Tempat Wisata Di Kulon Progo adalah salah satu bagian dari daerah istimewa Yogyakarta. Tidak kalah menarik dibandingkan berlibur ke luar Indonesia atau luar negeri. Tempat wisata lokal memiliki keunikan dan ceritanya masing-masing sehingga membuat wisatawan yang berkunjung bukan warga lokal saja tetapi hingga mancanegara.

Untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata anda harus menyiapkan tenaga dan kekuatan yang lebih. Sebab jalan yang akan ditempuh untuk menuju tempat wisata tersebut membutuhkan waktu yang lumayan dan akses jalan yang susah ditempuh. Kalau untuk biaya anda tidak perlu khawatir, karena pasti akan sangat aman di kantong.

Berikut daftar tempat wisata di Kulon Progo yang harus anda jadikan pilihan ketika liburan tiba:

1. Sungai Mudal

Tempat Wisata di Kulon Progo
Foto : https://www.instagram.com/geonusantara/

Terletak di kabupaten kulon progo, wisata ini menawarkan pesona alam sebuah kolam pemandian yang berasal dari mata air alami. Jika di rasakan, airnya Nampak biru, jernih, dan sangat segar untuk di buat mandi berlama-lama dan dahsyat.

Taman sungai mudal merupakan destinasi wisata yang bisa anda kunjungi untuk menghabiskan akhir pekan anda. Tempat ini digunakan untuk bermain air dan basah-basahan bersama keluarga ataupun teman tercinta.

Taman ini merupakan area perbukitan gunung menorah yang dimana memiliki sumber mata air berasal dari goa di tebing gunung kelir. Pada saat musim kemarau tiba, mata air goa ini tidak akan pernah habis dan akan selalu tetap mengalir.

2. Gunung Kendil Kulon Progo

Wisata Kulon Progo
Foto : https://www.instagram.com/fiktor_qoeri87/

Gunung kendil merupakan sebagai tempat wisata kota Yogyakarta yang tepatnya di kabupaten kulon progo. Dan merupakan salah satu objek wisata yang dikenal baru dikalangan pemburu wisata alam. Terletak diatas perbukitan menorah, gunung ini menawarkan panorama alam yang menyegarkan mata.

Gunung ini masuk kedalam kategori bukit untuk para pendaki dengan medan trekking tidak terlalu menanjak dan jaraknya cukup pendek. Dipuncak gunung ini terdapat pagar bambu yang digunakan untuk swadaya masyarakat sekitar.

3. Kalibiru

Wisata di Kulon Progo
Foto : https://www.instagram.com/cathwinarta/

Kalibiru adalah Tempat Wisata di Kulon Progo Yang Hits dan merupakan salah satu tempat yang sering di datangi oleh wisatawan. Wisatawan yang datang ke kalibiru bukan hanya lokal saja tapi sudah dari berbagai negara luar Indonesia.

Daya tarik utama kalibiru adalah gardu yang disematkan diatas pohon pinus, sehingga pengunjung bisa menikmati panorama alam khas kulon progo. Pengunjung juga bisa menikmati dan menaik flying fox untuk menyematkan areal pohon pinus.

Walaupun sudah sejak tahun 2013, tetapi objek wisata satu ini masih sangat terjaga udara dan kebersihan lingkungannya yang asri. Lokasi tepatnya berada di kulon progo kecamatan kokap dan biaya tiket masuk hanya 3 ribu rupiah saja perorangnya.

4. Curug Siluwok

objek wisata di kulon progo
Foto : https://www.instagram.com/indriyant14/

Curug siluwok ini memiliki ketinggian air 20 meter dengan debit air yang tidak deras sehingga aman untuk bermain air. Kedalaman dari kolamnya juga tidak terlalu dalam sehingga sangat aman untuk dibuat berendam secara puas.

Airnya yang dingin membuat kesegaran alami masih sangat sejuk dan bisa datang ke Kawasan wisata. Curug ini merupakan aliran air yang berasal dari air terjun yang diteruskan ke sungai dan dihubungkan ke area persawahan.

5. Pulepayung

obyek wisata di kulon progo
Foto : https://www.instagram.com/christannathan/

Wisata pulepayung ini berada di soropati, hargotirto, kokap, kulon progo, Yogyakarta. Wisata ini sempat menjadi perbincangan hangat karena sangat asyik untuk dikunjungi malam hari sambil menikmati bintang atau kelap-kelip kota wates.

