Candi Klero merupakan sebuah Cagar Budaya yang letaknya berada di Salatiga dan bisa menjadi salah tujuan mengisi hari libur anda. Tempat wisata Salatiga Jawa Tengah satu ini juga biasa disebut dengan Candi Tengaran oleh penduduk lokal.

Bercorak hindu dengan bentuk bangunan candi yang tergolong unik, terdiri atas bagian kaki, tubuh, dan juga atap. Pada bagian atas terasnya terdapat tonjolan-tonjolan yang mengitari bagian tubuh Candi Klero Salatiga.

Tonjolan pada Candi Tengaran Salatiga tersebut diduga memiliki fungsi sebagai penyangga tiang. Ketika anda tengah berada di Kota Salatiga, maka wisata Candi Klero Jawa Tengah bisa anda jadikan tujuan berlibur selanjutnya.

Harga Tiket Masuk Candi Klero

harga tiket masuk candi klero
Foto : https://www.instagram.com/theobobb/

Mengunjungi cagar budaya berupa candi bisa menjadi alternatif untuk mengisi waktu senggang ketika akhir pekan dan musim liburan telah tiba. Melihat secara lebih dekat berbagai keunikan serta daya tarik yang dimiliki oleh bangunan sisa peninggalan kerajaan ini.

Bangunan Candi Klero Salatiga pertama kali ditemukan pada tahun 1955 dalam kondisi runtuh. Namun kini reruntuhan tersebut berhasil dipugar oleh BP3 atau Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala dan menjadi sebuah bangunan candi.

Untuk bisa menengok candi tunggal di Salatiga ini para pengunjung tak perlu mengeluarkan banyak biaya. Sampai saat ini harga tiket masuk Candi Klero hanya sebesar Rp5.000 saja per orangnya, sangat murah sekali bukan?

Dengan biaya yang terjangkau ini tentu bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk menelisik lebih dalam bangunan candi bercorak hindu ini. Jalan-jalan dan duduk santai sembari menyaksikan lebih dekat ragam keunikan yang ada di Candi Klero.

Wisata Candi Klero Salatiga bisa anda kunjungi sebagai tujuan rekreasi sesuai dengan jam operasional yang berlaku. Terbuka untuk umum setiap hari Rabu sampai dengan Selasa pada pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat Candi Klero
Foto : https://www.instagram.com/muhammad_richo_rahman/

Lokasi Candi Klero berada di suatu areal tanah yang memanjang dari timur ke barat dengan luas mencapai 900 meter persegi. Sekliling area Candi Klero dipenuhi oleh pepohonan dan tumbuhan hijau yang memberikan suasana sejuk kepada setiap pengunjung.

Terdiri atas tiga bagian, yakni kaki, tubuh dan juga atap tonjolan-tonjolan yang mengitari bagian tubuh candi. Sedangkan pada bagian kaki, memiliki teras berbentuk persegi berukuran 14meter x 14meter x 1,4meter.

Untuk alamat Candi Klero sendiri terletak di Desa Klero, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Jika dari Jalan Raya Solo-Semarang jaraknya hanya 500 meter saja menuju kawasan cagar budaya Candi Klero.

Apabila anda menempuhnya dari Alun-Alun Pancasila Salatiga maka untuk sampai ke Candi Klero berjarak kurang lebih 10 km. Dengan membutuhkan waktu untuk perjalanan selama sekitar 20 menit berkendara.

Akses jalan utama menuju wisata peninggalan sejarah ini sudah cukup baik dan dapat dilintasi dengan mudah oleh semua kendaraan. Anda bisa menggunakan maps dibawah ini sebagai petunjuk ketika akan berkunjung ke Candi Klero agar bebas hambatan.

Datang juga ke –> Agrowisata Salib Putih sebagai tujuan wisata edukasi yang kaya manfaat.

Fasilitas

fasilitas candi klero
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108570722474657642386

Ketika anda ingin berwisata bersama keluarga ke candi maka tak perlu jauh-jauh harus ke Magelang atau Jogja terlebih dahulu. Apalagi jika anda tengah berada di Kota Salatiga, maka cagar budaya Candi Klero ini bisa menjadi pilihan.

Sudah didukung dengan sarana prasana penunjang yang cukup memadai. Dan berikut ini beberapa fasilitas Candi Klero yang bisa anda temukan, antara lain :

  • Area parkir kendaraan
  • Pusat informasi candi
  • Kamar mandi / toilet
  • Fasilitas air bersih
  • Warung wisata
  • Tempat beristirahat
  • Spot foto menarik

Nikmati berbagai suguhan menarik yang Candi Klero tawarkan guna memberikan pengalaman kepada setiap wisatawan agar lebih berkesan. Para wisatawan dapat menaiki teras Candi Klero dengan melalui anak tangga yang berhias makara.

Kunjungi juga –> Bukit Cinta Ambarawa menyajikan aneka pemandangan dari ketinggian.

Spot Terbaik di Candi Klero

spot terbaik di candi klero
Foto : https://www.instagram.com/hanyksetiyani/

Seperti kebanyakan candi pada umumnya, disini pun anda akan menjumpai berbagai peninggalan bersejarah yang istimewa. Anda bisa melihat prasasti pendek beraksara Kawi/Jawa Kuno pada salah satu sudut dinding teras candinya.

Selain itu terdapat pula sebuah yoni pada bagian tubuh Candi Klero dengan satu bilik (grbagrha) di dalamnya. Ornamen seekor ular sedang menyunggi kura-kura juga dapat anda temui pada bagian-bagian bawah cerat dari yoni Candi Klero.

Serta masih banyak lagi hal-hal menarik yang dapat anda saksikan ketika berlibur kesini bersama denga keluarga. Aneka keunikan tersebut bisa anda manfaatkan sebagai latar belakang saat berwafoto ketika ingin mengabadikan momen.

Melalui selfie, foto bersama sampai merekam video pada spot terbaik di Candi Klero untuk hasilkan gambar yang instagenic. Abadikan momen sebanyak-banyak agar pengalaman mengunjungi cagar budaya Candi Klero sulit untuk terlupa.

Review sebelumnya –> Senjoyo Salatiga merupakan sumber mata air yang menyegarkan.

Tips Berkunjung

tips berkunjung candi klero
Foto : https://www.instagram.com/aliakbarfikri/

Dapat anda simak tips berkunjung ke Candi Klero Salatiga dibawah ini sebagai informasi sekaligus tambahan referensi.

  • Karena berada di alam terbuka tentu akan lebih maksimal jika datang ke Candi Klero pada saat hari cerah.
  • Ketika sedang turun hujan atau cuaca kurang bersahabat maka tunda dulu rencana anda untuk explore Candi Klero.
  • Ikut menjaga kebersihan di area cagar budaya Candi Klero dengan selalu membuang sampah pada tempatnya.
  • Pahami dengan baik semua tata tertib dan juga aturan bagi pengunjung yang sudah ditetapkan demi keberlangsungan cagar budaya ini.

Itu tadi ulasan singkat mengenai Candi Klero yang rekomended ketika anda ingin liburan yang low budget. Segera atur waktu terbaik anda untuk bisa menengok persembunyian bangunan bersejarah Candi Klero yang bercorak Hindu ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × five =