Sebagian besar orang tentunya tidak akan asing dengan Sumedang daerah yang populer dengan tahu sumedang bercita rasa gurih nan lezat. Menu lain kekhasan Sumedang adalah salak bongkok, sawo citali, oncom, tape singkong sumedang, soto bongko, emplod, dan sale pisang manis.

Suatu hal yang khas lain selain makanan ialah panorama kawasan wisata seperti Kampung Ciherang sebagai bagian wisata alam wajib dikunjungi. Tujuan tempat ini adalah memberikan pesona dari kumpulan hutan pinus yang lebat mengelilingi kampung sehingga darah tersebut memiliki kekhasan tersendiri.

Perbedaan tersebut mengakibatkan area rekreasi ini menjadi ramai pengunjung apalagi di hari liburan akan lebih banyak yang datang mengobati penasaran. Mari simak lebih lanjut beberapa rincian tentang biaya, fasilitas apa saja yang didapat, daya tarik, dan lainnya.

Harga Tiket Masuk Kampung Ciherang

harga tiket masuk Kampung Ciherang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111918434257201038482

Harga untuk tiket masuk Desa Wisata Ciherang masuk golongan terjangkau yaitu sebesar Rp 20.000 berlaku bagi anak- anak. Sedangkan ditujukan khusus orang dewasa harus membayar biaya tiket Rp 25.000 dimana kedua tiket tersebut berlaku di hari biasa.

Ketika weekend biaya yang dibanderol sebanyak Rp 25.000 diperuntukkan anak – anak dan Rp 30.000 bagi kalangan dewasa. Biaya segitu menyesuaikan pengunjung juga yang hadir.

Tarif segitu Anda dapat menikmati fasilitas berupa spot untuk mengambil gambar dan kolam renang. Namun, jika Anda ingin bertahan lebih lama dengan menjajal beberapa bahkan semua wahana yang ada maka biayanya menjadi Rp 40.000.

Harga sebesar Rp 40.000 tentunya mendapatkan fasilitas yang lebih banyak daripada tarif reguler Rp 20.000. Fasilitas yang akan diperoleh antara lain: wahana kolam renang, area foto, perahu bebek, arum jeram, dan lain sebagainya.

Dengan harga segitu untuk keseluruhan termasuk dalam kelompok worth it serta dapat dicoba untuk mendapatkan banyak pengalaman baru dan mengasyikkan. Selain itu juga otak Anda akan terasa segar kembali setelah penat melakukan berbagai aktivitas yang padat 24 jam non stop.

Ada hal yang masih perlu diingat bahwa biaya tersebut bisa saja mengalami perubahan sewaktu – waktu menyesuaikan dengan kebijakan pengelola. Perubahan harga yang ditetapkan pasti disampaikan melalui internet maupun media sosial tempat rekreasi ini ketika jauh – jauh hari sebelumnya.

Oleh sebab itu selalu pantau sosial media Kampung Ciherang Sumedang agar tidak mengalami ketinggalan informasi harga tiket masuk yang dibanderol. Anda bisa dengan mudah mengikuti laman media sosial seperti instagram maupun mencari referensi di internet untuk penjelasan lebih lanjut.

Saat akan pergi ke wahana ini jangan lupa membawa sertifikat vaksin karena akan ada pengecekan dari pihak keamanan. Terapkan aturan protokol kesehatan dengan selalu cuci tangan dan menjauhi keramaian untuk keselamatan bersama.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi kampung ciherang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106951443348952833597

Faktor lain yang tidak kalah penting adalah alamat lengkap wisata ini. Kampung ini sendiri terletak di Desa Cijambu, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu untuk rute lokasi Kampung Ciherang apabila dianalisis sebagai berikut ini. Pertama jika Anda memulai perjalanan dari Bandung selanjutnya dapat mengawalinya dengan melewati Tol Cileunyi.

Sesudah itu langsung kemudikan kendaraan menuju arah Jatinangor sampai dengan melewati Tanjungsari. Setelah sampai di Tanjungsari Anda dapat menuju ke Desa Cijambu serta langsung mencari tempat rekreasi ini.

Bila ternyata Anda masih memiliki kebimbangan tentang rute lokasi Kampung Ciherang solusi yang dapat ditempuh adalah menggunakan google maps. Cukup nyalakan GPS di ponsel pintar maka google akan langsung mengarahkan ke lokasi yang dituju secara akurat.