Banyak sekali fasilitas atau spot foto yang diberikan seperti spot angkasa, flying fox, jembatan syurga, sepeda langit, dan spot lollipop. Tempat ini dibuka dari pagi hingga pukul 21.00 dan hanya memerlukan 10 ribu saja untuk tiket masuk per orangnya.

6. Lempeng Kedung Kemin

tempat wisata di kulon progo terbaru
Foto : https://www.instagram.com/aryanikaa13/

Objek wisata satu ini merupakan salah satu tempat yang baru berada di Yogyakarta tepatnya di kabupaten kulon progo. Lempeng kedung kemin ini lokasinya tersembunyi dan baru ditemukan karena social media yang semakin canggih ini.

Lempeng kedung kemin memiliki aliran air berasa dari sungai serang yang terletak di Pedukuhan Desa Sendangsari Kecamatan Pengasih, Kulon Progo. Setiap harinya banyak sekali pengunjung yang selalu datang ke tempat ini baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara.

7. Kembang Soka

tempat wisata alam di kulon progo
Foto : https://www.instagram.com/yuliaaanf/

Air terjun kembang soka berada di desa jatimulyo, kecamata girimulyo, kabupaten kulon progo. Air terjun ini memiliki aliran yang sangat jernih dan memiliki lingkungan serta udara yang masih asri karena terjaga dan terawat.

Tempat air terjun ini memiliki aliran yang bertingkat-tingkat sehingga akan sangat eksotis untuk di abadikan. Secara keseluruhan, air terjun ini cocok dijadikan tempat foto karena dengan aliran yang berlapis membuat foto anda semakin apik.

Karena aliran air yang tidak terlalu deras, air terjun ini cukup aman untuk digunakan sebagai tempat bermain air. Jika anda berminat, anda cukup mengeluarkan uang sebesar 7 hingga 10 ribu saja perorang dan berkendaraan.

8. Tebing Gunung Gajah

Wisata Terbaru di Kulon Progo
Foto : https://www.instagram.com/pinkanbeby34/

Tebing gunung gajah merupakan tempat wisata Tersembunyi di Kulon Progo ini berada di ketinggian 900 meter. Sehingga membuat tempat ini akan sangat indah jika dilihat dari atas ketinggian tersebut dengan menyajikan pemandangan alam hijau.

Letaknya berada di ketinggian dan menyuguhkan biew pemandangan perbukitan dan waduk sermo berada di tengahnya. Dilengkapi pula adanya spot foto seperti love lock, sky bar, dan fancy yang termasuk wahana outbound.

Udara yang sejuk membuat orang akan senang datang ke tempat ini karena membuat diri menjadi segar dan menghilangkan penat. Untuk menuju kesana anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau guide tour yang akan menemani anda.

9. Bukit Cendana

Bukit cendana merupakan tempat wisata yang berada di Yogyakarta tepatnya di kabupaten kulon progo. Sunrise yang sangat indah dari bukit cendana ini siap untuk diabadikan, begitu juga dengan keindahan sunset yang dimilikinya sore hari.
Bukit ini merupakan tempat wisata yang masih fresh dan terbaru dari kulon progo yang memiliki fasilitas lengkap. Fasilitas yang diberikan adalah spot foto, toilet, mushola, dan area lahan parkir yang cukup luas.

Tidak terlalu sulit untuk menuju ke bukit cendana, anda hanya membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 10 menit dari area parkir. Bukit cendana adalah tempat wisata yang sangat cocok untuk menghabiskan liburan akhir pekan anda dan membuat diri menjadi segar kembali.

10. Gunung Kukusan

wisata kulon progo jogja
Foto : https://www.instagram.com/fennyliaa/

Gunung kukusan adalah merupakan salah satu puncak di deretan perbukitan menorah yang sangat indah dan menakjubkan. Bagi pemburu sunrise setidaknya masukan gunung kukusan kedalam daftar list anda, karena yang diberikan tidak akan pernah di sesali.

