Pantai Pasir Kadilangu merupakan satu dari banyaknya wisata bahari di Kabupaten Kulon Progo dengan keunikannya masing-masing. Wisata di Kulon Progo ini menyimpan segudang daya tarik yang menjadi ciri khasnya, dan salah satunya adalah kehadiran hutan mangrove.

Hijaunya hamparan hutan Mangrove memiliki banyak sekali fungsi penting bagi ekosistem di sekitarnya, menarik untuk dikunjungi dan menjadi sarana penelitian. Tanaman ini juga dijadikan sebagai penahan abrasi dan juga penyaring laut khususnya di kawasan Pantai Pasir Kadilangu Kulon Progo.

Mangrove Pantai Pasir Kadilangu juga mempunyai peran lain, yakni menyaring limbah serta menyerap banyak karbon dioksida. Berlibur ke Pantai Pasir Kadilangu Jogja maka wisatawan bisa berkeliling di sekitar hutan mangrove, baik berjalan kaki maupun menaiki perahu.

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Kadilangu

harag tiket masuk pantai pasir kadilangu
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100936213416664660944

Jika diamati, sebenarnya Pasir Kadilangu ini nampak berbeda dengan pantai-pantai lain yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika di wilayah Gunung Kidul, hampir setiap pantainya didominasi oleh pasir putih, beda halnya dengan yang di Kulon Progo.

Berbagai pantai di Kulon Progo memiliki daya tarik dan keunikannya sendiri-sendiri, tak terkecuali Pasir Kadilangu. Hutam mangrove menjadi ciri khas tersendiri dari Pantai Pasir Kadilangu Kulon Progo yang menarik minat banyak pengunjung.

Seperti telah sedikit di singgung sebelumnya bahwa memang kehadiran mangrove memberikan banyak sekali kebermanfaatan. Garis pantai yang terdapat pepohonan Mangrove ini cenderung akan tetap stabil.

Sampai pada kelangkaan air tawar di sekitar pantai pasir pun dapat di minimalisir berkat kehadiran hutan mangrove. Selain itu, bisa menjadi tempat berkembang biak bagi banyak satwa, dan masih banyak lagi hal-hal positif lainnya.

Tak perlu keluar banyak uang untuk bisa explore semua keseruannya, karena harga tiket masuk Pantai Pasir Kadilangu hanya Rp5.000 saja. Sedangkan jam wisata yang berlaku di Pantai Pasir Kadilangu Jogja yaitu pukul 06.00 – 18.00 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat pantai pasir kadilangu
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100060313095791414059

Lokasi Pantai Pasir Kadilangu berada di wilayah yang cukup mudah untuk ditemukan dan dijangkau oleh banyak wisatawan. Anda musti berjalan kaki terlebih dahulu setibanya di area parkir kendaraan Pantai Pasir Kadilangu Kulonprogo.

Alamat Pantai Pasir Kadilangu Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari Alun-Alun Wates Kabupaten Kulon Progo berjarak sekitar 19,5 km dengan waktu tempuh 34 menit.

Sedangkan jika dari Bandar Udara Internasional Yogyakarta, kurang lebih jaraknya hanya 8,2 km dengan waktu tempuh 18 menit perjalanan. Akses jalan utamanya sudah cukup baik dan dapat berbagai kendaraan lintasi dengan mudah tanpa kesulitan.

Agar bisa sampai di lokasi, sebaiknya gunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil. Apabila anda belum tau jalannya, bisa dengan menggunakan petunjuk akurat pada maps dibawah ini.

Datang juga ke –> Kembang Soka destinasi air terjun yang alami dan segar.

Fasilitas

fasilitas pantai pasir kadilangu
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101019999759146156665

Dari segi sarana prasarana yang tersedia disini sudah cukup lengkap dan mampu menunjang setiap aktivitas pengunjung. Dan berikut ini fasilitas Pantai Pasir Kadilangu di Kulon Progo yang meliputi :

  • Lahan parkir kendaraan
  • Pusat informasi
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Wisata edukasi hutan mangrove
  • Warung makan dan minum
  • Perahu wisata
  • Spot foto menarik

Nikmati beragam suguhan menarik yang Pantai Pasir Kadilangu tawarkan untuk membuat pengalaman liburan anda semakin berkesan. Tidak hanya bersenang-senang saja, anda pun akan mendapatkan edukasi juga seputar hutan mangrove Pantai Pasir Kadilangu.

Jalan-jalan menysuri setiap sudut ciamiknya, dengan berjalan kaki ataupun menyewa perahu yang telah disediakan. Ciptakan momen berlibur tak terlupakan, dengan bersantai, eksplorasi, berburu kuliner lezat sampai berfoto-foto ria pada spot menariknya.

Kunjungi juga –> Puncak Widosari perbukitan hijau yang asri dan sejuk.

Spot Terbaik di Pantai Pasir Kadilangu

spot terbaik di pantai pasir kadilangu
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110930131099003226138

Berswafoto tentu saja menjadi aktivitas seru yang tak boleh anda lewatkan saat menghabiskan waktu akhir pekan disini. Liburan akan terasa kurang lengkap apabila anda tidak mengabadikan setiap momen serunya ke dalam foto maupun video.

Di Pantai Pasir Kadilangu dapat anda temukan berbagai sudut menarik untuk menjadikannya background guna hasilkan gambar lebih instagenic. Spot hutang mangrove, hamparan luas lautan, garis panjang pantai dan masih banyak lagi hal-hal apik sebagai latar belakang berfoto.

Temukan spot terbaik di Pantai Pasir Kadilangu yang menarik perhatian anda ketika berkunjung dan explore bersama dengan orang-orang tercinta. Melalui foto bersama-sama, selfie ria, hingga merekam ke dalam video agar keseruannya tak akan terlupa.

Maka dari itu, saat anda berencana akan berwisata, tak ada salahnya untuk menyediakan kamera untuk berfoto-foto ria. Atau paling tidak menggunakan smartphone kesayangan anda, agar bisa merekam setiap momen-momen berharga selama berlibur di Pantai Pasir Kadilangu.

Review sebelumnya –> Bukit Cendana wisata alam menawan dengan pemandangan waduk sermo.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pantai pasir kadilangu
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100060313095791414059

Bisa anda simak dibawah ini tips berkunjung Pantai Pasir Kadilangu yang bisa menambah informasi sekaligus referensi anda.

  • Perkirakan waktu berkunjung anda agar semuanya dapat berjalan sesuai harapan dan lebih maksimal.
  • Pastikan anda datang pada saat hari cerah dan mendukung untuk berkegiatan di alam terbuka, seperti halnya pantai.
  • Tahan dulu rencana berlibur anda apabila awan terlihat mendung atau bahkan sedang turun hujan.
  • Hati-hati dan selalu waspada ketika beraktivitas dimanapun anda berada, agar semuanya baik-baik saja.
  • Ikur serta dalam menjaga kebersihan area wisata Pantai Pasir Kadilangu dengan hutan mangrove di dalamnya.

Jadi itu tadi, Pantai Pasir Kadilangu di Kulon Progo yang bisa menjadi alternatif tujuan rekreasi anda bersama keluarga. Demikian ulasan singkat Pantai Pasir Kadilangu dengan suguhan wisata edukasi hutan mangrove yang rekomended.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten − 4 =