Telaga Jonge merupakan satu dari sekian banyak destinasi wisata berbasis alam memikat yang dimiliki oleh Jogja, khususnya Gunung Kidul. Wisata alam Telaga Jonge siap memanjakan para pengunjung dengan berbagai suguhan menarik di dalamnya.

Tempat wisata berupa telaga satu ini memiliki luas hampir 3 hektar dikelilingi oleh hutan buatan yang rimbun dan juga asri. Air di Telaga Jonge Gunung Kidul tidak pernah kering sepanjang tahun dan airnya dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Seperti untuk pengairan beberapa perkebunan, persawahan dan juga untuk mandi beberapa masyarakat setempat. Explore lebih dalam Telaga Jonge yang menjadi tempat wisata di Gunung Kidul Yogyakarta dengan sajian menarik memanjakan mata.

Harga Tiket Masuk Telaga Jonge

harga tiket masuk telaga jonge
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103570526054906541357

Banyak orang menganggap Telaga Jonge ini sebagai petilasan dan tak sedikit pengunjung yang datang untuk sekadar memohon doa. Hal tersebut berdasarkan kisah masa lalu di Telaga Jonge yang menarik untuk ditelusuri.

Bermula dari kisah seorang Kyai bernama Jonge yang berhasil selamat dari hantaman ombak laut selatan. Kemudian singgah di Desa Pacarejo dan hingga akhirnya meninggal di sebuah tempat dan terbentuklah telaga.

Mitos yang berkembang tersebut sampai saat ini di masyarakat turut membuat setiap pengunjung harus memperhatikan beberapa larangan. Selain mitos dan kisah masa lalunya, Telaga Jonge Jogja juga menyimpan berbagai pesona alam mengagumkan.

Dan untuk bisa menikmati berbagai suguhan menarik disini setiap wisatawan tak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya. Hingga tulisan ini dimuat, tidak ada Harga tiket masuk Telaga Jonge, dan para pengunjung hanya membayar retribusi parkir saja.

Bagi anda yang berencana untuk berlibur sekaligus bersantai di wisata alam Telaga Jonge, ketahui dulu jam operasionalnya. Telaga Jonge terbuka untuk umum setiap hari pada pukul 05.30 sampai dengan 19.00 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat telaga jonge
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104610960369005964869

Lokasi Telaga Jonge berada pada sebuah kawasan dengan luas sekitar 3 hektare yang kondisi alamnya masih sangat terjaga. Suasana yang ditawarkan sangat cocok untuk anda bersantai, melepas penat, sembari jalan-jalan disekitar areanya.

Alamat Telaga Jonge terletak di Desa Pancarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Keberadaan wisata telaga ini bisa anda jangkau dengan mudah dari pusat Kota Gunung Kidul / Alun-Alun Wonosari.

Yang dimana jaraknya hanya 7,8 km dengan waktu tempuh berkendara selama kurang lebih 15 menit perjalanan. Akses jalan utama menuju sini sudah cukup bagus dan layak untuk di lalui berbagai jenis kendaraan.

Tak perlu khawatir apabila anda sama sekali belum tau jalannya, sebab dibawah ini tersedia maps yang bisa digunakan. Petunjuk akurat di dalamnya akan mengarahkan laju kendaraan anda agar bisa sampai ke Telaga Jonge tanpa harus kesulitan.

Datang juga ke –> Goa Langse dengan segudang daya tarik memikat.

Fasilitas

fasilitas telaga jonge
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116130485874992660864

Termasuk salah satu destinasi andalan beberapa warga Gunung Kidul untuk menghabiskan waktu senggang bersama keluarga. Apalagi disini telah dilengkapi dengan sarana memadai yang akan membuat setiap pengunjung merasa nyaman.

Dan berikut ini fasilitas Telaga Jonge yang bisa anda temukan, yang diantaranya adalah :

  • Lahan parkir kendaraan
  • Area bersantai
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Aneka jajanan
  • Warung makan dan minum
  • Arena bermain anak
  • Area memancing
  • Wahana wisata air
  • Spot foto menarik

Nikmati serunya berlibur dan berwisata bahagia bersama orang-orang tercinta di Telaga Jonge yang mempesona. Sebuah telaga kecil yang banyak menyediakan jajanan kuliner lokal dengan harga murah meriah.

Disini juga menyuguhkan beberapa wahana bermain air seru yang menarik dan bisa anda coba. Seperti kapal, bebek kayuh, dan di beberapa momen tertentu ada juga live music lho.

Kunjungi juga –> Hutan Wanagama pepohonan rimbun yang hijau dan asri.

Spot Terbaik di Telaga Jonge

spot terbaik di telaga jonge
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117538100151829269801

Siapapun yang berkunjung kesini dijamin akan merasa betah dan rasanya seperti enggan untuk pulang. Tempatnya bersih, luas, udara sejuk, asri dan juga banyak pemandangan-pemandangan cantik yang dapat dinikmati.

Duduk santai, sembari bercengkrama dan menikmati aneka kuliner lezat dengan harga yang sangat ekonomis terasa luar biasa. Disamping itu, satu hal yang tak boleh anda lewatkan adalah berfoto-foto ria pada spot-spot menariknya.

Hamparan luas airnya tentu menjadi spot terbaik di Telaga Jonge yang biasa wisatawan manfaatkan sebagai background saat berswafoto. Di kelilingi oleh banyak pepohonan semakin membuat suasana Telaga Jonge Gunung Kidul cocok untuk merileksasi diri.

Ciptakan pengalaman liburan tak terlupakan dengan mengabadikan setiap momen indahnya melalui selfie atau rekam video. Untuk itu, ketika berwisata perlu membawa yang namanya kamera, atau paling tidak smartphone kesayangan anda.

Review sebelumnya –> Kalisuci Cave Tubing kegiatan susur sungai yang menyenangkan.

Tips Berkunjung

tips berkunjung telaga jonge
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112902910055167826282

Anda bisa menyimak tips berkunjung ke Telaga Jonge dibawah ini yang bisa menjadi tambahan informasi sekaligus referensi.

  • Berwisata alam akan lebih maksimal jika dilakukan pada saat hari cerah dan sedang tidak turun hujan.
  • Jika ternyata cuaca tidak bersahabat, tak ada salahnya untuk menunda rencana anda datang liburan kesini.
  • Dilarang berkata-kata kotor dan melakukan kegiatan yang berbau asusila di Telaga Jonge Yogyakarta.
  • Untuk dapatkan suasana yang lebih teduh, adem dan sejuk, anda bisa berkunjung pada saat pagi atau sore hari.
  • Ikut serta dalam menjaga keberlangsungan wisata alam Telaga Jonge agar tetap bersih, asri dan lestari.

Jadi itu tadi ulasan singkat mengenai Telaga Jonge Jogja dengan segudang daya tarik alami yang mempesona. Tunggu apalagi, segera masukan Telaga Jonge ke dalam list tujuan rekreasi anda saat hari libur tiba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine − three =