Spot terbaik, menunggu terbitnya matahari harus ditempuh dengan perjalanan sejak subuh dan tidak lupa untuk membawa penghangat karena cuaca dingin. Untuk menikmati sunset dengan latar belakang 4 gunung kamu hanya perlu menyiapkan uang sebesar 5 ribu rupiah saja setiap orang.

Pastinya akan sangat menarik dan menambah pengetahuan kamu untuk merancang liburan dengan ala-ala dan sederhana tetapi tetap berkesan. Gunung kukusan dibuka setiap hari dan akan terus buka selama 24 jam karena bisa digunakan sebagai tempat camping.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Jogja dengan sajian destinasi kekinian anti mainstream.

11. Pantai Congot

tempat wisata keluarga di Kulon progo
Foto : https://mytrip123.com/

Pantai congot merupakan tempat wisata khas kulon progo yang sangat terkenal dan cukup hits untuk daerah pantai. Berlokasi di desa jangkaran, kecamatan temon, kabupaten kulon progo. Ini memiliki daya tarik utama yaitu adanya hutan mangrove dan deretan pohon kelapa yang berjejer di pantai.

Letak pantai ini berada di pinggir ujung sebelah barat kabupaten kulon progo, sangat pas untuk dijadikan spot foto. Spot foto biasanya adalah menikmati indahnya senja atau matahari terbenam.

Selain itu spot foto yang menarik adalah adanya hutan mangrove yang sangat unik karena ada yang berbentuk gitar dan sebagainya. Semuanya sudah tersedia dan bisa dimanfaatkan untuk latar belakang foto anda menjadi lebih keren.

12. Gunung Kuniran

Gunung Kuniran
Foto : https://www.instagram.com/gunungkuniranofficial/

Wisata kali ini mempunyai tempat nongkrong yang berada diatas ketinggian bukit, membuatnya menjadi lebih eksotis dari pada yang lain. Gunung kuniran menawarkan panorama perbukitan hijau yang luas dan pegunungan indah serta akan tampak pula garis pantai selatan.

Saat senja tiba, sangat dahsyat sekali digunakan untuk menikmati kopi khas kuniran yang akan menjadi momen tak terlupakan. Fasilitas yang diberikan juga terdapat toilet, are parkir, kafe, spot foto, kebun buah, jeep, camping ground, live music, dan lainnya.

Untuk mengunjungi tempat ini kamu cukup membayar tiket masuk seharga 5 hingga 7 ribu saja setiap orangnya. Lokasinya berada di Desa Pandu, Hargorejo, Kulon Progo, Yogyakarta.

13. Canting Mas Puncak Dipowono

Canting Mas Puncak Dipowono
Foto : https://www.instagram.com/ajibambangsaputro/

Tempat wisata yang dibangun beberapa waktu lalu ini merupakan Kawasan camping yang menjadi favorit anak muda. Banyak sekali sejarah dan informasi serta mitos akan tempat wisata ini yaitu canting mas puncak dipowono.

Tempat wisata ini biasanya digunakan untuk mencari sunrise atau matahari terbit yang sangat indah. Dilengkapi dengan latar belakang pemandangan alam waduk sermo, puncak ini akan semakin lengkap dan menjadi lokasi tertinggi di kulon progo.

Banyak sekali spot foto yang disuguhkan oleh puncak dipowono, ada lantai kaca, perahu, meja dan kursi yang instagenic. Fasilitas lainnya yang akan diberikan adalah luasnya lahan parkir, mushola, dan kamar mandi.

14. Pantai Trisik

Pantai Trisik
Foto : https://www.instagram.com/florentinapawarti26/

Pantai ini masih berada di kabupaten kulon progo tepatnya di desa karangsewu, kecamatan galur. Destinasi yang memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa dan memiliki balai konservasi penyu yang beraneka macam jenisnya.

Terdapat pula banyak spesies burung yang terbang wara wiri di langit pantai dari pagi hingga sore hari. Wisata ini masih sangat terjaga dan terawat akan kebersihannya, maka pantai trisik masih tergolong cukup asri.

Sayangnya pantai ini memiliki ombak yang sangat tinggi untuk bermain air, dan akan kurang aman jika digunakan untuk spot berenang. Untuk fasilitas lainnya, pantai ini sudah cukup lengkap, karena disediakannya warung makan untuk mengganjal perut kelaparan kamu.

