Umbul Songo Kopeng merupakan satu dari sekian banyak wisata berbasis alam yang dimiliki oleh Kota Salatiga Semarang di Jawa Tengah. Meski bukan termasuk wisata Salatiga terbaru namun nyatanya Umbul Songo selalu menjadi incaran banyak pelancong yang ingin liburan di alam.

Berbagai suguhan menarik siap memanjakan para pengunjung yang ingin menenangkan diri dibalik sibuknya aktivitas sehari-hari. Panorama indah pegunungan dan air terjun menjadi hidangan utama yang akan membuat setiap pasang mata dari pengunjung terbelalak.

Air terjun Umbul Songo bersifat musiman yang berarti akan mengalir dengan deras ketika musim penghujan tiba. Aneka wahana menarik dan spot foto beragam bisa anda rasakan ketika memilih wisata Umbul Songo sebagai tujuan liburan.

Harga Tiket Masuk Umbul Songo Kopeng

harga tiket masuk umbul songo kopeng
Foto : https://www.instagram.com/miko_nugrohoo/

Kopeng sendiri merupakan sebuah kawasan di lereng Gunung Merbabu yang menyimpan sejuta daya tarik wisata mempesona. Salah satunya adalah Umbul Songo yang selalu dipadati oleh banyak wisatawan terutama saat musim liburan telah tiba.

Mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa banyak berlibur dan bersenang-senang disini bersama keluarga tercinta. Disini anda bisa jalan-jalan, bersantai, menghilangkan kepenatan, bermain sampai berfoto-foto ria pada spot menariknya.

Dan untuk bisa merasakan setiap keseruan yang air terjun Umbul Songo sajikan maka anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga tiket masuk Umbul Songo Kopeng sangat ekonomis, sejauh ini hanya mematok tarif sebesar 10.000 rupiah saja per orangnya.

Dengan biaya yang murah meriah ini tentu bukan hal yang aneh apabila wisata Kopeng satu ini tak pernah sepi pengunung. Beragam suguhan menarik berpadu dengan pemandangan sekitar yang mengagumkan sayang sekali bila anda lewatkan.

Wisata alam Umbul Songo dapat anda eksplorasi lebih dalam pada pukul 05.00 – 19.00 WIB. Jika anda ingin memburu air terjunnya maka bisa datang ketika sedang musim hujan untuk melihat derasnya.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat umbul songo kopeng
Foto : https://www.instagram.com/theobobb/

Lokasi Umbul Songo Kopeng berada pada sebuah kawasan lereng gunung dengan ketinggian areanya mencapai 1.450 meter diatas permukaan laut. Pada sekeliling Umbul Songo Salatiga dipenuhi oleh pepohonan hijau yang rindang dan sangat asri.

Tak heran apabila suasana disini sangat bikin nyaman, udaranya sejuk, kawasannya asri serta jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Sangat cocok bagi anda yang ingin merilekasi diri guna menumbuhkan kembali semangat dalam diri.

Alamat Umbul Songo Kopeng terletak di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Jika dari Alun-Alun Pancasila Salatiga berjarak sekitar kurang lebih 15 km dengan akses jalan yang relatif menanjak.

Apabila sudah memasuki wilayah kopeng, maka dari Balai Desa jaraknya hanya 350 meter untuk sampai di Air Terjun Umbul Songo. Dari pintu masuk, pengunjung harus berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit untuk tiba di titik air terjun Umbul Songo.

Tak perlu merasa bingung meski sama sekali belum pernah datang ke wisata Kopeng Salatiga satu ini. Sebab maps dibawah ini bisa menjadi pegangan guna menjadikan petunjuk akuratnya agar laju kendaraan semakin mudah.

Datang juga ke –> Candi Klero dengan ragam keunikan di dalamnya.

Fasilitas

fasilitas Umbul Songo Kopeng
Foto : https://www.instagram.com/ahmadyuanaputra/

Telah didukung dengan sarana prasana penunjang yang terbilang cukup memadai. Dan berikut ini fasilitas Umbul Songo Kopeng yang diantaranya meliputi :

  • Lahan parkir kendaraan
  • Pusat informasi wisata
  • Toilet umum
  • Kamar bilas
  • Ruang ganti
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Gazebo
  • Bangku taman
  • Ayunan
  • Kolam renang
  • Warung wisata
  • Spot foto instagenic

Yang menarik dari Umbul Songo adalah adanya sebuah wahana kolam renang yang lengkap dengan aneka perosotan. Ada perosotan kecil kembar tiga dan dua seluncuran yang meliuk-liuk namun tidak terlalu tinggi.

Rasakan sensasi berenang anti mainstream di kolam yang berada di tengah-tengah hutan rimbun. Nikmati kesegaran sumber mata air pada kolam renang Umbul Songo Kopeng yang bersih, jernih dan bebas kaporit.

Kunjungi juga –> Tlogo Plantation sebuah penginapan yang terletak di perkebunan.

Spot Terbaik di Umbul Songo Kopeng

spot terbaik di umbul songo kopeng
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100766626952470394730

Salah satu hal yang tak boleh anda lewatkan ketika berwisata bahagia di Air Terjun Umbul Songo tentu saja berswafoto. Liburan akan kurang lengkap jika tidak mengabadikan momen pada setiap spot-spot menariknya.

Landscape alam serba hijau di wisata alam Umbul Songo bisa menjadi background untuk hasilkan foto ciamik. Disini anda bisa menemukan jembatan-jembatan menarik yang kerap pengunjung manfaatkan untuk selfie ataupun foto bersama.

Pertama, ada wahana jembatan besi yang menjadi jalur utama saat menuju ke air terjunnya. Dinamakan Jembatan Cinta yang nampak begitu unik apabila anda memanfaatkannya sebagai latar belakang saat berfoto ria.

Kedua, ada jembatang gantung yang terpasang diantara dua pohon yang besar nan tinggi. Memiliki bentuk unik yang seolah-olah membuat anda tengah melakukan outbound di alam terbuka.

Rekam setiap momen-momen indah selama rekreasi pada spot terbaik di Umbul Songo Kopeng untuk hasilkan gambar yang instagenic.

Review sebelumnya –> Goa Rong View wisata alam Salatiga paling cantik.

Tips Berkunjung

tips berkunjung umbul songo kopeng
Foto : https://www.instagram.com/mettarista/
  • Jika anda ingin menikmati air terjun secara lebih maksimal maka bisa berkunjung pada saat musim hujan.
  • Namun hari yang cerah dengan cuaca bersahabat menjadi waktu terbaik untuk berwisata di alam terbuka.
  • Sedia baju ganti apabila anda ingin bermain di wahana kolam renang Umbul Songo yang alaminya tiada duanya.
  • Selalu menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan ketika berada di Air Terjun Umbul Songo yang menakjubkan.

Demikian informasi mengenai Umbul Songo Kopeng dalam sebuah ulasan singkat yang telah anda simak. Segera rencanakan perjalanan berlibur menyenangkan ke Air Terjun Umbul Songo di Kopeng Salatiga yang mempesona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 2 =