahun 1667. Nah, pada tahun 1883 Gunung Krakatau yang berada di wilayah Banten meletus dahsyat. Hampir seluruh dunia berguncang dan hancur. Begitu pula dengan kawasan sudi mampir ini yang rusak parah.

Beberapa tahun setelah letusan ini, banyak orang yang berdatangan dari berbagai macam daerah. Akhirnya, kawasan ini pun di bangun kembali.

Nah, pembangunan ini membuat kawasan sudi mampir berubah menjadi sebuah kawasan baru sehingga para pendatang pun menyebutnya dengan Anyar atau Anyer.

Lihat juga: Destinasi wisata Pantai Bentar yang kami rekomendasikan khusus untuk anda.

Mercusuar Pantai Anyer

gambar pantai anyer
foto: https://www.instagram.com/inst_er_gram/

Salah satu ikon dari Pantai Anyer adalah sebuah mercusuar yang menjulang tinggi ke angkasa. Mercusuar ini hampir sama dengan mercusuar yang ada di pantai pandansimo Yogyakarta. Konon cerita, mercusuar ini mempunyai nilai sejarah yang cukup panjang untuk kawasan  pulau Jawa sendiri.

Tingginya mencapai 75, 5 meter dan di bangun pada tahun 1885 oleh Raja wilem II. Sebenarnya mercusuar ini dibangun pada tahun 1806.

Tetapi karena, terjadinya bencana alam maha dahsyat. Mengakibatkan Bangunan ini hancur lebur tak bersisa. Karena, merasa mempunyai nilai historis yang sangat tinggi. Maka dibangun kembali.

Fungsi utama dari menara ini adalah sebagai petunjuk saat kapal-kapal besar merapat berlabuh di perairan banten. Jika, wisatawan ingin naik kesana, wisatawan harus mampu menaklukkan sekitar 280 anak tangga untuk mencapai di atas puncak. Banyak wisatawan yang naik kesini dan menikmati pesona yang luar biasa.

Decak kagum akan membahana, saat hamparan laut dan pepohonan berkumpul menjadi satu kesatuan. Pemandangan yang tidak akan pernah terlupakan sedikit pun.

Sungguh inilah nikmat Tuhan yang tidak akan pernah bisa didustakan. Keindahan tersebut akan lebih sempurna bila, kondisi cuaca sedang bersahabat.

Bila itu terjadi, wisatawan bisa melihat pesona gunung anak Krakatau yang kokoh berdiri, serta siap menebar ancaman yang sama. Menara ini terletak di kawasan Pantai Bojong.

Wisatawan mencoba sendiri dan merasakan bagaimana keseruan menikmati menara pantai anyer yang menjadi titik nol dari wilayah Anyer.

Simak juga ulasan kami lainya tentang Pantai Bondo Jepara yang berada di pesisir utara pulau jawa.

Alamat Dan Rute Lokasi

lokasi pantai anyer
foto: https://www.instagram.com/ayuarsymelinda/

Alamat lokasi kawasan ini berada di Jalan Raya Anyer, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Baten. Membutuhkan waktu kurang lebih 3 – 4 jam dari wilayah Jakarta. Menuju ke tempat ini wisatawan akan diberikan 2 rute.

Pertama, keluar dari pintu tol serang menuju ke pantai carita. kemudian, memasuki wilayah anyer. Jalur yang kedua, wisatawan bisa keluar dari tol cilegon barat. Setelah sampai jalan percabangan dua, ambil jalur yang menuju ke wilayah anyer. Ikuti saja jalan, maka wisatawan akan masuk ke wilayah pantai anyer.

Jallan menuju pantai anyer ini sangat ramai apalagi saat week end. Bagi wisatawan yang malas dikepung kemacetan, alangkah lebih baik bila menggunakan bus. Wisatawan bisa memulainya dari terminal pulo gadung, kampung rambutan, atau tanjung priok. Pilih bus yang menuju kearah merak.

Turun di terminal cilegon. Dari sini gunakan angkot menuju ke daerah simpang. Nah, selanjutnya naik lagi angkutan menuju ke wilayah Anyer. Waktu tempuhnya kurang lebih antara 45 menit. Atau, wisatawan juga bisa menggunakan angkutan kereta api.

Perjalanan dimulai dari stasiun tanah abang menuju ke stasiun krenceng yang berada di wilayah Anyer setibanya di stasiun krenceng, lanjutkan perjalanan menuju ke kawasan anyer, dengan menggunakan angkutan silver menuju ke area pantai anyer.  Bagaimana mudah bukan?

Selain itu anda juga bisa menggunakan google maps dibawah ini untuk berkunjung ke pantai anyer.

Harga Tiket Masuk Pantai Anyer

harga tiket masuk pantai anyer
foto: https://www.instagram.com/ririnapriliani/

Harga tiket masuk pantai anyer adalah 5 ribu rupiah. bagi yang membawa kendaraan bermotor akan dikenakan biaya sebesar 10 ribu rupiah untuk mobil. Dan 5 ribu rupiah bagi yang menggunakan kendaraan bermotor.

Simak juga ulasan kami lainya menenai tempat wisata pantai Pantai Bopong yang mempunyai banyak sekali spot foto menarik.

Penginapan di Pantai Anyer

penginapan di pantai anyer
foto: https://www.instagram.com/sang_pensiunan/

Menikmati kawasan anyer memang tidak bisa hanya satu atau dua hari. Melainkan tiga hari paling cepat. Karena, selain pantai anyer sendiri, di kawasan ini banyak sekali pantai-pantai yang tidak kalah esoktisnya.

Seperti pantai Marbella, pantai Sambolo, Pantai bandulu, serta pantai anyer yang paling bagus yaitu pantai pasir putih florida.

Oleh karena itu, wisatawan membutuhkan beberapa penginapan murah di pantai anyer. Banyak ragam dan pilihan sebenarnya seperti homestay yang berjajar.

Atau juga hotel di pantai anyer yang sudah menyediakan berbagai macam fasilitas dengan harga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Baca juga: objek wisata Pantai Cipatujah.

Pantai Pasir Putih Floridina

pantai pasir putih anyer
foto: https://www.instagram.com/nurafifahsriuf/

Bisa dibilang pantai anyer pasir putih ini yang paling beruntung. Karena posisinya yang berhadapan dengan anak gunung Krakatau sehingga, menjadi tempat yang pas untuk menikmati pesona sunset. Saksikan keindahannya, dimana langit biru ini perlahan berubah menjadi jingga. Serta matahari secara perlahan tenggela dan gealo.

Inilah momen romantis yang biasanya ditunggu-tunggu oleh wisatawan semua. Jadi, jangan heran bila setiap sore kawasan ini dipenuhi wisatawan yang datang. tidak hanya untuk bermain, nelainkan, tetapi juga menantikan momen yang sangat bahagia ini.

Sayangnya, sunset disini memang mengecewakan. Karena, cuaca disini sering tidak bersahabat daripada bersahabat. Jadi, berdoalah sebelum pergi ke tempat ini. agar menemukan sunset dengan pemandangan yang lain.

Lihat juga: Pantai Tanjung Bira yang mempunyai pasir putih nan indah.

Inilah kawasan terindah di Indonesia yang pesonanya mulai diakui oleh dunia. Masih banyak lagi, kawasan di Indonesia ini yang indah seperti halnya Pantai Anyer. Ayo datang dan rasakan nuansa serta sensasi yang berbeda di tempat ini. Jangan lupa juga, ajak semua orang agar keseruan semakin bertambah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here