15. Goa Sriti

Tempat Wisata di Kulon Progo Yogyakarta
Foto : https://www.instagram.com/goapindul_karyawisata/

Goa sriti Tempat Wisata Di Kulon Progo merupakan goa yang penuh dengan sarat akan sejarah dan sumber misteri. Destinasi ini dahulu merupakan tempat persembunyian pangeran diponegoro untuk mengasingkan diri dari kejaran penjajah.

Dibandingkan dengan lainnya, keindahan goa ini memang tidak ada apa-apanya, karena tempatnya tersembunyi dan akses jalan yang lumayan sulit ditempuh.

Untuk anda yang tertarik dengan informasi mengenai sejarah masa lalu, tidak ada salahnya untuk mampir ke goa ini. Lokasi tepatnya berada di Dusun Dukuh, Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

16. Pantai Bugel

Tempat Wisata di Kulon Progo
Foto : https://www.instagram.com/miftaa_rh03/

Pantai bugel merupakan salah satu pantai yang berada di daerah kulon progo. Wisata ini bisa kamu jadikan sebagai destinasi liburan kamu bersama keluarga maupun teman tercinta.

Wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan ini memiliki daya Tarik tersendiri yang bisa kamu jadikan sebagai spot foto. Kamu juga tidak perlu sulit untuk menempuh perjalanan ke pantai bugel, cukup ikuti saja rute dari maps digital kamu.

Untuk yang ingin mengunjungi pantai ini, wisatawan akan dikenakan biaya parkir sebesar 2 ribu rupiah saja perorang. Tidak perlu khawatir karena banyak sekali santapan kuliner yang berada di pantai bugel itu sendiri.

17. Puncak Widosari

Wisata Alam Kulon Progo
Foto : https://www.instagram.com/anggarawepe/

Puncak widosari merupakan tempat Wisata Instagramable di Kulon Progo yang sangat pas untuk kamu jadikan sebagai tempat camping ala-ala. Kamu juga akan ditawarkan pemandangan alam yang sangat eksotis dan indah sekali, serta akan bagus untuk dijadikan latar foto.

Kamu juga bisa mengakses puncak widosari ini dengan mudah, karena jalan yang ditempuh juga relative cukup mudah untuk diakses. Dan akan disambut pemandangan dari area tebing yang unik dan sangat cocok untuk kamu yang mempunyai hobi berfoto.

Objek wisata ini bisa kamu kunjungi selama 24 jam dan setiap hari dibuka. Lokasinya berada tepat di Dusun Tritis, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

18. Bukit Isis

Bukit Isis
Foto : https://www.instagram.com/kinaryo_palupi/

Bukit isis adalah bukit yang viral belakangan ini karena sangat menarik untuk dijadikan sebagai tempat mengabadikan momen. Anda cukup membayar tiket masuk 3 ribu rupiah saja per orang untuk bisa menikmati pemandangan alam yang ada.

Bukit ini sudah mulai terkenal semenjak media sosial yang berkembang sekarang dan cepat menjalar ke seluruh dunia. Jika anda ingin berkunjung ke tempat ini sebaiknya anda menyiapkan kamera untuk mengabadikan momen tersebut.

Banyak yang merasakan bahwa udara sejuk pegunungan menghijau kebuh teh ini terasa jika anda berkunjung ke bukit isis. Bukit isis terletak di Desa Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo.

19. Grojogan Sewu Kulon Progo

Grojogan Sewu Kulon Progo
Foto : https://www.instagram.com/brigitta_riza/

Air terjun atau yang biasa disebut oleh warga grojogan ini merupakan destinasi objek wisata air yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tempat ini memiliki grojogan yang luar biasa sangat banyak dan maka dari itu dinamakan grojogan sewu artinya air terjun seribu.

Wisata ini memiliki ketinggian yang tidak ada apa-apa nya, tetapi air terjun ini memiliki keindahan yang eksotis dan sangat indah. Grojogan sewu memiliki tingkat keindahan air yang sama seperti air terjun sidoharjo.

Air yang jernih dengan aliran yang cukup deras membuat destinasi ini bisa untuk mandi, menyelam, dan bermain air. Untuk lokasinya berada di Desa Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta.

