Tumpeng Menoreh merupakan sebuah destinasi menarik yang dapat anda kunjungi saat tengah berlibur ke Yogyakarta. Meski Jogja identik dengan wisata pantainya, namun yang satu ini tak kalah seru untuk dijelajahi.

Destinasi Kulon Progo satu ini menyuguhkan sebuah wisata alam, berupa bukit yang bisa melihat banyak pemandangan dari ketinggian. Tumpeng Menoreh Jogja menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat terbitnya matahari dengan pesona yang luar biasa.

Buka selama 24 jam penuh menjadi salah satu keunikannya, Tumpeng Menoreh malam hari menyuguhkan landscape gemerlap kota Jogja. Yuk datang ke wisata Tumpeng Menoreh pada saat musim liburan telah tiba.

Daya Tarik Tumpeng Menoreh

daya tarik Tumpeng Menoreh
Foto : https://www.instagram.com/tumpengmenoreh/

Resmi dibuka untuk umum sejak bulan Mei 2021, hingga kini Tumpeng Menoreh seakan tak pernah sepi dari wisatawan. Mulai dari pagi, siang, sore hingga malam hari, tempat wisata sekaligus restoran ini dipadati oleh banyak orang.

Tak hanya warga Kulon Progo saja, melainkan banyak juga tamu-tamu dari luar daerah datang kesini. Tak sedikit artis ibukota yang tengah mengisi waktu liburan di Yogyakarta singgah sejenak di Tumpeng Menoreh.

Bukit yang menyerupai tumpeng berada di dekatnya menjadi salah satu alasan dari nama destinasi menawan ini. Ditambah dengan tempat ini memang memiliki pemandangan langsung ke arah pegunungan Menoreh yang sangat indah.

Yang terbaru, di Tumpeng Menoreh ini juga memiliki wahana baru berupa lift dengan ketinggian mencapai 100 meter. Lift tersebut akan mengantar para pengunjung menuju Tumpeng Ayu, salah satu spot apik disini.

Udara sejuk khas pegunungan akan menemani sekaligus membuat anda betah berlibur disini. Wisata Kulon Progo Jogja berupa perbukitan ini wajib ada dalam list rencana jalan-jalan anda selanjutnya.

Harga Tiket Masuk Tumpeng Menoreh

harga tiket masuk tumpeng menoreh
Foto : https://www.instagram.com/tumpengmenoreh/

Kulon Progo dikenal sebagai salah satu wilayah di Yogyakarta yang memiliki wisata berbasis alam dengan jumlah cukup banyak. Sebut saja pantai, curug, perbukitan, air terjun, taman-taman hingga wisata pegunungan ada disini.

Dan Tumpeng Menoreh sendiri termasuk dalam deretan wisata Kulon Progo terbaru yang cukup hits dan menarik minat banyak wisatawan. Utamanya adalah sebuah tempat makan / restoran dengan latar belakang bukit-bukit hijau asri yang mempesona.

Karena keindahan yang dimiliki, membuat tempat nongki ini seakan-akan menjadi daya tarik wisata. Terlepas dari apapun orang menyebut Tumpeng Menoreh, satu yang pasti destinasi ini wajib di explore.

Tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk bisa menghabiskan hari libur disini. Karena harga masuk Tumpeng ketika tulisan ini dimuat adalah sebesar Rp50.000 per orangnya.

Yang dimana Rp25.000 merupakan voucher makan dan dapat ditukarkan langsung. Pembayaran tiket masuk Tumpeng Menoreh dapat dilakukan secara cash maupun transfer ya.

Jam Buka

jam buka tumpeng menoreh
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101933833877869592431

Buka selama 24 jam penuh, menjadi salah satu keunikan tempat ini sehingga menarik minat banyak pelancong dari luar daerah. Sehingga anda dapat datang kesini kapan saja sesuai keinginan dan rencana.

Namun, waktu terbaik yang menjadi favorit pengunjung untuk datang ke Tumpeng Menoreh adalah pada saat menjelang pagi hari. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bahwa destinasi memikat ini jadi salah satu spot sunrise terbaik di Yogyakarta.

Panorana sunrise berpadu dengan gunung menoreh terlihat begitu menakjubkan. Bukan suatu masalah juga apabila anda ingin berlibur kesini pada malam hari.

Tumpeng Menoreh malam hari menyajikan pemandangan kelap kelip kota Jogja dari ketinggian.

Rute Lokasi dan Alamat

alamat dan rute lokasi tumpeng menoreh
Foto : https://www.instagram.com/aryawiznu/

Lokasi Tumpeng Menoreh berada pada sebuah area dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 950 meter diatas permukaan laut. Di dominasi oleh pemandangan 560 derajat disetiap sisinya dengan udara sejuk yang bikin nyaman.