Fasilitas

fasilitas kampung ciherang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103976933186942969376

Penting diketahui bahwasanya tempat rekreasi tidak akan lengkap rasanya jika tidak menyediakan fasilitas yang lengkap bagi pengunjung. Hal ini berlaku juga di tempat wisata yang berada di wilayah Sumedang ini.

Maka dari itulah pihak pengelola selalu memberikan fasilitas terbaik yang untuk menjaga kenyamanan dan keamanan pengunjung. Apabila Anda ingin mengetahui lebih lengkapnya kira – kira fasilitas apa saja yang telah disiapkan hal tersebut tersaji berikut ini.

  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Toilet
  • Tempat makan

Masih ada fasilitas lainnya yang belum sempat disebutkan diatas karena selengkap itu. Merupakan opsi yang cocok untuk berlibur di tempat rekreasi ini.

Jam Buka

jam buka kampung ciherang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103976933186942969376

Memang Kampung Ciherang tidak bisa buka 24 jam non stop karena keterbatasan tenaga keamanan, dan hal lain. Namun, kawasan wisata ini buka cukup lama dari pagi hari hingga sore hari mulai jam 08.00 WIB – 17.00 WIB.

Cukup lama bukan jam buka dari Kampung Ciherang untuk menikmati fasilitas yang ada? Bila belum puas pun Anda masih dapat menginap di villa yang dibangun.

Daya Tarik

daya tarik kampung ciherang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101875268447859243884

Seseorang tidak akan tergugah untuk datang di suatu tempat jika ternyata tempat tersebut tidak memiliki keunikan maupun daya tarik. Ayo simak beberapa daya tarik wisata alam ini agar Anda tahu apa yang membuat kawasan ini banyak dikunjungi.

Villa Ciherang Sumedang

Karena jelas terlihat akan ada banyak pengunjung yang rela menginap di Kampung Ciherang maka villa ini menjadi opsi. Anda dapat memandang pesona yang ada dari dalam villa.

Curug Ciherang

Beberapa orang mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa di dalam Kampung Ciherang ada curug. Disini Anda bisa merelaksasikan badan dari segala penat sehingga setelah berkunjung ke wahana ini maka rasa segar akan muncul.

Pesona alam yang memanjakan indra penglihatan

Sebagai wisata alam maka tampak kehijauan alami dalam pandangan Anda di wilayah ini. Terdapat pula beberapa barisan dari pepohonan pinus yang menambah kesan alam.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan kampung ciherang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112001951750327439713

Sesuatu yang tidak boleh Anda lakukan ketika berlibur disini adalah hanya diam di kamar villa tanpa melakukan apapun. Terdapat beberapa variasi pilihan kegiatan apa saja yang sekiranya dapat menambah kesan positif dalam perjalanan Anda berekreasi.

Mencoba menaiki wahana perahu bebek

Anda dapat berolahraga sekaligus bersenang – senang dengan menaiki perahu bebek. Aktivitas ini dapat dilakukan secara mandiri maupun bersama – sama dengan beberapa orang.

Bermain arum jeram

Permainan arum jeram sangat sesuai bagi Anda pecinta adrenalin dan sesuatu yang ekstrim. Berbekal perahu karet yang dinaiki oleh beberapa orang, Anda dapat meluncur menyusuri sungai dengan cara menjaganya menggunakan dayung.

Outbound untuk anak

Si kecil juga memerlukan aktivitas yang mengasah keterampilan motorik. Salah satu wahana itu adalah outbound di alam terbuka yang memiliki tantangan berupa jembatan gantun dan goyang, serta jaring laba-laba.

Tips Berkunjung

tips berkunjung kampung ciherang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111021793861637957570

Anda akan memerlukan strategi sebelum pergi ke Kampung Ciherang. Tips tersebut antara lain:

  • Pakai masker
  • Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi masih berjalan serta banyak virus yang
  • berkeliaran. Anda dapat menanggulangi dengan cara memakai masker.
  • Utamakan tempat yang tidak ramai
  • Berada di tempat tidak ramai dapat membuat lebih nyaman. Anda juga dapat mencegah penularan virus yang mungkin ada.
  • Jaga kesehatan tubuh
  • Kesehatan menjadi hal mutlak yang harus Anda perhatikan sebelum pergi kemanapun.
  • Selalu pastikan tubuh dalam kondisi fit dan bila perlu bawalah obat – obatan.

Kampung Ciherang bisa Anda jadikan sebagai tempat wisata rekomendasi keluarga. Tentunya, agar tidak terburu-buru saat keberangkatan, lakukan perencanaan liburan jauh-jauh hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − fifteen =