20. Air Terjun Setawing

wisata kulon progo jogja
Foto : https://www.instagram.com/thian_3230/

Air terjun atau bisa disebut dengan curug setawing merupakan dominasi perbukitan menorah yang memiliki banyak sumber mata air. Salah satunya adalah air terjun ini yang memiliki ketinggian kurang lebih 45 meter.

Aliran air yang dimiliki air terjun setawing akan semakin lebar dibagian bawahnya. Kucuran air yang terjadi Ketika musim hujan tiba akan sangat deras sekali sehingga akan membuat air terjun menawan dan menakjubkan.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata Di Sleman yang hits dan instagramable banget.

21. Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal
Foto : https://www.instagram.com/caturadhy/

Taman sungai mudal merupakan destinasi Wisata Air Kulon Progo yang bisa anda kunjungi untuk menghabiskan akhir pekan anda. Tempat ini digunakan untuk bermain air dan basah-basahan bersama keluarga ataupun teman tercinta.

Taman ini merupakan area perbukitan gunung menorah yang dimana memiliki sumber mata air berasal dari goa di tebing gunung kelir. Pada saat musim kemarau tiba, mata air goa ini tidak akan pernah habis dan akan selalu tetap mengalir.

22. Mangrove Jembatan Api Api

empat wisata anak di kulon progo
Foto : https://www.instagram.com/hety_fitcoach/

Hutan mangrove yang masih ada dan terjaga oleh bersih salah satunya berada di kabupaten kulon progo, Yogyakarta. Hutan ini sangat dirawat sehingga masih bisa digunakan sebagai pemecah gelombang tinggi dan mempunyai daya Tarik tersendiri.

Karena warga yang memiliki antusias tinggi, maka pemerintah juga melengkapi hutan ini dengan fasilitas lengkap. Fasilitas itu diantaranya adalah tempat makam hingga jembatan api-api yang menjadi spot untuk berfoto.

23. Pantai Pasir Kadilangu

wisata kulon progo dekat bandara
Foto : https://www.instagram.com/lukmanbudipurwanto/

Tempat wisata ini merupakan pantai pasir kadilangu yang menyajikan nuansa liburan romantis untuk anda dan pasangan anda. Kamu mesti datang ke pantai ini untuk menjadi pasangan yang serasi dan tidak akan merasa sendiri.

Pantai yang lagi ngehits dimulai tahun 2016 ini dikarenakan keindahannya dan spot foto yang menarik. Lokasi pantai ini sendiri berada di daerah Jangkaran, Temon, Kabupaten Kulon Progo.

24. Bendungan Kayangan

Bendungan Kayangan
Foto : https://www.instagram.com/linggarirvandy/

Tempat wisata bendungan ini menjadi daya Tarik tersendiri untuk penikmat senja di sore hari akan keindahannya. Dinamakan kayangan karena memiliki sesuatu yang membuat takjub dan kagum bagi siapapun yang akan datang ke tempat ini.

Semua wisatawan akan merasa sangat senang jika datang kesini karena akan disuguhkan oleh pemandangan bendungan. Selain itu akan disuguhkan dengan pemandangan tebing cantik dan indah.

25. Embung Banjaroya

wisata air kulon progo
Foto : https://www.instagram.com/nikenind/

Lokasi embung ini berada di banjaroya, kalibawang, kulon progo, daerah istimewa Yogyakarta. Embung banjaroya memiliki keunikan sendiri untuk dinikmati sebagai akhir pekan yang tenang dan menakjubkan.

Keindahan waduk yang kece membuat embung banjaroya menjadi ikon atau diberikan patung durian menoreh kuning yang sangat besar. Anda bisa datang ke embung ini bersama keluarga ataupun dengan teman yang anda cintai.

26. Agrowisata Krisan Gerbosari

Agrowisata Krisan Gerbosari
Foto : https://www.instagram.com/agrokrisan/

Disebut agrowisata karena tempat ini merupakan kebun bunga krisan untuk dibuat sebagai hiasan pelengkap bunga rangkai. Bunga krisan ini sangat hits jika masuk ke dalam took florist dan harga nya juga terbilang cukup lebih mahal.

Lokasi kebuh bunga krisan ini berada di dusun karang, desa gerbosari, kecamatan samigaluh, kulon progo, Yogyakarta. Jika kamu ingin mengunjungi kebun bunga ini diharapkan untuk tidak memakannya dengan sembarangan.