Supaya tak tersesat, catat Tumpeng Menoreh alamat berikut ini. Yang berada di Jalan Kebun Teh, Desa Nglinggo, Kecamatam Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Jawa Tengah.

Jalan menuju tumpeng menoreh cenderung terus menanjak sehingga anda perlu ekstra hati-hati selama perjalanan. Saat ingin kesini sangat tidak disarankan melalui jalur Magelang – borobudur – ngargoretno.

Lebih baik lewat jalur Jogja seperti kebanyakan orang ketika datang kesini, karena jalannya tidak terlalu ekstrim. Anda dapat mengakses maps dibawah ini. Agar laju kendaraan menuju cafe modern di perbatasan antara Jogja dan Magelang ini semakin mudah.

Datang juga ke –> Pantai Pasir Kadilangu yang eksotis.

Fasilitas

fasilitas tumpeng menoreh
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117396176849139936978

Perihal fasilitas, tentu sudah tak perlu diragukan lagi karena tegolong lengkap serta memadai. Sarana prasarana yang tersedia pada wisata milik vokalis sekaligus bassist band Endank Soekamti ini sangatlah melimpah.

Dibawah ini adalah fasilitas Tumpeng Menoreh yang meliputi :

  • Parkir kendaraan sangat luas
  • Pusat informasi wisata
  • Kamar mandi
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Gardu pandang
  • Tumpeng resto
  • Tumpeng kopi
  • Wahana menarik
  • Menu yang beragam
  • Spot foto kekinian

Nikmati serunya berlibur di Tumpeng Menoreh Yogyakarta dengan sejumlah daya tarik berupa panorama mempesona. Aneka panorama indah ini akan menemani para pengunjung ketika bersantap menikmati sejumlah hidangan spesialnya.

Anda bisa memilih beragam kuliner lezat pada tumpeng menoreh menu yang jumlahnya sangat banyak. Lebih dari 50 menu makananan serta minuman di Tumpeng Menoreh yang akan memanjakan para pegunjung.

Kunjungi juga –> Ayunan Langit wisata dengan spot foto kekinian.

Spot Terbaik di Tumpeng Menoreh

spot terbaik di tumpeng menoreh
Foto : https://www.instagram.com/tumpengmenoreh/

Beragam aktivitas yang anda lakukan disini tentu wajib di abadikan ke dalam foto maupun video. Swafoto tentunya menjadi kegiatan yang tak boleh dilewatkan ketika liburan di Tumpeng Menoreh Kulon Progo.

Panorama bukit yang seolah berbentuk seperti tumpeng dan juga pegunungan menoreh adalah latar belakang utamanya. Yang akan membuat foto anda menjadi semakin keren dan pastinya instagenic.

Rekam semua keseruan yang tercipta, mulai dari ketika bersantap, menikmati minuman hangat dan duduk santai. Selfie, foto bersama dan rekam video pada spot terbaik di Tumpeng Menoreh yang memanjakan mata.

Satu yang paling di incar wistawan, adalah spot Tumpeng Ayu dengan terlebih dahulu menaiki sebuah lift. Mencoba hal tersebut pastinya akan menjadi sebuah pengalaman berwisata yang sulit terlupa.

Review sebelumnya –> Embung Banjaroya dengan sejumlah pesona alaminya.

Tips Berkunjung

tips berkunjung tumpeng menoreh
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108166279304058423246

Guna menambah referensi anda saat akan eksplorasi indahnya Tumpeng Menoreh, bisa menyimak beberapa tips berikut ini.

  • Musim panas dan tidak hujan merupakan waktu terbaik untuk datang ke Tumpeng Menoreh Jogja.
  • Lihat secara lebih dekat Tumpeng Menoreh sunrise dengan warna kuning yang muncul dari balik bukit.
  • Perkirakan dengan baik waktu anda untuk datang kesini agar semuanya lebih terasa maksmal dan berjalan sesuai harapan.
  • Mengingat jalur menuju wisata Tumpeng Menoreh cenderung menanjak, maka anda harus memperhatikan kondisi kendaraan yang digunakan.
  • Wajib mematuhi tata tertib yang berlaku di Tumpeng Menoreh yang bertujuan demi kebaikan bersama.

Itu tadi ulasan singkat seputar wisata alam Tumpeng Menoreh dengan aneka menu lezatnya guna menemani liburan anda di Kulon Progo. Segera masukan Tumpeng Menoreh Jogja ke dalam daftar rencana jalan-jalan anda bersama orang-orang tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × one =