27. Bukit Jangkang

tempat wisata di kulon progo yang lagi hits
Foto : https://www.instagram.com/akhyar_nashuha/

Bukit jangkang adalah sebuah tempat wisata yang dibangun diatas bukit dan terdapat pohon jangkang. Sehingga nama bukit tersebut berasal dari pohon. Tempat ini dibuka kembali sekitar tahun 2017 an karena adanya pohon yang ditebang.

Pemandangan yang dapat dilihat oleh pengunjung bukit jangkang adalah indahnya waduk sermo dan pepohonan luas hijau yang buat kenyamanan mata. Lingkungan yang bersih juga membuat udara semakin segar ditambah dengan daun-daun hijau.

Daya Tarik yang diberikan dari bukit jangkang ini memiliki spot foto yang dekat dengan waduk sermo. Untuk yang ingin berkunjung di sarankan Ketika pagi atau sore hari untuk menikmati matahari terbit dan tenggelam.

28. Ayunan Langit Watu Jaran

wisata instagramable di kulon progo
Foto : https://www.instagram.com/gheayoubi/

Dinamakan langit watu jaran karena sangat mirip dengan ayunan di bali yaitu hanging of garden yang membuat adrenalin terpacu. Sesuai Namanya, tempat wisata ini berada di ketinggian dengan menggunakan ayunan.

Untuk bisa menggunakan ayunan ini, kamu dilengkapi dengan berbagai alat pengaman dan tim SAR yang selalu siap siaga. Jangan lupa setelah kamu berada di ayunan, untuk abadikan momen dengan pose eksotis yang kamu miliki.

Di atas ayunan nantinya kamu akan melihat pemandangan hutan sawah hijau yang luas. Lingkungan yang bersih membuat udara semakin sejuk dan membuat diri menjadi segar kembali.

29. Puncak Moyeng

tempat wisata tersembunyi di kulon progo
Foto : https://www.instagram.com/dwiharwanto_/

Tempat wisata puncak moyeng adalah keping keindahan yang dimiliki oleh kabupaten kulon progo, Yogyakarta. Tempat ini berada di perbatasan dusun sekaru Desa Giripurwo Dan Dusun Tileng Desa Pendoworejo Kecamatan Girimulyo.

Udara yang berada di puncak moyeng masih alami dan sangat segar serta lingkungan terawat, bersih dan membuatnya semakin indah. Walaupun tidak setinggi puncak pada umumnya, tetapi pemandangan yang diberikan tidak kalah menawan dengan lainnya.

Umumnya di pagi hari, kamu akan bisa melihat matahari terbit dan di sore hari kamu bisa melihat matahari tenggelam. Pemandangan di malam hari juga tidak kalah dengan taburan bintang langit dan kelap-kelip lampu kota.

30. Puncak Kuda Sembrani

Tem[at Wisata di Kulon Progo
Foto : https://www.instagram.com/zuni.w/
Kawasan hutan asri Wisata Kulon Progo Jogja yaitu di puncak kuda sembrani yang memiliki hawa sejuk serta udara yang menyegarkan. Puncak ini menyajikan pemandangan alam hijau yang bisa membuat mata dan diri anda terpana melihatnya.

Spot foto yang diberikan dengan latar belakang hamparan luas persawahan dan pepohonan hutan yang masih sangat sejuk. Puncak kuda sembrani juga sering dijadikan sebagai latar belakang sesi foto pre wedding.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata Di Bantul yang wajib untuk anda explore pesona alamnya.

Untuk anda yang akan berlibur dimanapun anda berada, sebaiknya tetap memperhatikan kebersihan lingkungan. Tempat wisata juga perlu adanya perawatan agar anda bisa terus menikmati bentuk keindahan alamnya. Tidak ada yang menginginkan tempat wisata berubah menjadi kotor dan tidak terurus.

Sebaiknya perhatikan lingkungan untuk menjaga udara tetap bersih dan selalu menjaga ucapan dimanapun tempat anda berlibur. Anda juga disarankan membawa perlengkapan sendiri jadi semisal tempat wisata tersebut tidak menyediakan keperluan anda, anda sudah membawanya. Berikut merupakan penjabaran dan penjelasan mengenai Tempat Wisata Di Kulon Progo. Semoga bermanfaat!

Travel Vlog Honeymoon Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here